Gym & Sport

5 Knee Support yang Baik untuk Lutut Sakit dan Cara Memakainya

28 May 2021|Nina Hertiwi Putri
Knee support dapat menopang lutut saat olahraga maupun saat nyeriKnee support dapat mengurangi nyeri dan menopang lutut dengan baik

Knee support adalah salah satu alat kesehatan yang dapat membantu pergerakan dan mengurangi rasa nyeri pada orang yang sedang cedera lutut. Selain saat cedera, alat yang juga sering disebut sebagai deker lutut ini juga sering digunakan untuk terapi.

Ada beberapa jenis knee support yang bisa kamu gunakan. Biasanya, dokter akan memberikan rekomendasi jenis yang sesuai dengan kondisimu. Kamu juga bisa membelinya sendiri jika sewaktu-waktu dibutuhkan.

Perlu diperhatikan bahwa meski bisa dibeli sendiri, kamu tetap harus memperhatikan cara yang paling tepat untuk memakainya. Knee support yang tidak pas justru akan menimbulkan gangguan kesehatan.

Cara memakai knee support yang benar

Knee support yang terlalu longgar akan mudah turun atau lepas, sehingga tidak akan memberikan dukungan yang memadai untuk lutut, membuat rasa nyeri tidak berkurang serta pergerakan tetap sulit dilakukan.

Sementara itu, deket lutut yang terlalu ketat dapat membuat sirkulasi darah di kaki menjadi terganggu. Risiko saraf terjepit yang akan memicu gejala seperti bengkak, kebas, dan kesemutan pun dapat meningkat karena penggunaan yang kurang tepat ini.

Karena itu, sebelum membeli knee support, kamu perlu mengetahui cara memakainya yang benar terlebih dahulu. Berikut ini caranya.

  • Ukur diameter lutut atau kaki dengan benar agar membeli knee support dengan ukuran yang pas.
  • Sebelum membeli, coba terlebih dahulu agar mengetahui kalau sudah benar-benar pas.
  • Untuk mengetahui knee support sudah pas atau belum, lakukan metode dua jari. Jika kamu bisa memasukkan dua jari ke celah antara knee support dan lutut dengan sangat mudah, maka itu tandanya masih terlalu longgar. Namun jika dua jari tidak bisa masuk, maka ukurannya terlalu kecil atau ketat.
  • Setelah memasanngya, coba pakai untuk berjalan sebentar. Jika sudah nyaman, maka berarti ukuran sudah pas.

Rekomendasi knee support untuk lutut sakit

Berikut ini beberapa merek knee support yang baik untuk lutut yang sedang sakit.

1

Vanteline Support Knee

Rekomendasi Knee Support alias Decker lutut adalah Vanteline Support KneeVanteline Support Knee dapat digunakan untuk orang yang nyeri lututCek Sekarang

Vanteline Support Knee dapat membantu menstabilkan lutut untuk orang yang sedang memiliki masalah lutut sehingga lebih mudah bergerak. Alat ini juga cocok digunakan untuk kamu yang rutin melakukan olahraga angkat beban, sehingga lutut bisa terjaga dari cedera.

Deker lutut ini terbuat dari bahan dasar mesh, sehingga kulit bisa tetap bernapas meski digunakan dalam waktu lama. Bentuknya yang di esain U Shape, membuat alat ini dapat menahan berat badan dengan baik.

Vanteline Support Knee tersedia dalam berbagai ukuran, mulai dari S, M, L, hingga XL dan awet digunakan karena bisa dicuci hingga 100 kali.

Harga: Rp149.900

2

Family Dr Knee Support

Rekomendasi Knee Support alias Decker lutut adalah Family Dr Knee SupportFamily Dr Knee Support lembut dan nyaman digunakanCek Sekarang

Knee support keluaran Family Dr dari Korea ini dapat membantu memberi dukungan untuk lutut yang lemah sekaligus melindunginya dari risiko cedera. Alat ini terbuat dari bahan katun dan poliester, sehingga lembut dan nyaman saat digunakan.

Bahannya juga elastis, membuat deker lutut ini tidak mengganggu aliran darah. Selain untuk orang yang punya sakit lutut, Family Dr Knee Support juga cocok untuk dipakai saat olahraga.

Harga: Rp118.400

3

Neo Med Knee Strong Body Support

Rekomendasi Knee Support alias Decker lutut adalah Neo Med Knee Strong Body SupportNeo Med Knee Strong Body Support tidak membuat kulit iritasiCek Sekarang

Neo Med Knee Strong Body Support dapat membantu menyokong lutut, sehingga Anda bisa lebih mudah bergerak meski lutut sedang cedera ringan atau terasa nyeri. Dilengkapi dengan tekonologi infrared, alat ini bisa memberikan sensasi hangat saat digunakan sekaligus memperlancar peredaran darah.

Bahannya elastis, terbuat dari HI-Prene dan dirancang khusus sehingga memungkinkan kulit tetap bisa bernapas dan mencegah akumulasi bakteri berlebihan di area lutut.

Harga: Rp208.000

4

Neo Med Knee Smart Body Support

Rekomendasi Knee Support alias Decker lutut adalah Neo Med Knee Smart Body SupportNeo Med Knee Smart Body Support tidak menimbulkan bau saat digunakanCek Sekarang

Neo Med Knee Smart Body Support dapat menyokong otot lutut yang nyeri. Terbuat dari bahan yang lembut, alat ini nyaman untuk digunakan dan rancangan khususnya membuat memungkinkan sirkulasi darah dan udara di area kaki tetap lancar.

Meski digunakan untuk waktu yang lama, alat ini tidak menimbulkan bau dan tidak memicu penumpukan bakteri di kulit sekitar lutut.

Harga: Rp132.000

5

Variteks Knee Brace

Rekomendasi Knee Support alias Decker lutut adalah Variteks Knee BraceVariteks Knee Brace terbuat dari bulu kelinci angoraCek Sekarang

Variteks Knee Brace adalah alat pelindung lutut yang nyaman digunakan untuk orang yang sedang mengalami sakit lutut. Terbuat dari wool yang diambil dari bulu kelinci angora, alat ini akan memberikan sensasi hangat saat digunakan.

Knee Brace dari Variteks dapat digunakan pada penderita radang sendi atau osteoarthritis, lutut yang bengkak atau nyeri, serta untuk mendukung aktivitas sehari-hari.

Harga: Rp330.000

Cedera LututDislokasi LututRadang Sendi Lutut

Very Well Health. https://www.verywellhealth.com/how-to-properly-fit-a-knee-brace-2696281
Diakses pada 27 Mei 2021

Toko SehatQ. toko.sehatq.com

Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Klik disini untuk konsultasi langsung dengan dokter