Makan Sehat

Review Kangen Water, Air yang Diklaim Lebih Sehat daripada Air Biasa

04 May 2021|Rhandy Verizarie
Kangen WaterKangen Water adalah air yang diproses melalui metode elektrolisis

Kangen Water adalah air minum yang diklaim lebih sehat untuk tubuh ketimbang air mineral biasa. Tak ayal, minuman ini pun seketika menjadi ‘primadona’, terutama bagi mereka yang benar-benar peduli akan kesehatan.

Benarkah Kangen Water lebih sehat dari air mineral biasa? Simak ulasan selengkapnya berikut ini, yuk!

Apa itu Kangen Water?

Kangen Water merupakan air alkali yang diproduksi menggunakan alat pembuat air alkali, PT Enagic Indonesia. Sebenarnya, Enagic Indonesia sendiri merupakan produsen alat pembuat air alkali, bukan distributor air minum Di awal kemunculannya, Kangen Water diklaim sebagai air yang lebih menyehatkan daripada air putih biasa. 

Air alkali merupakan jenis air yang kadar pH-nya lebih tinggi daripada air mineral pada umumnya. Jika air mineral memiliki kadar pH sekitar 7, kadar pH pada air alkali berkisar antara 8-9.

Kadar pH menunjukkan seberapa tinggi tingkat keasaman dan basa dari suatu zat. Ini diukur dari angka 0-14. Semakin rendah kadar pH, semakin asam pula suatu zat. Sebaliknya, semakin tinggi kadar pH, maka zat tersebut semakin basa. 

Kangen Water diciptakan melalui proses yang dinamakan elektrolisis. Proses ini bertujuan untuk memisahkan molekul air yang asam maupun basa. Dengan begitu, seseorang bisa menciptakan air minum yang bersifat lebih basa.

Air alkali seperti Kangen Water ini disebut-sebut dapat menetralisir asam di dalam tubuh sehingga menjadikannya lebih sehat. 

Manfaat Kangen Water untuk kesehatan 

manfaat Kangen Water untuk kesehatan
Kangen Water dapat menetralisir asam di dalam tubuh

Salah satu klaim yang dikeluarkan oleh Kangen Water, yakni bermanfaat menetralisir asam pada tubuh. Tidak hanya itu, air ini juga diklaim dapat menyembuhkan penyakit, bahkan penyakit kronis sekalipun seperti kanker.

Dalam sebuah studi yang dirilis tahun 2012, disebutkan bahwa air alkali dengan kadar pH 8,8 dapat menghambat aktivitas pepsin, yakni enzim yang memicu refluks asam lambung. 

Sementara itu, studi lainnya menyebutkan bahwa air dengan pH basa dapat mengatasi masalah kesehatan seperti kolesterol, tekanan darah tinggi (hipertensi), dan diabetes.

Beberapa manfaat Kangen Water yang diklaim berkhasiat bagi kesehatan, antara lain:

  • Mencegah penuaan dini pada kulit
  • Membersihkan usus
  • Meningkatkan kekebalan tubuh
  • Membantu menurunkan berat badan

Meski demikian, masih sedikit bukti ilmiah yang mengamini khasiat air alkali untuk kesehatan.

Efek samping Kangen Water

Air alkali seperti Kangen Water terbilang aman apabila kamu mengonsumsinya secara wajar. Apabila dikonsumsi secara berlebihan, sifatnya sebagai penetral asam di dalam tubuh justru bisa mengurangi tingkat keasaman alami pada sistem pencernaan.

Padahal, asam alami pada pencernaan dibutuhkan untuk membunuh bakteri ‘jahat’. Selain itu, asam tersebut mencegah masuknya patogen berbahaya ke dalam aliran darah.

Beberapa efek samping yang mungkin rasakan apabila minum air alkali terlalu banyak adalah:

  • Mual
  • Muntah
  • Tremor
  • Kesemutan di area wajah
  • Kebingungan
  • Penurunan kadar kalsium

Review Kangen Water

Sebagaimana ditulis dalam laman resminya, Enagic Indonesia tidak melakukan distribusi ataupun menjual air minum kemasan, dengan nama apa pun termasuk Kangen Water. 

Artinya, air minum kemasan berlabel Kangen Water yang dijual mungkin saja dapat dibuat dengan menggunakan alat pemurnian air milik Enagic oleh siapa pun.

Badan POM RI sendiri diketahui belum memberikan izin edar pada air minum dalam kemasan dengan merek Kangen Water.

Terlepas dari klaim manfaat Kangen Water yang masih perlu diteliti lebih lanjut, secara umum air ini bisa kamu konsumsi.

Berbicara soal rasanya, air ini tidak memiliki perbedaan berarti dengan air mineral biasa. Selain diminum, air juga bisa digunakan pada kulit, terutama kulit wajah.

Mencuci muka dengan Kangen Water akan memberikan sensasi segar pada kulit wajahmu. Dibarengi dengan kebiasaan mencuci wajah dengan sabun, hal ini tentu dapat mencegah jerawat bertambah banyak.

Jika tertarik mencoba air alkali, kamu mungkin bisa membeli alat yang disediakan oleh produsen alat pemurnian air ini. Beberapa produsen lain juga telah menyediakan air alkali kemasan yang dilengkapi izin BPOM.

 Ada baiknya jika kamu berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter jika ingin mengonsumsi air ini. Atau, untuk menjamin keamanannya, pastikan produk yang hendak kamu minum tercatat dalam BPOM. Kamu bisa mengeceknya melalui halaman website BPOM.

Semoga bermanfaat!

Artikel review merupakan opini penulis, dan tidak bisa digunakan sebagai pengganti saran medis. Sebelum mencoba rekomendasi tersebut, pembaca dihimbau untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu.
Air PutihMenjaga KesehatanHidup Sehat

BPOM RI. https://www.pom.go.id/new/view/more/klarifikasi/70/PENJELASAN-BADAN-POM-RI-TENTANG--PEREDARAN-PRODUK-KANGEN-WATER.html Diakses pada 3 Mei 2021

CNKI. http://en.cnki.com.cn/Article_en/CJFDTOTAL-SHYI200112005.htm Diakses pada 3 Mei 2021

Enagic Indonesia. https://enagic.co.id/shop/ Diakses pada 3 Mei 2021

Healthline. https://www.healthline.com/health/food-nutrition/alkaline-water-benefits-risks#risk-factors Diakses pada 3 Mei 2021

The Annals of Otology, Rhinology, and Laryngology. https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/22844861/ Diakses pada 3 Mei 2021

Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Klik disini untuk konsultasi langsung dengan dokter