Makan Sehat

10 Makanan Vegetarian Khas Indonesia yang Rasanya Lezat dan Bikin Tubuh Sehat

28 Jan 2021|Fadli Adzani
Indonesia punya banyak makanan vegetarian, salah satunya plecing kangkung.Plecing kangkung adalah makanan vegetarian khas Indonesia yang lezat dan bikin sehat.

Vegetarian adalah sebutan untuk orang yang tidak mengonsumsi produk hewani, seperti daging, susu, hingga telur. Menu makanan vegetarian sehari-harinya dipenuhi dengan buah, sayur, biji-bijian, hingga kacang. Bagi para vegetarian sejati yang sedang mencari ide makanan untuk disantap setiap hari, mari kenali berbagai rekomendasi makanan vegetarian khas Indonesia yang lezat dan sehat ini.

Rekomendasi makanan vegetarian khas Indonesia yang lezat dan sehat

1
Gado-gado
Gado-gado

Gado-gado adalah makanan khas Indonesia yang sangat cocok untuk para vegetarian. Sebab, bahan dan resepnya dipenuhi oleh sayur-mayur dan kacang-kacangan, seperti kacang panjang, kentang, jagung, bayam, tempe, hingga tahu.

2
Ketoprak
Ketoprak

Serupa tapi tidak sama, mungkin ini kata-kata yang mampu menggambarkan ‘kakak-beradik’ gado-gado dan ketoprak. Meskipun terlihat mirip jika dilihat secara kasat mata, gado-gado dan ketoprak memiliki beberapa bahan yang berbeda.

Bahan utamanya tetap sama, yakni saus kacang yang dibumbui dengan bawang putih agar rasanya menjadi gurih. Namun, ketoprak biasanya dilengkapi dengan bihun, timun, dan taoge. Tidak hanya itu, terdapat juga tahu yang bisa membantu vegetarian memenuhi asupan proteinnya.

3
Sayur pecel
Sayur pecel

Masih sama seperti ketoprak dan gado-gado, sayur pecel juga menggunakan saus kacang sebagai bahan utamanya. Makanan vegetarian khas Indonesia ini dilengkapi dengan berbagai macam sayur-mayur, mulai dari timun, taoge, daun singkong, bayam, dan terkadang daun kemangi.

Sayur pecel juga dapat dikonsumsi dengan nasi. Untuk menambah kegurihannya, kamu boleh menambahkan rempeyek kacang.

4
Kupat tahu
Kupat tahu

Makanan vegetarian khas Indonesia lainnya yang patut dicoba adalah kupat tahu. Makanan khas Sunda ini terdiri dari lontong (kupat), taoge, dan saus kacang yang tebal. Ditambah lagi, ada tahu yang menjadi sumber protein untuk vegetarian.

5
Karedok
Karedok

Selain kupat tahu, makanan khas orang Sunda lainnya yang cocok jadi makanan vegetarian adalah karedok. Karedok terbuat dari berbagai sayur-mayur mentah yang sudah dibersihkan, seperti kacang panjang, taoge, kol, terong hijau, hingga kelapa parut.

Rasanya sedikit manis dan tentunya menyehatkan karena sebagian besar bahan bakunya berasal dari sayuran.

6
Plecing kangkung
Plecing kangkung

Plecing kangkung adalah makanan vegetarian yang berasal dari Lombok. Bagi para vegetarian yang suka makanan pedas, makanan ini patut dicoba.

Plecing kangkung dibuat dengan cara merebus kangkung hingga teksturnya lembut, kemudian dibaluti dengan saus pedas yang menawarkan aroma rempah-rempah dan kelapa.

7
Sayur asem
Sayur asem

Sayur asem adalah makanan vegetarian yang lezat dan menyehatkan. Bahan-bahannya dipenuhi dengan sayur bernutrisi tinggi, seperti jagung manis, daun salam, dan rempah-rempahan seperti cabai hingga kemiri.

8
Jagung rebus
Jagung rebus

Bagi vegetarian yang ingin mengunyah camilan sehat dan lezat, jagung rebus bisa jadi opsi yang menggiurkan. Selain bisa dibuat sendiri dengan mudah, jagung rebus juga sering dijual di pinggir jalan dengan harga yang relatif terjangkau.

Selain itu, jagung rebus juga dianggap sebagai camilan sehat yang mengenyangkan karena mengandung karbohidrat, serat, dan kalori.

9
Sayur lodeh
Sayur lodeh

Sayur lodeh terbuat dari kacang panjang, tempe, jagung, labu siam, hingga ketumbar. Karena bahan-bahan inilah sayur lodeh cocok dijadikan makanan vegetarian bernutrisi tinggi yang tidak boleh diremehkan.

Masyarakat Indonesia mengonsumsi sayur lodeh bersama dengan nasi. Namun, tidak ada salahnya jika kamu ingin mengonsumsinya tanpa nasi.

10
Urap
Urap

Urap adalah makanan vegetarian yang dipenuhi dengan berbagai macam sayuran, seperti kacang panjang, kangkung, labu siam, kol, taoge, hingga wortel. Uniknya, campuran sayur-mayur ini akan diberikan serutan kelapa yang gurih.

Artikel review merupakan opini penulis, dan tidak bisa digunakan sebagai pengganti saran medis. Sebelum mencoba rekomendasi tersebut, pembaca dihimbau untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu.
Makanan SehatHidup SehatBuah Dan Sayuran

Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/vegan-vs-vegetarian#TOC_TITLE_HDR_2
Diakses pada 27 Januari 2021

The Culture Trip. https://theculturetrip.com/europe/articles/the-15-best-vegetarian-dishes-from-around-the-world/
Diakses pada 27 Januari 2021

Taste Atlas. https://www.tasteatlas.com/ketoprak
Diakses pada 27 Januari 2021

All Indonesia Tourism. https://allindonesiatourism.com/tourism/food-beverage/things-to-eat-in-bandung
Diakses pada 27 Januari 2021

What to Cook Today. https://whattocooktoday.com/spicy-water-spinach-salad-lombok-plecing-kangkung.html
Diakses pada 27 Januari 2021

Cookpad. https://cookpad.com/id/resep/14471181-sayur-asem?via=search&search_term=sayur%20asem
Diakses pada 27 Januari 2021

Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/foods/corn#nutrients
Diakses pada 27 Januari 2021

Dapur Umami. https://www.dapurumami.com/resep/sayur-lodeh-aji-no-moto-O0dNJ
Diakses pada 27 Januari 2021

Masak Apa Hari Ini. https://www.masakapahariini.com/resep/resep-urap-sayur-manis-pedas/
Diakses pada 27 Januari 2021

Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Klik disini untuk konsultasi langsung dengan dokter