Beauty & Skincare

10 Cream Penghilang Flek Hitam yang Bagus untuk Mencerahkan Wajah

Cream penghilang flek hitam atasi noda hitam dan cerahkan rona wajahCream penghilang flek hitam mampu menyamarkan noda hitam dan mencerahkan rona wajah

Cream penghilang flek hitam berguna untuk menyamarkan noda hitam dan warna di kulit yang tidak merata akibat beragam faktor, seperti usia dan paparan sinar matahari.

Krim pencerah wajah yang bagus idealnya harus mengandung bahan aktif untuk mencerahkan dan menyamarkan hiperpigmentasi yang bisa kamu temukan pada wajah.

Lantas, apa saja kandungan aktif yang bisa kamu pilih di dalam cream penghilang flek membandel di wajah?

Bahan aktif rekomendasi pada cream penghilang flek hitam

Sebelum membeli produk skincare untuk flek hitam, ada baiknya kamu membaca komposisi yang tertera di kemasan.

Dikutip dari riset terbitan The Journal of Clinical and Aesthetic Dermatology, pilihlah bahan aktif ini bila kamu ingin menghempas noda-noda hitam pada wajah:

1. Niacinamide

Niacinamide adalah turunan aktif vitamin B3. Niacinamide di dalam cream penghilang flek hitam bekerja dengan cara menurunkan jumlah komponen pada penyusun sel melanosom.

Diketahui, sel ini mampu menghasilkan pigmen kulit, yaitu melanin. Produksi melanin yang berlebih membuat kulit menggelap.

2. Arbutin

Arbutin terbukti mampu mengurangi hiperpigmentasi karena bekerja menghambat peningkatan melanin kulit yang membuat flek hitam muncul.

3. Vitamin C

Vitamin C bekerja menghambat produksi pigmen kulit.

Selain itu, cream penghilang flek hitam dengan vitamin C juga bekerja melindungi kulit dari kerusakan akibat paparan sinar matahari.

Jadi, bila kamu aktif di luar ruangan dan ingin terhindar dari flek hitam akibat sinar matahari, kamu bisa memilih krim penghilang flek hitam yang mengandung vitamin C.

4. Licorice

Ekstrak licorice atau akar manis pun rupanya kerap digunakan di dalam produk cream penghilang flek hitam.

Dalam menghilangkan flek hitam membandel, licorice juga bekerja menekan produksi melanin penyebab kulit terlihat kusam dan flek.

Selain itu, licorice mampu mengurangi pigmentasi dengan cara "membuang" kadar melanin yang ada pada flek.

Keunggulan kandungan ini juga bekerja untuk mengatasi peradangan, antivirus, dan antimikroorganisme.

5. Kojic acid

Asam kojic atau kojic acid mampu menghambat produksi melanin dengan kuat. Biasanya, agar lebih efektif, kandungan ini biasanya dicampur dengan kandungan pencerah lainnya.

Umumnya, kadar kojic acid yang terdapat pada krim khusus penghilang flek hitam berkisar antara 1-4 persen.

6. Retinoid

Ini merupakan kandungan aktif yang berasal dari turunan vitamin A. Retinoid mampu bekerja dengan beragam cara untuk mencerahkan kulit dan menyamarkan flek hitam.

Beberapa turunan vitamin A lainnya yang biasa kamu temukan di dalam krim khusus penghilang flek hitam adalah retinol. Sayangnya, produk ini tidak direkomendasikan untuk ibu hamil.

Rekomendasi cream penghilang flek hitam

1

Erha21 Truwhite Activator Day Cream

Rekomendasi cream penghilang flek hitam: Erha21 Truwhite Activator Day CreamErha21 Truwhite Activator Day Cream merupakan cream penghilang flek hitam yang aman untuk ibu hamilCek Sekarang

Produk ini cocok sebagai cream penghilang flek membandel di wajah, terutama flek akibat sinar matahari.

Erha Truwhite Activator Day Cream memiliki bahan aktif niacinamide dan glabridin yang mampu menghambat melanin dan mengurangi hiperpigmentasi.

