Mom & Baby

Rekomendasi Cotton Bud Bayi yang Nyaman dan Lembut di Kulit

06 Aug 2021|Bayu Galih Permana
Penggunaan cotton bud bayi tidak boleh dilakukan sembaranganCotton bud bayi bantu bersihkan kotoran di tempat yang sulit dijangkau jari

Menjaga kebersihan tubuh si Kecil secara rutin sudah menjadi kewajiban bagi setiap orangtua. Salah satu cara yang paling sering dilakukan orangtua untuk menjaga kebersihan bayi adalah dengan memandikannya setiap hari.

Namun, mandi tidak selalu bisa membuat tubuh bayi bersih sepenuhnya. Ada beberapa bagian tubuh si Kecil yang tidak dapat dijangkau dan dibersihkan dengan mandi, misalnya lipatan kulit, bagian dalam pusar, hingga daun telinga. Ini terjadi karena jari orangtua umumnya terlalu besar untuk menjangkau bagian-bagian tubuh tersebut.

Untuk membersihkan bagian tubuh yang sulit dijangkau dengan tangan maupun jari, cotton bud bayi dapat dijadikan pilihan. Meski begitu, penggunaannya tidak boleh dilakukan sembarangan karena bisa melukai si Kecil.

Cara menggunakan cotton bud bayi yang benar

Penggunaan cotton bud untuk membersihkan bagian tubuh tertentu bayi seperti telinga dan hidung tak boleh dilakukan sembarangan. Untuk alasan apa pun, jangan memasukkannya ke bagian dalam hidung atau telinga si Kecil.

Memasukkan cotton bud ke telinga bisa membuat kotoran masuk terlalu dalam. Tindakan ini juga berisiko merusak gendang telinga bayi. Sementara itu, cotton bud yang dimasukkan ke hidung dapat membuat lapisan bagian dalamnya berdarah dan meningkatkan risiko infeksi.

Cotton bud hanya bisa dipakai untuk membersihkan kotoran pada area-area luar saja, misal daun telinga, belakang telinga, hingga bawah hidung. Untuk membersihkan bagian dalam, orangtua sebaiknya membawa buah hati ke dokter anak.

Rekomendasi cotton bud bayi yang bagus

1

Huki Cotton Bud Zak Bayi

Rekomendasi cotton bud bayi yang lembutHuki Cotton Bud Zak Bayi (Sumber foto: Baby Huki)Cek Sekarang

Huki Cotton Bud Zak Bayi menggunakan bulatan kapas yang dirancang supaya sesuai untuk membersihkan area-area tubuh bayi yang sulit dijangkau tangan orang dewasa seperti lipatan kulit, pusar, serta daun telinga. Kapas yang dipakai pun murni 100% dari alam, tanpa tambahan pemutih atau bahan kimia, sehingga aman untuk kulit si Kecil dan tidak memicu iritasi.

Sementara itu, kemasan zak membuat cotton bud bayi ini tetap aman dari kontaminasi kotoran setelah bungkusnya dibuka. Kamu bisa mendapatkan Huki Cotton Bud Zak Bayi dengan harga mulai Rp5.000 per pack isi 100 pcs.

2

Reliable Cotton Bud POT Baby

Rekomendasi cotton bud bayi yang lembutReliable Cotton Bud POT Baby (Sumber foto: Reliable Baby)

Cotton bud bayi dari Reliable Baby ini menggunakan kapas murni yang steril, tanpa tambahan pemutih. Kapas yang menempel pada batangnya memiliki ukuran pas dan diklaim tidak mudah lepas ketika dipakai membersihkan kotoran.

Reliable Cotton Bud POT Baby adalah salah satu merek pembersih telinga bayi yang aman digunakan karena sudah memperoleh izin edar dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI. Kamu bisa mendapatkan cotton bud bayi ini dengan harga mulai Rp8.000 untuk kemasan isi 100 pcs.

3

Cussons Baby Cotton Bud Extra Fine

Rekomendasi cotton bud bayi yang lembutCussons Baby Cotton Bud Extra Fine (Sumber foto: Cussons Baby)

Cussons Baby Cotton Bud Extra Fine dibuat  menggunakan kapas murni, yang bebas dari Optical Brightening Agent (OBA) atau pemutih. Ukurannya yang pas dan tidak mudah rusak juga membuatnya ideal untuk membersihkan kotoran di sekitar hidung, telinga, mata, maupun sela-sela jari buah hati.

Untuk mempermudah proses pembersihan, orangtua bisa menambahkan baby oil pada kapas cotton bud. Harga cotton bud Cussons ini dijual mulai Rp5.000 untuk kemasan isi 100 pcs.

4

Pigeon Cotton Swab

Rekomendasi cotton bud bayi yang lembutPigeon Cotton Swab (Sumber foto: Pigeon)

Pigeon Cotton Swab adalah cotton bud bayi yang dirancang untuk membershkan telinga dan hidung bayi. Meskipun begitu, penggunaannya hanya boleh dilakukan pada bagian luar saja, bukan dalam.

Produk ini tersedia dalam ukuran kapas, yang ukurannya bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Pigeon Cotton Swab bisa kamu dapatkan dengan harga mulai Rp8.000 untuk kemasan isi 100 pcs.

5

Century Baby Cotton Bud

Rekomendasi cotton bud bayi yang lembutCentury Baby Cotton Bud (Sumber foto: Century)

Century Baby Cotton Bud merupakan produk yang telah diuji secara dermatologis, sehingga aman untuk kulit bayi, termasuk yang baru lahir. Kapas yang digunakan terbuat dari 100% katun murni, jadi terasa lembut di kulit dan ideal untuk penggunaan sehari-hari.

Cotton bud bayi ini tersedia dalam dua ukuran, yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing. Harga Century Baby Cotton Bud dijual mulai Rp8.500 untuk kemasan isi 75 pcs.

Perlengkapan Bayi

Pregnancy Birth Baby. https://www.pregnancybirthbaby.org.au/cleaning-your-babys-ears-eyes-and-nose
Diakses pada 6 Agustus 2021

Pigeon. http://www.pigeon.co.id/
Diakses pada 6 Agustus 2021

Toko SehatQ. https://toko.sehatq.com/
Diakses pada 6 Agustus 2021

Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Klik disini untuk konsultasi langsung dengan dokter