Beauty & Skincare

Rekomendasi Facial Wash yang Bagus untuk Kulit Remaja

26 Mar 2021|Nurul Rafiqua
Rekomendasi facial wash untuk remaja, apa saja yang bagus?Kulit remaja berbeda dengan kulit orang dewasa

Di antara produk pembersih muka seperti micellar water atau cleansing water, sabun muka atau facial wash adalah salah satu produk yang lebih penting untuk disertakan dalam perawatan kulit remaja.

Sebab saat beranjak remaja, akan terjadi perubahan hormon yang mengakibatkan berbagai masalah kulit seperti produksi minyak berlebih pada wajah, timbulnya jerawat, atau pori-pori yang membesar.

Selain itu ketika memasuki fase remaja, kegiatan semakin padat dan tak jarang  aktivitas tersebut berada di luar ruangan. Akibatnya, sel kulit mati, debu, kotoran serta bateri yang menempel pada wajah pun semakin meningkat. Hal ini juga dapat menambah faktor risiko jerawat.

Oleh karena itu, rutin mencuci wajah menggunakan sabun muka yang tepat adalah salah satu cara untuk mencegah tumbuhnya jerawat dan masalah kulit lainnya.

Berbagai sabun wajah yang beredar di pasaran hadir dalam beragam komposisi dengan manfaat yang berbeda. Beberapa facial wash memiliki fungsi untuk mengangkat minyak berlebih, dan terkadang dilengkapi dengan kandungan lain yang berfungsi untuk mencegah munculnya jerawat.

Sementara itu, sabun muka yang cocok untuk kulit sensitif biasanya memiliki label hypoallergenic dan tidak mengandung bahan yang dapat mengiritasi seperti alkohol atau pewangi buatan.

Nah, dari sekian banyak facial wash yang ada, manakah yang paling cocok untuk kulit remajamu? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, kamu bisa mencoba rekomendasi sabun muka untuk remaja yang bagus versi SehatQ berikut ini.

1

Clean and Clear Foaming Face Wash

Rekomendasi Facial Wash untuk Remaja: Clean and Clear Foaming Face WashClean and Clear Foaming Face Wash (sumber: Cleanandclear.co.id)

Produk Clean and Clear Foaming Face Wash ini merupakan sabun cuci muka atau pembersih wajah yang diformulasikan khusus untuk kulit remaja. Menurut klaimnya, produk ini dapat melawan 99,8% bakteri penyebab jerawat.

Karena itu, produk ini cocok bagi kamu yang memiliki kulit wajah yang berminyak, berkomedo, dan berjerawat. Facial wash ini paling efektif ketika digunakan dua kali dalam sehari, yakni pada pagi hari, dan pada malam hari sebelum tidur.

Saat digunakan, busa dari produk ini terasa segar meresap dalam membersihkan kotoran dan debu yang menempel di wajah. Tekstur awalnya yang berbentuk gel sangat lembut ketika menyentuh kulit dan tidak membuat kulit menjadi kering setelah menggunakan sabun ini.

Satu hal yang SehatQ suka dari produk ini, adalah kemasannya yang compact. Jadi, kamu bisa membawanya ke mana saja. Tak masalah jika kamu ingin membawanya ke sekolah, untuk cuci muka sehabis jadwal olahraga.

Meski begitu, beberapa orang sempat mengeluhkan produk ini bisa menimbulkan bruntusan jika digunakan dalam jangka waktu lama. Beberapa orang lainnya dengan tipe wajah berminyak merasa Clean and Clear Foaming Face Wash ini hanya cocok di awal pemakaian.

Mungkin hal ini bisa terjadi karena kondisi kulit remaja yang masih dalam tahap perkembangan juga dapat dipengaruhi oleh gaya hidup yang dijalani. Oleh karena itu, efeknya bisa berbeda pada tiap orang.

Harga produk : Mulai dari Rp20.000

2

Hada Labo Gokujyun Ultimate Moisturizing Face Wash

Rekomendasi Facial Wash untuk Remaja: Hada Labo Gokujyun Ultimate Moisturizing Face WashHada Labo Gokujyun Ultimate Moisturizing Face Wash (sumber: rohto.co.id)

Hada Lado Gokujyun Ultimate Moisturizing Face Wash ini merupakan sabun muka dengan kandungan dua Hyaluronic Acid yang mampu mengangkat kotoran serta minyak di kulit wajah tanpa menyebabkan kulit menjadi kering, sehingga kelembapan kulit tetap terjaga.

Produk ini cocok untuk digunakan bagi pemilik kulit sensitif. Sebab, sabun muka tersebut diformulasikan tanpa bahan pewarna, pewangi, mineral oil, dan ethanol. Sama seperti produk face wash pada umumnya, produk ini bisa kamu gunakan pada pagi dan malam hari sebelum kamu tidur.