Selain itu, krim ini juga mengandung SPF 25/PA++ yang bekerja melindungi kulit dari paparan sinar UV-A dan UV-B. Kamu pun juga bisa menemukan bisabolol yang mampu mengurangi iritasi karena sengatan matahari.

Jangan khawatir, ini bisa kamu gunakan saat hamil dan menyusui.

Cream penghilang flek hitam di wajah ini bisa kamu dapatkan mulai dari Rp198.500,00.

2

ElshéSkin Brightening Cream

Rekomendasi cream penghilang flek hitam: ElshéSkin Brightening CreamElshéSkin Brightening Cream menggunakan tujuh bahan aktif untuk menghilangkan flek hitamCek Sekarang

ElshéSkin Brightening Cream juga ampuh mencerahkan flek hitam di wajah.

Tidak hanya satu atau dua bahan, produk ini menggunakan tujuh bahan aktif yang bekerja, seperti arbutin, retinol, niacinamide, gluthatione, dan sodium ascorbyl phosphate atau turunan dari vitamin C.

Bahan ini terbukti mampu mencerahkan kulit dan menghambat proses hiperpigmentasi penyebab flek hitam pada kulit.

Tidak hanya itu, cream penghilang flek hitam ini melembapkan wajahmu.

Di dalam produk ini, kamu bisa menemukan bahan pelembap dari bahan alami seperti ekstrak biji anggur dan lecithin dari kacang kedelai.

Meski bahan yang terkandung cukup menjanjikan untuk mengurangi flek hitam dan menjaga kesehatan kulit wajah secara umum, ElshéSkin Brightening Cream tidak dapat digunakan ibu hamil, serta pemilik kulit kering, sensitif, dan berjerawat.

Kamu bisa mendapatkan krim khusus penghilang flek hitam ini dengan harga mulai dari Rp92.000,00.

3

Avoskin New Ultra Brightening Cream

Rekomendasi cream penghilang flek hitam: Avoskin New Ultra Brightening CreamAvoskin New Ultra Brightening Cream juga bekerja untuk melawan penuaan. (Sumber: Official Website Avoskin)Cek Sekarang

Avoskin Ultra Brightening Cream rupanya hadir dengan formula baru untuk memudarkan noda hitamdi wajah. 

Produk ini mengandung agen pencerah, seperti alpha arbutin, actosome retinol, dan licorice.

Tidak hanya bekerja menghilangkan flek hitam, Avoskin Ultra Brightening Cream juga bersifat anti-aging karena mengandung vitamin E dan dan actosome retinol.

Jadi, ini merupakan cream penghilang flek hitam yang sekaligus bisa kamu gunakan untuk menghambat efek penuaan.

Produk skincare satu ini juga mengandung chamomile yang bekerja untuk meredakan kulit iritasi dan membuat kulit terasa lembap dan lembut.

Lagi-lagi, karena mengandung retinol, produk ini tidak cocok untuk ibu hamil.

Untuk mendapatkan keunggulan produk ini, kamu perlu merogoh kocek sebesar Rp161.000,00.

4

Wardah Lightening Day Cream

Rekomendasi cream penghilang flek hitam: Wardah Lightening Day CreamWardah Lightening Day Cream diperkaya vitamin E untuk melindungi kulit dari radikal bebasCek Sekarang

Ini adalah salah satu produk Wardah untuk menghilangkan flek hitam yang membandel.

Dengan kandungan niacinamide dan licorice, Wardah Lightening Day Cream mampu mencerahkan dan menghambat flek hitam.

Selain itu, produk ini juga mengandung vitamin E yang bekerja sebagai antioksidan agar kulit terlindung dari radikal bebas yang bisa merusak kulit.

Wardah Lightening Day Cream juga diperkaya AHA untuk mengelupas sel kulit mati sehingga kulit pun terlihat lebih cerah.

