Mom & Baby

10 Empeng Bayi yang Bagus dan Aman untuk Si Kecil

16 Jun 2021|Nina Hertiwi Putri
Empeng bayi yang bagus antara lain Pigeon, HUKI, MAM, dan AventEmpeng bayi yang bagus bisa mencegah kelainan pertumbuhan gigi dan rahang

Orang tua perlu mengetahui jenis empeng bayi yang bagus. Sebab meski barang ini hanya terlihat sebagai “senjata” agar anak tidak rewel, cara penggunaan empeng juga bisa berpengaruh pada tumbuh kembang gigi dan rahang Si Kecil.

Empeng yang terlalu kecil atau besar untuk usianya juga berisiko memicu bayi tersedak. Karena itu, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan orang tua sebelum membeli empeng untuk buah hatinya.

Memilih empeng bayi yang bagus

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan orang tua saat membeli empeng untuk bayi, seperti berikut ini:

• Ukuran

Empeng bayi tersedia dalam berbagai ukuran, umumnya adalah S untuk usia di bawah 6 bulan, M untuk anak usia 6-18 bulan, dan L untuk anak di atas 18 bulan. Jadi, sebaiknya kamu pilih yang paling sesuai dengan usia anak.

Empeng yang terlalu besar bisa membuat anak tersedak, sementara jika terlalu kecil, bayi biasanya akan menolak untuk menghisapnya.

• Bentuk

Saat ini ada banyak bentuk empeng yang tersedia, tapi yang paling aman adalah empeng yang bagian-bagiannya tidak mudah dilepas pasang.

Sebab saat menggunakan empeng, bayi seringkali menarik atau memegang bagian belakang empeng, sehingga kalau mudah lepas, bagian-bagian tadi berisiko membuat bayi tersedak.

Kamu juga perlu memperhatikan bentuk dan ukuran guard atau bagian pegangan empeng.

• Bahan empeng

Empeng bayi bisa terbuat bisa terbuat dari bahan silikon atau latex. Keduanya sama-sama aman untuk bayi, namun masing-masing punya kelebihan dan kekurangan.

Empeng yang terbuat dari silikon mudah dibersihkan dan tidak mudah berbau. Namun teksturnya biasanya lebih keras dibanding latex.

Sementara empeng dari latex biasanya lebih empuk dan banyak bayi yang lebih suka menggunakan empeng dari bahan ini. Hanya saja, karena lunak, empeng ini biasanya lebih mudah rusak dibanding empeng yang terbuat dari silikon.

• Cara membersihkan

Karena empeng akan masuk langsung mulut bayi, maka cara membersihkannya sangat penting untuk diketahui. Setiap empeng bisa memiliki instruksi yang berbeda, sehingga kamu bisa memilih yang dirasa paling praktis atau cocok dengan kondisi rumah.

Rekomendasi empeng bayi yang bagus

Berikut ini beberapa rekomendasi empeng bayi yang bagus dan aman untuk Si Kecil.

1

Huki Empeng Silicone

Empeng bayi yang bagus adalah Huki Empeng SiliconeHuki Empeng Silicone bisa merangsang pertumbuhan gigi bayi dengan baikCek Sekarang

Huki Empeng Silicone adalah empeng bayi yang dibuat khusus untuk menyesuaikan bentuk rongga mulut bayi, sehingga bisa merangsang pertumbuhan gigi dengan baik. Penggunaan empeng ini juga bisa melatih bayi untuk menguyah.

Empeng bayi Huki terbuat dari silikon lembut yang aman digunakan bayi setiap hari dan dapat dipakai mulai usia 0 bulan ke atas.

Harga: Rp21.000

2

Pigeon Silicone Pacifier Step 1B

Empeng bayi yang bagus adalah Pigeon Silicone Pacifier Step 1BPigeon Silicone Pacifier Step 1B dapat membantu bayi latihan mengunyah makananCek Sekarang

Empeng bayi yang bagus salah satunya dalah Pigeon Silicone Pacifier yang dapat digunakan untuk bayi usia 0-5 bulan. Empeng ini dapat mendampingi bayi saat proses menyapih sekaligus membantu Si Kecil latihan mengunyah makanan.

