News

Mahasiswa Unpad Ciptakan Permen untuk Mengatasi Kecanduan Rokok

30 Jul 2021|Fadli Adzani
Permen untuk mengatasi kecanduan rokok.Ilustrasi permen untuk mengatasi kecanduan rokok.

Beberapa mahasiswa dari Universitas Padjajaran (Unpad), Bandung, Jawa Barat berhasil menciptakan permen atau lozenges yang bisa membantu mengatasi kecanduan merokok. Permen itu diberi nama Kokro Lozenges yang hadir dalam rasa buah blueberry. Inovasi ini berangkat dari keinginan mereka untuk mengurangi angka perokok di Indonesia.

Dilansir dari situs resmi Unpad, kelima mahasiswa tersebut terdiri dari Rifky Adhia Pratama, Tiara Zahra Shafira, Endang Juliansyah, Iis Kurniasih, serta Kevin Reza Reynantha. Mereka dibantu oleh dosen pembimbing Rani Maharani, M.Si., PhD.

Mari telusuri berbagai kandungan permen Kokro Lozenges yang bisa membantu mengatasi kecanduan merokok.

Apa kandungan permen untuk menghentikan kecanduan rokok itu?

Permen Kokro Lozenges mengandung cytisine, yaitu bahan alami untuk menurunkan kecanduan nikotin pada perokok. Kelima mahasiswa Unpad bersama dosen pembimbingnya memperoleh ekstrak cytisine dari genus tanaman Laburnum atau golden chain tree.

Golden chain tree sendiri merupakan tanaman hias yang bunganya berwarna kuning. Kandungan cytisine paling banyak ditemukan di bagian bijinya.

Dilansir dari studi yang dimuat dalam Canadian Medical Association Journal (CMAJ), cytisine memperlihatkan hasil yang memuaskan dalam mengurangi rasa ingin merokok.

Dari sekitar 4.020 partisipan yang ikut dalam studi tersebut, dilaporkan adanya pengurangan rasa ingin merokok sekitar 59 persen jika dibandingkan dengan partisipan yang hanya mengonsumsi obat plasebo.

Sayangnya, mengonsumsi cytisine dalam bentuk tablet dipercaya bisa menyebabkan efek samping mual dan rasa ingin muntah.

Maka dari itu, kelima mahasiswa Unpad tersebut memutuskan untuk mengolah cytisine menjadi permen atau lozenges yang teksturnya kenyal. Ditambah lagi, rasa blueberry-nya dapat diterima oleh lidah masyarakat.

Tidak hanya itu, mereka juga berharap bahwa permen Kokro dapat memberikan efek psikologis di mulut untuk mengalihkan keinginan merokok.

Permen Kokro Lozenges mengandung sekitar 1,5 miligram cytisine, sama seperti produk cytisine tablet yang dijual di Eropa.

Alasan di balik nama “Kokro”

Sebetulnya, nama "Kokro" diambil dengan cara membalikkan suku kata dari morfem "rokok". Rifky, selaku salah satu mahasiswa yang terlibat, menjelaskan bahwa perubahan suku kata ini menjadi harapan agar nantinya Kokro dapat mengembalikan kesehatan para perokok seperti sedia kala.

Tidak hanya para perokok saja yang dapat mengonsumsi Kokro Lozenges. Mereka yang tidak merokok atau perokok pasif juga bisa mengonsumsinya untuk menghindari efek dari nikotin dalam tubuh.

Jika Anda ingin mengetahui cara berhenti merokok, jangan ragu untuk bertanya dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ secara gratis. Unduh di App Store atau Google Play sekarang juga.

Berhenti MerokokNews

Universitas Padjadjaran. https://www.unpad.ac.id/2021/07/mahasiswa-unpad-hasilkan-inovasi-permen-untuk-turunkan-kecanduan-rokok/
Diakses pada 30 Juli 2021

NCBI. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC5953578/
Diakses pada 30 Juli 2021

Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Klik disini untuk konsultasi langsung dengan dokter