Beauty & Skincare

Masker Bibir: Manfaat, Jenis, dan Rekomendasi Produknya

Masker bibir atau lip sleeping mask merupakan salah satu perawatan bibirCara memakai masker bibir patch adalah dengan cara menempelkannya selama beberapa menit

Masker bibir atau lip mask merupakan salah satu perawatan bibir yang bisa digunakan untuk mengatasi bibir kering dan pecah-pecah, mengelupas, berkerut, serta tampak kusam.

Sekilas, lip mask mirip dengan lip balm dari segi bentuk maupun fungsinya, yakni membuat bibir terasa lebih lembap.

Hanya, masker bibir memiliki efek hidrasi yang lebih baik dibanding lip balm sehingga cocok digunakan pada bibir yang sangat kering.

Prinsipnya, masker bibir juga mirip dengan masker wajah atau masker mata, yakni produk yang kaya akan zat untuk menghidrasi dan melembutkan kulit.

Khusus pada bibir, kegunaan masker bibir juga diklaim mampu menghasilkan efek bibir yang lebih penuh dan merah merona.

Yuk, ketahui jenis dan manfaat masker bibir selengkapnya, serta rekomendasi masker bibir yang bagus dalam artikel berikut ini.

Manfaat masker bibir dan kandungan di dalamnya

Manfaat masker bibir yang utama adalah melembapkan bibir. Kegunaan masker bibir ini berasal dari kandungan pelembap, yang terdiri dari berbagai kombinasi vitamin, mineral, dan bahan lain di dalamnya.

Tidak sedikit juga lip mask yang mengandung hyaluronic acid, vitamin C dan E, maupun gliserin yang semuanya berfungsi membuat kulit bibir menjadi lebih lembap.

Selain itu, beberapa merek lip mask juga ada yang mengandung hidrogel dan ekstrak madu untuk menghasilkan efek bibir lebih lembap dan berseri setelah pemakaiannya.

Manfaat masker bibir berikutnya juga mampu meremajakan kulit dan membuat bibir tampak lebih bervolume. Kegunaan masker bibir satu ini didasari oleh kandungan kolagen di dalamnya.

Namun, para pengguna lip mask ada yang menyatakan bahwa kandungan kolagen dapat menghadirkan sensasi seperti kesemutan saat digunakan, yang diklaim sebagai penanda kolagen sedang diserap oleh kulit.

Sayangnya, beberapa dermatologis menyatakan kolagen tidak bisa diserap oleh kulit karena molekulnya yang berukuran besar.

Rasa kesemutan yang dirasakan para pengguna lip mask diduga berasal dari kandungan minyak bunga mawar atau ekstrak buah ceri yang terkandung pada masker bibir.

Jenis-jenis lip mask di pasaran

Di Indonesia, masker bibir hadir dengan bentuk patch maupun gel yang bisa digunakan saat kamu tidur, atau dikenal pula sebagai lip sleeping mask. Apa beda kedua produk ini?

1. Lip mask berbentuk patch

Masker bibir ini berbentuk lembaran yang biasanya diklaim mengandung kolagen untuk meremajakan kulit.

Cara memakai masker bibir berbentuk patch sangat praktis. Kamu cukup membuka kemasannya, lalu menempelkannya pada permukaan bibir.

Pastikan jari-jari tangan kamu sudah bersih sebelum menyentuh masker bibir guna mencegah risiko infeksi yang mungkin terjadi.

Kemudian, diamkan selama 5-10 menit sebelum mengelupasnya, seperti saat kamu mengenakan sheet mask.

Harga masker bibir patch cenderung relatif lebih murah daripada lip sleeping mask

2. Lip mask berbentuk gel

Secara fisik, lip mask ini mirip dengan lip balm yang berbentuk gel padat. Kamu hanya cukup mengoleskannya pada permukaan bibir menggunakan jari atau pemulas khusus.

Lip mask ini biasanya digunakan sebelum tidur, sehingga dikenal juga sebagai lip sleeping mask, dan diklaim memiliki tingkat hidrasi lebih baik.

Secara teori, masker yang didiamkan semalaman (overnight mask) berfungsi sebagai pelindung sekaligus pelembap yang lebih efektif.

Jenis masker bibir ini dapat membuat bibir terlihat lebih sehat, berkilau, dan tidak lagi pecah-pecah pada pagi harinya.

