Mom & Baby

Ajarkan Kreativitas Sejak Dini, Berikut Mainan Anak Laki-laki yang Edukatif

29 Jul 2021|Ade Irawan

Mainan merupakan media edukasi untuk anak-anak pada masa tumbuh kembangnya. Pemilihan mainan juga perlu diperhatikan terlebih untuk anak laki-laki yang sedang gemar bereksplorasi. Untuk itu, kamu perlu memilihkan mainan anak laki-laki terbaik untuk mengasah imajinasi dan kreativitas mereka.

Anak laki-laki cenderung menyukai mainan karakter yang kuat. Namun, hal ini bukan berarti kamu tidak bisa memberikan mainan untuk segala jenis kelamin kepadanya. Nah, apa saja mainan menarik yang bisa kamu kasih ke anak laki-laki? Simak pilihannya di bawah ini.

Cara memilih mainan anak laki-laki

Mainan anak laki-laki terbaik
Mainan akan membangun imajinasi anak untuk menunjang perkembangan otaknya

Cara terbaik untuk memberikan mainan adalah mengajak anak kamu untuk memilihnya sendiri. Namun, tetap batasi pilihan mainan yang dipilihnya. Selain itu, ambil langkah yang bijak dalam memilih mainan laki-laki yang tepat seperti berikut:

1. Memilih sesuai usia

Usia anak harus selalu menjadi patokan dalam memilih mainan anak. Mainan anak di bawah dua tahun biasanya berukuran besar dan mudah digenggam. Hal ini bertujuan untuk mencegah mainan tertelan. Di sisi lain, berikan mainan dengan tingkat kerumitan yang lebih tinggi saat si Kecil beranjak lebih besar.

2. Pilih jenis mainan

Jenis mainan anak laki-laki tentunya sangat luas. Kamu bisa memilih otomotif, figure, dan role-playing, serta masih banyak lagi. Menyediakan semuanya tentu baik untuk membantunya mencoba banyak hal. Jika tidak memungkinkan, cobalah tanyakan kesukaannya untuk membuatnya lebih semangat kala bermain.

3. Mainan kolaborasi

Ada baiknya jika mainan yang dipilih bisa dimainkan secara bersama-sama. Sebut saja bola atau mainan tembak-tembakan. Dengan begitu, kamu bisa ikut menemaninya bermain.

4. Kenalkan mainan keahlian sehari-hari

Laki-laki dengan beragam kemampuan akan lebih kuat dalam segala hal. Untuk membantunya, kamu bisa membantunya dengan memberikan mainan keahlian sehari-hari. Sebut saja perlengkapan dokter, mainan perkakas, hingga perlengkapan memasak.

5. Hitung jumlah mainan

Hitung jumlah mainan anak dan sesuaikan dengan usianya. Jumlah mainan anak adalah usia ditambah satu. Jadi, saat si Kecil berusia 3 tahun, jumlah mainan yang disarankan hanya empat buah. Dengan begitu, dia akan lebih fokus dengan mainan yang dimiliki.

Rekomendasi mainan anak laki-laki

Mainan terbaik dan sesuai dengan kesenangannya akan membuat si Kecil lebih senang. Berikut pilihan mainan anak laki-laki yang bisa kamu berikan:

1

Lego Duplo Police Station

Mainan anak laki-lakiDuplo pilihan mainan anak yang punya banyak variasi tema

Lego bisa dibilang mainan terbaik untuk anak mengasah kreativitasnya. Untuk anak di bawah lima tahun, kamu bisa memilih Lego Duplo yang memiliki balok lebih besar dan lebih mudah dipasang. Salah satu varian yang bisa dipilih adalah versi Police Station dengan rangkaian mobil dan gerbang masuk ke kantor polisi

Kamu bisa sembari mengajarkan si Kecil tentang profesi polisi sejak dini melalui mainan balita laki-laki ini. Lego Duplo Police Station ini dibanderol dengan harga sekitar Rp230-Rp290 ribu. Selanjutnya, coba ajak si Kecil untuk mengoleksi pilihan Lego Duplo lainnya, ya.

2

Backseat Driver

Mainan anak laki-laki setir-setiranBerjalan-jalan di mobil akan lebih menyenangkan dengan mainan setir-setiran

Anak laki-laki punya rasa meniru yang sangat besar. Jika dia melihat orangtuanya menyetir mobil, anak laki-laki cenderung meminta duduk di kursi depan untuk melakukan hal yang sama. Mainan backseat driver ini bisa memenuhi rasa ingin tahu yang besar.

