Gym & Sport

9 Aplikasi Olahraga untuk Latihan di Rumah

07 Jul 2021|Nina Hertiwi Putri
Aplikasi olahraga bisa memberikan panduan latihan yang bagusAplikasi olahraga ada banyak jenisnya

Kini, olahraga tak selalu harus dilakukan di gym. Kamu tetap bisa berolahraga di rumah ataupun di tempat-tempat lain dengan mengikuti panduan dari aplikasi olahraga yang banyak beredar dan bisa diunduh secara gratis.

Ada beragam jenis latihan yang ditawarkan oleh aplikasi-aplikasi tersebut. Jadi, kamu tinggal memilih mana yang paling cocok dengan kondisi dan tingkat kebugaran.

Tenang, program yang ada di aplikasi olahraga juga menyediakan latihan yang bisa diikuti para pemula yang belum terbiasa melakukan aktivitas fisik.

Aplikasi olahraga untuk bantu olahraga di rumah

Ini beberapa aplikasi olahraga yang bisa membantumu berolahraga kapanpun dan dimanapun kamu mau, termasuk di rumah.

1. 7 Minute Workout

Sesuai namanya, 7 Minute Workout adalah aplikasi olahraga yang memberikan petunjuk bagi kamu yang ingin mencoba jenis olahraga ini. Olahraga 7 menit adalah salah satu jenis latihan intensitas tinggi yang akan memberikanmu hasil maksimal dalam waktu singkat.

Jenis olahraga ini biasanya cocok dipakai untuk orang dengan tingkat kebugaran yang sudah cukup baik namun sibuk, sehingga hanya punya waktu sebentar untuk olahraga.

Dengan bantuan aplikasi 7 Minute Workout, kamu akan dibimbing step by step untuk mendapatkan hasil yang diinginkan baik itu turun berat badan, memiliki perut rata, hingga menguatkan otot perut. 

2. Home Workout – No Equipment

Home Workout – No Equipment adalah aplikasi untuk membantumu berolahraga di rumah tanpa alat-alat khusus. Instrumen latihan yang dipakai dalam program ini hanyalah berat badanmu sendiri alias body weight training.

Jenis latihan yang bisa ditemukan di aplikasi ini akan melatih otot-otot besar di tubuh seperti perut, dada, dan kaki. Selain tipe olahraganya, kamu juga akan menemukan cara untuk melakukan pemanasan alias stretching yang efektif.

Untuk yang ingin menurunkan berat badan, aplikasi olahraga Home Workout – No Equipment menyediakan akses ke personal trainer. Sehingga, olahraga yang dilakukan akan efektif memangkas bobot berlebih di tubuh.

3. 30 Days Fitness Challenge

Mau tantang diri sendiri hidup lebih sehat? Ikuti 30 Days Fitness Challenge dari aplikasi olahraga ini. Kamu bisa memilih program sesuai dengan tingkat kebugaran atau keinginan, yaitu dari beginner hingga pro.

Latihan dalam program ini dibuat oleh para ahli sehingga efektif untuk membantumu mencapai tujuan. Awalnya, kamu akan diajak untuk olahraga ringan dengan intensitas yang rendah. Lalu seiring berjalannya waktu, latihan yang diberikan akan semakin intensif, sehingga hasilnya pun maksimal.

Kamu bisa mengikuti program 30 hari untuk menurunkan berat badan ataupun membantuk tubuh. Di aplikasi olahraga ini juga tersedia 30 days abs challenge hingga 30 days butt challenge.

4. Freeletics Training Coach

Freeletics adalah olahraga yang dilakukan dengan memanfaatkan berat badan sendiri alias body weight training. Latihan yang ada pada freeletic menggabungkan antara High Intensity Training (HIT) dan High Intensity Interval Training (HIIT).

Olahraga ini sendiri biasanya dilakukan selama 30 menit dan gerakannya bisa sangat beragam, karena freeletic memiliki hingga 1.000 variasi. Dengan aplikasi olahraga Freeletic Training Coach, kamu bisa mendapatkan panduan untuk melakukan 20 jenis latihan HIIT, 25 variasi gerakan lain, serta 20 audio sessions.

Sementara versi berbayarnya menyediakan bimbingan dengan personal trainer.

5. HIIT & Tabata

Aplikasi olahraga HIIT & Tabata akan membimbing kamu melakukan kedua jenis olahraga ini secara tepat step by step, sehingga kamu bisa mendapatkan hasil yang maksimal.

Dengan memilik aplikasi ini, kamu bisa berolahraga kapanpun dan dimanapun. Soalnya, HIIT dan tabata adalah jenis olahraga intensitas tinggi yang dilakukan dalam waktu sangat singkat.

6. Asana Rebel

Asana rebel adalah aplikasi olahraga yoga yang akan membimbing kamu melewati sesi demi sesi dengan baik. Latihan di aplikasi ini bisa dimodifikasi sesuai dengan tingkat kebugaran dan tujuan akhir yang ingin kamu capai.

Dengan akses video tutorial yang ada, kamu bisa mendapatkan manfaat maksimal dari yoga seperti membakar kalori, membentuk badan, meningkatkan kelentruan, dan menyeimbangkan emosi di pikiran.

7. Sworkit Fitness & Workout App

Semua latihan yang ada di Sworkit Fitness & Workout App sifatnya sangat personal karena bisa disesuaikan dengan jenis olahraga yang diinginkan hingga waktu olahraga yang dimiliki. 

Tak hanya menyediakan set latihan untuk body weight training, aplikasi ini juga memiliki tutorial latihan beban, kardio, hingga yoga. Beberapa di antaranya terekam dalam video tutorial yang jelas jadi kamu bisa lebih mengerti langkah-langkah yang harus dilakukan demi mencapai target.

8. Pacer Pedometer

Pacer Pedometer adalah aplikasi jogging yang akan membantu menghitung langkahmu sehingga kamu bisa lebih aktif. Aplikasi ini sangat cocok untuk pemula yang baru ingin mulai menjalankan gaya hidup sehat.

Dengan Pacer Pedometer, kamu juga dapat mencatat dan menghitung tujuan latihanmu. Tersedia juga fitur explore dimana kamu dapat berinteraksi dengan pengguna lain dan melihat tantangan-tantangan olahraga yang diberikan.

9. Nike Training Club

Nike Training Club adalah aplikasi olahraga yang bisa digunakan oleh orang dengan semua tingkat kebugaran dengan jenis latihan yang sudah dirancang khusus oleh pakar. Sehingga, kamu bisa memilih program olahraga paling sederhana tanpa alat hingga olahraga lanjutan yang memerlukan peralatan khusus.

Program latihan yang ada di aplikasi ini akan dibuat secara personal dengan menyesuaikan jadwal kegiatanmu, progres, dan kegiatan lain yang kamu lakukan. Aplikasi Nike Training Club tersedia di Playstore maupun App Store.

OlahragaTips Olahraga
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Klik disini untuk konsultasi langsung dengan dokter