Lifestyle

12 Essential Oil Terbaik untuk Relaksasi dan Redakan Gejala Penyakit

22 Oct 2021|Nina Hertiwi Putri
Essential oil yang bagus antar lain young living dan organic supplyEssential oil bisa meringankan berbagai gejala penyakit

Essential oil adalah minyak yang didapatkan dari ekstrak tumbuhan. Minyak ini dikenal juga dengan sebutan minyak atsiri. Biasanya, minyak esensial ini punya banyak kegunaan, mulai dari menciptakan suasana yang lebih rileks hingga meringankan beberapa keluhan kesehatan, seperti sakit kepala, radang, hingga insomnia.

Ada banyak tanaman yang bisa dijadikan sebagai bahan baku essential oil. Jenis yang paling umum antara lain lavender, peppermint, mawar, melati, dan lemon.

Manfaat essential oil untuk kesehatan

Essential oil umumnya dipakai sebagai salah satu bentuk aromaterapi. Beberapa orang juga ada yang menggunakannya sebagai obat oles (topikal) karena diyakini bisa meresap lewat kulit. Satu hal yang pasti, essential oil bukanlah minyak yang bisa dikonsumsi, ya!

Ada beberapa manfaat essential oil yang diyakini bisa didapatkan jika Anda menghirup atau mengoleskannya, seperti:

1. Membantu meredakan stres

Minyak esensial mengandung wewangian yang menenangkan. Menghirup essential oil akan membuatmu merasa lebih relaks. Dengan begitu, stres dan kecemasan yang dirasakan bisa mereda.

Ini adalah metode yang umum digunakan untuk membuat pikiran lebih tenang. Sekitar 45% orang yang mengalami stres dan kecemasan menggunakan minyak atsiri sebagai salah satu cara mengatasi stres.

Jenis minyak yang paling sering dipakai untuk relaksasi adalah lavender. Kamu bisa meneteskan minyak esensial ke alat diffuser agar ruangan bisa dipenuhi dengan aroma yang menenangkan.

Kombinasikan ini dengan latihan napas yang akan menambah efek relaksasi.

2. Mengatasi susah tidur

Salah satu penyebab susah tidur adalah pikiran yang gelisah. Jadi, menghirup aromaterapi dapat membantu menenangkan pikiran yang dapat memicu rasa kantuk.

Minyak esensial juga dapat membantu menciptakan tidur yang berkualitas.

3. Meringankan sakit kepala dan migrain

Selain dihirup, essential oil yang dioles juga bisa membantu mengatasi keluhan kesehatan, salah satunya sakit kepala dan migrain. Oleskan sedikit minyak ini di area pelipis untuk mendapatkan manfaatnya.

4. Meringankan peradangan

Manfaat essential oil untuk masalah peradangan memang masih perlu dikaji lebih lanjut. Namun secara tradisional, perpaduan minyak esensial daun thyme dan oregano dinilai bermanfaat untuk meringankan inflamasi atau peradangan. Sebagai contoh, peradangan di usus (kolitis).

Rekomendasi essential oil terbaik

Ada banyak jenis dan merek essential oil yang bisa kamu dapatkan, mulai dari yang produksi lokal hingga internasional. Supaya tidak bingung, yuk, intip berbagai rekomendasi di bawah ini.

1

Young Living

Essential oil terbaik Young Living harga Rp300.000 - Rp1.500.000Young Living salah satu pelopor essential oil (sumber: youngliving.com)

Hampir semua sepakat bahwa bisa dibilang Young Living adalah salah satu pelopor minyak esensial modern. Hal ini menjadikan nama Young Living sebagai salah satu merek yang paling sering disebut.

Young Living memiliki banyak produk minyak esensial, baik yang single ingredients atau campuran dari beberapa bahan sesuai kegunaan. Aroma yang disediakan pun beragam, mulai dari lavender, bergamot, buah sitrus, hingga remah seperti cengkih dan lada hitam.

Tak hanya minyak dalam botol, Young Living juga menyediakan bentuk roll on hingga botol besar khusus essential oil untuk minyak pijat. Anda juga bisa “meracik” sendiri dengan menggunakan beberapa campuran minyak esensial milik Young Living.

Harga essential oil Young Living sangat beragam tergantung produk yang Anda pilih. Ada yang dibanderol dengan harga mulai dari Rp300.000-an dan ada juga yang dijual dengan harga hingga Rp1.500.000-an per botol.

2

Aquila

Essential oil terbaik Aquila harga Rp110.000Aquila essential oil lavender bisa menyamarkan stretch markCek Sekarang

Semua essential oil dari Aquila terbuat dari minyak atsiri murni tanpa tambahan bahan lain, sehingga kamu bisa mendapatkan manfaatnya secara maksimal.

Dikemas dalam kemasan 10 ml, kamu bisa mendapatkan minyak ini dengan harga Rp110.000.

