Makan Sehat

Kaya Serat, Ini 10 Rekomendasi Beras Merah yang Cocok untuk Diet

03 Feb 2021|Bayu Galih Permana
Rekomendasi beras merah yang cocok dikonsumsi saat dietRekomendasi beras merah yang cocok untuk diet
Beras merah kerap kali dijadikan pilihan banyak orang sebagai asupan karbohidrat saat sedang dalam program penurunan berat badan. Tidak hanya diet, jenis beras ini juga cocok dikonsumsi kamu yang hendak memulai pola hidup sehat.Dibanding beras putih, beras merah mempunyai kandungan protein dan serat lebih tinggi. Maka dari itu, konsumsi beras jenis ini bisa membantumu untuk merasa kenyang lebih lama. Apalagi, kandungan magnesium di dalamnya dapat membantu mengontrol kadar gula darah dan insulin.Meski begitu, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan ketika ingin membeli beras merah. Pastikan produk pilihanmu bebas  dari kontaminasi pupuk maupun pestisida kimia, yang dapat memberi pengaruh buruk untuk kesehatan.Berikut ini sejumlah rekomendasi beras merah petani lokal yang bisa kamu jadikan pilihan saat sedang diet maupun menerapkan pola hidup sehat.

Rekomendasi beras merah dari SehatQ

1

Beras merah SundaKALA

Produk petani lokal dari Desa Bantarjati Klapanunggal, Bogor, Jawa Tengah ini ditanam tanpa menggunakan pupuk kimia. Selain itu, para petani juga tak menggunakan pestisida kimia dalam proses perawatannya.Untuk menghasilkan produk beras merah yang berkualitas, SundaKala memakai pupuk olahan dan pestisida organik hasil inovasi Institut Pertanian Bogor (IPB), BioHara. Pemakaian BioHara bertujuan untuk menjaga tanaman padi dari serangan hama dan serangga.Kamu bisa membeli beras merah SundaKALA dengan kisaran harga Rp19.900 untuk kemasan 1 kilogram.
2

Beras merah Botanik

Beras merah Botanik aman dikonsumsi jangka panjang karena ditanam tanpa menggunakan pupuk dan pestisida kimia. Produk ini merupakan hasil produksi para petani di Lombok Kulon, Bondowoso, Jawa Timur.Guna mencegah serangan serangga dan hama yang dapat merusak kualitas produk, beras merah Botanik menggunakan pupuk kandang dan pupuk olahan alami lain. Menariknya lagi, produk ini telah diakui secara global, yang bisa dibuktikan dengan sertifikasi internasional.Jika kamu tertarik untuk membeli produk ini, beras merah Botanik bisa kamu dapatkan dengan hanya merogoh kocek mulai Rp24.900 untuk kemasan 1 kilogram.
3

Beras merah Trukajaya

Proses produksi beras merah Trukajaya menggunakan pupuk kandang maupun pupuk olahan alami, bukan pestisida kimia. Oleh sebab itu, produk ini tentunya aman dikonsumsi bagi kamu yang tengah menjalani program diet atau hendak memulai pola hidup sehat.Beras merah ini merupakan produk yang dihasilkan oleh Yayasan Trukajaya di Salatiga, Jawa Tengah. Produk beras ini bisa kamu beli dalam kemasan 1 kilogram, dengan harga mulai dari Rp21.000.
4

Beras merah Seblang Banyuwangi

Seblang Banyuwangi merupakan produk beras merah organik dari varietas khusus yang hanya ada di kota Banyuwangi, Jawa Timur. Tak cuma dipasarkan secara lokal, beras merah Seblang juga telah menembus pasar internasional.Beras merah Seblang Banyuwangi sendiri telah lolos pengujian Laboratorium Departemen Ilmu dan Teknologi Pangan Fakultas Teknologi Institut Pertanian Bogor. Kamu bisa meminang beras dengan kualitas internasional ini seharga mulai dari Rp21.000 untuk kemasan 1 kilogram.
5

Beras merah sosoh Rumah Tani

Produk Rumah Tani ini cocok bagi kamu yang baru memulai konsumsi beras merah, Dibanding produk lain, beras merah sosoh Rumah Tani melalui 2 kali proses penggilingan. Cara tersebut membuat nasi dari beras ini lebih empuk ketika dimakan.Selain itu, proses penanaman yang dilakukan oleh Rumah Tani juga tidak menggunakan bahan kimia dan pestisida sintetis yang selama ini kerap dipakai dalam pertanian anorganik. Tingginya kandungan serat dalam beras merah sosoh Rumah Tani bisa membantu kamu yang tengah diet supaya tidak cepat lapar.Produk beras merah sosoh Rumah Tani sendiri dapat dibeli dengan harga mulai dari Rp27.900 untuk kemasan 1 kilogram.
6