Selain itu, cream penghilang flek hitam ini juga mengandung allantoin dan ekstrak rumput laut yang berguna untuk melembapkan dan menenangkan kulit agar terasa nyaman dan mempercepat regenerasi kulit.

Produk ini juga cocok untuk kamu yang aktif di tempat terbuka karena mengandung SPF 30 PA+++.

Dapatkan Wardah Lightening Day Cream mulai dari Rp40.834,00.

5

Safi White Expert Illuminating Day Cream

Rekomendasi cream penghilang flek hitam: Safi White Expert Illuminating Day CreamSafi White Expert Illuminating Day Cream mengandung habattusauda untuk menyamarkan hiperpigmentasi pada flek

Cream Safi White Expert bagus untuk menghilangkan flek hitam karena mengandung habbatussauda.

Kandungan jintan hitam atau habbatussauda dalam cream penghilang flek hitam ini bekerja menyamarkan hiperpigmentasi pada flek hitam.

Selain itu, kandungan lain yang berguna untuk mencerahkan kulit adalah niacinamide.

Safi Expert: Illuminating Day Cream juga mengandung citric acid atau salah satu jenis AHA yang berguna untuk mengelupas sel kulit mati dan mempercepat pertumbuhan sel kulit baru sehingga kulit lebih cerah dan sehat.

Tidak hanya itu, produk ini juga mengandung glycerin yang berguna untuk menghidrasi kulit sehingga tetap lembap.

Untuk melindungi kulit dari hiperpigmentasi akibat sinar matahari, produk ini dilengkapi dengan tabir surya sebesar SPF 15 PA++. Namun, sifat perlindungannya terlalu kecil sehingga kamu perlu menggunakan sunscreen tambahan setelahnya.

Bila kamu ingin membelinya, produk ini bisa kamu dapatkan mulai dari Rp99.500,00.

6

Olay White Radiance

Rekomendasi cream penghilang flek hitam: Olay White RadianceOlay White Radiance juga mampu menjaga kelembapan kulit

Kandungan utama dalam produk cream penghilang flek hitam adalah niacinamide.

Selain itu, terdapat ekstrak akar mulberry yang juga bermanfaat untuk menyamarkan bintik hitam dan hiperpigmentasi akibat penuaan dan paparan matahari.

Krim khusus penghilang flek hitam ini pun juga cocok untuk menjaga kelembapan kulit. Sebab, Olay White Radiance juga diperkaya panthenol, glycerine, dan vitamin E, dan ekstrak lidah buaya.

Cream penghilang flek hitam ini juga diperkaya sunscreen dengan SPF 24 PA++. Sayangnya, karena tingkat SPF-nya masih cukup rendah kamu tidak bisa mengandalkan krim ini untuk tabir surya utama. Kamu perlu menambahkan produk sunscreen tambahan setidaknya dengan SPF 30

Kelemahan Olay White Radiance lainnya adalah mengandung paraben dan parfum yang bisa mengiritasi kulit sensitif.

Produk ini dibanderol dengan harga mulai dari Rp140.000,00.

7

L'Oreal Paris White Perfect Clinical Overnight Treatment

Rekomendasi cream penghilang flek hitam: L'Oreal Paris White Perfect Clinical Overnight TreatmentL'Oreal Paris White Perfect Clinical Overnight Treatment mempercepat regenerasi kulit

Ini adalah cream penghilang flek hitam yang kamu pakai saat malam sebelum tidur. 

Saat tidur, kulit akan mengalami regenerasi kulit untuk "memperbaiki dirinya" dari paparan sinar matahari, stres, dan polusi pada siang hari. Dengan kandungan bahan aktif di dalamnya, krim L’Oreal ini dapat membantu mempercepat proses regenerasi kulitmu.

Ini juga merupakan krim penghilang flek hitam yang cocok untuk orang-orang di usia usia 40 menghambat penuaan pada kulit.

Untuk membantu menyamarkan flek, cream penghilang flek hitam ini menggunakan niacinamide dan turunan vitamin C, yaitu 2-O-Ethyl Ascorbic Acid.

