Beauty & Skincare

8 Produk Day Cream yang Cocok untuk Kulit Berminyak dan Berjerawat

18 Nov 2021|Atifa Adlina
Rekomendasi produk day cream untuk kulit berminyak dan berjerawatKulit berminyak dan berjerawat bisa mencoba rekomendasi day cream

Masih banyak orang yang beranggapan tidak perlu memakai krim wajah kalau kulit berminyak dan berjerawat. Padahal, menggunakan day cream yang tepat justru membantu menutrisi kulit dan memperkuat skin barrier untuk mencegah munculnya jerawat. Cek rekomendasi day cream yang bagus untuk oily dan acne-prone skin di bawah ini!

Cara memilih day cream untuk kulit berminyak dan berjerawat

Sebenarnya, day cream adalah nama lain dari krim pelembap wajah dengan fungsi yang sama. Day moisturizer berfungsi untuk menutrisi, menghidrasi, serta menjaga skin barrier selama kamu beraktivitas sepanjang hari.

Lantas, kenapa harus pakai pelembap khusus pagi hari? Pada beberapa orang dengan jenis kulit berminyak, kelenjar sebaceous mereka dapat menghasilkan terlalu banyak sebum di siang hari. 

Sebum (minyak alami kulit) tidak hanya membuat kulit tampak mengkilap dan lengket, tapi juga menyumbat pori-pori tersumbat yang dapat menimbulkan jerawat.

Oleh karena itu, pilihlah moisturizer khusus kulit berminyak dan berjerawat yang memenuhi syarat berikut:

  • Mempunyai kandungan air yang cukup tinggi
  • Formulasi yang bebas minyak (oil-free) dan tidak menyumbat pori (non-comedogenic).
  • Tidak mengandung minyak kelapa atau petroleum jelly.
  • Mempunyai konsistensi yang ringan dan cepat menyerap.
  • Terdapat kandungan SPF untuk menambah perlindungan kulit.

Secara umum, pelembap dikatakan sebagai day moisturizer ketika juga “dipersenjatai” oleh SPF untuk melindungi kulit dari efek sinar paparan matahari. 

Rekomendasi day cream untuk kulit berminyak dan berjerawat

Berikut adalah beberapa rekomendasi produk day cream yang cocok untuk kulit berjerawat dan berminyak:

1

 

Wardah Lightening Day Cream dan Gel

Rekomendasi day cream untuk kulit berminyak dan berjerawatSource: Wardah Beauty

Wardah punya dua versi pelembap pagi yang cocok untuk kulit berminyak dan berjerawat, yaitu Lightening Day Cream dan Lightening Day Gel. Keduanya sama-sama diformulasikan dengan UVA dan UVB filter untuk melindungi kulit di siang hari.

Baik versi krim maupun gel sama-sama bertekstur ringan yang cepat menyerap ke kulit sehingga tidak meninggalkan kesan gerah maupun lengket. Selain itu, kulit juga tidak akan terlihat greasy.

Nah yang membuat versi Lightening Day Gel sedikit berbeda dari versi krim adalah konsistensinya yang berupa watery gel. Hasil setelah pemakaian pun membuat kamu akan merasakan sensasi dingin adem setelah menggunakan water gel ini.

Seri Lightening Gel dan Cream Wardah diformulasikan juga dengan Advanced niacinamide untuk mencerahkan rona wajah serta serta meredakan jerawat. 

Kisaran harga produk day cream dari Wardah ini adalah Rp25.000 – Rp45.000.

2

 

MS Glow Whitening Day Cream

Rekomendasi day cream untuk kulit berminyak dan berjerawatSource: MS Glow

Selain berminyak dan rentan jerawat, warna kulitmu juga tidak merata? Kamu bisa mencoba MS Glow Whitening Day Cream.

Pelembap pagi ini memiliki kandungan licorice root, beeswax, zinc, dan ekstrak pisum sativum sebagai pencerah, meminimalisir tampilan pori-pori, dan mampu menyamarkan noda. 

Produk ini juga diklaim dapat  meminimalisasi tampilan pori-pori serta memberikan efek glowing. Konsistensinya creamy dan lembut sehingga tidak meninggalkan lengket di kulit. 

Cocok untuk semua jenis kulit, harga produk ini adalah sekitar Rp75.000.

3

 

Pond’s Age Miracle Day Cream

Rekomendasi day cream untuk kulit berminyak dan berjerawatSource: Ponds

Cegah penuaan dini dengan rutin menggunakan Pond’s Age Miracle Day Cream  setiap pagi. Formula 10% Retinol-C dari pelembap ini diklaim mampu bekerja selama 24 jam untuk melawan tanda penuaan seperti kerutan dan garis halus pada kulit.

Sementara itu, kandungan Vitamin B3 Complex-nya bermanfaat untuk mengatasi jerawat serta menjadikan kulit lebih cerah bercahaya, lembap, dan kenyal. Kandungan SPF 18 PA++ dapat melindungi kulit dari paparan sinar UV.

Namun ingat karena krim siang Pond’s mengandung retinol, jangan lupa untuk tetap memakai sunscreen ber-SPF minimal 30 sebelum keluar rumah agar kulit terlindungi lebih maksimal.

Harga day cream dari Pond’s ini adalah sekitar Rp45.000 – Rp120.000.

4

 

Garnier Bright Complete Serum Cream

Rekomendasi day cream untuk kulit berminyak dan berjerawatSource: Garnier

Ingin tampilan wajah terlihat lebih sehat dan cerah? Kamu bisa mencoba Garnier Bright Complete Serum Cream yang mempunyai kandungan utama vitamin C.

