Beauty & Skincare

Tak Punya Waktu Keramas? Coba Dry Shampoo untuk Cegah Rambut Lepek

26 Jul 2021|Bayu Galih Permana
Dry shampoo menjadi salah satu pilihan cepat agar rambut tidak terlihat lepekDry shampoo bisa dijadikan pilihan saat tidak cukup waktu untuk keramas

Bagi pria atau wanita dengan rambut panjang, keramas mungkin menjadi salah satu hal yang cukup menjengkelkan, terlebih apabila sedang dalam keadaan terburu-buru. Setelah selesai membilas shampoo dengan air bersih, biasanya butuh waktu yang cukup lama hingga rambut benar-benar kering sendirinya (tanpa hair dryer).

Sebagai solusi dari masalah tersebut, sejumlah produsen produk kecantikan menghadirkan dry shampoo. Jenis shampoo ini memang terlihat praktis, namun pemakaiannya yang terlalu sering dapat berdampak buruk bagi kesehatan rambut dan kulit kepala. Maka dari itu, penting bagi penggunanya untuk tahu dan paham bagaimana cara pemakaiannya yang benar.

Cara menggunakan dry shampoo dengan benar agar tidak merusak rambut

Dry shampoo memang terlihat lebih praktis dibandingkan shampoo biasa, tapi kamu sebaiknya tidak menggunakannya terlalu sering. Kandungan alkohol yang umumnya terdapat dalam jenis dry shampoo dapat membuat rambut menjadi kering dan rusak. Selain itu, penggunaannya secara berlebihan dapat memicu penyumbatan folikel rambut dan menyebabkan ketombe.

Untuk mencegah terjadinya hal tersebut, kamu disarankan tidak menggunakannya selama dua hari berturut-turut. Berikut ini cara menggunakan dry shampoo dengan benar:

  1. Pegang tabung spray dengan jarak 15 cm dari kepala
  2. Semprotkan dry shampoo pada rambut, bukan kulit kepala
  3. Semprotkan pada area di mana minyak paling terlihat, biasanya di garis batas rambut dan mahkota kepala
  4. Gunakan jari atau sisir untuk meratakannya

Jika pemakaian dry shampoo memicu masalah di rambut atau kulit kepala, segera hentikan penggunaannya. Berkonsultasilah dengan dokter untuk dapat menangani efek samping yang ditimbulkan dengan benar.

Rekomendasi dry shampoo terbaik untuk rambut

1

COLAB Dry Shampoo Original

Dry shampoo yang bagus untuk rambutCOLAB Dry Shampoo OriginalCek Sekarang

Pemenang Multi Award Winning Dry Shampoo dari UK ini membantu mengurangi sekaligus menyerap minyak berlebih pada rambut dan kulit kepala. Formula khusus yang ada di dalam salah satu produk dry shampoo terbaik ini tidak meninggalkan serbuk putih ketika digunakan.

Kualitas dari COLAB Dry Shampoo Original sendiri sudah tidak perlu diragukan lagi karena sudah dijual di 37 negara seluruh dunia. Kamu bisa memperoleh salah satu produk shampoo tanpa bilas terbaik ini dengan harga mulai Rp150.000 untuk kemasan isi 200 ml.

2

Radical Dry Shampoo for Oily and Greasy Hair

Dry shampoo yang bagus untuk rambutRadical Dry Shampoo for Oily and Greasy Hair (Sumber foto: Farmona)Cek Sekarang

Produk ini diformulasikan khusus untuk rambut yang cenderung berminyak. Kandungan ekstrak ekor kuda dan niacinamide yang terdapat di dalamnya tidak hanya mengurangi minyak berlebih, tapi juga membersihkan rambut maupun kulit kepala.

Aroma yang diberikan shampoo ini pun terasa segar dan menyenangkan. Radical Dry Shampoo for Oily and Greasy Hair dijual dengan harga mulai Rp185.000 untuk kemasan isi 180 ml.

3

Radical Dry Shampoo for Thin and Delicate Hair

Dry shampoo yang bagus untuk rambutRadical Dry Shampoo for Thin and Delicate Hair (Sumber foto: Farmona)Cek Sekarang

Radical Dry Shampoo for Thin and Delicate Hair cocok dipakai pada rambut halus atau lemah yang kekurangan volume. Formula di dalamnya disebut dapat membersihkan kulit kepala dan rambut, serta memberikan kesegaran yang tahan lama.

Pemakaiannya juga diklaim dapat meningkatkan volume rambut. Kamu bisa membeli Radical Dry Shampoo for Thin and Delicate Hair dengan harga mulai Rp148.000 untuk kemasan isi 180 ml.

4

Ellips Dry Shampoo Breeze

Dry shampoo yang bagus untuk rambutEllips Dry Shampoo Breeze (Sumber foto: Ellips)

Ellips Dry Shampoo Breeze menggunakan formula khusus yang dapat membantu mengurangi minyak berlebih pada kulit kepala dan rambut. Varian shampoo tanpa bilas satu ini mempunyai aroma buah-buahan yang tahan lama, sehingga rambut jadi terasa segar usai pemakaiannya.

Cara penggunaannya pun sangat cepat, kamu hanya memerlukan waktu satu menit saja. Harga Ellips Dry Shampoo Breeze dijual mulai Rp28.000 untuk kemasan isi 50 ml.

5

 

Batiste Clean and Classic Original Dry Shampoo

Dry shampoo yang bagus untuk rambutBatiste Clean and Classic Original Dry Shampoo (Sumber foto: Batiste Hair)

Berbekal formula Natural White Starch, Batiste Clean and Classic Original Dry Shampoo dapat membantu menyerap minyak berlebih di akar rambut. Tak hanya itu, penggunaanya juga bisa mempermudah penataan rambut dan membuatnya tampak segar alami.

Produk ini aman digunakan karena sudah mendapatkan sertifikasi dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) RI. Batiste Clean and Classic Original Dry Shampoo biasa dijual dengan harga mulai Rp38.000 untuk kemasan isi 50 ml.

Kesehatan Rambut

Healthline.https://www.healthline.com/health/is-dry-shampoo-bad-for-your-hair
Diakses pada 26 Juli 2021

Toko SehatQ. https://toko.sehatq.com/
Diakses pada 26 Juli 2021

Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email