Makan Sehat

Cari Restoran Makanan Sehat? Ini 10 Tempat yang Bisa Dicoba

03 Mar 2021|Nina Hertiwi Putri
Restoran makanan sehat di Jakarta dari masakan lokal hingga internasionalRestoran makanan sehat menyajikan ragam olahan sayur dan protein

You are what you eat. Memilah asupan yang masuk ke dalam tubuh penting dilakukan. Tak hanya demi menjaga berat badan, tapi juga agar badan terhindar dari berbagai penyakit berbahaya. Untuk kamu yang ingin memulai petulangan sehat, berikut ini pilihan restoran makanan sehat di Jakarta yang bisa dicoba.

Restoran makanan sehat di Jakarta

Kamu bisa memasak makanan sehat sendiri di rumah. Namun kalau sedang ingin variasi masakan menyehatkan yang sedikit berbeda, berikut ini beberapa restoran yang bisa kamu sambangi.

1

Supergrain

Restoran makanan sehat di Jakarta SupergrainSupergrain menyajikan beragam makanan sehat (sumber foto: instagram @thesupergrain)

Supergrain adalah restoran makanan sehat yang menyajikan paduan biji-bijian serta karbohidrat kompleks lainnya dengan pilihan protein, serat, serta saus yang beragam.

Di sini, kamu bisa mendapatkan seporsi makanan sehat yang mengenyangkan bersama minuman dengan harga kurang lebih Rp100.000-Rp150.000.

Selain memesan dari menu yang sudah ada, kamu juga bisa memilih atau memodifikasi sendiri jenis makanan untuk piringmu.

Varian grains yang bisa kamu pesan antara lain black rice, brown rice, dan quinoa. Sementara itu untuk pilihan protein, Supergrain menyediakan banyak pilihan, seperti blackened jerk chicken, charred steak, miso torched salmon, dan lain-lain.

Selain grains dan protein, dalam satu porsi makanan di sini, kamu juga akan mendapatkan sides seperti telur, jamur, berbagai jenis sayuran, dan jagung serta pilihan saus seperti black pepper dan pesto.

Saat ini, Supergrain memiliki dua cabang yaitu di Mall Grand Indonesia dan Central Park.

2

Fitco Eats

Restoran makanan sehat di Jakarta Fitco eatsAyam goreng tepung rendah kalori dari Fitco Eats (sumber foto: instagram @fitco.eats)

Fitco Eats adalah nama baru dari FIT Gourmet. Restoran ini menyajikan berbagai makanan sehat dengan menu yang beragam, seperti nasi gila shirataki, pad thai shirataki, hingga ayam goreng tepung rendah kalori. Di sini kamu juga akan menemukan menu yang vegan friendly.

Kamu bisa menikmati berbagai menu di Fitco Eats dengan merogoh kocek mulai dari Rp25.000 untuk camilan dan Rp 60.000-an untuk makanan berat.

Fitco Eats memiliki banyak cabang yang tersebar di seluruh Jakarta seperti di Kelapa Gading, Sudirman, Kebayoran Baru, dan Cipete.

3

Jamu Bukti Mentjos

Restoran makanan sehat di Jakarta Jamu mentjosJamu kemasan dari Warung Jamu Bukti Menjos (sumber foto: instagram @jamubuktimentjos)

Tempat yang satu ini berbeda dari restoran lain yang ada di daftar, karena menu utama yang disajikan bukanlah makanan, melainkan berbagai jenis jamu tradisional yang dipercaya bisa membantu menyehatkan tubuh.

Warung Jamu Bukti Mentjos adalah salah satu tempat jamu legendaris di Jakarta. Di sini, kamu bisa memilih puluhan jenis racikan yang dipercaya bisa membantu meredakan berbagai penyakit, mulai dari sembelit, kembung, masuk angin, hingga darah rendah.

Selain jamu, Warung Bukti Mentjos juga menyediakan aneka bubur sebagai menu makanan, seperti bubur kacang hijau, ketan hitam, kacang merah, dan bubur ayam.

Kamu bisa menemukannya di Jl. Salemba Tengah 48, Jakarta Pusat.

4

The Good Habit

Restoran makanan sehat di Jakarta The Good HabitNasi padang sehat dari The Good Habit (sumber foto: instagram @id.thegoodhabit)

Sesuai namanya, kalau kamu ingin memulai menjalani gaya hidup sehat, The Good Habit bisa menjadi salah satu restoran makanan sehat yang dicoba. Berbagai menu makanan di sini bisa kamu dapatkan lewat aplikasi pesan antar online.

The Good Habit menyajikan beragam salad wrap dan juga salad bowl yang berisi berbagai macam olahan protein mulai dari daging bulgogi, ayam yang dimasak dengan metode sous-vide, hingga tofu serta sayuran yang dibaluri dressing khusus.

Kamu bisa memesan makanan di sini dari berbagai outlet The Good Habit yang tersebar di banyak lokasi di Jakarta, seperti Tendean, Fatmawati, Jatinegara, Tanjung Duren, Kelapa Gading, Cideng, dan Sunter.