Mainan ini bisa ditempel di bagian kaca belakang dan tentunya tidak akan mengganggu orang tua kala menyetir. Kelebihan mainan setir ini juga dilengkapi dengan bunyi klakson yang pastinya disenangi oleh anak-anak. Untuk memilikinya, kamu perlu menyiapkan uang sebesar Rp150-Rp170 ribu saja.

3

Ocean Toy Toolbox Set

Mainan anak laki-laki toolboxKeahlian membetulkan benda yang rusak harus diajarkan sejak dini

Mainan in bisa diberikan kepada anak berusia lima tahun ke atas. Dalam setiap kotaknya, si Kecil akan mendapatkan obeng, tang, palu, gergaji, kunci inggris, dan kelengkapan lainnya. Tentunya, ini jadi langkah awal yang baik untuk mengenalkan anak laki-laki tentang keahlian dasar yang harus dimilikinya sejak dini.

Memilih mainan satu set perlengkapan ini terbilang sangat hemat. Kamu hanya perlu mengeluarkan uang sekitar Rp190-Rp210 ribu saja untuk mendapatkan semuanya. Jadi, dia punya lebih banyak pilihan mainan untuk dimainkan bergantian.

4

Marble Run

Mainan anak laki-laki kelerengMemerhatikan kelereng yang bergerak punya daya tarik tersendiri

Untuk memainkannya, anak perlu menyusun marble run dengan baik. Hal ini membuat si Kecil harus teliti dalam melakukannya. Setelah itu, dia akan dibuat terkesima dengan bola-bola yang bergelinding dari puncak ke bawah.

Kamu bisa memberikan sedikit pelajaran fisika kepada anak dengan menggunakan mainan ini. Enaknya lagi, marble run bisa dijadikan pajangan yang bagus di sudut kamarnya. Harga mainan anak laki-laki ini sekitar Rp90-Rp115 ribu.

5

ELC Toys Scooter

Mainan anak laki-laki skuterAjak anak untuk lebih aktif bergerak dengan mainan skuter

Mainan yang satu ini bisa diberikan untuk membuat anak lebih aktif di luar rumah. Scooter anak-anak ini bisa diberikan kepada anak berusia di atas 4 tahun. Mainan ini cukup aman untuk anak-anak karena memiliki tiga roda (dua di bagian depan dan satu di belakang). Namun, kamu tetap perlu melengkapi anak dengan helm dan pelindung siku serta lutut.

ELC Toys Scooter akan membuat anak belajar keseimbangan. Dia pun bisa melatih koordinasi mata, tangan, dan kakinya dengan menggunakan mainan ini. Mainan ELC Scooter ini dibanderol dengan harga sekitar Rp1,5-Rp1,8 jutaan.

6

Bola sepak ukuran 4

Mainan anak laki-laki bolaMelempar dan menendang bola akan melatih kekuatan tubuh anak

Bola merupakan salah satu mainan anak yang bermanfaat. Pasalnya, anak bisa menendang dan melempar bola dengan riang. Tentunya, bola juga punya peran untuk melatih keterampilan motorik tangan dan kakinya. Si Kecil juga bisa melatih refleks dengan bermain lempar-tangkap.

Untuk mendapatkannya, kamu perlu mengeluarkan dana sebesar Rp80-Rp100 ribu. Kamu juga harus paham tentang bola yang diberikan kepada anak. Bola berukuran 4 berbahan kulit sintetis ini baru bisa diberikan kepada anak di atas lima tahun. Di bawah ini, sebaiknya kamu pilih bola karet yang lebih empuk.

7

Gitarlele anak

Mainan anak laki-laki musikBelajar musik akan baik untuk otak anak

Memberikan alat musik untuk anak-anak juga bagus untuk perkembangan otaknya. Anak akan belajar tentang tangga nada sejak dini. Terlebih lagi, alat musik juga bisa digunakan untuk menyalurkan ekspresinya.

Kamu bisa memilih gitarlele dengan ukuran yang pas untuk anak-anak berusia 5-9 tahun. Harga yang ditawarkan juga cukup terjangkau mulai dari Rp160 ribu. Saat anak beranjak remaja, belikanlah gitar akustik untuk memperdalam keahlian bermusiknya.

Ibu Dan AnakTips Mendidik AnakTumbuh Kembang AnakMembesarkan AnakMainan Anak
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Klik disini untuk konsultasi langsung dengan dokter