Lifestyle

Anti-gagal, Begini Cara Menanam Bawang Merah yang Mudah Dilakukan di Rumah

18 Aug 2021|Bayu Galih Permana
Cara menanam bawang merah bisa memanfaatkan pekarangan atau potCara menanam bawang merah di rumah bisa dengan menggunakan pot

Bawang merah adalah tanaman yang memiliki banyak kegunaan. Selain bisa dipakai sebagai bumbu dapur penambah rasa dalam masakan, tanaman ini juga mempunyai berbagai macam manfaat untuk kesehatan.

Cara menanam bawang merah pun tidaklah sulit, kamu bisa memanfaatkan pekarangan, pot, hingga air sebagai tempat penanaman. Jika kamu tertarik untuk menanamnya di rumah, mari kita pelajari bersama bagaimana caranya sekaligus tindakan perawatan yang harus dilakukan.

Manfaat bawang merah untuk kesehatan

Melakukan budidaya bawang merah di rumah memberikan banyak manfaat untuk kesehatan. Selain memperoleh manfaat dari berkebun, kamu juga bisa mendapatkan khasiat bumbu dapur ini saat dikonsumsi.

Berikut beberapa manfaat kesehatan yang bisa didapat dari menanam tanaman bernama latin  Allium Cepa L. ini:

1. Mengurangi risiko terkena penyakit kronis

Konsumsi bawang merah dapat membantu mengurangi risiko terserang penyakit kronis seperti kanker, sakit jantung dan diabetes. Kemampuan tersebut tak lepas dari kandungan antioksidan di dalamnya, yang membantu melindungi tubuh dari stres oksidatif akibat radikal bebas.

2. Meredakan gejala alergi

Ketika terserang alergi, tubuh akan memproduksi histamin yang kemudian memicu kemunculan gejala seperti gangguan pernapasan, pembengkakan jaringan, hingga mata berair. Kandungan quercetin dalam bawang merah disebut bisa membantu meredakan masalah-masalah tersebut karena bekerja sebagai antihistamin.

3. Meningkatkan kesehatan jantung

Bawang merah memiliki kandungan senyawa organosulfur dan antioksidan yang bermanfaat bagi kesehatan jantung serta sirkulasi darah. Selain itu, bumbu dapur ini juga bisa membantu menurunkan risiko terkena penyakit jantung dengan mengurangi kadar lemak berbahaya yang menumpuk di sistem sirkulasi darah.

4. Berpotensi menurunkan kadar gula darah

Bawang merah diketahui dapat membantu mengontrol kada gula darah dalam tubuh. Dalam penelitian yang dilakukan terhadap tikus dengan resistensi insulin, pemberian ekstrak bawang setiap hari selama 8 minggu membantu memperbaiki kondisinya. 

Hasil penelitian tersebut menunjukkan adanya perbaikan signifikan pada resistensi insulin dan membantu mengontrol kadar gula darah. Penelitian lebih lanjut pada manusia masih diperlukan terkait hal ini.

Cara menanam bawang merah di rumah

Cara menanam bawang merah di pekarangan

Cara tanam bawang merah di rumah adalah dengan memanfaatkan pekarangan
Panen bawang merah bisa dilakukan apabila umbi telah terbentuk penuh

Salah satu cara menanam bawang merah di rumah adalah dengan memanfaatkan pekarangan. Agar mendapat hasil yang maksimal, waktu penanaman sebaiknya dilakukan pada pertengahan November hingga Maret.

Cara tanam bawang merah di pekarangan rumah adalah sebagai berikut:

  1. Kubur bibit bawang merah dengan jarak 20x15 cm. Pastikan ujung daun berada di atas tanah.
  2. Jika ditanam saat musim kemarau, siram dengan air setiap pagi atau sore hari hingga usia menjelang panen. Apabila penanaman dilakukan pada musim hujan, penyiraman dilakukan dengan tujuan untuk membersihkan daun dari tanah.
  3. Lakukan penyiangan selama 2-3 kali selama satu musim tanam, khususnya dua minggu setelah bawang merah ditanam.
  4. Panen bisa dilakukan jika 80 persen daun telah rebah, pangkalnya terasa lemas ketika dipegang, dan berwarna kuning pucat, serta umbi sudah terbentuk penuh, terlihat pada permukaan tanah, dan berwarna merah keunguan.

Cara menanam bawang merah di pot

Cara menanam bawang merah di pot tidak sesulit di pekarangan
Kubur beberapa bawang merah ke dalam tanah

 

Cara menanam bawang merah di pot tidak sesulit pekarangan. Meski begitu, hasil panen yang didapat tentunya akan jauh lebih sedikit. Beberapa hal yang perlu dipersiapkan untuk menanam tanaman ini dalam pot, antara lain:

  • Pot
  • Tanah
  • Bawang merah utuh
  • Tempat yang terkena paparan sinar matahari

Jika semuanya sudah siap, cara menanam bawang merah dalam pot bisa dengan mengikuti cara berikut:

  1. Masukkan tanah ke dalam pot.
  2. Kubur beberapa bawang merah dalam tanah. Beri jarak sekitar 15 cm untuk masing-masing bawang merah.
  3. Siram menggunakan air secara perlahan hingga mengalir keluar dari lubang drainase. Bawang merah umumnya cukup disiram seminggu sekali, tetapi kamu mungkin perlu menyiraminya setiap hari (saat cuaca sangat panas) atau jika kekeringan tanah sudah mencapai kedalaman 2,5 cm.
  4. Letakkan pot di tempat yang terkena paparan sinar matahari. Pastikan pot tersebut mendapatkan paparan sinar matahari paling tidak selama 6 jam setiap harinya.
  5. Agar bawang merah tumbuh subur, kamu bisa memberikan pupuk setiap seminggu sekali, dari awal penanaman hingga umbinya mulai membengkak.
Bawang HitamBawang Putih

Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/what-are-shallots
Diakses pada 18 Agustus 2021

SFGate. https://homeguides.sfgate.com/grow-shallots-potatoes-onions-pots-104722.html
Diakses pada 18 Agustus 2021

Dinas Ketahanan Pangan dan Hortikultura Provinsi Lampung. https://www.dinastph.lampungprov.go.id/detail-post/cara-budidaya-bawang-merah-allium-ascalonicum-l
Diakses pada 18 Agustus 2021

Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Klik disini untuk konsultasi langsung dengan dokter