Selain itu, bahan yang mampu menangani kulit kamu dari penuaan adalah adenosine dan fiberlastyl. Adenosine terbukti mampu merangsang kolagen agar kulit tetap elastis dan kencang.

Selain itu, krim ini mengandung sedikit citric acid yang dapat membantu membuat kulit tampak halus.

Kamu bisa mendapatkan produk ini dengan harga mulai dari Rp220.000,00.

8

Kojie San Face Cream

Rekomendasi cream penghilang flek hitam: Kojie San Face CreamKojie San Face Cream diperkaya kojic acid yang menghambat produksi pigmen kulit dengan kuat

Produk Kojie San pada umumnya mengandalkan kojic acid untuk mencerahkan kulit.

Terlebih, kojic acid terbukti mampu menghambat aktivitas melanin yang menyebabkan kulit menggelap dan muncul flek hitam.

Selain itu, Kojie San Face Cream juga memiliki juga mengandung niacinamide yang mampu menyamarkan bintik gelap pada wajah sehingga flek hitam pun berkurang.

Selain itu, cream penghilang flek hitam ini juga mampu menjaga kelembapan kulit. Beberapa kandungan tersebut di antaranya adalah glycerin, kolagen, dan minyak esensial Rosa Canina.

Dapatkan produk ini dengan harga mulai dari Rp40.200,00.

9

The Ordinary Azelaic Acid Suspension 10%

Rekomendasi cream penghilang flek hitam: The Ordinary Azelaic Acid Suspension 10%The Ordinary Azelaic Acid Suspension 10% bekerja dengan cara menghentikan pembentukan sel kulit yang menghitam. (Sumber: Official Website Deciem)

Kandungan aktif azelaic acid pada produk ini terbukti berguna untuk mencerahkan kulit sehingga flek hitam pun tersamarkan.

Azelaic acid bekerja dengan cara menghentikan pembentukan sel kulit yang mengalami hiperpigmentasi

Selain itu, cream penghilang flek hitam ini diperkaya vitamin E yang mampu melembapkan dan mampu melindungi kulit dari paparan sinar UVB.

Krim azelaic acid dari The Ordinary bisa kamu gunakan pada siang dan malam. Namun yang perlu diperhatikan, kamu mungkin akan mengalami pilling atau muncul bulir-bulir seperti daki dari wajah jika menggunakan produk skincare lain setelahnya di siang hari, seperti sunscreen.

Maka itu, kamu lebih disarankan menggunakannya di malam hari sebagai tahapan skincare terakhir.

Harga produk ini mulai dari Rp188.000,00.

10

Hada Labo Shirojyun Ultimate Whitening Cream

Rekomendasi cream penghilang flek hitam: Hada Labo Shirojyun Ultimate Whitening CreamHada Labo Shirojyun Ultimate Whitening Cream diperkaya tranexamic acid untuk menyamarkan flek hitam akibat melasma. (Sumber: Official Website Rohto)

Krim khusus penghilang flek hitam ini mengandung bahan aktif pencerah, seperti tranexamic acid, arbutin, dan magnesium ascorbyl phosphate.

Tranexamic acid bermanfaat untuk menyamarkan flek hitam akibat melasma dan mencerahkan kulit secara keseluruhan. Kandungan ini bekerja dengan cara menghambat proses pembentukan pigmen kulit.

Magnesium ascorbyl phosphate juga merupakan turunan vitamin C yang mampu mencerahkan kulit serta mengurangi tanda penuaan dini, seperti garis halus dan kerutan. Untuk itu, Hada Labo Shirojyun Ultimate Whitening Cream cocok sebagai cream penghilang flek hitam usia 40.

Produk ini dibanderol dengan harga mulai dari Rp104.000,00.

