Makan Sehat

Manfaat Susu Beruang Bear Brand, Benarkah Tingkatkan Imun Tubuh?

05 Jul 2021|Nurul Rafiqua
Manfaat dan aturan Minum Susu Beruang Bear Brand, Benarkah Bisa untuk COVID?Bear Brand berasal dari 100% susu sapi murni yang telah disterilisasi

Banyak orang meyakini susu beruang memiliki manfaat untuk pemulihan tubuh sehabis sakit atau sekadar meningkatkan imun. Tak jarang pula kita menemukan kaleng susu beruang yang tersempil sebagai buah tangan untuk menjenguk kerabat yang sedang sakit. Bahkan belakangan ini, susu beruang viral karena dianggap dapat mencegah COVID-19.

Menengok sejarahnya, jauh sebelum diproduksi secara modern oleh Nestle dengan nama Bear Brand, susu beruang awalnya dijual di toko obat Cina. Dikarenakan dijual di toko obat, masyarakat menganggap susu legendaris ini memiliki khasiat khusus dalam proses penyembuhan orang yang sedang sakit.

Terlepas dari anggapan masyarakat yang telah lama melekat, benarkah susu beruang ini berperan bagi kesehatan dan kesembuhan penyakit?

Mengenal Keistimewaan Susu Beruang Bear Brand

Jika biasanya produk susu merujuk pada sumber susu tersebut berasal, lain halnya dengan susu beruang Bear Brand. Bukan dari susu beruang, Bear Brand berasal dari 100% susu sapi murni yang telah disterilisasi.

Proses sterilisasi tersebut dilakukan dengan memanaskan susu sapi murni pada suhu 100 °C ke atas, selama waktu yang telah ditentukan (umumnya 30 menit). Hal ini bertujuan agar susu terbebas dari patogen yang berbahaya bagi tubuh, memperlambat masa kedaluwarsa produk, serta menciptakan cita rasa yang lebih sesuai dengan selera konsumen.

Proses sterilisasi pada susu steril seperti Bear Brand biasanya dilakukan setelah susu dikemas di dalam kaleng. Jadi, dapat dipastikan, susu beruang ini sudah terjamin keamanannya, baik dari dalam maupun luar kemasan.

Manfaat Susu Beruang Berdasarkan Kandungannya

Selain aman untuk dikonsumsi, khasiat susu beruang bagi kesehatan juga sangat beragam berkat kandungan yang ada di dalamnya.

Beberapa manfaat susu Bear Brand di antaranya adalah:

Memenuhi kebutuhan nutrisi sehari-hari

Dalam satu kaleng Bear Brand yang berisi 189 ml susu terdapat kandungan kalori sebanyak 120 kkal. Dalam satu sajian tersebut, Bear Brand dapat memenuhi kebutuhan 11% lemak, 10% protein, dan 3% karbohidrat total harian pada rata-rata orang dewasa.

Vitamin dan mineral bagi fungsi tubuh

Susu bear brand juga telah diperkaya dengan kandungan vitamin dan mineral seperti vitamin A, B1, B2, B6, B12, C, D, E dan kalsium. Jika dikonsumsi secara rutin, berbagai kandungan susu Bear Brand tersebut dapat memberikan manfaat berupa:

