Beauty & Skincare

Manfaat Bio Oil, Si Minyak Serbaguna untuk Kulit Sehat

01 Feb 2021|Nurul Rafiqua
Bio oil dapat digunakan untuk memudarkan bekas jerawatBio oil bisa digunakan untuk kulit di berbagai bagian tubuh, termasuk wajah

Bio Oil merupakan minyak kosmetik yang rasanya sudah jadi senjata andalan dalam perawatan luka. Bagaimana tidak? Bio Oil menawarkan berbagai khasiat impian semua orang yang ingin memiliki kulit mulus nan sehat. 

Tak hanya sembarang klaim, Bio Oil juga telah memenangkan 72 penghargaan skincare di 11 negara sejak peluncuran globalnya di tahun 2002. Namun, benarkah minyak sakti ini begitu ampuh bagi kulit? Mari kita temukan faktanya dalam ulasan berikut ini.

1

Manfaat Bio Oil untuk kesehatan kulit

Bio Oil memiliki begitu banyak manfaat dan kegunaan untuk kulit, yaitu:

  • Mencegah dan mengurangi stretch mark

    Stretch mark adalah garis-garis beruntai yang muncul akibat peregangan kulit dalam waktu cepat. Kondisi ini biasanya terjadi saat kaum hawa mengalami kehamilan, kenaikan berat badan yang signifikan, maupun pada masa pubertas.

    Tidak ada yang salah dengan memiliki stretch mark. Hal ini adalah sesuatu yang normal untuk terjadi pada setiap. Hanya saja, keberadaan stretch mark kadang disertai gejala lain seperti nyeri dan gatal. Selain itu, banyak orang juga merasa stretch mark dapat mengganggu penampilan hingga mengurangi rasa percaya diri.

    Jika sudah begitu, cobalah Bio Oil untuk mengatasinya. Bagi ibu hamil, Bio Oil juga dapat digunakan untuk mencegah munculnya stretch mark.  Tak hanya janji, Bio Oil juga sudah terbukti secara ilmiah. Melalui suatu penelitian, 100% responden menunjukkan adanya stretch mark yang kian berkurang setelah menggunakan Bio Oil.
  • Membantu menyamarkan bekas luka

    Manfaat Bio Oil dalam meregenerasi kulit dapat digunakan untuk menyamarkan bekas luka, baik itu luka bekas operasi, luka bakar atau luka gores. Menurut sebuah riset, Bio Oil terbukti mengurangi tampilan bekas luka pada 80 peserta yang memiliki luka menonjol di kulit.
  • Bisa dipakai sebagai face oil

    Meski seringnya digunakan untuk merawat luka, kandungan Bio oil yang sarat nutrisi, seperti Vitamin A menjadikan Bio Oil dapat digunakan sebagai face oil.

    Takut muka jadi berminyak? Jangan khawatir, karena minyak dalam Bio Oil bersifat non-komedogenik yang berarti tidak akan menyumbat pori-pori ketika menggunakannya.

    Hanya saja bagi pemilik kulit berminyak, pastikan penggunaan Bio Oil ini cocok dengan rangkaian skincare lainnya, ya. Sebab, jika tidak cocok, hal ini bisa saja memicu minyak berlebih di muka. 
  • Memudarkan bekas jerawat

    Bio Oil terbukti paling efektif bila dioleskan pada bekas jerawat baru yang munculnya kurang dari satu tahun. Meskipun begitu, bekas jerawat yang lebih lama pun masih dapat memudar, tapi tidak semaksimal luka yang masih baru.
  • Meratakan warna kulit

    Manfaat lainnya dari Bio Oil yakni dapat memperbaiki tampilan warna kulit yang tidak merata, belang atau mengalami hiperpigmentasi (flek hitam). Untuk hasil maksimal, oleskan Bio Oil di area target secara rutin selama 12 minggu.
  • Sebagai tahapan saat akan mencukur

    Apabila sering terluka sehabis bercukur kondisi kulit yang kering, Bio Oil dapat menjadi solusinya. Oleskan pada bagian area kulit yang akan dicukur untuk menghindari munculnya luka gores.
  • Sebagai rangkaian manikur

    Dalam merawat kecantikan kuku, tak hanya bagian kuku yang perlu diperhatikan, tapi juga kulit di sekitarnya yang biasa disebut kutikula. Setetes Bio Oil yang dipijatkan pada kutikula, dapat memberikan kelembapan dan menutrisi. Tidak akan ada lagi kulit kutikula yang mengelupas atau terlihat bersisik.
  • Sebagai masker mata