Rekomendasi masker bibir yang bagus

Jika kamu tertarik menggunakan lip mask, ada berbagai rekomendasi masker bibir yang bagus di pasaran untuk dicoba.

Kamu bisa memilihnya sesuai dengan kebutuhan hingga budget yang dimiliki. Berikut adalah rekomendasi masker bibir yang bagus selengkapnya.

1

Azarine Hydrasmooth Lip Mask

Salah satu pilihan masker bibir yang bagus pilihan SehatQ jatuh pada merek AzarineAzarine Hydrasmooth Lip Mask mengandung shea butter, minyak zaitun, serta ekstrak lemon dan maduCek Sekarang

Salah satu pilihan masker bibir yang bagus pilihan SehatQ jatuh pada merek Azarine.

Azarine Hydrasmooth Lip Mask adalah masker bibir yang mengandung pelembap alami, seperti shea butter, minyak zaitun, ekstrak lemon, dan ekstrak madu.

Berkat kandungan tersebut, kegunaan masker bibir ini mampu melembapkan permukaan bibir yang kering agar tidak pecah-pecah sekaligus membuatnya lebih cerah.

Kamu bisa menggunakan Azarine Hydrasmooth Lip Mask setelah memakai scrub bibir. Gunakan lip mask Azarine sebelum tidur di malam hari, kemudian bilas keesokan harinya.

Harga masker bibir Azarine Hydrasmooth Lip Mask: Rp42.500,00.

2

Emina Lip Mask

Emina merilis produk masker bibir yang diklaim berfungsi melembapkan bibirEmina Lip Mask punya harga terjangkau dari produk sejenis lainnya (Sumber: Emina Cosmetics)

Bagi kamu pencinta produk perawatan kulit lokal, termasuk masker bibir, jangan lupakan produk dari Emina.

Emina merilis produk masker bibir yang diklaim berfungsi melembapkan bibir dan membuatnya tampak lebih halus dan kenyal.

Tak hanya itu, masker bibir Emina juga dapat membantu mengangkat sel-sel kulit mati atau kering pada permukaan bibir, bila kamu rutin mengoleskannya.

Manfaat masker bibir tersebut berasal dari kandungan shea butter dan berbagai minyak alami. Harganya pun cukup terjangkau dari merek lip mask kenamaan lainnya, yakni sekitar Rp38.000,00.

Berikut adalah review masker bibir Emina dari salah seorang penggunanya.

“Sesudah pakai masker bibir Emina, rasanya bibir jadi lembap dan halus. Padahal, sebelumnya sempat kering dan mengelupas. Kalau masih mau mengelupas kulit bibir, nggak terlalu sakit kayak sebelum nggak pakai lip mask. Biasanya bibir lembap kurang lebih 2 hari. Wanginya juga cukup menenangkan, nggak terlalu mengganggu sampai buat pusing,” - RNA.

3

Bioaqua Lip Mask

Manfaat masker bibir Bioaqua cocok untuk kamu yang tidak ingin ribet merawat bibirBioaqua Lip Mask bisa melembapkan dan mencerahkan bibirmu (sumber gambar: The Bioaqua)

Jika kamu cari masker bibir yang bagus berbentuk patch, coba pertimbangkan produk Bioaqua Lip Mask.

Manfaat masker bibir Bioaqua cocok untuk kamu yang tidak ingin ribet dalam melakukan produk perawatan bibir.

Produk ini mengandung bahan alami, seperti kolagen, yang mampu mengatasi bibir kasar dan kusam.

Penggunaannya cukup mudah, hanya tinggal tempel di bibir dan diamkan selama 10-15 menit. Kemudian, lepaskan dan cuci sampai bersih.

Hasilnya, dalam seminggu bibirmu bisa tampak lebih cerah dan berwarna merah muda. Tak hanya itu, bibir pun bisa terasa lebih lembap.

Ditambah lagi, masker bibir Bioaqua punya kemasan menarik berwarna merah muda yang menggemaskan.

Sayangnya, beberapa pengguna merasakan efek samping masker bibir Bioaqua, seperti rasa gatal pada bibir, tekstur patch yang keras dan tidak menempel dengan baik, serta aroma parfum atau alkohol yang cukup menyengat saat digunakan.

