Lifestyle

Jadi Pribadi yang Lebih Baik dengan 10 Rekomendasi Buku Self Improvement Ini

09 Mar 2021|Fadli Adzani
Tingkatkan kualitas diri dengan membaca berbagai jenis buku self improvement.Berbagai buku self improvement dapat membantumu meningkatkan kualitas diri.

Salah satu cara untuk mendapatkan inspirasi dan motivasi dalam melakukan hal positif adalah membaca buku self improvement. Berbagai bahasan dalam buku jenis ini diyakini dapat membuatmu lebih bersemangat dalam mencari bakat yang terpendam di dalam diri.

Berikut adalah berbagai rekomendasi buku self improvement dari SehatQ untuk meningkatkan kualitas dirimu.

Rekomendasi buku self improvement untuk memotivasi diri

1

Sebuah Seni untuk Bersikap Bodo Amat

buku self improvementSebuah Seni untuk Bersikap Bodo Amat (Sumber: Gramedia)

Sang penulis, Mark Manson menciptakan buku self improvement berjudul Sebuah Seni untuk Bersikap Bodo Amat (The Subtle Art of Not Giving a F*ck) dengan balutan kejujuran. Buku ini mengajarkan pembacanya untuk lebih peduli dengan hal-hal kecil di dalam kehidupan, tapi memiliki makna yang besar untuk kita.

Buku ini berisikan riset akademis sekaligus candaan yang bisa membuat kamu merasa betah membacanya. Untuk versi bahasa Indonesianya, Sebuah Seni untuk Bersikap Bodo Amat dapat dibeli dengan harga mulai dari Rp53.600.

2

David and Golitah: Ketika Si Lemah Menang Melawan Raksasa

buku self improvementDavid and Golitah: Ketika Si Lemah Menang Melawan Raksasa (Sumber: Gramedia)

Lewat buku David and Golitah: Ketika Si Lemah Menang Melawan Raksasa, Malcolm Gladwell ingin menunjukkan bahwa yang lemah tetap bisa mendapatkan kemenangan dan kesuksesan.

Untuk menyampaikan pesan itu, Gladwell memasukkan berbagai macam cerita, baik itu tentang sejarah, psikologi, serta kisah-kisah menarik lainnya.

Misalnya, tentang pengidap disleksia, cara pikir peneliti kanker, hingga kisah inspiratif pemimpin gerakan sipil. Buku ini membuktikan bahwa hal-hal indah juga bisa datang dari penderitaan dan kesulitan. Berbagai kisah menarik di dalam buku ini dapat kamu nikmati dengan merogoh kocek sekitar Rp70.000.

3

Goodbye, Things: Hidup Minimalis ala Orang Jepang

buku self improvementGoodbye, Things: Hidup Minimalis ala Orang Jepang (Sumber: Gramedia)

Fumio Sasaki, penulis buku Goodbye, Things: Hidup Minimalis ala Orang Jepang, adalah orang biasa yang merasa stres karena terus-terusan membandingkan dirinya dengan orang lain. Sampai pada suatu hari, ia memutuskan untuk membuat perubahan di dalam hidupnya dengan meninggalkan segala hal yang ia tidak butuhkan.

Buku ini menceritakan bagaimana hidup minimalis dapat memperkaya hidup. Kabar baiknya, setiap orang dapat mendapatkan manfaat dari kehidupan yang minimalis ini. Definisi kebahagiaan yang dituangkan Sasaki dalam bukunya ini dapat membuka matamu untuk melihat potensi dari hidup minimalis.

Buku yang dirilis pada tahun 2015 ini dibanderol dengan harga mulai dari Rp70.000.

4

Menyakitkan, Tapi Tak Seburuk yang Kupikirkan

buku self improvementMenyakitkan, Tapi Tak Seburuk yang Kupikirkan (Sumber: Gramedia)

Menyakitkan, Tapi Tak Seburuk yang Kupikirkan adalah buku self improvement karangan Lee You-Jeong. Jika kamu mencari buku yang bisa memberikan semangat untuk menghadapi cobaan dan rintangan hidup, maka buku ini cocok untuk dibaca.

Di dalam bukunya, Lee You-Jeong mengungkapkan bahwa kebahagiaan bukan hanya tentang hal yang luar biasa dan keren. Ada kalanya, kebahagiaan bisa datang hanya dengan melihat pemandangan dedaunan dan berbagi makan malam dengan orang yang dicintai.

Buku setebal 272 halaman ini dapat dibeli dengan harga sekitar Rp99.000.

5

The Salmon Who Dares To Leap Higher

buku self improvementThe Salmon Who Dares To Leap Higher (Sumber: Gramedia)

Ahn Do Hyun, lewat bukunya The Salmon Who Dares To Leap Higher, bercerita tentang perubahan. Menurutnya, perubahan adalah hal normal yang pasti akan terjadi di dalam hidup. Perubahan itu bisa berarti pernikahan, pekerjaan, kesehatan, atau bisnis.

Di dalam buku ini, Ahn Do Hyun tidak bercerita tentang ikan salmon biasa. Ikan salmon yang dikisahkan di dalam buku ini memiliki sisik perak yang berbeda dari ikan salmon lainnya. Namun, ia tetap berani untuk melampaui takdirnya dan tidak takut untuk bermimpi.

Buku yang juga mengisahkan tentang menjadi dewasa, cinta yang menyakitkan, dan rasa semangat ini dapat dibeli dengan harga mulai dari Rp47.200.