    Bio Oil juga dapat mengatasi mata yang terlihat lelah atau mata panda. Caranya, bubuhkan Bio Oil ke kapas dan oleskan di bawah mata. Hal ini dapat membantu menenangkan dan mengurangi rona kulit yang gelap atau memerah di bawah mata akibat stres dan kurang tidur. Bio Oil sebagai masker mata paling baik digunakan sebelum tidur.
  • Sebagai vitamin rambut

    Untuk pemilik rambut bertekstur, Bio Oil adalah pilihan yang tepat untuk menghaluskan rambut. Misalnya rambut yang baru tumbuh mencuat di kepala bahkan rambut bercabang, dapat menjadi lebih halus teratur ketika diolesi minyak ini.
  • Meredakan kulit kepala yang gatal

    Rasa gatal di kepala dapat disebabkan oleh keringnya kulit kepala. Campurkan beberapa tetes Bio Oil pada sampo ketika keramas. Hal ini dapat mengatasi kulit kepala yang kering sehingga dapat mengurangi pengelupasan dan rasa gatal.
2

Kandungan Bio Oil

Kandungan Bio Oil

Bio Oil terbuat dari beragam ekstrak minyak alami serta ragam vitamin yang dikenal bermanfaat bagi kulit. Dilansir dari situs resminya, berikut ini komposisi utama dari Bio Oil.

  • Vitamin A

    Vitamin A yang terkandung dalam Bio Oil berfungsi untuk mempercepat pembentukan kolagen. Zat ini sangat berguna untuk pertumbuhan sel kulit baru, menjaga elastisitas dan juga memperbaiki tekstur hingga warna kulit.
  • Vitamin E

    Vitamin yang satu ini merupakan antioksidan yang berfungsi untuk melindungi kulit dari kerusakan dan penuaan dini akibat efek radikal bebas. Selain itu, zat ini juga dapat meningkatkan kadar air pada lapisan kulit sehingga membuat kulit terasa halus, lembut dan kenyal.
  • Minyak calendula

    Minyak calendula cukup sering digunakan pada produk perawatan kulit karena kemampuannya dalam merawat kulit rusak. Kandungan dalam minyak ini dapat meregenerasi sel pada jenis kulit yang sensitif, rusak atau terbakar sinar matahari. Minyak calendula juga dikenal dapat mengurangi peradangan dan biasa digunakan untuk memerangi infeksi kulit ringan, ruam dan iritasi yang terjadi di permukaan kulit.
  • Minyak lavender

    Minyak lavender dikenal bermanfaat untuk memelihara kesehatan kulit, bersifat menenangkan dan juga beraksi sebagai antiseptik alami.
  • Minyak rosemary

    Minyak Rosemary dalam kandungan Bio Oil dapat membantu menyegarkan dan melembabkan kulit. Di samping itu, minyak ini juga memiliki efek antiseptik yang ringan.
  • Minyak chamomile

    Zat aktif dalam minyak chamomile memiliki sifat antiradang, sehingga dapat memberikan efek menenangkan dan menyejukkan kulit, serta baik untuk kulit sensitif.
  • Minyak purcellin

    Purcellin Oil merupakan komposisi milik Bio Oil yang telah dipatenkan. Fungsi dari minyak ini adalah untuk mengurangi kekentalan Bio Oil agar pengguna semakin mudah mengoleskannya pada kulit. Dengan adanya minyak ini, Bio Oil menjadi lebih mudah diserap oleh kulit. Selain itu minyak purcellin juga bekerja sebagai emolien yang berguna agar kulit menjadi lembut, halus, dan lentur.
Artikel review merupakan opini penulis, dan tidak bisa digunakan sebagai pengganti saran medis. Sebelum mencoba rekomendasi tersebut, pembaca dihimbau untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu.
Makeup Untuk Kulit BerminyakKulit BerminyakKulit SehatPerawatan KulitJerawatKesehatan KulitKesehatan Kulit KepalaKulit Dan KecantikanKulit SensitifLuka BakarKulit KeringMasalah KulitBekas Luka

Bio Oil Professional. https://www.bio-oilprofessional.co.uk
Diakses pada 29 Januari 2021

Healthline. https://www.healthline.com/health/bio-oil-for-face#side-effects-and-precautions
Diakses pada 29 Januari 2021

Womenshealthmag. https://www.womenshealthmag.com/uk/beauty/skin/a708864/bio-oil/
Diakses pada 29 Januari 2021

Marie Claire. https://www.marieclaire.co.uk/beauty/skincare/bio-oil-benefits-525631
Diakses pada 29 Januari 2021

Pubmed. https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/29094366/
Diakses pada 29 Januari 2021

Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Klik disini untuk konsultasi langsung dengan dokter