Beauty & Skincare

Daftar Dokter Kulit Kelamin yang Bagus untuk Pengobatan Jerawat dan Penyakit Kulit Lainnya

31 May 2021|Nina Hertiwi Putri
Dokter kulit kelamin yang bagus melakukan perawatan di wajah pasien untuk mengatasi jerawatDokter kulit kelamin bisa mengetasi berbagai masalah dari jerawat, infeksi, hingga kanker

Dokter Kulit Kelamin atau Dokter SpKK adalah dokter yang memiliki spesialisasi untuk mengatasi berbagai penyakit yang berkaitan dengan kulit serta area kelamin. Salah satu penyebab yang paling sering membuat orang mendatangi dokter SpKK adalah jerawat.

Tapi selain itu, masih sangat banyak kondisi lain yang bisa diobati dengan kunjungan ke dokter SpKK. Ini penjelasannya.

Apa saja yang bisa diobati oleh dokter kulit kelamin?

Dokter kulit kelamin bisa mengobati berbagai penyakit yang berkaitan dengan kulit, kelamin, kuku, hingga rambut. Ada lebih dari 3.000 penyakit yang masuk ke dalam lingkup penyakit yang bisa diobati oleh seorang dokter SpKK, mulai dari yang ringan hingga berat. Beberapa di antaranya adalah:

Kalau kamu terpikir untuk mengunjungi dokter SpKK tapi masih bingung memilih, SehatQ sudah merangkum beberapa testimoni soal rekomendasi dokter kulit yang bagus dari beberapa orang.

1

dr. Fany Bratadjaja, Sp.KK

Rekomendasi dokter kulit kelamin yang bagus salah satunya dr. Fany Bratadjaja, Sp.KKdr. Fany Bratadjaja, Sp.KKCek Sekarang

“Dokter Fany itu langganan keluarga aku. Dari Papa, Mama, Aku, sampai Kakak selalu ke dokter Fany kalau ada keluhan soal kulit. Kebetulan aku periksa biasanya karena jerawat, tapi keluargaku pernah periksa dengan kondisi macem-macem kayak rambut rontok, infeksi kulit kepala, flek hitam, sampai iritasi kaki, semua selalu puas sama solusinya dr. Fany.

Satu hal juga yang aku suka dari beliau adalah nggak pernah ngasih resep yang terlalu macem-macem. Sesuai kebutuhan aja. Beliau kalau ke aku dan keluarga nggak pernah nawarin produk macem-macem, justru lebih banyak diajarin cara jaga kulit biar sehat terus, kayak tips-tips hidup sehat yang pengaruh banget ke kulit, dan lain-lain.”

(Maria, 34 Tahun)

Tempat praktik dr. Fany Bratadjaja, Sp.KK:

  • RS St. Carolus, Salemba, Jakarta Pusat
  • Erha Clinic, Cipinang, Jakarta Timur.
2

dr. Endi Novianto, Sp.KK, FINSDV

Rekomendasi dokter kulit kelamin yang bagus salah satunya dr. Endi Novianto, Sp.KK, FINSDVdr. Endi Novianto, Sp.KK, FINSDVCek Sekarang

“Aku gampang banget jerawatan dan sekalinya muncul tuh biasanya parah banget. Udah pernah nyoba ke beberapa dokter dan sebenernya semua bagus, cuma aku paling cocok sama dr. Endi karena ngobatinnya pelan-pelan, jadi hasilnya juga tahan lama.

Treatment yang dikasih nggak berlebihan dan perawatannya urut, jadi dari yang paling mengganggu dulu, baru terus pelan-pelan perawatannya beralih ke yang lain. Jadi misalnya jerawatan, ya diobatin dulu jerawatnya sampai tuntas, baru habis itu bisa ke perawatan untuk mencerahkan kulit, dan lain-lain.

Kalau lihat hasil perawatannya dr. Endi, itu kulit kita nggak jadi yang mengkilat putih beda sama leher. Kulit jadi keliatannya sehat dan bersih. Beliau juga nggak mewajibkan untuk harus pakai ini, harus pakai itu. Sabun cuci muka bebas, bedak bebas, selama bahannya aman.”

(Bianca, 30 Tahun)

Tempat praktik dr. Endi Novianto, Sp.KK, FINSDV:

3

dr. Nenden Lilis Setiasih, Sp.KK, FINSDV, MM

Rekomendasi dokter kulit kelamin yang bagus salah satunya dr. Nenden Lilis Setiasih, Sp.KK, FINSDV, MMdr. Nenden Lilis Setiasih, Sp.KK, FINSDV, MMCek Sekarang

“Aku sempet jerawatan parah banget bener-bener satu muka penuh jerawat gede-gede karena pengaruh hormon. Padahal seumur hidup belum pernah jerawatan sebanyak itu. Terus aku treatment ke dokter Nenden dan hasilnya, bulan pertama jerawat aku kempes, bulan kedua udah mulus lagi mukanya.

Waktu itu aku perawatannya dikasih krim pagi, krim malam, sunblock, acne serum tetes, sabun cuci muka, sama obat minum. Di aku cocok banget.”