Kegunaannya essential oil dari Aquila ada beragam tergantung dari jenis tumbuhan yang dipakai.

Misalnya saja, lavender berfungsi untuk memberikan ketenangan hingga menyamarkan stretch mark. Sementara itu, minyak lime bisa bertindak sebagai antibakteri dan antijamur alami.

3

Belly to Baby

Essential oil terbaik Belly to Baby harga Rp200.000Belly to Baby essential oil bisa meredakan berbagai keluhan kesehatanCek Sekarang

Belly to Baby juga menyedikan banyak varian essential oil yang baik untuk meredakan keluhan kesehatan. Salah satu yang paling banyak dicari adalah peppermint.

Minyak atsiri yang terbuat dari daun peppermint bisa membantu mengurangi rasa mual dan sakit kepala, meredakan peradangan, meringankan gangguan pencernaan dan rasa nyeri, menenangkan otot, dan menambah kewaspadaan diri serta konsentrasi.

Kamu bisa mendapatkannya dengan harga mulai dari Rp200.000.

4

Bonnels

Essential oil terbaik Bonnels harga Rp.210.000Bonnels essential oil aman untuk bayiCek Sekarang

Bonnels merupakan salah satu merek yang menyediakan essential oil terbaik dengan harga yang cukup affordable. Semua produk yang disediakan Bonnels dibuat secara alami tanpa campuran bahan kimia. Itu sebabnya, Bonnels jadi salah satu minyak esensial untuk bayi yang aman dipakai mulai usia 0 bulan.

Aman juga untuk dipakai ibu hamil dan menyusui karena telah lolos uji BPOM dan terbukti efektif bisa membunuh bakteri, virus, dan kuman.

Kamu bisa mendapatkan essential oil Bonnels dengan harga mulai dari Rp210.000.

5

Cessa Fever Drop

Essential oil terbaik Cessa Fever Drop Rp40.000Cessa Fever Drop essential oil bisa meredakan demamCek Sekarang

Cessa Fever Drop merupakan essential oil yang khusus diracik untuk membantu meredakan panas atau demam pada bayi. Menggunakan Cessa fever drop akan mengurangi risiko bayi kejang karena suhu tubuh yang terlalu tinggi.

Karena hanya dioleskan di luar, minyak ini tidak akan menimbulkan gangguan pada organ pencernaan bayi.

Cessa Fever Drop dikemas dalam bentuk roll on dan dibanderol dengan harga Rp40.000.

6

Sensatia Botanicals

Essential oil terbaik Sensatia Botanicals Rp85.000 - Rp165.000Sensatia Botanicals essential oil adalah merek asli Indonesia (sumber: sensatia.com)

Sensatia Botanicals sudah sejak lama jadi salah satu merek yang dipercaya dalam hal menghasilkan produk alami berkualitas. Selain skincare dan produk perawatan tubuh, merek asli Indonesia ini juga punya sederet varian essential oil untuk membantu mengurangi keluhanmu.

Ada lima jenis essential oil yang tersedia, yaitu tea tree leaf, eaucalyptus leaf, lavender bud, jasmine sambac, lemongrass, serta patchouli leaf. Pilihlah yang sesuai dengan kondisimu.

Tak hanya skincare-nya, essential oil punya Sensatia Botanicals juga bisa membantu mengatasi masalah kulit wajahmu. Kalau kamu bermasalah dengan jerawat atau noda yang membuat warna kulit tidak merata, tea tree leaf essential oil cocok untukmu.

Kalau kamu sedang mengalami hidung mampet akibat flu, bisa pakai eucalyptus leaf oil.

Harga essential oil dari Sensatia Botanicals beragam mulai dari Rp85.000 hingga Rp165.000.

7

Organic Suply Co.

Essential oil terbaik Organic Suply Co. harga Rp85.000 - Rp700.000Organic Suply Co. menyediakan puluhan jenis essential oil (sumber: organicsuply.co.id)

Organic Suply Co. merupakan salah satu merek essential oil lokal terbaik yang bisa kamu coba. Dibanding merek lainnya, jenis essential oil yang bisa kamu pilih di sini lebih banyak bahkan hingga puluhan dengan rentang harga yang cukup jauh, yaitu sekitar Rp85.000 per botol hingga ada yang dijual Rp700.000 per botol.

Setiap minyak esensialnya dijual dalam kemasan 5ml. Harganya bisa bervariasi tergantung bahan yang digunakan. Biasanya, semakin langka tanaman yang dipakai, semakin mahal.

Organic Suply Co. juga menyediakan campuran essential oil yang sudah dikelompokkan berdasarkan fungsinya, seperti jenis Slumber Oil yang berguna untuk membuat tidur lebih nyenyak, Gutsy Oil untuk meredakan masalah pencernaan, dan Lala&Frank Oil yang bisa meningkatkan imun.

