Lifestyle

Cara Menanam Brokoli dengan Mudah di Rumah, Lahan Sempit Tak Jadi Masalah

09 Nov 2021|Bayu Galih Permana
Cara menanam brokoli tidak memerlukan lahan yang luasCara menanam brokoli bisa dengan polybag atau metode hidroponik

Brokoli merupakan salah satu sayuran dengan segudang manfaat untuk kesehatan. Konsumsi sayuran ini diketahui membantu menurunkan gejala inflamasi, melawan beberapa jenis kanker, mencegah penuaan dini, hingga menjaga kesehatan jantung.

Manfaat-manfaat brokoli untuk kesehatan tak lepas dari banyaknya kandungan nutrisi di dalam sayuran ini. Brokoli punya beragam vitamin dan mineral penting seperti vitamin A, C, K, kalium, selenium, serta fosfor, yang mendukung fungsi tubuh. Tak cuma itu, antioksidan dalam sayuran ini juga membantu melindungimu dari kerusakan akibat radikal bebas.

Melihat potensi manfaat yang dimiliki, tidak ada salahnya kamu menanam sayuran ini di rumah. Tak perlu punya pekarangan luas, cara menanam brokoli bisa dengan memanfaatkan polybag, atau metode hidroponik.

Cara menanam brokoli di polybag

Cara menanan brokoli di polybag tidak perlu mempunyai pekarangan rumah yang luas. Kamu bisa memanfaatkan lahan sempit dalam rumah. Sejumlah persiapan yang harus dipenuhi untuk menanam brokoli di polybag, meliputi:

  • Bibit brokoli berkualitas
  • Pupuk kandang
  • Arang sekam
  • Kapur
  • Tanah (disarankan dengan pH >5,5)

Setelah semua bahan siap, cara menanam brokoli di polybag dapat dengan mengikuti langkah-langkah di bawah:

  1. Lakukan penyemaian benih dengan cara merendamnya terlebih dahulu di air bersuhu 55 derajat Celsius dalam waktu 15 hingga 30 menit. Benih yang bagus akan tenggelam, sedangkan yang jelek akan mengapung.
  2. Setelah mendapatkan benih yang bagus, rendah selama kurang lebih 12 jam dalam air agar cepat menjadi kecambah. 
  3. Usai menjadi kecambah, tanam dengan kedalaman 0,2 hingga 1 cm. Tutup kembali dengan tanah dan pupuk kandang. Lakukan penyiraman pada pagi dan sore hari.
  4. Lakukan penyulaman sebelum tanaman berusia 2 minggu. Penyulaman dilakukan dengan mengganti tanaman yang rusak dan mati.
  5. Untuk mencegah serangan hama atau penyakit, semprot dengan pestisida setiap 2 minggu sekali. Jangan lupa juga melakukan penyiangan pada 10, 20, dan 35 hari setelah masa tanam.

Masa panen brokoli di polybag saat tanaman memasuki usia 55 hingga 100 hari, tergantung varietas yang kamu tanam. Setelah panen, simpan di ruangan gelap dengan suhu 20 derajat Celsius agar kualitasnya tetap terjaga.

Cara menanam brokoli hidroponik

Cara menanam brokoli hidroponik sangat mudah. Namun, ada sejumlah  bahan, peralatan, dan perlengkapan yang perlu dipersiapkan terlebih dahulu agar proses penanaman berjalan lancar, di antaranya:

  • Tali
  • Kayu
  • Pisau
  • Gunting
  • Sumbu kompor
  • Pupuk kandang
  • Botol minuman bekas
  • Bejana penampungan air
  • Media tanam dari campuran tanah halus, sekam, dan kerikil
  • Bibit brokoli yang berkualitas (akan tenggelam ketika direndam)

Apabila semua bahan sudah siap, cara menanam brokoli hidroponik dapat mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Potong bagian bawah botol, kemudian posisikan menghadap ke atas. Masukkan sumbu kompor melewati bagian tengan tutup botol, lalu tutup dengan media tanam. Tidak perlu terlalu penuh, cukup ¾ bagian saja.
  2. Letakkan bibit brokoli pada permukaan media tanam, tutup dengan media tanam hingga botol terisi penuh. Ikat botol di batang kayu dengan menggunakan tali.
  3. Isi bejana dengan air bersih hingga sumbu kompor dalam air. Untuk botolnya, pastikan hanya terendam setengahnya, jangan keseluruhan. Setelah itu, simpan di tempat yang cukup paparan sinar matahari.

Masa panen brokoli hidroponik umumnya ketika tanaman memasuki usia 2 bulan. Ciri brokoli siap panen adalah bunganya sudah padat dan mencapai ukuran maksimal, tetapi kuncupnya belum mekar. Cara memanen brokoli dilakukan dengan memotong bagian tangkai bunganya.

Buah Dan Sayuran

Pak Tani Digital. https://paktanidigital.com/artikel/5-tips-tanam-brokoli-di-dalam-polybag/#.YXdeetJBzDd
Diakses pada 9 November 2021

Media Tani. https://mediatani.co/hidroponik-brokoli/
Diakses pada 9 November 2021

Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email