Beras merah OCJ

Beras merah OCJ sudah mendapatkan sertifikasi organik. Itu berarti, proses penanamannya tidak memakai pupuk maupun pestisida kimia, melainkan pupuk kandang atau olahan alami untuk membasmi serangga dan hama.Sama seperti beras merah lain, produk ini juga kaya akan serat sehingga dapat membuatmu merasa kenyang lebih lama. Serat yang terkandung di dalamnya turut membantu mengatasi masalah pencernaan seperti sembelit.Beras merah OCJ bisa didapatkan dengan merogoh kocek mulai dari Rp25.000 untuk setiap kemasan 1 kilogram.
7

Beras merah Mlatiharjo

Produk KSU Citra Kinaraya ini ditanam dan dirawat secara organik. Metode itu membuat beras merah Mlatiharjo tak terkontaminasi pestisida kimia. Selain itu, air yang dipakai untuk mengairi tanaman padi juga steril dari bahan sintetis.Beras merah Mlatiharjo merupakan produk premium berkualitas tinggi yang tinggi kandungan serat. Tidak hanya itu, beras ini juga mempunyai cita rasa yang enak, pulen, dan wangi ketika dimasak serta dimakan.Untuk beras merah Mlatiharjo, kamu bisa membelinya dengan harga mulai dari Rp 24.900 tiap kemasan 1 kilogram.
8

Beras merah Lingkar Organik

Beras merah Lingkar Organik
Sama seperti namanya, beras merah Lingkar Organik diproduksi dengan metode penanaman dan perawatan organik. Dengan metode ini, kamu tidak perlu khawatir soal kandungan bahan kimia yang ada di dalamnya.Tinggi akan kandungan serat, beras ini cocok dikonsumsi setiap hari, terlebih bagi kamu yang tengah dalam program menurunkan berat badan. Beras merah Lingkar Organik bisa kamu beli dengan merogoh kantong mulai Rp24.000 untuk kemasan 1 kilogram.
9

Beras merah Tropicana Slim

Beras merah Tropicana Slim
Beras merah Tropicana Slim kaya akan kandungan serat. Serat tersebut bisa membantu kamu dalam menjaga tubuh tetap sehat, serta mempunyai berat badan yang ideal. Kandungan indeks glikemik yang rendah membuat beras ini cocok dikonsumsi oleh para penderita diabetes.Bagi kamu yang tengah dalam program diet, konsumsi beras merah dapat membantu membuat perut kenyang lebih lama. Perasaan tersebut dapat menahan keinginan untuk makan, sehingga asupan kalori dalam tubuh lebih dapat terkontrol.Untuk mendapatkan beras merah Tropicana Slim, kamu bisa membelinya dengan harga mulai dari Rp 43.000 tiap kemasan 1 kilogram.
10

Beras merah Dua Tani

Beras merah Dua Tani
Produk Dua Tani ini merupakan beras dengan jenis long grain. Kaya akan serat dan memiliki indeks glikemik rendah, beras merah Dua Tani cocok dikonsumsi bagi kamu yang tengah diet maupun menderita diabetes.Selain itu, beras merah ini punya kandungan antioksidan antosianin, yang baik bagi kesehatan. Beras merah Dua Tani bisa kamu beli dengan harga mulai dari Rp 47.500 untuk kemasan 2 kilogram.
Makanan SehatMakanan DietSerat
Toko SehatQ. https://toko.sehatq.com/
Diakses pada 29 Januari 2021
Jagapati. https://www.jagapati.com/
Diakses pada 29 Januari 2021
Lingkar Organik. http://www.lingkarorganik.or.id/
Diakses pada 29 Januari 2021
Tropicana Slim. https://www.tropicanaslim.com/diet-dengan-beras-merah-siapa-takut/
Diakses pada 29 Januari 2021
Bappeda Banyuwangi. https://bappeda.banyuwangikab.go.id/ebook/wp-content/uploads/flipbook/27/files/basic-html/page37.html
Diakses pada 29 Januari 2021
BUMP PT Pengayom Tani Sejagad. https://blog.bumppts.com/ocj-beras-merah-organik/
Diakses pada 29 Januari 2021
Trukajaya. https://trukajaya.org/
Diakses pada 29 Januari 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Klik disini untuk konsultasi langsung dengan dokter