Artikel review merupakan opini penulis, dan tidak bisa digunakan sebagai pengganti saran medis. Sebelum mencoba rekomendasi tersebut, pembaca dihimbau untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu.
Kulit SehatPerawatan KulitKesehatan KulitKulit Dan KecantikanFlek HitamKulit KeringPencerah KulitMasalah KulitKulit Keriput

The Journal of Clinical and Aesthetic Dermatology. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC2921758/ Diakses pada 9 Mei 2021

Ecco Verde. https://www.ecco-verde.com/info/ingredients/grape-seed-oil-1 Diakses pada 9 Mei 2021

Healthline. https://www.healthline.com/health/lecithin-benefits Diakses pada 9 Mei 2021

Allied Academies. https://www.alliedacademies.org/articles/synergistic-effects-of-ascorbyl-palmitate-and-sodium-ascorbyl-phosphate-loaded-in-multiple-emulsions-on-facial-skin-melanin-and-er.html Diakses pada 9 Mei 2021

Official Website Avoskin. https://www.avoskinbeauty.com/product/ultra-brightening-cream/ Diakses pada 9 Mei 2021

Byrdie. https://www.byrdie.com/skincare-benefits-of-chamomile-4691698 Diakses pada 9 Mei 2021

Healthline. https://www.healthline.com/health/vitamin-e-for-skin Diakses pada 9 Mei 2021

Skincarisma.https://www.skincarisma.com/products/wardah/lightening-day-cream/ingredient_list#info-section Diakses pada 9 Mei 2021

Skin Kraft. https://skinkraft.com/blogs/articles/allantoin-skin-benefits Diakses pada 9 Mei 2021

Official Website Safi. https://www.safiindonesia.com/product/detail/safi-white-expert-illuminating-day-cream-spf15-pa-45-gr Diakses pada 9 Mei 2021

Skincarisma. https://www.skincarisma.com/products/safi/white-expert-illuminating-day-cream-spf-15-pa/ingredient_list Diakses pada 9 Mei 2021

Byrdie. https://www.byrdie.com/black-cumin-seed-oil-for-skin Diakses pada 9 Mei 2021

EWG's Skin Deep. https://www.ewg.org/skindeep/ingredients/701385-citric_acid/ Diakses pada 9 Mei 2021

American Academy of Dermatology. https://www.aad.org/public/everyday-care/sun-protection/sunscreen-patients/sunscreen-faqs Diakses pada 9 Mei 2021

Verywell Health. https://www.verywellhealth.com/tocopheryl-acetate-health-benefits-4774310 Diakses pada 9 Mei 2021

Skincarisma. https://www.skincarisma.com/products/wardah/lightening-day-cream/ingredient_list#info-section Diakses pada 9 Mei 2021

Self. https://www.self.com/gallery/why-you-need-a-different-night-skin-care-routine Diakses pada 9 Mei 2021

INCI Decoder. https://incidecoder.com/ingredients/citric-acid Diakses pada 9 Mei 2021

INCI Decoder. https://incidecoder.com/ingredients/ethyl-ascorbic-acid Diakses pada 9 Mei 2021

INCI Decoder. https://incidecoder.com/ingredients/adenosine Diakses pada 9 Mei 2021

Skincarisma. https://www.skincarisma.com/products/l-oreal-paris/white-perfect-clinical-overnight-treatment/ingredient_list#info-section Diakses pada 9 Mei 2021

INCI Decoder. https://incidecoder.com/products/kojie-san-face-lightening-cream Diakses pada 9 Mei 2021

INCI Decoder. https://incidecoder.com/products/the-ordinary-azelaic-acid-suspension-10 Diakses pada 9 Mei 2021

Healthline. https://www.healthline.com/health/azelaic-acid-acne Diakses pada 9 Mei 2021

INCI Decoder. https://incidecoder.com/products/rohto-hadalabo-shirojyun-ultimate-whitening-cream Diakses pada 9 Mei 2021

Clinical Trials. https://clinicaltrials.gov/ct2/show/NCT03585179 Diakses pada 9 Mei 2021

Cult Beauty. https://www.cultbeauty.co.uk/the-ordinary-magnesium-ascorbyl-phosphate-solution-10.html Diakses pada 9 Mei 2021

Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Klik disini untuk konsultasi langsung dengan dokter