Lifestyle

Simpan Makanan Lebih Awet Dalam Food Container Terbaik

27 Feb 2022|Ade Irawan
Food containerJaga makanan tetap segar dan tahan lama

Food container atau wadah penyimpanan makanan merupakan peralatan rumah tangga yang wajib dimiliki. Produk ini sangat bermanfaat agar makanan tetap awet dan terjaga kualitasnya. Kulkas pun jadi tidak bau dan berantakan gara-gara makanan yang disimpan di sana.

Untuk menyimpan segala jenis makanan, food container tersedia dalam berbagai bentuk dan ukuran. Bahan pembuatnya pun berbeda-beda, seperti plastik, kaca, dan stainless steel.

Peruntukannya juga macam-macam. Ada yang khusus untuk menyimpan makanan di freezer, makanan bayi, bumbu dapur, dan sebagainya.

Tips memilih food container

Memilih food container tentu harus dilihat dari sisi harga dan kebutuhannya. Namun, tetap ada faktor yang perlu diperhatikan lainnya. Berikut tips memilih food container terbaik:

1. Perhatikan materialnya

Sebelum memutuskan membeli food container tertentu, ketahui dulu tips memilih produknya. Yang pertama perlu kamu perhatikan adalah bahan food container tersebut.

Plastik sangat umum dipakai untuk wadah penyimpanan dan harganya cukup terjangkau. Namun, pastikan produknya BPA free sehingga aman digunakan.

Food container dari kaca sangat aman untuk makanan . Namun, kamu harus berhati-hati karena kaca mudah pecah dan berat.

Bahan lainnya adalah stainless steel yang juga aman untuk makanan. Akan tetapi, tidak semua makanan bisa disimpan dalam wadah berbahan ini. Produk ini cocok untuk menyimpan minyak, cairan, dan makanan yang bersifat netral.

2. Pilih produk yang antibocor

Ini juga salah satu hal penting yang harus dipertimbangkan sebelum membeli food container. Pilihlah produk yang memiliki rubber seal atau silikon pada tutupnya, sehingga dapat menutup rapat. Jadi, aroma makanan tidak akan tercium keluar dan tidak bocor atau mudah tumpah.

3. Sesuaikan Kapasitas dan Ukurannya

Agar penyimpanan lebih rapi, sesuaikan kapasitas dan ukuran food container dengan kulkas dan makanan apa yang ingin kamu simpan. Pastikan food container bisa ditumpuk sehingga tidak memakan tempat.

Baca juga: Sayur Kaleng Terbaik yang Mudah Disimpan

Rekomendasi food container terbaik

Memilih food container memang tidak boleh asal agar makanan yang disimpan tetap awet. Nah, agar kamu tidak bingung memilihnya, ini dia rekomendasi produk terbaiknya.

1

Lock&Lock Food Container Heat Resistant Rectangular Boroseal

Food container lock and lockTempat makan terbaik untuk moms di rumah

Lock&Lock memiliki beragam produk food container. Salah satu yang terbaik adalah Lock&Lock Food Container Heat Resistant Rectangular Boroseal.

Sesuai namanya, wadah penyimpanan ini terbuat dari kaca Boroseal yang tidak gampang pecah. Kamu yang sensitif terhadap bau pun tidak perlu khawatir menggunakannya. Sebab, bau makanan tidak mudah menempel di wadah kaca.

Food container dengan tutup kedap udara ini memiliki dimensi 223 x 162 x 78 mm dengan kapasitas 1,35 L. Tempat penyimpanan makanan ini juga tahan panas hingga suhu 400 derajat Celcius. Jadi, kamu bisa memakainya untuk memanaskan makanan di oven atau microwave dengan aman. 

Food container Lock&Lock juga tersedia dalam ukuran lebih kecil, yaitu 160 ml, 430 ml, dan ukuran besar 2,9 L. Harga produk ini sekitar Rp49–Rp275 ribu.

2

Micoe Kotak Makan Stainless Steel 304

Food container micoeTempat makan dengan material kuat

Kalau kamu mencari food container berbahan stainless steel, Micoe Kotak Makan Stainless Steel 304 layak dicoba.

Micoe sendiri merupakan produsen produk berbahan stainless steel, sehingga produknya dijamin berkualitas dan antikarat. Sementara itu, penutupnya terbuat dari plastik transparan yang antibocor karena dilengkapi dengan silikon. 

Satu set wadah penyimpanan ini terdiri dari 3 ukuran, yaitu ukuran kecil 350 ml (15 x 11 x 5,6 cm), ukuran sedang 550 ml (17 x 13 x 6 cm), dan ukuran besar 850 ml (20 x 15 x 6,8 cm). Harganya sekitar Rp390—Rp400 ribu.