8

Nares

Essential oil terbaik Nares Rp90.000Nares adalah essential oil asli Indonesia yang terbuat dari rempah dan bunga (sumber: nares.id)

Nares adalah merek essential oil lokal yang menyediakan sekitar 19 varian yang terbuat dari 10 jenis rempah dan bunga yang tersedia di Indonesia.

Minyak yang dipakai semua alami tanpa campuran bahan apa pun. Berbeda dari essential oil lain, produk Nares diklaim layak dikonsumsi kerena dibuat dengan standar food grade.

Essential Oil dari Nares dijual dengan harga mulai dari Rp90.000.

9

Plant Therapy

Essential oil terbaik Plant Therapy harga Rp170.000–425.000Plant Therapy essential oil aman untuk anak (sumber: planttherapy.com)

Plant Therapy adalah merek essential oil asal Amerika Serikat yang menyajikan berbagai jenis minyak esensial sesuai dengan keluhan dan kebutuhanmu. Ada juga jenis yang khusus untuk anak dan dibuat dari bahan yang aman untuk si kecil.

Salah satu jenis yang tersedia terbuat dari bahan Blue Tansy yang berguna untuk meredakan peradangan di kulit sekaligus membuat rasa percaya diri meningkat.

Kamu bisa mendapatkan minyak ini dengan harga mulai dari Rp170.000–425.000.

10

Nusaroma

Essential oil terbaik Nusaroma Rp70.000Nusaroma essential oil tersedia dalam berbagai kemasan (sumber: nusaroma.id)

Essential Oil asal merek lokal yang ada di Nusaroma dibuat dari berbagai tanaman yang tumbuh di Indonesia dan memiliki keunggulannya masing-masing.

Selain bisa dipakai sebagai aromaterapi, ada pula kemasan roll on yang praktis dibawa bepergian.

Harga essential oil di Nusaroma pun cukup terjangkau, yaitu mulai dari Rp70.000.

Tergantung dari bahan pembuatnya, kamu bisa menggunakan minyak atsiri ini untuk mengatasi berbagai keluhan.

Nutmeg oil misalnya, bisa dipakai untuk meringankan peradangan di sendi, seperti rematik yang memicu bengkak dan nyeri.

Jenis lain seperti Bergamot Oil baik untuk mengatasi berbagai masalah kulit antara lain kulit berminyak, berjerawat, hingga psoriasis.

11

Bathaholic

Essential oil terbaik Bathaholic Rp80.000Bathaholic essential oil harganya cukup terjangkau

Bathaholic menyediakan berbagai varian essential oil yang bisa kamu pilih sesuai selera atau kebutuhan. Minyak di sini ada yang dikemas sesuai aroma dan kegunaan.

Untuk minyak yang terbuat dari bahan tunggal, akan dilabeli dengan nama tanamannya, seperti peppermint oil.

Sementara untuk minyak yang dibuat dari beberapa campuran minyak untuk manfaat tertentu, akan diberi nama sesuai kegunaannya. Misalnya, Uplifting Oil yang terbuat dari lemongrass (serai) dan lavender untuk membangkitkan mood.

Manfaat yang bisa kamu dapatkan dari essential oil Bathaholic tentu bisa berbeda-beda tergantung dari jenis minyak yang dipakai. Tersedia dalam dua ukuran, yaitu 15 dan 50 ml.

Kamu bisa menggunakannya sebagai aromaterapi atau dioles. Jika ingin mengoleskannya ke kulit, campur dulu carrier oil untuk mengencerkan.

Mencampurnya dengan carrier oil juga membuat dosisnya tidak berlebihan.

Essential oil Bathaholic bisa didapatkan dengan harga mulai dari Rp80.000.

12

Botanina

Essential oil terbaik Botanina harga Rp75.000–115.000Botanina essential oil tersedia dalam bentuk semprot (sumber: botanina.com)

Essential oil dari Botanina tersedia dalam dua bentuk, yaitu minyak tetes yang bisa digunakan untuk minyak oles dan dicampurkan ke diffuser, serta yang dikemas dalam bentuk semprot.

Untuk mendapatkan essential oil ini kamu tidak perlu merogoh kocek yang terlalu dalam, cukup antara Rp75.000–115.000.

Botanina menyediakan essential oil yang sudah dicampur dan disesuaikan dengan manfaat, seperti Uplifting Oil yang bisa membangkitkan semangat, konsentrasi dan daya ingat. Produk ini dibuat dari campuran minyak peppermint, jeruk, basil, dan rosemary.

Ada juga Tenteram Calming Pure Oil yang akan membantumu mencapai kualitas tidur terbaik, meredakan rasa tegang, cemas, dan tertekan. Essential oil ini terbuat dari campuran Cedarwood Atlas, German Chamomile, Lavender, dan Sweet Orange.

Essential OilHerbal
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email