Jika tertarik menggunakannya, kamu bisa membeli Bioaqua Lip Mask dengan harga sekitar Rp4.000,00 per kemasan.

4

Nature Republic Aqua Collagen Solution Marine Hydrogel Lip Patch

Masker bibir ini punya kandungan hydrogel dan kolagenGunakan masker bibir patch dari Nature Republic tiap 2 kali seminggu (Sumber gambar: Nature Republic)

Brand asal Korea Selatan, yakni Nature Republic, juga merilis produk masker bibir berbentuk patch yang menarik untuk dicoba.

Masker bibir ini punya kandungan hydrogel dan kolagen yang dapat melembapkan, menutrisi, dan memperbaiki bibir kering agar tampak elastisitas.

Sama seperti masker bibir berbentuk patch lainnya, kamu cukup menggunakannya pada bibir 10-20 menit. Setelah itu tinggal ditepuk-tepuk sampai seluruh kandungannya terserap sempurna.

Lepaskan patch, dan tepuk perlahan sampai terserap seluruhnya. Gunakan 2 kali seminggu untuk hasil maksimal. Hindari pemakaian bila terjadi efek negatif.

Harga masker bibir Nature Republic Aqua Collagen Solution Marine Hydrogel Lip Patch: Rp52.000,00.

5

Sephora Collection Lip Mask

Manfaat masker bibir dari Sephora bisa menutrisi kulitSephora Collection Lip Mask punya kemasan yang menggemaskan (Sumber gambar: Sephora)

Produk lip mask lainnya, datang dari merek Sephora. Manfaat masker bibir dari Sephora ini, menenangkan dan menutrisi kulit sekaligus melembapkan bibir.

Di dalamnya banyak kandungan bahan alami yang membantu kamu mendapatkan tampilan kulit bibir yang lebih sehat. Masker ini berbentuk patch, jadi kamu hanya perlu menggunakannya selama 15 menit saja.

Hadir dalam kemasan berwarna peach yang menggemaskan, Sephora Collection Lip Mask dijual dengan harga Rp39.000,00 per buah.

Sayangnya, beberapa review llp mask Sephora dari pengguna, menyatakan bahwa produk ini kurang mampu melembapkan kulit secara maksimal. Belum lagi, aroma parfum yang cukup menyengat dari produknya.

6

Bioaqua Lipcare Jelly Lip Sleeping Mask

Bioaqua juga mengeluarkan produk lip sleeping mask yang hadir dalam tekstur gelBioaqua Lipcare Jelly Lip Sleeping Mask mengandung minyak mineral dan antioksidan (sumber gambar: The Bioaqua)

Bioaqua juga mengeluarkan produk lip sleeping mask yang hadir dalam tekstur gel. Adanya kandungan minyak mineral dan Ricinus communis oil membuat masker bibir Bioaqua ini kaya akan vitamin E.

Dengan demikian, tanda-tanda penuaan pada bibir diklaim dapat disamarkan. Kamu bisa mengandalkan manfaat masker bibir Bioaqua satu ini untuk mengatasi masalah area bibir yang keriput dan pecah-pecah, sekaligus mengembalikan warna bibir yang pudar atau kusam.

Cara memakai masker bibir Bioaqua Sleeping Mask, yakni cukup mengoleskannya pada permukaan bibir secara merata. Diamkan selama semalaman, lalu bilas dengan air keesokan paginya.

Harga masker bibir Bioaqua Lipcare Jelly Lip Sleeping Mask: Rp80.000,00 (ukuran 20 gram).

7

Innisfree Lip Sleeping Mask with Green Tea

Innisfree juga termasuk dalam daftar masker bibir yang bagusInnisfree Lip Sleeping Mask with Green Tea bisa merawat bibir pecah-pecah (sumber gambar: Innisfree)

Innisfree juga termasuk dalam daftar masker bibir yang bagus. Sesuai namanya, Innisfree Lip Sleeping Mask with Green Tea mengandung bahan utama berupa teh hijau, serta bahan-bahan alami, seperti minyak biji meadowfoam, lilin lebah, lilin biji bunga matahari, squalane, minyak jarak, dan Jeju green tea powder.

Berkat formula yang berasal dari alam tersebut, lip mask Innisfree mampu merawat bibir yang pecah-pecah dan melembapkannya, bahkan saat pertama kali dioleskan selama tidur semalaman.

