Beauty & Skincare

Eyeliner Terbaik Untuk Tampilan Mata yang Cantik

10 Feb 2021|Nurul Rafiqua
Antara eyeliner cair, pensil atau gel mana yang paling cocok untuk Anda?Bentuk, tekstur, warna mau pun ketahanan dari eyeliner perlu diperhatikan sebelum dipilih

Pilihan eyeliner yang sangat beragam mungkin dapat membuat kamu bingung dalam memilihnya, apalagi bagi pemula yang baru mau mencoba-coba. Eyeliner atau celak mata memang memiliki banyak jenis dari bentuk, tekstur, warna mau pun ketahanannya. Namun, manakah eyeliner yang bagus untuk dipilih?

Untuk memudahkan kamu memilih eyeliner terbaik yang sesuai dengan kebutuhan, berikut ini. kriteria yang harus diperhatikan.

Bentuk

Beda bentuk eyeliner, beda juga hasil akhirnya. Pilihlah eyeliner yang sesuai dengan tampilah hasil akhir yang diinginkan. Beberapa bentuk tipe eyeliner terdiri dari:

  • Eyeliner pensil

Eyeliner yang berbentuk pensil sangat cocok digunakan bagi pemula yang masih baru dalam mengaplikasikan celak mata. Eyeliner pensil sangat bagus untuk tampilan sehari-hari. Garis yang dihasilkan oleh eyeliner pensil akan terlihat halus dan bisa dengan mudah dibaurkan jika menginginkan tampilan smoky eyes. Meski begitu, jenis eyeliner ini tetap dapat mempertegas bentuk mata agar terlihat lebih cantik.

  • Eyeliner gel

Apabila kamu pecinta garis mata dengan bentuk cat eyes, eyeliner gel dapat membantu menghasilkan tampilan tersebut. Garis yang dihasilkan dari eyeliner tipe ini cenderung tebal dan memiliki kuas yang presisi. Selain itu, eyeliner gel juga memiliki keunggulan tidak mudah luntur jika terkena keringat atau pun minyak wajah. 

  • Eyeliner cair (liquid eyeliner)

Eyeliner cair cocok untuk tampilan garis mata yang tajam dan presisi. Paling cocok digunakan jika kamu menyukai garis dengan sayap di ujungnya. Eyeliner cair memiliki beberapa jenis aplikator, termasuk kuas dan maupun yang serupa spidol. Hampir semua formula dari eyeliner cair sudah dibuat tahan air dan sudah pasti tahan lama. Namun, bagi orang yang belum biasa memakainya, pengaplikasian eyeliner cair mungkin lebih rumit dibanding jenis lainnya.

Aplikator

Aplikator pada eyeliner juga merupakan salah satu faktor yang harus diperhatikan. Baik pada ujung kuas mau pun spidol. Semakin tipis ukurannya, maka semakin tajam dan presisi hasil garisnya.

Jadi, kamu bisa mengatur tebal tipis garis dari eyeliner dengan memilih aplikator yang tepat. Ada baiknya juga memilih ujung aplikator yang empuk agar penggunaan eyeliner bisa semakin nyaman.

Ketahanan

Ada beberapa istilah yang menggambarkan ketahanan eyeliner, di antaranya:

  • Smudge-proof, artinya eyeliner tidak mudah luntur atau berantakan meski terkena gesekan atau tergores
  • Water-proof, yang berarti eyeliner tidak akan terhapus jika terkena air dalam jumlah banyak
  • Water-resistant. Meski sama-sama bisa menahan air, eyeliner water-resistant hanya bisa menahan air dalam jumlah atau selama waktu tertentu saja.
  • Transfer proof. Ini berarti eyeliner tidak akan luntur jika menempel dengan benda lain.
  • Sweat-proof. Eyeliner jenis ini tidak akan terhapus jika terkena keringat.

Berbagai faktor di atas akan menentukan ketahanan dari eyeliner. Beberapa eyeliner bahkan memiliki formula yang menggabungkan beberapa faktor tersebut agar bisa dikenakan lebih lama.

Setelah mengetahui kriteria yang perlu diperhatikan dalam memilih eyeliner terbaik, berikut ini rekomendasi eyeliner bagus yang bisa kamu coba dari SehatQ!

