Makan Sehat

Jaga Napas Tetap Segar Dengan 11 Merek Permen Mint Ini

07 Oct 2021|Nurul Rafiqua
11 Rekomendasi Permen Mint Terbaik, Napas Segar Tenggorokan LegaPermen mint dibuat dari ekstrak daun peppermint

Permen mint kerap menjadi pilihan cepat nan praktis saat kita butuh menyegarkan napas atau melegakan tenggorokan. 

Tersedia dalam berbagai merek dan variasi rasa, permen mint yang terbuat dari bahan utama peppermint ini ternyata menyimpan sejumlah khasiat lain bagi kesehatan.

Manfaat Mengonsumsi Permen Mint

Secara umum, ekstrak daun peppermint yang menjadi salah satu bahan utama permen ini menawarkan sejumlah manfaat untuk kesehatan. Beberapa di antaranya adalah:

  • Membantu mengurangi bau mulut (halitosis)
  • Meningkatkan memori dan konsentrasi. Hal ini pernah diteliti dalam suatu riset yang diterbitkan ole International Journal of Neuroscience.
  • Meningkatkan suasana hati.
  • Kandungan menthol dalam peppermint dapat membantu melegakan hidung tersumbat.
  • Penelitian lain mengungkapkan bahwa peppermint juga efektif dalam menjaga kewaspadaan dan menghindari rasa lelah saat mengemudi.  
  • Membantu proses diet.
  • Membantu melancarkan proses pencernaan.

Anjuran mengonsumsi permen mint

Meski banyak manfaatnya, tetapada beberapa hal yang harus diperhatikan jika kamu ingin makan  permen mint, di antaranya adalah:

  • Tidak menjadikan permen mint sebagai produk utama pembersih mulut. Bau mulut biasanya ditimbulkan oleh bakteri. Oleh karena itu, cara terbaik untuk menghilangkan bau mulut adalah melalui kombinasi dari sikat gigi, flossing, dan pembersihan gigi oleh dokter gigi secara teratur.
  • Sebisa mungkin pilih permen mint yang bebas gula atau menggunakan pemanis alami. Permen pada umumnya mengandung kadar gula tinggi yang dapat meningkatkan risiko kesehatan lain, termasukmenyebabkan gigi berlubang.

Rekomendasi merek permen mint yang enak dan segar 

Setelah mengetahui sedikit info tentang permen mint, mau tahu pilihan permen mint terbaik dengan rasa dan kesegaran yang maksimal? Berikut daftar rekomendasinya.

1

Hexos

Rekomendasi Permen Mint: HexosHexos

Hexos merupakan salah satu permen mint legendaris di Indonesia. Produk buatan Konimex ini berfungsi untuk melegakan tenggorokan sekaligus menyegarkan napas.

Permen mint Hexos hadir dalam beberapa varian rasa di antaranya mint, lemon mint, barley mint, extra mint, dan extra mint licorice. Jadi, kamu tidak akan bosan dengan rasa mint yang itu-itu saja.

Harga permen Hexos: Rp1.900

2

Frozz

Salah satu permen mint yang terkenal manis tapi bebas kalori adalah Frozz.

Permen ini terdiri dari banyak varian rasa di antaranya yaitu mint, barley mint, blueberry mint, orange mint, cherry mint, lime mint, ice mint eucalyptus, mango mint, blackberry mint, anggur mint, dan yang paling baru yaitu rasa yuzu.

Dengan rasanya yang unik, permen mint dari frozz ini digemari oleh semua kalangan, termasuk anak-anak.

Permen Frozz hadir dalam kemasan plastik dengan penutup di bagian atasnya yang mampu menjaga kehigienisan permen di dalamnya. Belum lama ini Frozz juga mengeluarkan kemasan baru edisi spesial Gatot Kaca yang begitu menarik. 

Meski tidak mengandung gula, disarankan untuk tidak mengonsumsi permen ini lebih dari 3 butir dalam sekali makan.

Harga permen mint frozz: Rp7.426

3

Fox

Rekomendasi Permen Mint: FoxFox

Kita tentu tidak asing dengan permen mint Fox’s. Produk permen mint yang terlihat bening seperti kristal. Produk buatan Nestle ini diklaim menggunakan pewarna alami dari ekstrak tumbuh-tumbuhan.

Dari sisi kemasan, permen Fox’s dikemas dengan tabung kaleng berukuran 180 gram. Selain varian mint, permen Fox’s tersedia dalam varian rasa buah-buahan seperti strawberry, blackcurrant, lemon, dan jeruk.

Harga produk: Rp25.500

4

Kis

Rekomendasi Permen Mint: KisKis

“Permen Kis, gak cuma wangi juga bisa ngomong!” Begitulah slogan yang tetap terngiang-ngiang di telinga hingga hari ini dari permen kis mint. Salah satu produk dari Mayora ini diproduksi khusus untuk membuat napas menjadi lebih segar.