Panjang bagian putingnya telah disesuaikan sehingga pas untuk mulut bayi dan membuatnya tidak gampang lepas. Bagian guard atau belakangnya dibuat dengan lubang napas sehingga selama menggunakan empeng, aliran udara di tubuh bayi bisa tetap terjaga.

Setiap empeng bayi Pigeon Silicone dilengkapi dengan tutup untuk menjamin kebersihannya saat sedang tidak digunakan.

Harga: Rp32.000

3

MAM Pacifier Original

Empeng bayi yang bagus adalah MAM Pacifier OriginalMAM Pacifier Original aman untuk bayi mulai dari usia 0 bulanCek Sekarang

MAM Pacifier Original bisa jadi salah satu pilihan empeng bayi yang bagus karena selain teksturnya yang empuk, empeng ini juga bisa membantu merangsang pertumbuhan gigi dan rahang bayi, dan melatih pergerakan lidah.

Empeng ini aman digunakan bayi dari usia 0 bulan. Dilengkapi sterilizer atau kotak khusus, orang tua akan lebih mudah menjaga kebersihannya, sehingga mengurangi risiko empeng kotor.

Harga: Rp70.000

4

Bunny Rabbit Fruit Feeder

Empeng bayi yang bagus adalah Bunny Rabbit Fruit FeederBunny Rabbit Fruit Feeder bisa membuat bayi makan buah tanpa tersedakCek Sekarang

Empeng buah untuk bayi ini akan memudahkan Si Kecil makan buah tanpa harus repot dan tersedak. Alat ini juga sekaligus bisa bertindak sebagai teether untuk merangsang kemampuan mengunyah anak yang baru tumbuh gigi.

Untuk memakainya, cukup masukkan buah yang sudah dipotong kecil-kecil ke dalam empeng. Lalu, bayi akan langsung bisa menghisap sari-sari buah sekaligus belajar menggigit.

Harga: Rp35.000

5

Dodo Soother SA2

Empeng bayi yang bagus adalah Dodo Soother SA2Dodo Soother SA2 aman untuk bibir bayi (sumber foto: dodo.co.id)

Keseluruhan empeng bayi Dodo soother SA2 terbuat dari silikon yang lembut dan bentuk puting dotnya dibuat menyerupai bentuk puting ibu, sehingga nyaman untuk dihisap dan digigit oleh bayi. Karena lembut, empeng ini juga tidak akan membuat bibir bayi terluka karena tekanan yang terlalu keras.

Dibandingkan dengan empeng bayi lainnya, Dodo Soother SA2 memang tidak memiliki fitur tambahan yang terlalu banyak. Namun keunggulannya, harganya yang tergolong murah, jadi banyak orang tua yang memilih empeng bayi ini.

Harga: Rp17.000

6

Avent Empeng Ultra Air

Empeng bayi yang bagus adalah Avent Empeng Ultra AirAvent Empeng Ultra Air nyaman untuk dihisap karena lembut (sumber foto: philips.co.id)

Empeng bayi dari Avent dirancang khusus untuk meningkatkan kenyamanan penggunanya. Bagian dotnya dibuat selembut mungkin, sehingga terasa ringan dan nyaman untuk dihisap bayi.

Empeng ini dilengkapi dengan lubang udara yang akan membuat kulit di sekitar mulut bayi tetap kering. Bagian belakangnya pun dibuat bisa berpendar dalam gelap alias glow in the dark, sehingga mudah ditemukan meski dalam keadaan lampu kamar sedang mati.

Harga: Rp165.000

7

NUK Orthodontics Pacifier

Empeng bayi yang bagus adalah NUK Orthodontics PacifierNUK Orthodontics Pacifier dibuat khusus untuk gigi dan rahang (sumber foto: nuk-usa.com)

NUK Orthodontics Pacifier dibuat dengan bentuk puting dot khusus yang membuat lidah bisa lebih bebas bergerak, sehingga mengurangi tekanan yang ada pada gigi dan rahang. Hal ini akan membantu mengurangi risiko gigi tumbuh berantakan di kemudian hari.