5

Fedwell

Restoran makanan sehat di Jakarta FedwellRagam healthy bowl dari Fedwell (sumber foto: instagram @fedwelljkt)

Dengan moto “A bowl of goodness”, Fedwell menyajikan berbagai menu healthy bowl yang berisi grains, protein, topping, dan dressing yang beragam.

Salah satu menu andalannya adalah The 1945 yang berisi quinoa, brown rice, pan seared dory, masala glazed carrot, charred beans, charred corn, onsen egg, matah relish, dan bawang goreng.

Anda bisa menyambangi Fedwell di area Senopati, Jakarta Selatan.

6

The Roots

Restoran makanan sehat di Jakarta The RootsVariasi grain bowl dari The Roots Jakarta (sumber foto: instagram @therootsid)

The Roots adalah salah satu restoran makanan sehat yang menyajikan makanan dari bahan-bahan artisanal.
Menu-menu utama di sini tersaji dalam bentuk salad wrap ataupun salad bowl. Namun di samping itu, kamu juga bisa menemukan dessert seperti vegan brownie, vegan coconut bun, dan vegan chocolate bun.

The Roots juga memiliki menu burger spesial, yaitu The Love Burger dan Spicy Slaw Burger. dengan patty yang terbuat dari jamur. Kamu bisa mendatangi tempat ini di Como Park, Kemang.

7

Kyuri

Restoran makanan sehat di Jakarta KyuriSalmon teriyaki donburi dari Kyuri (sumber foto: instagram @kyuri_id)

Restoran makanan sehat yang satu ini menyajikan berbagai variasi salad dan donburi bowl dari Jepang. Kalau kamu lagi bosan makan sayur yang diolah dengan cara dan rasa yang itu-itu saja, maka mencicipi salad di Kyuri bisa menjadi salah satu pilihan.

Di sini, kamu akan menemukan menu seperti Konbu seaweed salad yang ramah untuk vegan hingga soy good beef tamanegi salad yang disajikan dengan daging sapi.

Sementara itu untuk donburi bowl, Kyuri memiliki beragam pilihan menu seperti chicken katsu kari, salmon teriyaki, hingga ayam panggang dengan miso pedas.

Saat memesan donburi bowl, kamu dapat memilih karbohidrat yang dirasa paling cocok, antara nasi putih, brown rice, atau shirataki.

Kamu bisa menyambangi Kyuri di Jl. Gunawarman 18, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Uang yang perlu disiapkan saat makan di sini berkisar Rp100.000-Rp150.000 untuk seporsi makanan ditambah minuman.

8

Maple & Oak

Restoran makanan sehat di Jakarta Maple & OakPitaya bowl dari Maple & Oak, salah satu menu sehat yang tersedia (sumber foto: instagram @maple.oak)

Maple & Oak memang tidak memproklamirkan diri sebagai restoran makanan sehat, tapi di tempat ini kamu bisa menemukan menu Pitaya Bowl yang berisi smoothie buah naga, granola, pisang, dan praline.

Di tempat yang terkenal dengan spot brunch lezat ini juga tersedia Saikyo Miso Chicken Salad. Menu ini berisi campuran beberapa jenis letuce, grilled chicken miso, dan wafu dressing.

Herga setiap menu di bawah Rp100.000. Maple & Oak terletak di Menteng, Jakarta Pusat.

9

HONU

Restoran makanan sehat di Jakarta HONUPoke bowl dari HONU, restoran sehat di Jakarta (sumber foto: instagram @honueats)

HONU Poke & Matcha Bar adalah restoran yang memiliki spesialisasi menyajikan Poke, makanan khas Hawai yang bahan utamanya menggunakan salmon atau tuna mentah, dengan berbagai bumbu dan bahan tambahan.

Jika tidak terlalu suka makan ikan yang belum matang, ada menu lain yang juga bisa dicoba dengan bahan dasar tahu, tempe, atau ayam. HONU juga menyajikan beberapa jenis olahan matcha yang menyegarkan.

Kamu bisa menemukan restoran ini di Kemang, Menteng, Neo Soho, dan Southwest BSD.

10

Berrywell

Restoran makanan sehat di Jakarta BerrywellSmoothie bowl dari Berry Well, restoran sehat di Jakarta (sumber foto: instagram @berrywelljkt)

Bagi kamu para penggemar buah, nama Berrywell mungkin sudah tak asing lagi. Restoran makanan sehat ini memiliki banyak menu smoothie bowl yang terbuat dari buah-buah menyehatkan seperti buah naga, acai berry, semangka, dan lain-lain.

Kini kamu bisa menemukan Berrywell di beberapa cabang yaitu Senopati, Citywalk, Kelapa Gading, dan PIK.

Artikel review merupakan opini penulis, dan tidak bisa digunakan sebagai pengganti saran medis. Sebelum mencoba rekomendasi tersebut, pembaca dihimbau untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu.
Makanan SehatMakanan DietBuah Dan Sayuran
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Klik disini untuk konsultasi langsung dengan dokter