Kiss tersedia dalam 4 varian rasa yaitu barley, cherry, anggur, dan apel yang manis namun menghasilkan sensasi yang fresh.                                

Harga produk mulai dari: Rp3.700

5

Davos

Rekomendasi Permen Mint: DavosDavos

Davos merupakan salah satu permen mint jadul yang tak lekang oleh waktu. Diproduksi sejak tahun 1931, aroma dan rasanya yang semriwing membuat Davos selalu dikenang di benak konsumen. Kemasannya yang berwarna biru mentereng juga membuat produk ini tetap terlihat relevan di pasaran.

Selain itu, bentuk permen ini pun tidak pernah berubah, yaitu berbentuk bulat berwarna putih dengan ukuran diameter sebesar 22 millimeter.

Harga permen mint jadul Davos: Rp1.000

6

Fisherman’s Friend Sugar-Free

Rekomendasi Permen Mint: Fisherman’s Friend Sugar-FreeFisherman’s Friend Sugar-FreeCek Sekarang

Satu lagi permen mint yang dikenal di seluruh dunia dan begitu diandalkan Ketika sakit tenggorokan melanda. Rasa mint-nya yang begitu nendang, ampuh untuk melegakan tenggorokan sekaligus membantu menghilangkan mual.

Permen mint Fisherman’s Friend memiliki beberapa varian rasa mulai dari mint, spearmint, citrus, cherry, dan original. Setiap rasanya memiliki tingkat “kepedasan” yang berbeda.

Harga produk: Rp15.225

7

Alba Pastilles

Rekomendasi Permen Mint: Alba PastillesAlba PastillesCek Sekarang

Permen mint yang sudah lama hadir di tengah masyarakat Indonesia ini memang sudah jadi sahabat kita dalam urusan permen penyegar mulut. Selain itu, produk ini mengandung minyak menthol dan mint yang dipercaya dapat meredakan sakit tenggorokan.

Dikemas dalam kemasan pouch yang dilengkapi ziplock di atasnya, kamu bisa mengonsumsi permen ini dengan lebih awet.

Harga produk: Rp10.600

8

Strepsils

Rekomendasi Permen Mint: StrepsilsStrepsilsCek Sekarang

Strepsils merupakan tablet hisap yang mengandung bahan antiseptik. Permen mint ini mengandung amylmetacresol yang dikenal mampu meredakan radang tenggorokan. Selain itu, terdapat kandungan minyak eucalyptus dan menthol yang berfungsi memberikan rasa segar khas daun mint pada tenggorokan.

Jika sedang mengalami radang tenggorokan, konsumsilah permen Strepsils setiap dua hingga tiga jam sekali. Namun ingat, jangan sampai melebihi 12 tablet per hari. Strepsils juga tidak boleh dikonsumsi anak di bawah umur 6 tahun.

Harga produk: Rp8.000

9

Woods’ Peppermint

Rekomendasi Permen Mint: Woods’ PeppermintWoods’ PeppermintCek Sekarang

Jika mendengar merek Woods’ yang terbayang di benak tidak lain adalah produk obat batuk. Kini Woods’ juga memproduksi permen pelega tenggorokan yang sama manjurnya untuk meredakan sakit tenggorokan.

Permen Woods’ mengandung daun peppermint dan menthol yang bisa membuat napas lebih segar. Selain itu fungsi antiseptik yang dimilikinya dapat membunuh bakteri penyebab radang yang ada di dalam mulut. Produk ini tersedia dalam beberapa pilihan rasa seperti original, lemon madu, blackcurrant, serta cherry.

Harga produk: Rp4.500

10

Troches Meiji

Rekomendasi Permen Mint: Troches MeijiTroches Meiji

Selain Strepsil, permen mint pelega tenggorokan dengan kandungan antiseptik lainnya adalah Troches Meiji.

Permen ini diperkaya dengan kandungan dequalinium chloride yang efektif menghambat pertumbuhan bakteri dan jamur pada mulut dan tenggorokan.

Dalam satu kemasan terdapat enam tablet hisap dan tersedia dua varian rasa yaitu strawberry dan melon.

Harga Produk: Rp7.500

11

Hacks

Rekomendasi Permen Mint: HacksHacks

Permen pelega tenggorokan yang terakhir datang dari merek Hacks. Salah satu permen mint produksi Malaysia ini sudah hadir selama beberapa dekade. Permen Hacks mengandung minyak eukaliptus, ekstrak herba, dan minyak adas yang membantu melegakan pernapasan. Produk ini dijual dengan kemasan besar seberat 1,5 kilogram.

 Harga produk: Rp107.000

Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/mint-benefits#TOC_TITLE_HDR_5
Diakses pada 28 September 2021

International Journal of Neuroscience. https://www.researchgate.net/publication/5805480_Modulation_of_cognitive_performance_and_mood_by_aromas_of_peppermint_and_ylang-ylang
Diakses pada 28 September 2021

American Journal of Plant Sciences. https://www.scirp.org/journal/paperinformation.aspx?paperid=93142
Diakses pada 28 September 2021

Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email