(Anitasia, 30 Tahun)

Tempat praktik dr Nenden Lilis Setiasih, Sp.KK, FINSDV, MM:

4

dr. Indri Yulia Rahardani, Sp.KK, M.Sc

Rekomendasi dokter kulit kelamin yang bagus salah satunya dr. Indri Yulia Rahardani, Sp.KK, M.Scdr. Indri Yulia Rahardani, Sp.KK, M.ScCek Sekarang

“Aku juga sekalian mau kasih rekomendasi dokter kulit anakku, namanya dr. Indri. Jadi awalnya anakku kulitnya merah-merah dan dikira biang keringat, tapi ternyata setelah dibawa ke dokter diagnosisnya adalah eczema.

Aku sebagai orang tua panik, anakku kulitnya bisa merah-merah, tapi dr. Indri bisa jelasin ke aku dengan tenang dan runut soal kondisi itu. Dijelasin satu-satu dari struktur kulit, risiko yang bikin eczema itu kambuh, sampai ke bahan-bahan apa aja yang perlu dihindari atau justru harus ada di produk perawatan kulit anak tapi tanpa nyebut merek.

Dijelasin juga hubungan yang dimakan ibu sama ASI yang diminum anak. Jadi pulang dari sana aku udah sedikit lebih paham dan lebih tenang, karena sudah tahu sebenarnya yang dialamin anakku itu penyakitnya apa.”

(Anitasia, 30 tahun)

Tempat praktik dr. Indri Yulia Rahardani, Sp.KK, M.Sc:

  • RS Pusat Pertamina, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan
  • RSIA Bunda Aliyah, Pondok Bambu, Jakarta Timur
  • RS Yadika, Pondok Bambu, Jakarta Timur
5

dr. Vonny Indriati Widjojo, Sp.KK

Rekomendasi dokter kulit kelamin yang bagus salah satunya dr. Vonny Indriati Widjojo, Sp.KKdr. Vonny Indriati Widjojo, Sp.KKCek Sekarang

“Dulu aku pernah jerawatan yang parah banget, terus treatment sama dokter Vonny selama 3-4 bulan dan hasilnya jerawatnya sembuh dengan baik. Untuk bisa berobat sama beliau memang antrinya panjang dan ramai, tapi menurutku sepadan.

Perawatan yang dikasih tanpa facial atau tindakan-tindakan lain, cuma krim dan antibiotik. Beliau juga periksa kondisi kulit wajah aku secara keseluruhan, jadi nggak hanya yang dikeluhkan aja dan sekalian kasih solusi untuk masalah-masalah itu. Jadi kalau mau ngobatin jerawatnya aja boleh, mau sekalian merawat kondisi yang lain-lain yang ada di wajah juga boleh.”

(Karlina, 28 Tahun)

Tempat praktik dr. Vonny Indriati Widjojo, Sp.KK:

6

DR. Med. Kun Jayanata, Sp.KK (K)

Rekomendasi dokter kulit kelamin yang bagus salah satunya DR. Med. Kun Jayanata, Sp.KK (K)DR. Med. Kun Jayanata, Sp.KK (K)

“Kalo dokter Kun aku yakin udah banyak orang yang tahu, ya, karena memang udah terkenal banget. Tapi aku nggak heran memang kenapa ramai karena pengalamanku berobat sama dokter Kun memang jerawatnya beneran jadi berkurang.

Jadi ini menurutku kadang kan dokter kulit pun cocok-cocokan, tapi kalau sama dokter Kun kayaknya kalau untuk jerawat semuanya bisa cocok. Soalnya obatnya udah ada patokan standarnya kan, Roacuttane, obat minum itu, krim jerawat malam, sama ada krim pemutih juga kalau mau. Kalau jerawatnya meradang, dikasih antibiotik juga.

Hasilnya di aku keliatan, tapi memang kalau sama dokter Kun proses perawatannya sampai bener-bener selesai itu cukup panjang. Jadi misalnya kulitnya udah mulus di bulan ketiga, perawatan tetap disarankan lanjut sampai satu tahun supaya hasilnya benar-benar maksimal.

Tapi selama setahun itu kita nggak wajib untuk bolak-balik datang konsul. Jadi konsultasi di awal, lalu sisanya tebus obat dan krim sesuai urutan dosis. Oh iya, sekarang masih antri dan ramai, tapi untuk booking-nya nggak sesusah dulu.”

(Nurul, 29 Tahun)

Tempat praktik DR.Med. Kun Jayanata, Sp.KK (K):

  • Praktik pribadi di Jl. Hang Lekir I, No.2-36, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan.
Artikel review merupakan opini penulis, dan tidak bisa digunakan sebagai pengganti saran medis. Sebelum mencoba rekomendasi tersebut, pembaca dihimbau untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu.
Perawatan KulitKulit Sekitar KelaminKesehatan KulitKulit Dan KecantikanKesehatan RambutKuku

Medicine Net. https://www.medicinenet.com/what_does_a_dermatologist_do/article.htm
Diakses pada 28 Mei 2021

Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Klik disini untuk konsultasi langsung dengan dokter