Mom & Baby

Bebas Bentol dengan Lotion Anti Nyamuk untuk Bayi yang Aman Digunakan Si Kecil

19 May 2021|Bayu Galih Permana
Lotion anti nyamuk untuk bayi membantu melindungi si Kecil dari penyakit seperti malaria dan demam berdarahLotion anti nyamuk untuk bayi membantu melindungi kulit si Kecil dari bentol

Nyamuk tidak hanya menjadi musuh bagi orang dewasa, melainkan juga bayi. Bahkan, tidak sedikit bayi kehilangan nyawa akibat penyakit yang ditularkan melalui gigitan nyamuk, mulai dari infeksi virus West Nile, malaria, hingga demam berdarah.

Hewan kecil ini bahkan dinobatkan sebagai salah satu makhluk paling mematikan di dunia. Menurut data Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), setidaknya ada sekitar 725.000 orang meninggal setiap tahunnya akibat gigitan nyamuk.

Untuk mencegah gigitan nyamuk pada si Kecil, beberapa cara bisa dilakukan oleh orangtua. Selain memasang kelambu pada tempat tidur anak, menggunakan lotion anti nyamuk untuk bayi yang tepat juga dapat membantu mengurangi risiko gigitan.

Penyakit yang bisa ditularkan melalui gigitan nyamuk

Sebelum mengetahui apa saja pilihan lotion anti nyamuk yang bagus untuk si Kecil, ada baiknya orangtua memahami terlebih dahulu berbagai macam penyakit akibat gigitan serangga satu ini. Nyamuk merupakan hewan yang dapat menularkan beragam virus mematikan.

Sejumlah penyakit mematikan yang bisa ditularkan melalui gigitan nyamuk, di antaranya:

  • Infeksi virus West Nile

Infeksi virus West Nile umumnya tidak menunjukkan gejala apa pun. Sekitar 1 dari 5 orang yang terinfeksi virus ini mungkin akan mengalami demam dan gejala mirip flu. Apabila infeksi sudah terlanjur parah, penderitanya berpotensi terserang meningitis (pembengkakan otak), bahkan kematian.

  • Demam berdarah

Demam berdarah merupakan salah satu penyakit akibat gigitan nyamuk yang cukup sering terjadi di Indonesia. Saat terinfeksi penyakit ini, tubuh akan mengalami demam tinggi. Apabila tidak ditangani dengan baik, demam berdarah berisiko mengakibatkan kematian dini pada bayi. 

  • Malaria

Malaria adalah salah satu penyakit mematikan yang ditularkan melalui gigitan nyamuk. Penyakit ini disebarkan melalui gigitan nyamuk Anopheles. Infeksi parasit plasmodium diketahui bertanggung jawab terhadap kematian 400.000 orang, termasuk bayi, setiap tahunnya.

Rekomendasi lotion anti nyamuk yang bagus untuk bayi

1

Zwitsal Extra Care & Skin Protector Lotion

Lotion anti nyamuk untuk bayi yang aman digunakanZwitsal Extra Care & Skin Protector Lotion (Sumber foto: Zwitsal)

Zwitsal Extra Care & Skin Protector Lotion merupakan lotion anti nyamuk bayi yang terbuat dari bahan alami citronella oil. Cream anti nyamuk bayi ini harus dioleskan setiap empat jam sekali untuk melindungi si Kecil dari gigitan nyamuk.

Selain itu, Zwitsal Extra Care & Skin Protector Lotion juga punya kandungan ekstrak chamomile yang dapat membantu mengurangi rasa gatal dan mencegah iritasi akibat gigitan nyami. Lotion Zwitsal anti nyamuk ini bisa didapatkan dengan harga mulai Rp25.000 untuk kemasan 100ml.

2

Dee Dee Mosquito Repellent Lotion

Lotion anti nyamuk untuk bayi yang aman digunakanDee Dee Mosquito Repellent Lotion (Sumber foto: Yuri)

Lotion nyamuk untuk bayi Dee Dee Mosquito Repellent Lotion memberi perlindungan cukup lama pada kulit bayi. Produk ini diklaim dapat melindungi kulit buah hati dari gigitan nyamuk dalam waktu 6 hingga 8 jam.

Bahan yang lembut dalam lotion anti nyamuk ini tidak menimbulkan iritasi pada kulit si Kecil. Dee Dee Mosquito Repellent dapat kamu temukan dengan harga mulai dari Rp7.000 untuk kemasan 50 gram.

3

 

Bambi Baby Anti Mosquito Lotion

Lotion anti nyamuk untuk bayi yang aman digunakanBambi Baby Anti Mosquito Lotion (Sumber foto: Bambi)

Bambi Baby Anti Mosquito Lotion adalah salah satu lotion yang bagus untuk bayi. Produk ini mengandung bahan alami citronella oil, yang melindungi kulit dari gigitan serangga, termasuk nyamuk dalam waktu 6 hingga 8 jam.

