Gym & Sport

Lebih Nyaman di Lapangan dengan 5 Pilihan Sepatu Badminton Terbaik

13 May 2021|Ade Irawan
pilihan sepatu badminton terbaik untuk memaksimalkan permainan bulu tangkisSepatu badminton akan memengaruhi permainan seorang atlet di lapangan

Sepatu selalu menjadi elemen yang penting dalam banyak cabang olahraga, termasuk salah satunya badminton. Selain raket, kamu tidak perlu main-main saat memilih sepatu badminton yang bagus untuk menunjang performa di lapangan. Kamu perlu melihat berbagai rekomendasi sepatu badminton terbaik dan sesuaikan dengan gaya permainan.

Pilihan sepatu bulu tangkis ini pun semakin beragam berkat banyak merek yang bermunculan dalam beberapa tahun terakhir. Supaya tidak bingung, silakan simak deretan sepatu yang bisa kamu dapatkan di pasar sekarang.

Tips memilih sepatu badminton

Sebelum melihat rekomendasi sepatu, kamu perlu tahu dulu cara yang pas kala memilih sepatu bulu tangkis. Berikut beberapa hal yang perlu kamu perhatikan saat memilih sepatu badminton yang cocok:

1. Perhatikan ukuran

Badminton butuh gerakan yang lincah dan cepat saat di lapangan. Untuk itu, kamu butuh sepatu dengan ukuran yang pas. Ukuran yang tepat bukan benar-benar pas dengan bentuk kaki. Malahan, kamu perlu menaikkan 0,5—1 cm dari ukuran kakimu. Dengan begitu, kaki di dalam sepatu pun tetap memiliki ruang untuk mengikuti gerak tubuh.

2. Pilih bahan yang tepat

Bahan sepatu badminton juga ada beberapa macamnya. Untuk para pemain lincah, ada baiknya kamu memilih sepatu berbahan mesh yang ringan. Sepatu bahan ini memberikan kamu keleluasaan saat bergerak di atas lapangan.

Di sisi lain, sepatu berbahan suede akan memberikan bentuk yang kokoh dan nyaman untuk kaki. Sepatu ini pun akan memberikan kamu kekuatan bermain hingga rubber set dan rally panjang tanpa khawatir bentuk sepatu akan berubah.

3. Perhatikan tipe sepatu

Sepatu badminton memiliki dua tipe, yaitu low cut dan mid cut. Perbedaannya sebenarnya hanya sedikit di bagian pergelangan sekitar mata kaki. Tipe low cut akan membuat kamu lebih mudah bergerak ke berbagai arah. Sebaliknya, tipe mid cut akan menjaga kaki lebih nyaman dan stabil saat melompat. Tentukan gaya permainan kamu sekarang.

4. Pilih desain yang sesuai

Belakangan ini, sepatu olahraga pun menjadi ciri khas dari seorang atlet yang memakainya. Terlebih lagi, sepatu badminton punya warna yang cukup mentereng. Percaya tidak percaya, desain sepatu ini akan memberikan kepercayaan diri lebih saat memakainya. Jadi, cobalah pilih sepatu yang menggambarkan diri kamu.

Rekomendasi sepatu badminton terbaik

Setelah mengetahui cara memilih sepatu bulu tangkis yang tepat, saatnya menentukan pilihan untuk performa kamu. Berikut rekomendasi sepatu badminton terbaik yang bisa kamu pilih:

1

Yonex Power Cushion 50

Sepatu badminton terbaik dari YonexSepatu badminton Yonex andalan banyak atlet bulu tangkis

Bicara tentang badminton, merek perlengkapan yang akan terlintas pertama kali adalah Yonex. Produsen peralatan olahraga yang satu ini memang jagonya dalam olahraga badminton dan dipercaya oleh banyak atlet profesional. Salah satu produk andalannya adalah sepatu Power Cushion 50.

Yonex Power Cushion ini merupakan salah satu seri yang dipertahankan karena terbukti kenyamanannya saat dipakai. Di samping itu, sepatu ini pun punya desain menarik yang enak dipandang mata. Harga sepatu ini sekitar Rp600—Rp900 ribuan.