6

Whatcha Gonna Do With That Duck?

buku self improvementWhatcha Gonna Do With That Duck? (Sumber: Amazon)

Whatcha Gonna Do With That Duck? merupakan salah satu buku self improvement yang laku di pasaran. Buku karangan Seth Godin ini membantu pembacanya untuk melihat berbagai aspek kehidupan yang bisa dan harus ditingkatkan.

Kata-kata yang digunakan oleh Godin di dalam buku ini cukup jujur dan bisa memberikan inspirasi. Bahkan, terdapat berbagai pertanyaan yang kamu sendiri mungkin tidak berani untuk mempertanyakannya.

Berbagai petuah dan inspirasi di dalam buku Whatcha Gonna Do With That Duck? dapat kamu baca hanya dengan mengeluarkan uang sekitar Rp85.000.

7

Eat That Frog!

buku self improvementEat That Frog! (Sumber: Amazon)

Bagi kamu yang masih suka menunda-nunda melakukan sesuatu atau menghabiskan waktu dengan hal yang tak penting, maka Eat That Frog! ciptaan Brian Tracy cocok untuk menjadi bacaanmu.

Menurut berbagai ulasan, Tracy adalah seorang penulis buku yang bisa memotivasi pembacanya. Buku Eat That Frog! akan membantu pembacanya untuk mulai lebih banyak melakukan daripada hanya berbicara.

Lawan rasa malas sekarang juga dengan membaca buku inspirasional yang dibanderol dengan harga Rp45.000 ini.

8

How to Win Friends & Influence People

buku self improvementHow to Win Friends & Influence People (Sumber: Amazon)

How to Win Friends & Influence People adalah buku self improvement karangan Dale Carnegie yang sebenarnya sudah dirilis sejak 1937 silam. Namun, sampai saat ini, buku tersebut masih dicetak ulang karena menarik banyak pembaca.

Pada awal diciptakannya buku ini, pembacanya datang dari kalangan pekerja sales. Buku ini mengajarkan kepada kita bahwa pekerjaan apa pun yang kita jalani, kita tetap harus berperilaku baik dan mendedikasikannya kepada orang lain.

Buku ini juga berpesan bahwa menjadi orang yang baik akan membantumu mendapatkan apa yang kamu mau. Buku self improvement ini dibanderol dengan harga mulai dari Rp159.000.

9

An Astronaut's Guide to Life on Earth

buku self improvementAn Astronaut's Guide to Life on Earth (Sumber: Amazon)

Chris Hadfield adalah astronaut asal Kanada pertama yang berhasil ke luar angkasa. Ia juga pernah menjadi komandan dari The International Space Station.

Saat pulang dari luar angkasa dan kembali ke muka bumi, ia tidak hanya membawa penemuan-penemuan terbaru, tapi juga cerita yang ia rangkum dalam buku An Astronaut's Guide to Life on Earth.

Lewat bukunya ini, Hadfield ingin para pembacanya untuk mempersiapkan diri dalam menghadapi masa terburuk, tapi tidak lupa untuk menikmati momen-momen yang sedang terjadi.

Buku ini akan membuat pembacanya merasa sedang mengendarai pesawat ulang-alik dan merasakan apa yang Hadfield rasakan di luar angkasa. Kamu dapat membeli buku ini dengan harga mulai dari Rp105.000.

10

Failing Forward

buku self improvementFailing Forward (Sumber: Amazon)

Di dalam kehidupan, kamu akan merasakan kegagalan. Saat kegagalan terjadi di dalam hidup, penting bagi kamu untuk menghadapinya sebaik mungkin. Apakah kamu akan putus asa atau menggunakan kegagalan tersebut sebagai batu loncatan untuk sukses?

Buku Failing Forward karya John C. Maxwell akan mengajarkan pembacanya untuk bisa menghormati dan menghargai kegagalan di dalam hidup. Sebab, saat kamu sudah bisa menghargai kegagalan, kamu akan bisa tumbuh dewasa. Buku ini bisa kamu bawa pulang dengan merogoh kocek sekitar Rp80.000.

Kesehatan MentalHidup Sehat

Mind Body Green. https://www.mindbodygreen.com/0-15734/5-reasons-to-read-selfhelp-books-even-if-you-think-you-dont-need-to.html
Diakses pada 9 Februari 2021

Good Reads. https://www.goodreads.com/book/show/28257707-the-subtle-art-of-not-giving-a-f-ck
Diakses pada 9 Februari 2021

James Clear. https://jamesclear.com/book-summaries/the-subtle-art-of-not-giving-a-fck
Diakses pada 9 Februari 2021

Scribd. https://www.scribd.com/book/322011391/The-Subtle-Art-of-Not-Giving-a-F-ck-A-Counterintuitive-Approach-to-Living-a-Good-Life
Diakses pada 9 Februari 2021

Gramedia. https://www.gramedia.com/products/david-and-goliath-ketika-si-lemah-menang-melawan-raksasa-c-1
Diakses pada 9 Februari 2021

Good Reads. https://www.goodreads.com/book/show/30231806-goodbye-things
Diakses pada 9 Februari 2021

Gramedia. https://www.gramedia.com/products/menyakitkan-tapi-tak-seburuk-yang-kupikirkan
Diakses pada 9 Februari 2021

Gramedia. https://www.gramedia.com/products/the-salmon-who-dares-to-leap-higher-cara-sukses-menghadapi
Diakses pada 9 Februari 2021

Lifehack. https://www.lifehack.org/articles/lifestyle/the-25-best-self-improvement-books-read-before-you-turn-25.html
Diakses pada 9 Februari 2021

Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email