Saat digunakan, produk ini memang terasa dapat melembapkan kulit wajah dan tidak memberikan efek kering. Efek moist-nya sangat terasa setiap kali selesai mencuci wajah dan tidak membuat kulit tertarik setelah menggunakannya. Aroma yang dihasilkan dari produk ini pun tidak menyengat, malah terasa sangat lembut sehingga nyaman untuk digunakan.

Satu hal yang terasa agak mengganggu dari penggunaan produk ini adalah kamu harus membilas wajah dengan air yang cukup banyak, karena sabun ini menyisakan busa yang banyak dibandingkan dengan produk sejenis.

Harga produk : Mulai dari Rp30.000

3

Cetaphil Gentle Skin Cleanser

Rekomendasi Facial Wash untuk Remaja: Cetaphil Gentle Skin CleanserCetaphil Gentle Skin CleanserCek Sekarang

Cetaphil Gentle Skin Cleanser adalah produk pembersih wajah yang dapat digunakan untuk semua jenis kulit, sehingga meminimalisir risiko iritasi pada kulit wajah. Biasanya, produk pembersih wajah hanya digunakan dengan satu cara, yakni membilasnya dengan air yang mengalir.

Namun, produk ini bisa digunakan dengan dua cara, yakni dengan atau tanpa air. Jadi ketika traveling ke luar kota dengan kereta, pesawat, maupun bus, kamu tetap bisa merawat wajah kamu tanpa menggunakan air, lho. Cukup menyekanya dengan handuk atau kapas yang lembut. Praktis kan?

Teksturnya yang berupa gel memang tidak menghasilkan busa sama sekali serta memiliki aroma yang lembut. Setelah pemakaian selama tiga bulan, sabun ini terbukti ampuh mengurangi volume jerawat membandel pada kulit wajah.

Sayangnya, pada beberapa orang, produk ini dapat menimbulkan reaksi gatal dan panas pada kulit wajah beberapa menit setelah digunakan. Selain itu, harga produk ini agak mahal untuk kantong remaja jika dibandingkan produk lainnya.

Harga produk : Mulai dari Rp41.500

4

Garnier Pure Active Sensitive Anti Acne Cleansing Gel

 

Rekomendasi Facial Wash untuk Remaja: Garnier Pure Active Sensitive Anti Acne Cleansing GelGarnier Pure Active Sensitive Anti Acne Cleansing Gel (sumber: garnier.co.id)

Garnier Pure Active Sensitive Anti Acne Cleaning Gel ini ditujukan untuk kamu yang memiliki kulit sensitif. Bentuknya sendiri berupa gel dengan kandungan Purifying Zinc dan Ekstrak Witch Hazel. Produk ini dapat membersihkan wajah dengan lembut, mengurangi minyak berlebih, dan efek kemerahan pada wajah.

Saat dicoba, teksturnya yang berupa gel dengan warna transparan ini tidak memiliki banyak busa serta tanpa aroma menyengat. Produk ini nyaman untuk digunakan sehari-hari, terutama setelah beraktivitas seharian di luar rumah.

Hanya saja, tekstur produk Garnier ini betul-betul membuat kulit wajah menjadi sangat licin sehingga kamu harus membilasnya berkali-kali dengan air.

Harga produk : Mulai dari Rp30.000

5

Nivea Men Originals Multi Protecting Facial Foam

Rekomendasi Facial Wash untuk Remaja: Nivea Men Originals Multi Protecting Facial FoamNivea Men Originals Multi Protecting Facial Foam (Sumber: nivea.co.id)

Nivea Men Originals Multi Protection Facial Foam adalah produk pembersih wajah yang diformulasikan untuk laki-laki. Dengan kandungan Liquid Facial Foam-nya, produk ini dapat membersihkan hingga lapisan terdalam pori-pori kulit wajah, jika dibandingkan dengan facial foam biasa, Jadi, facial foam ini cocok juga untuk kulit wajah remaja.

Saat digunakan, pori-pori terasa bersih dari minyak dan kotoran yang menempel. Aroma yang dihasilkan oleh produk ini sangat kuat dan terkesan maskulin untuk remaja pria.

Akan tetapi, setelah menggunakan produk ini, kamu disarankan untuk memakai moisturizer atau pelembap, terutama untuk pemilik kulit kering. Soalnya, beberapa orang dengan kulit kering mungkin dapat merasakan efek kulit kencang seperti ditarik sehabis menggunakan produk ini.

Harga produk : Mulai dari Rp20.000

Artikel review merupakan opini penulis, dan tidak bisa digunakan sebagai pengganti saran medis. Sebelum mencoba rekomendasi tersebut, pembaca dihimbau untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu.
Produk KecantikanAnak PraremajaPerawatan Wajah
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Klik disini untuk konsultasi langsung dengan dokter