Bentuk putingnya juga dibuat agar serupa dengan puting ibu, sehingga bayi tidak mengalami bingung puting. Bentuk guard bagian belakangnya yang berbentuk putting juga memungkinkan bayi untuk bernapas lebih lega karena hidungnya tidak tertutupi oleh empeng.

Harga: mulai dari Rp65.000

8

Dr.Brown’s HappyPaci

Empeng bayi yang bagus adalah Dr.Brown’s HappyPaciDr.Brown’s HappyPaci bentuknya mengikuti kontur wajah bayi (sumber foto: drbrowns.id)

Empeng bayi yang bagus salah satunya adalah Dr. Brown’s HappyPaci yang dibuat 100% dari silikon. Bentuknya dirancang khusus agar mirip dengan puting botol susu kesayangan buah hati.

Bagian guard atau belakangnya juga dibuat mengikuti kontur wajah bayi, sehingga nyaman digunakan. Satu hal yang penting, empeng ini juga mudah dibersihkan.

Harga: Rp60.000

9

Tommee Tippie Empeng Closer To Nature

Empeng bayi yang bagus adalah Tommee Tippie Empeng Closer To NatureTommee Tippie Empeng Closer To Nature bebas BPA (sumber foto: tommeetippee.co.id)

Empeng bayi dari Tommee Tippie dibuat secara khusus dengan bentuk yang menyerupai dot, sehingga bayi lebih menyukainya dan akan lebih nyaman saat menggunakannya.

Ujung dotnya bisa dibolak-balik sehingga memudahkan bayi menggunakannya. Empeng ini tersedia untuk berbagai tingkatan umur bayi dari 0-6 bulan hingga 6-18 bulan. Materialnya bebas BPA, sehingga aman untuk Si Kecil.

Harga: mulai dari Rp85.000 (isi 2 untuk jenis 0-6 bulan)

10

Dentistar Pacifier

Empeng bayi yang bagus adalah Dentistar PacifierDentistar Pacifier dapat mencegah gigi bayi tumbuh terlalu maju (sumber foto: dentistar.eu)

Dentistar adalah empeng bayi buatan Jerman yang dirancang khusus sehingga bisa mencegah gigi bayi tumbuh lebih maju. Bentuk bagian dotnya dibuat sedemikian rupa sehingga tidak mengganggu pertumbuhan gigi susu Si Kecil.

Empeng ini juga akan mengurangi tekanan pada rahang dan memberikan lebih banyak ruang pada lidah untuk bergerak. Terbuat dari silikon yang lembut, bentuk dot dari empeng ini dibuat lebih datar dengan lekukan yang diperhitungkan khusus sehingga manfaat-manfaat di atas bisa didapatkan.

Harga: mulai dari Rp110.000 (untuk bayi 0-6 bulan)

Manfaat Dot BayiTumbuh Gigi Pada BayiMengatasi Bayi Rewel

Parent Guide. https://parent.guide/how-to-choose-the-best-baby-pacifier/
Diakses pada 16 Juni 2021

Dodo. http://dodo.co.id/product/42/soother-sa2.html
Diakses pada 16 Juni 2021

NUK. https://www.nuk-usa.com/pacifiers/classic-orthodontic/orthodontic-pacifiers/SAP_2139282.html
Diakses pada 16 Juni 2021

Dr. Browns. https://drbrowns.id/products/silicone-pacifiers/
Diakses pada 16 Juni 2021

Tomme Tippee. https://www.tommeetippee.co.id/soothers
Diakses pada 16 Juni 2021

Dentistar. https://www.dentistar.eu/index.php?p=84&l=2
Diakses pada 16 Juni 2021

Philips Avent. https://www.philips.co.id/id/c-p/SCF376_22/avent-empeng-ultra-air
Diakses pada 16 Juni 2021

Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Klik disini untuk konsultasi langsung dengan dokter