Untuk mencoba kegunaan masker bibir dari Innisfree ini, kamu perlu merogoh kocek sekitar Rp200.000,00.

8

The SAEM Saemmul Fruits Lip Sleeping Pack

kegunaan masker bibir dari The Saem bisa mencerahkan bibirThe SAEM Saemmul Fruits Lip Sleeping Pack mudah dibawa ke mana saja

Ingin punya bibir yang tak hanya lembap, melainkan juga tampak merah muda merona? Coba lirik produk dari The SAEM Saemmul Fruits Lip Sleeping Pack.

Review The SAEM Saemmul Fruits Lip Sleeping Pack dari beberapa pengguna mengatakan bahwa kegunaan masker bibir ini cukup ampuh melembapkan bibir merah sekaligus mencerahkan bibir yang gelap.

Manfaat masker bibir dari The Saem ini bisa diperoleh saat mengaplikasikannya di siang maupun malam hari.

Dengan kemasannya yang kecil, lip mask ini praktis dan mudah untuk kamu bawa kemana pun.

9

Laneige Lip Sleeping Mask

Laneige Lip Sleeping Mask merupakan alternatif pilihan masker bibir yang bagusLaneige Lip Sleeping Mask hadir dalam berbagai varian aroma yang menarik (Sumber: Laneige)

Bicara soal masker bibir yang bagus, produk dari Laneige Lip Sleeping Mask tentu tidak dapat dilewatkan begitu saja.

Hadir dalam berbagai varian, yakni berry, anggur, apple lime, mint choco, dan vanila, kegunaan masker bibir dari Laneige ini dapat membantu melembapkan bibir kering sekaligus menghilangkan sel-sel kulit mati.

Cara memakai masker bibir ini, cukup oleskan produk secukupnya saat sebelum tidur.

Kemudian usap menggunakan kapas atau tisu di pagi hari setelah bangun. Produk ini akan membuat bibir terasa halus dan lebih kenyal.

Kamu bisa mendapatkan Laneige Lip Sleeping Mask dengan harga Rp160.000,00 hingga Rp260.000,00 dengan kemasan jar kaca berukuran 20 gram.

Berikut review Lip Sleeping Mask dari salah seorang pengguna.

“Aku pakai Laneige Lip Sleeping Mask varian berry. Teksturnya lengket dan cukup berminyak, kalau dioleskan ke bibir bisa membuat tampilan bibir tampak lebih penuh. Wangi berry-nya cukup menyengat, tetapi tidak terlalu mengganggu. Hasilnya, bibirku jadi lembap dan nggak kering lagi, setelah pemakaian.” - ANS.

10

Kiehl’s Buttermask for Lips

Kiehl’s Buttermask for Lips adalah lip mask yang mengandung mango butterKiehl’s Buttermask for Lips bisa digunakan sebagai scrub bibir (Sumber: Kiehls)

Kiehl’s Buttermask for Lips adalah alternatif masker bibir yang bagus dengan kandungan bahan utama dari minyak kelapa dan mango butter.

Kedua bahan tersebut berfungsi untuk membantu menjaga kelembaban area bibir, sekaligus membuatnya terasa lembut di pagi hari.

Selain digunakan sebagai lip mask, Kiehl’s Buttermask ini juga dapat digunakan sebagai scrub bibir untuk mengangkat sel-sel kulit mati di sekitar area bibir.

Kamu bisa menggunakannya selama 15 menit sembari menggosok bagian atas dan bawah bibir secara perlahan.

Namun, untuk memperoleh kegunaannya, kamu perlu merogoh kocek sekitar Rp300.000,00.

Kulit Dan KecantikanProduk KecantikanHiperpigmentasi BibirBibir Kering

Red. https://www.redonline.co.uk/beauty/10-best/a26836362/lip-mask/
Diakses pada 4 Agustus 2021

Skin Care by Alana. https://www.skincarebyalana.com/blog/what-benefits-do-lip-masks-have/
Diakses pada 4 Agustus 2021

Healthline. https://www.healthline.com/health/beauty-skin-care/overnight-masks-for-glowing-skin
Diakses pada 4 Agustus 2021

Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Klik disini untuk konsultasi langsung dengan dokter