  • Mempertahankan daya tahan tubuh. Agar sistem kekebalan tubuh dapat bekerja dengan baik, sel-sel di dalamnya membutuhkan bahan bakar berupa glukosa, asam amino (protein), lemak serta mineral dan vitamin A, C, D dan E. Semua bahan yang dibutuhkan tersebut ada di susu Bear Brand.
  • Menjaga kesehatan tulang dan menjauhkan tubuh dari penyakit yang berhubungan dengan tulang. Misalnya osteoporosis atau arthritis.
  • Membersihkan aliran darah. Kandungan antioksidan yang tinggi dalam vitamin A, C dan E berkhasiat untuk membantu membersihkan aliran darah. Dengan begitu. Tubuh pun dapat terlindung dari berbagai penyakit yang berhubungan dengan aliran darah seperti tekanan darah tinggi, atau gangguan jantung.
  • Membantu membersihkan toksin di dalam tubuh. Meski tidak bekerja secara spesifik terhadap suatu toksin, kandungan laktosa pada susu dapat membantu membilas saluran pencernaan, sehingga zat toksin dapat lebih mudah keluar.
  • Baik untuk diet. Kandungan susu Bear Brand yang rendah lemak dan tinggi protein sangat cocok untuk mendampingi program diet penurunan berat badan atau diet pada pasien kolesterol.
  • Menjaga kesehatan dan kecantikan kulit. Kandungan vitamin E dan asam laktat di dalam susu beruang juga baik untuk kesehatan dan kecantikan kulit. Misalnya, untuk mencerahkan, mengencangkan, dan melembapkan wajah. Selain itu, asam laktat juga dapat berperan untuk mengurangi jerawat dan bekasnya. Lebih lanjut, kandungan vitamin B12 dan D dalam susu bermanfaat untuk meredakan kondisi kulit seperti eksim atau dermatitis atopik.

Begitu banyak khasiat yang terkandung di dalam susu beruang Bear Brand. Namun apakah susu ini juga berfungsi untuk mengobati dan mencegah Covid-19? Sayangnya, hingga saat ini, belum ada zat khusus yang secara spesifik dinyatakan dapat mengobati ataupun mencegah Covid-19, termasuk susu beruang.

Akan tetapi, beberapa manfaat susu yang telah disebutkan sebelumnya memang bisa membantu kita dalam upaya menjaga kesehatan di masa pandemi ini. Dengan konsumsi susu, kita dapat menjaga daya tahan tubuh agar senantiasa kuat, serta dapat memperkecil risiko terkena penyakit lain selain corona.

Perlu diperhatikan, untuk memenuhi kebutuhan tubuh akan susu, tentu tidak harus berasal dari satu merek. Semua jenis susu sapi yang telah melewati proses sterilisasi rata-rata memiliki kandungan yang hampir sama. Pastikan untuk membaca label informasi nutrisi pada kemasan susu untuk lebih memahami kegunaan produk tersebut, ya.

Aturan minum susu beruang

Walau memiliki banyak khasiat, susu beruang memiliki aturan minum yang harus kamu perhatikan, antara lain:

  • Tidak boleh dikonsumsi bayi di bawah 2 tahun.
  • Tidak dianjurkan untuk penderita intoleransi laktosa atau alergi susu sapi karena bisa memicu reaksi imun berlebihan.
  • Tidak boleh dikonsumsi terlalu banyak. Aturan minum susu beruang yang dianjurkan adalah 1-3 kaleng sehari. Banyaknya susu beruang yang bisa dikonsumsi tiap orang bisa saja berbeda. Pasalnya, kebutuhan kalori dan nutrisi harian pada masing-masing orang pun tidak selalu sama. Untuk konsumsi sebanyak 3 kali sehari, susu Bear Brand bisa diminum saat pagi, siang dan malam hari.
  • Setelah dibuka, susu harus langsung dihabiskan. Sebab, susu Bear Brand tidak mengandung bahan pengawet tambahan. Selain itu, meskipun sudah melewati proses sterilisasi, jika kemasan terbuka dan terpapar dengan udara atau benda lain terlalu lama, kualitas susu bisa berkurang.

Review susu beruang Bear Brand

Saat ini, Nestle sebagai produsen susu Bear Brand telah menghadirkan tiga varian Bear Brand dengan keunggulan rasa maupun tambahan nutrisi yang berbeda pada tiap jenisnya.

1

Susu Beruang Bear Brand

Manfaat Susu Beruang Bear BrandSusu Beruang Bear Brand (sumber: Bearbrand.co.id)Cek Sekarang

Susu beruang rasa original ini telah menjadi produk yang dikenal masyarakat secara turun-temurun. Botol kaleng putihnya yang memiliki gambar beruang sedang minum susu di bagian depannya menjadikan produk ini sangat khas dan mudah dikenali.

Dibuat dari 100% susu murni berkualitas tinggi, kesegaran dan rasa susu beruang Bear Brand ini tidak perlu diragukan lagi. Saat diminum, terasa tekstur susu beruang yang lembut dan sedikit lebih kental dari susu sapi cair kemasan pada umumnya.