Day cream ini diklaim dapat membuat kulit lebih cerah sejak hari ke-3 pemakaian. Tidak hanya itu, vitamin C juga dapat membuat  kulit wajah bebas dari kusam, mengontrol produksi minyak, serta memudarkan noda dan bekas jerawat membandel.

Ada juga tambahan kandungan SPF 36 sehingga kulit terlindungi dari sinar UV. Kisaran harga Garnier Day Cream ini adalah Rp50.000.

5

 

Olay Total Effects 7 in 1 Day Cream

Rekomendasi day cream untuk kulit berminyak dan berjerawatSource: Olay

Olay Day Cream adalah pelembap yang nyaman digunakan pada pagi hari untuk melawan tanda penuaan. Day moisturizer ini cocok untuk semua jenis kulit, termasuk kulit berminyak dan berjerawat.

Sesuai dengan namanya, produk ini mempunyai 7 manfaat, seperti:

  • Memudarkan garis halus,
  • Meratakan warna kulit,
  • Melembapkan,
  • Mengurangi flek,
  • Menghaluskan kulit kasar,
  • Mencerahkan,
  • Meminimalisir produksi minyak dan pori-pori.

Pelembap siang dari Olay ini diperkuat dengan formula Vitaniacin Complex yang mengandung vitamin B3, vitamin B5, dan vitamin E. Ketiga vitamin ini bermanfaat untuk menambah kelembapan serta menjaga keseimbangan dan melindungi kulit.

Krim pelembap Olay ini mengandung SPF 15. Ingat selalu untuk tetap memakai tambahan sunscreen minimal ber-SPF 30 setelahnya, ya!

Kisaran harga Olay Day Cream adalah sekitar Rp110.000.

6

 

Npure Day Cream Centella

Rekomendasi day cream untuk kulit berminyak dan berjerawatSource: Npure Official

Pemilik kulit berminyak dan berjerawat sebaiknya memilih pelembap pagi dengan konsistensi yang ringan seperti Npure Day Cream Centella.

Di dalamnya terdapat kandungan niacinamide, ekstrak aloe barbadensis leaf, ekstrak centella asiatica, dan juga ekstrak 7 tumbuhan anti-acne.

Manfaatnya adalah untuk melembapkan, membuat tampilan kulit jadi lebih halus, meredakan kemerahan, mencerahkan kulit wajah.

Tentunya, ada tambahan kandungan SPF 15 yang dapat melindungi kulit dari paparan sinar matahari. Kisaran harga produk ini adalah sekitar Rp115.000.

7

 

Scarlett Acne Cream Day

Rekomendasi day cream untuk kulit berminyak dan berjerawatSource: Scarlett Whitening

Scarlett Acne Day Cream mempunyai kandungan double action salicylic acid, natural squalene, hexapeptide 8, vitamin C, tri ceramide, dan juga aqua peptide glow.

Sesuai dengan nama dan kandungannya, produk ini dapat membantu meredakan peradangan jerawat serta kemerahan pada kulit wajah. Rutin memakai moisturizer ini tiap pagi juga membantu meminimalisir produksi minyak pemicu jerawat.

Manfaat lainnya adalah memberikan nutrisi, melembapkan, sekaligus memperbaiki tekstur pada kulit wajah. Antioksidan di dalamnya juga berfungsi untuk melindungi kulit dari sinar UV.

Day cream untuk kulit berjerawat dan berminyak ini kisaran harganya adalah Rp75.000.

8

 

Acnes Oil Control & Whitening Cream

Rekomendasi day cream untuk kulit berminyak dan berjerawatSource: Rohto

Punya jenis kulit berminyak kadang cukup mengganggu karena bisa membuat wajah selalu terlihat lelah dan kusam.

Nah untuk menghindarinya, kamu bisa mencoba Acnes Oil Control & Whitening Day Cream. Pelembap ini terasa  ringan di kulit, serta juga diperkaya oleh kandungan natural active seperti kombinasi 8 ekstrak tanaman untuk mengurangi minyak berlebih. 

Kulit akan tetap lembap dan halus dengan kandungan hyaluronic acid di dalamnya. Menariknya lagi, day cream Acnes juga memiliki kandungan alpha arbutin yang bermanfaat untuk mencerahkan warna kulit, menyamarkan flek hitam, dan noda bekas jerawat.

Acnes Oil Control & Whitening Day Cream dibanderol dengan harga Rp35.000.

Kulit BerminyakPerawatan KulitJerawatKesehatan KulitKulit Dan Kecantikan

Mayo Clinic. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/dry-skin/in-depth/moisturizers/art-20044232. Diakses pada 28 Oktober 2021

Phytomer. https://www.phytomer.fr/les-chroniques/non-classe/how-to-choose-and-apply-your-day-cream/. Diakses pada 28 Oktober 2021

Wardah Beauty. https://www.wardahbeauty.com/id. Diakses pada 28 Oktober 2021

MS Glow. https://www.msglowid.com/. Diakses pada 28 Oktober 2021

Ponds. https://www.ponds.com/id/home.html. Diakses pada 28 Oktober 2021

Olay. https://www.olay.co.id/id-id. Diakses pada 28 Oktober 2021

Garnier. https://www.garnier.co.id/. Diakses pada 28 Oktober 2021

Npure Official. https://npureofficial.id/. Diakses pada 28 Oktober 2021

Scarlett Whitening. https://scarlettwhitening.com/. Diakses pada 28 Oktober 2021

Rohto. https://rohto.co.id/. Diakses pada 28 Oktober 2021

Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email