Lifestyle

Cara Menanam Lengkuas di Rumah, Bisa Manfaatkan Pekarangan atau Pot

05 Nov 2021|Bayu Galih Permana
Cara menanam lengkuas dapat dilakukan di pot maupun pekaranganCara menanam lengkuas bisa di pekarangan rumah

Lengkuas merupakan salah satu rempah atau bumbu dapur yang mempunyai banyak manfaat untuk tubuh. Konsumsinya diketahui dapat membantu mengurangi peradangan, meningkatkan kesuburan pria, menambah nafsu makan, mengobati panu, hingga mencegah kanker.

Manfaat lengkuas untuk kesehatan tersebut tidak lepas dari ragam nutrisi yang terkandung di dalamnya. Dalam rempah ini, kamu bisa menemukan kandungan-kandungan seperti zat besi, fosfor, vitamin C, zinc, kalium, hingga mangan. Zat-zat bermanfaat lain mulai dari betakaroten, polifenol, niasin, hingga quercetin juga bisa ditemukan dalam lengkuas.

Melihat ragam nutrisi dan potensi yang dimiliki, tidak ada salahnya menanam bumbu dapur ini di rumah. Cara menanam lengkuas di rumah pun cukup mudah, dapat dengan memanfaatkan pot maupun pekarangan.

Cara menanam lengkuas di pekarangan

Cara menanam lengkuas di pekarangan sangatlah mudah. Tanaman rempah ini tumbuh dapat tumbuh subur di dataran rendah maupun tinggi, dengan suhu udara sekitar 25 derajat Celsius. Selain itu, pastikan juga pekarangan rumahmu mendapat paparan sinar matahari yang cukup jika hendak menanam lengkuas.

Sejumlah syarat yang harus dipenuhi agar tanaman lengkuas bisa tumbuh dengan maksimal, di antaranya:

  • Daerah dengan suhu udara sekitar 25 derajat Celsius.
  • Daerah yang mendapatkan paparan cukup sinar matahari.
  • Daerah dengan tingkat kelembapan udara yang sedang.
  • Lahan pekarangan telah diolah setidaknya 2 minggu sebelum penanaman agar terbebas dari senyawa beracun. Pengolahan bisa dilakukan dengan cara dibajak, dicangkul, atau diberikan pupuk.
  • Bibit berkualitas yang diambil langsung dari kebun, bukan dari pasar.

Jika sudah memenuhi syarat-syarat tersebut, cara menanam lengkuas bisa mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Membuat lubang di tanah dengan kedalaman 10-15 cm. Masukkan bibit dengan posisi mata tunas mengarah ke atas.
  2. Tutup dengan tanah, beri sedikit celah supaya ujung tunas lengkuas bisa menyembul ke atas.
  3. Lakukan penanaman hingga bibit lengkuas habis. Jarak tanam lengkuas adalah sekitar 60-70 cm agar bisa tumbuh dengan maksimal.
  4. Lakukan penyiraman secara rutin dengan air secukupnya untuk menjaga kelembapan tanah. Beri pupuk secara berkala pada bulan ke 2, 4, dan 8 agar hasil panen lengkuas memuaskan.
  5. Saat memasuki minggu ke-2 hingga ke-4, lakukan penyiangan dengan mencabut gulma atau rumput liar di sekitar tanaman lengkuas. Langkah ini bermanfaat agar nutrisi dalam tanah bisa terserap oleh tanaman lengkuas secara maksimal.

Masa panen lengkuas umumnya pada usia 10 hingga 12 bulan. Cara panen lengkuas adalah dengan mengangkat tanaman secara perlahan, lalu membersihkan tanah yang menempel di bagian umbi dan direndam dalam air selama kurun waktu 2-3 jam.

Cara menanam lengkuas di pot

Jika lahan pekarangan rumah terbatas, kamu juga dapat menanam lengkuas di pot. Untuk menanam lengkuas dalam pot, sejumlah bahan yang perlu dipersiapkan antara lain sebagai berikut:

  • Bibit lengkuas yang sehat dan berkualitas dari indukan berusia 9-10 bulan
  • Media semai berupa arang sekam, karung goni, dan nampan plastik
  • Pot dengan diameter 25 hingga 45 cm
  • Tanah untuk media tanam
  • Pupuk kandang
  • Arang sekam

Apabila semua bahan telah siap, cara menanam lengkuas di pot bisa mengikut langkah-langkah di bawah ini:

  1. Lakukan penyemaian bibit lengkuas dengan cara diletakkan pada nampan plastik, lalu ditutup memakai arang sekam dan karung goni. Diamkan selama 2 hingga 4 minggu.
  2. Isi pot dengan tanah yang dicampur dengan pupuk kandang dan sekam hingga terisi ¾ bagian. Perbandingan antara ketiga media tanam ini adalah 1:1:1. Diamkan selama 1 minggu pada area yang terpapar sinar matahari.
  3. Jika mata tunas sudah terlihat pada bibit, berarti sudah siap dipindahkan ke dalam pot. Masukkan bibit lengkuas pada kedalaman 10 hingga 15 cm.
  4. Taruh mata tunas pada bagian atas, lalu tutup dengan tanah. Siram tanaman dengan air secukupnya untuk menjaga kelembapan tanah. Penyiraman tidak perlu dilakukan hingga air menggenang.
  5. Letakkan pot pada tempat yang memperoleh cukup paparan sinar matahari. Jangan lupa juga untuk melakukan penyiraman secara rutin.
  6. Masuk usia 1 bulan, beri pupuk kandang. Lakukan juga penyiangan dengan mencabuti gulma dan rumput liar.

Masa panen lengkuas di pot ketika tanaman memasuki usia 10 hingga 11 bulan. Cara panen tanaman lengkuas adalah dengan menggali sekeliling tanaman secara melingkar, lalu cabut secara perlahan. Seusai terangkat sepenuhnya, cucilah dengan air hingga bersih. Keringkan sebelum digunakan menjadi bumbu masakan.

Tanaman Obat

Cyber Extension. http://cybex.pertanian.go.id/mobile/artikel/76770/BUDIDAYA-TANAMAN-LENGKUAS-DENGAN-MEMANFAATKAN--PEKARANGAN-RUMAH/
Diakses pada 5 November 2021

Agrotek. https://agrotek.id/cara-budidaya-tanaman-lengkuas/
Diakses pada 5 November 2021

Pak Tani Digital. https://paktanidigital.com/artikel/5-langkah-budidaya-lengkuas-di-dalam-pot/#.YXZfUNJBzDc
Diakses pada 5 November 2021

Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email