1

Wardah Eyeliner Pencil

Wardah: Rekomendasi Eyeliner Berdasarkan Kriteria Eyeliner TerbaikWardah Eyeliner PencilCek Sekarang

Siapa yang tidak kenal merek Wardah? Ciri khasnya sebagai brand kosmetik halal membuat Wardah sangat populer di Indonesia. Kini, Wardah juga mengeluarkan eyeliner dalam bentuk pensil.

Wardah Eyeliner Pencil adalah pilihan yang tepat apabila kamu menginginkan warna natural yang menempel sempurna di mata. Formulanya yang sudah waterproof juga membuat eyeliner ini tahan lama ketika digunakan.

Kelebihan dari eyeliner Wardah yaitu aplikatornya mudah untuk digunakan dan juga lembut, sehingga tidak hanya dapat memberikan garis yang rapi, tapi juga nyaman untuk digunakan.

Selain itu, eyeliner Wardah memiliki pigmentasi tinggi. Jadi, hanya dengan menyapukan sedikit saja, warnanya langsung terlihat jelas. Produk ini tersedia dalam warna cokelat dan hitam yang sangat cocok digunakan dalam acara kasual dan aktivitas sehari-hari.

2

Wet N Wild H2O Proof Liquid Eyeliner

Wet N Wild: Rekomendasi Eyeliner Berdasarkan Kriteria Eyeliner TerbaikWet N Wild H2O Proof Liquid EyelinerCek Sekarang

Eyeliner cair merek Wet n Wild ini unggul dalam ketahanannya. Berkat formula yang sudah terbukti smudge-proof & water-proof, liguid eyeliner dari WetnWild tahan sepanjang hari hingga 16 jam. 

Aplikator dari celak mata ini memiliki jenis felt-tip brush (ujung kuas yang tipis dan runcing) sehingga dapat membentuk garis mata yang tegas. Tampilan akhirnya akan membuat mata terlihat lebih besar dan menawan.

3

Inez Color Contour Plus True Fix Eyeliner Gel

Inez: Rekomendasi Eyeliner Berdasarkan Kriteria Eyeliner TerbaikInez Color Contour Plus True Fix Eyeliner GelCek Sekarang

Inez True Fix Eyeliner memiliki tekstur gel yang dapat mempertegas garis mata. Eyeliner ini dilengkapi dengan kandungan vitamin E yang berfungsi untuk menjaga kesehatan kulit kelopak mata.

Kuas aplikator yang disertakan berukuran lebih tebal daripada liquid eyeliner pada umumnya, sehingga dapat memberikan kesan mata yang lebih lebar.

4

Maybelline Tattoo High Impact Liner

Maybelline: Rekomendasi Eyeliner Berdasarkan Kriteria Eyeliner TerbaikMaybelline Tattoo High Impact Liner (Sumber: Maybelline.co.id)

Masih seputar eyeliner yang tahan lama, Maybelline Tattoo High Impact Liner dapat bertahan hingga 36 jam. Tak heran, karena eyeliner ini memiliki formula yang waterproof, smudge proof, dan juga sweat proof.

Bentuk eyeliner ini menyerupai spidol dengan ujung berbahan nylon yang runcing dan tipis, menjadikan eyeliner ini mudah diaplikasikan sampai ke dekat bulu mata. Warna hitam yang dihasilkan juga sangat intens untuk menghasilkan tampilan yang tegas mau pun lembut.

5

Mineral Botanica Precision Eyeliner Pen Jet Black

Mineral Botanica: Rekomendasi Eyeliner Berdasarkan Kriteria Eyeliner TerbaikMineral Botanica Precision Eyeliner Pen Jet BlackCek Sekarang

Sesuai Namanya, eyeliner dari merek Botanica ini dapat menghasilkan garis mata yang presisi. Berbentuk seperti pena yang runcing namun lembut, membuat penggunanya lebih mudah serta akurat dalam membentuk garis. Selain itu, eyeliner pen ini memberikan warna hitam pekat yang tahan air dan juga smudge-proof.

Artikel review merupakan opini penulis, dan tidak bisa digunakan sebagai pengganti saran medis. Sebelum mencoba rekomendasi tersebut, pembaca dihimbau untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu.
Kulit Dan Kecantikan
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Klik disini untuk konsultasi langsung dengan dokter