2

Asics Gel Upcourt 4

Sepatu badminton terbaik Asics penunjang kenyamananLini sepatu badminton dari Asics yang bisa menunjang performa

Sepatu ini didesain khusus untuk menunjang performa atlet dalam lapangan indoor, termasuk badminton. Bahan mesh yang sangat ringan memberikan keleluasaan serta daya tahan yang baik dalam setiap gerakannya. Selain itu, overlay sepatu ini menggunakan kulit sintetis yang akan meredam gerakan mendadak untuk memberikan kenyamanan pada kaki.

Asics Gel Upcourt 4 punya desain yang sedikit kalem dengan warna dasar hitam atau putih. Namun, kamu tetap bisa terlihat mencolok saat berada di lapangan dengan performa yang apik saat memakainya. Untuk memiliki sepatu ini, kamu perlu merogoh kocek sedalam Rp800 ribu.

3

Eagle Commando 2

Sepatu badminton terbaik dengan harga terjangkauSepatu badminton Eagle dengan perpaduan bahan berkualitas

Sepatu badminton bagus tidak selalu dinilai dari harganya. Sepatu Eagle Commando 2 merupakan salah satu contoh sepatu badminton murah dengan kualitas yang tidak kalah. Eagle menggabungkan bahan mesh dengan kulit sintetis di bagian atas sepatu untuk membuatnya kokoh dan ringan.

Selain itu, warna yang diberikan Eagle pada sepatu bulu tangkisnya ini pun sangat dominan. Kamu bisa memilih warna merah menyala untuk memamerkan kebintangan di atas lapangan. Para pemain flamboyant bisa memilih perpaduan warna biru dan kuning yang cukup apik.

Sepatu ini dibanderol dengan harga mulai dari Rp300 ribuan saja. Biarpun murah, kamu tetap bisa menampilkan performa terbaik saat mengenakannya.

4

FlyPower Losari 4

Sepatu badminton terbaik buatan lokalSepatu badminton lokal dengan kualitas berkelas internasional

FlyPower merupakan salah satu produk lokal yang kualitasnya tidak perlu ditanyakan lagi. Berbagai perlengkapan badmintonnya sudah digunakan oleh banyak atlet profesional di seluruh dunia. Sepatu FlyPower Losari 4 ini juga jadi salah satu favoritnya.

Sepatu ini menggunakan bahan kulit sintetis yang kuat dan bisa mengikuti kaki si pemain. Corak warna yang ditawarkan pun cukup bagus, mulai dari perpaduan merah-putih hingga gradasi warna biru. Bagian yang paling menarik adalah sol sepatu dengan warna pelangi.

Harga sepatu badminton ini pun sangat terjangkau. Kamu bisa memilikinya hanya dengan mengeluarkan uang sebesar Rp400 ribuan saja.

5

Babolat Shadow Tour

Sepatu badminton terbaik dengan kualitas premiumSepatu badminton Balbolat yang mengedepankan kenyamanan di atas lapangan

Biarpun merek yang satu ini populer di dunia tenis, Babolat juga punya sepatu badminton yang berkualitas. Bahan mesh yang digunakan pada sepatu ini buat kaki kamu bisa bernapas dengan baik. Di samping itu, bahannya juga sangat lembut untuk mencegah kaki lecet ketika menjalani pertandingan panjang dan melelahkan.

Sepatu Babolat Shadow Tour ini menampilkan warna kuning yang sangat kece dengan perpaduan antara biru atau hitam untuk variannya. Sepatu ini pun sudah didesain untuk para atlet pro atau mereka yang sudah serius menjalani olahraga bulu tangkis.

Karena itu, harga sepatu badminton ini terbilang sangat tinggi. Kamu butuh menyisihkan uang sebanyak Rp1,4 juta untuk mendapatkan sepasang sepatu dari Babolat ini.

Artikel review merupakan opini penulis, dan tidak bisa digunakan sebagai pengganti saran medis. Sebelum mencoba rekomendasi tersebut, pembaca dihimbau untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu.
OlahragaTips Olahraga
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Klik disini untuk konsultasi langsung dengan dokter