Untuk memperoleh perlindungan maksimal, oleskan krim ini setiap empat jam sekali pada kulit bayi. Bambi Baby Anti Mosquito Lotion biasa dijual dengan harga mulai dari Rp 31.000 untuk kemasan 50ml.

4

Cussons Baby Moscare Citronella & Eucalyptus

Lotion anti nyamuk untuk bayi yang aman digunakanCussons Baby Moscare Citronella & Eucalyptus (Sumber foto: Cussons Baby Indonesia)

Cream anti nyamuk bayi Cussons Baby Moscare Citronella & Eucalyptus terbuat dari bahan-bahan alami yang telah teruji secara dermatologis. Penggunaan bahan alami di dalamnya membuat produk ini aman untuk digunakan pada kulit bayi.

Dalam sekali oles, Cussons Baby Moscare Citronella & Eucalyptus dapat melindungi kulit si Kecil dari gigitan nyamuk hingga 8 jam. Produk ini dapat kamu beli di toko atau minimarket terdekat dengan harga mulai Rp20.000 untuk kemasan 100 gram.

5

Buds Organics Mozzie Clear Lotion Everyday

Lotion anti nyamuk untuk bayi yang aman digunakanBuds Organics Mozzie Clear Lotion Everyday (Sumber foto: Buds Organics)

Buds Organics Mozzie Clear Lotion Everyday adalah lotion anti nyamuk yang aman dipakai oleh semua umur, termasuk bayi. Produk ini disebut menggunakan 95% bahan organik dan bebas dari kandungan bahan kimia berbahaya.

Lotion anti nyamuk untuk bayi ini juga telah teruji secara klinis dan dilengkapi dengan sertifikasi Ecocert sehingga aman dioleskan pada kulit bayi. Buds Organics Mozzie Clear Lotion Everyday dijual dengan harga Rp199.000 untuk kemasan 75ml.

6

Bite Fighter Mosquito Repellent Lotion

Lotion anti nyamuk untuk bayi yang aman digunakanBite Fighter Mosquito Repellent Lotion (Sumber foto: US Baby)

Diformulasikan khusus untuk bayi, Bite Fighter Mosquito Repellent Lotion merupakan krim anti nyamuk yang aman digunakan si Kecil. Produk ini diklaim tidak mempunyai kandungan DEET, paraben, pewarna, dan pewangi buatan, sehingga aman untuk kulit sensitif bayi.

Untuk mendapatkan manfaat yang maksimal, oleskan lotion ini setiap 3 jam sekali pada kulit buah hati. Bite Fighter Mosquito Repellent Lotion bisa didapatkan dengan harga mulai dari Rp150.000 untuk kemasan 100ml.

7

Autan Care & Protect Lotion

Lotion anti nyamuk untuk bayi yang aman digunakanAutan Care & Protect Lotion (Sumber foto: Autan)

Autan Care & Protect Lotion adalah salah satu produk lotion anti nyamuk untuk bayi dengan aroma buah-buahan segar. Produk autan bayi ini bisa bertahan pada kulit selama 6 hingga 8 jam, tanpa meninggalkan kesan lengket.

Apabila muncul reaksi alergi pada kulit si Kecil seusai menggunakan lotion anti nyamuk ini, segera hentikan pemakaiannya dan periksakan kondisi buah hati ke dokter. Autan Care & Protect Lotion dijual dengan harga mulai Rp8.000 untuk kemasan isi 50ml.

Artikel review merupakan opini penulis, dan tidak bisa digunakan sebagai pengganti saran medis. Sebelum mencoba rekomendasi tersebut, pembaca dihimbau untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu.
Merawat BayiGigitan Nyamuk

WebMD. https://www.webmd.com/skin-problems-and-treatments/illnesses-mosquito-bites
Diakses pada 19 Mei 2021

BBC. https://www.bbc.com/news/world-36320744
Diakses pada 19 Mei 2021

Autan. https://autan.id/id-id/product/sachet-lotion-anti-nyamuk
Diakses pada 19 Mei 2021

Yuri. http://www.yurishop.co/id/product/Dee-dee-Mosquito-Repellent-Lotion-Guava-50-g
Diakses pada 19 Mei 2021

Cussons Baby. https://www.cussonsbaby.co.id/product/cussons-baby-moscare-citronella-eucalyptus/
Diakses pada 19 Mei 2021

Bamby. http://www.bambi.co.id/products/detail/19/bamby-baby-anti-mosquito-lotion
Diakses pada 19 Mei 2021

Zwitsal. https://www.zwitsal.co.id/archive/tepat-gunakan-zwitsal-extra-care-and-skin-protector-lotion
Diakses pada 19 Mei 2021

Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Klik disini untuk konsultasi langsung dengan dokter