Mom & Baby

Pilihan Freezer ASI Terbaik Andalan Para Ibu Menyusui

12 May 2021|Ade Irawan
freezer asi terbaik harus disesuaikan dengan kebutuhan ibu menyusuiFreezer ASI buat ASIP berlimpah lebih tahan lama

Kulkas ASI merupakan solusi para ibu menyusui untuk menyimpan ASI perah (ASIP) lebih lama. Tempat penyimpanan yang baik biasanya dibutuhkan oleh para ibu yang masih bekerja atau memiliki aktivitas lain selama masa menyusui. Untuk itu, kamu perlu memilih freezer ASI terbaik yang mampu menjaga ASIP tetap segar hingga waktu yang panjang.

Menyimpan stok ASI dengan baik pun akan membuat si Kecil bisa mendapatkan ASI hingga usia dua tahun. Jika memang masih berlebih, kamu bisa mendonasikan ASIP kepada bayi yang membutuhkan. Sekarang simak rekomendasi freezer ASI yang bisa dipercaya untuk menyimpan ASI perahmu.

Kelebihan dan kekurangan membeli atau menyewa freezer ASI

Freezer ASI merupakan sebuah investasi yang cukup berharga. Karena itu, kamu butuh menyiapkan dana yang cukup sebelum memasuki periode menyusui. Pilihannya sekarang adalah kamu akan membelinya atau sekadar menyewa kulkas ASI tersebut.

Tentunya ada kelebihan dan kekurangan yang bisa kamu dapatkan dalam setiap pilihannya. Saat memutuskan untuk membeli, tentunya kamu harus menyisihkan uang yang lebih besar. Harga kulkas ASI yang terdapat di pasaran saat ini berkisar Rp1,3—Rp3 juta tergantung ukuran dan kualitas barangnya.

Membeli berarti menjadikan kulkas tersebut milikmu. Hal ini bisa memberikan kamu keleluasaan untuk menggunakan barang tersebut. Selain itu, kamu pun bisa terus menggunakannya untuk anak kedua dan ketiga. Bukan hanya itu, kulkas ASI tersebut pun bisa dijual kembali.

Di sisi lain, menyewa freezer ASI tergolong lebih murah. Kamu hanya perlu menyisihkan uang sebanyak Rp3.000—Rp5.000 per harinya untuk menyewa kulkas tersebut. Enaknya lagi, kamu bisa mengembalikannya saat sedang tidak butuh—seperti saat anak sudah disapih.

Rekomendasi freezer terbaik untuk ASI perah

Kulkas ASI harus memiliki suhu dingin yang stabil dan ruang penyimpanan yang cukup. Berikut rekomendasi Freezer ASI yang bagus untuk kamu jadikan pilihan di rumah:

1

Freezer ASI Aqua Sanyo AQF S4

Freezer ASI terbaik dengan harga terjangkauAqua merupakan merek berkualitas dan terjangkau untuk freezer ASI

Kulkas khusus ASI ini merupakan pilihan yang tepat untuk kamu dengan ASI berlimpah. Kapasitas kulkasnya bisa menampung hingga 200 kantong atau 130 botol kaca ASI. Aqua Sanyo AQF S4 ini memiliki rak empat susun di dalamnya sehingga memudahkan kamu untuk menandai urutan ASI yang masuk.

Daya listrik yang dibutuhkan kulkas ini hanya 110 Watt. Namun, kulkas ini bisa menghasilkan temperatur suhu hingga -33,5 derajat Celcius. Harga kulkas ASI dari Aqua ini berkisar antara Rp2,3—Rp2,6 jutaan.

2

Freezer ASI Toshiba GF-K169

Freezer ASI terbaik untuk menyimpan banyak ASI perahKulkas Toshiba pilihan penyimpan ASI low-watt

Freezer yang satu ini bisa menyimpan botol kaca ASI yang lebih banyak lagi. Kamu bisa menaruh lebih dari 200 botol kaca ASI berukuran 100 ml di dalam sana. Selain memiliki lima rak di dalamnya, kulkas ini pun punya kompartemen di bagian pintu untuk menaruh hingga belasan botol.

Untuk dayanya, kulkas ini hanya membutuhkan tenaga sebesar 120 Watt ketika dinyalakan. Harga kulkas ini pun tergolong sangat terjangkau. Kamu hanya perlu menyisihkan uang sekitar Rp2,5—Rp2,8 jutaan saja.

3

Modena MD 10 W Chest Freezer

Freeze ASI terbaik yang ramah lingkunganFreezer ASI khusus untuk menampung banyak kantung ASI

Melihat bentuknya, mungkin kamu mengira freezer ini digunakan untuk menyimpan daging atau makanan beku. Sebenarnya, kamu bisa memanfaatkannya untuk menyimpan ASI perah juga. Kapasitas yang bisa ditampung dalam freezer ini bisa mencapai 100 liter. 

Keunggulan yang dibawa oleh freezer ini pun sangat ramah lingkungan. Kulkas peti ini tidak menghasilkan gas CFC dari kompresornya. Freezer ASI ini bisa membuat temperatur suhu hingga -25 derajat Celcius. Harga freezer ASI dari Modena ini berkisar antara Rp3,1—Rp3,5 jutaan.

4

Freezer Sharp FRV-200

Kulkas ASI terbaik dengan kapasitas besarInvestasi jangka panjang untuk kulkas ASI serbaguna dari Sharp

Buat kamu yang mencari freezer dengan kapasitas super, Sharp FRV-200 bisa dijadikan pilihan untuk menyimpan ASI. Kapasitas dari freezer peti ini bisa mencapai 195 liter. Biarpun begitu, konsumsi dayanya hanya 100 Watt saja setelah dinyalakan.

Namun, kamu butuh ruang khusus untuk menaruhnya karena kulkas ini cukup besar. Setelah tidak digunakan lagi untuk menyimpan ASI, kamu bisa menyimpan berbagai macam makanan di dalamnya. Untuk memilikinya, kamu perlu menyisihkan uang sebesar Rp3,2—Rp3,5 juta.

5

Freezer LG GN-IN304

Freezer ASI terbaik dari LG dengan desain segarKulkas ASI dengan desain menarik untuk memperindah rumah

Kulkas ASI ini juga memiliki enam rak di dalamnya dengan kapasitas penyimpanan hingga 171 liter. Selain rak di bagian dalam kulkas, kamu pun bisa mendapatkan penyimpanan kecil di bagian pintu untuk menaruh kantong ASI. Teknologi pendinginan freezer ini pun dapat menjaga makanan di dalamnya terhindar dari jamur dan bakteri.

LG juga memberikan tampilan desain yang cantik, baik di luar dan dalamnya. Seluruh rak dalam kulkas ini menggunakan tempered glass yang kuat untuk menopang puluhan botol kaca. Harga kulkas ini berkisar antara Rp2,5—Rp2,7 jutaan.

Artikel review merupakan opini penulis, dan tidak bisa digunakan sebagai pengganti saran medis. Sebelum mencoba rekomendasi tersebut, pembaca dihimbau untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu.
Bayi & MenyusuiProduksi AsiBayiAsi EksklusifCara Menyimpan AsiManfaat AsiAsi Perah
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Klik disini untuk konsultasi langsung dengan dokter