Soal rasa, Bear Brand memiliki rasa plain dengan sedikit sensasi gurih, perpaduan yang menjadikan susu ini terasa nikmat. Susu beruang yang memiliki ukuran 189ml ini lebih enak diminum dalam keadaan dingin, apalagi jika kamu sedang merasa mual. Soalnya, tekstur susu beruang yang agak kental ini bisa membuat kamu sedikit enek jika diminum sekaligus jika dalam keadaan hangat.

Harga susu beruang Bear Brand: Rp9.600

2

Bear Brand Gold White Tea

Manfaat Bear Brand Gold White TeaBear Brand Gold White Tea (sumber: nestle.co.id)

Bear Brand Gold White Tea adalah varian yang lebih baru dari Bear Brand. Berbeda dari kemasan susu beruang yang biasa, jenis Gold ini memiliki botol kaleng yang lebih pendek dan mungil. Botol imut tersebut dilapisi label berwarna kuning muda bercampur putih.

Isi susu di dalamnya pun hanya 140ml, tidak terlalu banyak dan tidak terlalu sedikit. Dari segi ukuran, Bear Brand Gold White Tea ini terasa lebih praktis dan lebih mudah digenggam.

Varian baru dari Bear Brand ini diperkaya dengan kandungan teh putih, vitamin A, C, dan E yang baik untuk mempertahankan fungsi normal tubuh. Konsumsi susu beruang dalam jangka waktu panjang juga bisa membantu dalam proses penurunan berat badan, lho. Sebab, lemak yang dikandung cukup rendah dibanding susu pada umumnya.

Selain itu, kandungan kalsium Bear Brand yang tinggi juga kerap dimanfaatkan oleh para ibu hamil. Meski begitu, bumil tetap harus berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter kandungan sebelum mengonsumsi susu ini, ya.

Soal rasa, varian dengan tambahan daun teh putih ini sebenarnya tidak jauh berbeda dari susu beruang yang klasik. Jujur saja, rasa tehnya malah kurang terasa. Akan tetapi teksturnya lebih thick dengan warna putih yang lebih pekat hampir agak krem.

Harga susu beruang Bear Brand Gold White Tea: Rp9.600

3

Bear Brand Gold White Malt

Manfaat Bear Brand Gold White MaltBear Brand Gold White Malt (sumber: nestle.co.id)Cek Sekarang

Masih dari varian Bear Brand Gold, jenis white malt ini dilengkapi dengan kandungan malt alias serealia yang telah dikeringkan. Jadi, selain segar, susu ini juga bisa mengenyangkan karena mengandung tambahan karbohidrat dari malt-nya.

Selain itu, Bear Brand White Malt ini juga diperkaya dengan vitamin B1 dan B2 yang berperan untuk membantu metabolisme energi dan pembentukan jaringan.

Untuk kemasannya, Bear Brand Gold White Malt ini memiliki bentuk yang sama dengan varian Bear Brand White Tea. Hanya saja warnanya sedikit berbeda, yakni berwarna coklat muda dan putih. Sesuai dengan ciri warna malt.

Jika dua varian susu beruang sebelumnya lebih dominan rasa plain, Susu Bear Brand Malt ini lebih terasa manis dibandingkan susu beruang lainnya. Sementara itu, kekentalannya masih sama dengan varian white tea.

Warna susunya pun tidak lagi putih melainkan agak krem. Meski begitu, rasa susu beruang varian malt ini masih tetap terasa enak, terutama jika diminum saat sedang tidak enak badan, ketika lidah berasa pahit.

Harga susu beruang Bear Brand GOLD White Malt: Rp9.600

Makanan SehatSusu

Nestle. https://www.nestle.co.id/produk/minumansiapminum/bearbrand
Diakses pada 3 Juli 2021

Bearbrand. https://bearbrand.co.id/
Diakses pada 3 Juli 2021

BPOM. https://jdihn.go.id/files/491/Keputusan%20Kepala%20Badan%20POM%20tentang%20Kategori%20Pangan.pdf
Diakses pada 3 Juli 2021

Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Klik disini untuk konsultasi langsung dengan dokter