3

Unisoh Kotak Kontainer Buah dan Sayuran

Food container unisohSimpan sayur dan buah di sini

Food container dari Unisoh cocok untuk kamu yang ingin menyimpan buah dan sayuran di kulkas tanpa repot.

Selain sebagai tempat penyimpanan, produk ini juga dilengkapi sistem penyaringan. Lid pada bagian bawah wadah pun bisa dibuka untuk membuang air. Jadi, kamu bisa langsung mencuci buah dan sayuran dengan mudah. 

Selain itu, food container ini mampu menampung makanan yang berat karena terbuat dari plastik tebal berkualitas. Dengan harga sekitar Rp119.– Rp 277 ribu, kamu bisa mendapat 3 buah kotak penyimpanan.

4

Tupperware Fresh Mint Collection

Food container tupperware fresh mintWarna hijaunya jadi koleksi yang harus dimiliki

Tupperware Fresh Mint Collection menjadi solusi untuk kamu yang ingin menyimpan daging dan ikan dengan aman di freezer. Food container ini memang didesain untuk wadah penyimpanan makanan di freezer, sehingga kulkas tak berbau.

Tidak perlu cemas jika kamu lupa kapan mulai menyimpan makanan di freezer. Ada dial di tutupnya yang dapat diputar untuk menandai bulan dan minggu.

Dengan harga mulai dari Rp395—Rp400 ribu, kamu akan mendapat 6 buah food container. Keenam container tersebut hadir dalam beberapa ukuran, yaitu 2 wadah ukuran 290 ml (11,1 x 7,3 x 7,7 cm), 2 wadah ukuran 820 ml (14,2 x 9,2 x 12,3 cm), 1 wadah ukuran 1,5 L (21,5 x 16 x 6,8 cm), dan 1 wadah ukuran 2,1 L (21,5 x 16 x 11,5 cm).

5

Tupperware Spice T’ Go

Food container tupperware spice tTempat yang aman untuk rempah-rempah di rumah

Satu lagi produk food container dari Tupperware untuk kamu yang suka memasak. Food container ini dibuat khusus untuk menyimpan bumbu dapur dan rempah-rempah agar awet dan tetap fresh.

Proses memasak pun lebih mudah karena ada dua lubang (lubang besar dan kecil) dalam satu wadah. Jadi, kamu bisa mengontrol banyaknya bumbu yang digunakan.

Food container ini terdiri dari 1 wadah ukuran 260 ml (9,8 x 4,5 x 11,7 cm) dan 2 wadah ukuran 120 ml (9,8 x 4,5 x 6 cm). Wadah yang besar bisa untuk menyimpan kayu manis, cengkeh, biji pala, kemiri, dan sebagainya. Sementara, wadah kecil bisa untuk menyimpan lada, garam, kunyit bubuk, dan lainnya.

Harga yang harus kamu keluarkan untuk kontainer makanan ini sekitar Rp60—Rp700 ribu.

6

Formia Vacuum Food Container

Food container formiaRantang versi modern yang kuat dan tahan lama

Food container dari Formia mirip seperti rantang dalam versi modern. Bahannya terbuat dari stainless steel dan ada fitur vakum, sehingga makanan bisa tetap hangat hingga 6 jam. 

Produk ini juga mudah dibawa karena ada pegangan di bagian tutupnya. Itu sebabnya, produk ini cocok untuk kamu yang ingin pergi piknik tanpa ribet.

Dalam satu setnya, ada 2 mangkuk kecil dan 1 mangkuk besar. Dengan kapasitas 1.800 ml, food container ini bisa dibeli dengan harga sekitar Rp425—Rp500 ribu.

7

Baby Safe Food Container

Food container baby safeTempat makan bayi MPASI

Moms yang mencari wadah penyimpanan makanan yang berkualitas untuk bayinya bisa melirik Baby Safe Food Container. Produk ini bisa digunakan untuk menyimpan makanan di freezer sekaligus menghangatkannya di microwave.

Tersedia dua set dengan ukuran berbeda, yaitu 4 wadah 50 ml dan 8 wadah 70 ml yang dilengkapi juga dengan tray. Dengan begitu, makanan bayi tidak terkontaminasi makanan lain di sekitarnya.

Produk ini juga aman karena terbuat dari plastik polypropylene yang BPA free. Selain itu, produk ini pun memenuhi standar keamanan peralatan makan anak (EN14372).

Harganya pun cukup terjangkau, sekitar Rp22–Rp 49 ribu

Makanan Sehat
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email