Mom & Baby

15 Aplikasi Kehamilan yang Bagus untuk Melacak Perkembangan Si Jabang Bayi

15 Sep 2021|Nina Hertiwi Putri
Aplikasi kehamilan bisa mencatat perkembangan janin dan menghitung HPLAplikasi kehamilan berguna untuk mencatat perkembangan janin hingga mengetahui HPL

Aplikasi kehamilan memang tidak bisa menggantikan pemeriksaan dan konsultasi langsung dengan dokter. Namun, mengunduh dan menyimpannya di ponsel bisa jadi salah satu cara bumil untuk tetap up to date terhadap info-info seputar kehamilan.

Kamu juga bisa mencatat perkembangan si kecil di dalam kandungan, menghitung usia kehamilan, hingga jumlah dan jarak kontraksi yang dirasakan.

Mengingat selama hamil ada banyak hal yang perlu diperhatikan, keberadaan aplikasi-aplikasi ini tentu sangat membantu.

Aplikasi kehamilan yang berguna untuk bumil

Nah, ini dia beberapa aplikasi kehamilan yang bisa kamu unduh di App Store maupun Google Play untuk memudahkan perjalananmu menjadi ibu.

1. Teman Bumil

Teman Bumil adalah aplikasi kehamilan buatan Indonesia yang sudah dipakai lebih dari satu juta pengguna. Aplikasi ini bisa dipakai untuk memantau perkembangan janin dan bumil selama mengandung hingga setelah melahirkan dan anak berusia 5 tahun.

Beberapa fitur yang tersedia antara lain milestone untuk memantau tumbuh kembang anak, rekam medis untuk menyimpan data ibu dan janin, konten edukasi bagi ibu hamil berupa artikel, serta video dengan topik yang sangat beragam.

Forum untuk berdiskusi bersama ahli, hingga jurnal untuk menyimpan foto-foto berkesan selama masa kehamilan hingga setelah persalinan pun bisa kamu akses di aplikasi ini.

2. Baby Center Pregnancy Tracker

Aplikasi kehamilan Baby Center dapat menjadi salah satu pilihan terbaik untuk menemani selama masa kehamilan. Aplikasi ini sudah diunduh lebih dari 10 juta kali di Google Play dan bukan tanpa alasan.

Fiturnya yang lengkap dan mudah dipakai membuat Baby Center bisa digunakan untuk ibu hamil maupun bagi kamu yang sedang merencanakan kehamilan.

Seperti banyak aplikasi kehamilan lain, Baby Center bisa membantu ibu untuk mengetahui perkembangan janin dari hari ke hari.

Kelebihannya, di setiap tahap perkembangan bayi kamu juga akan mendapatkan tips dan video penjelasan mengenai tahap perkembangan yang sedang dilalui janin.

Kamu juga akan mendapatkan informasi harian mengenai cara menjaga kesehatan ibu dan janin, mulai dari jenis makanan yang dianjurkan, gerakan olahraga yang diperbolehkan, sampai tips untuk menghadapi tanda hamil yang menggangu seperti morning sickness.

Aplikasi ini menyediakan fitur forum yang dapat menjadi wadah diskusi apabila bumil memiliki pertanyaan mengenai kondisi yang dirasakan.

3. What to Expect Preganancy Tracker and Baby App

What to Expect adalah aplikasi yang bisa dipakai untuk memantau kehamilan sampai bayi lahir ke dunia. Kamu bisa mencatat perkembangan bayi per minggu, menghitung hari perkiraan lahir dengan kalkulator khusus, serta melihat video dan konten lain yang berisi informasi penting yang perlu diketahui ibu hamil.

Setelah bayi lahir, kamu masih bisa menggunakan aplikasi ini untuk mencatat waktu makan bayi dan mengingatkanmu waktu bayi harus menyusu. Selain itu, kalkulator ovulasi yang tersedia bisa digunakan untuk merencanakan kehamilan selanjutnya.

4. HiMommy Pregnancy Tracker

Aplikasi kehamilan HiMommy akan memberikan notifikasi setiap hari agar bumil mengetahui kondisi janin dari hari ke hari. Kamu akan diberi tahu perkembangan bayi sesuai usia janin per hari dan menikmati perjalanan berdua bersama si kecil sejak dalam kandungan.

Aplikasi ini juga akan memberikanmu gambaran hal-hal apa saja yang perlu dihindari selama hamil, daftar perlengkapan bayi baru lahir yang perlu dipersiapkan, hingga hal-hal yang perlu kamu dapatkan untuk bisa menjalani kehamilan dengan tenang.

Dengan HiMommy, kamu pun bisa mencatat berat badan dan ukuran tubuh lainnya. Ini sangat membantu untuk menjaga batas aman kenaikan dan penurunan berat badan yang akan membantumu tetap sehat.

5. Pregnancy+

Preganancy+ merupakan salah satu aplikasi kehamilan terlengkap yang bisa didapatkan secara gratis.
Sudah diunduh lebih dari 45 juta pengguna, aplikasi ini akan membantumu melihat perkembangan janin dengan model 3 dimensi yang menarik dan bisa memberimu bayangan lebih jelas mengenai kondisi buah hati di dalam kandungan.

Dilengkapi juga dengan berbagai fitur yang akan mempermudah perjalanan kehamilan, seperti kalkulator untuk menghitung hari perkiraan lahir (HPL), penghitung tendangan dan pergerakan janin, buku catatan berat badan ibu, hingga timer untuk menghitung jarak kontraksi.

Fitur lain yang bisa kamu dapatkan di aplikasi ini adalah daftar ribuan nama bayi, barang-barang yang perlu dibeli untuk menyambut buah hati, barang yang perlu dipersiapkan untuk ke rumah sakit saat bersalin, dan kalender kehamilan yang akan mengingatkanmu ketika tiba saatnya harus kontrol ke dokter.

6. Ovia Pregnancy Tracker

Salah satu fitur unik yang ada di aplikasi kehamilan Ovia Pregnancy Tracker adalah ilustrasi ukuran kaki dan tangan bayi di setiap tahap perkembangannya. Jadi, kamu bisa mengetahui lebih rinci setiap bagian si kecil yang sedang bermain di dalam perut.

Ada juga fitur safety lookup yang akan memberikan info mengenai keamanan asupan yang kamu konsumsi, gejala yang sedang dialami, hingga obat-obatan yang sedang dan berencana kamu konsumsi.

Seperti yang kita tahu, ibu hamil tidak bisa sembarangan mengonsumsi obat karena ada risiko obat tersebut memberikan efek berbahaya pada janin.

7. The Bump

Aplikasi kehamilan The Bump menyediakan planner+ yang akan membantu persiapan ibu setiap akan kontrol ke dokter kandungan. Dilengkapi juga dengan berbagai konten dan artikel tepercaya yang berisi berbagai informasi berguna untuk ibu hamil.

Di dalam aplikasi ini, kamu juga akan menumukan ilustrasi 3D setiap tahap perkembangan bayi. Terhubung juga dengan katalog online yang memudahkan bumil melihat daftar berbagai keperluan bayi.

Bingung memilih nama? Tenang, The Bump juga menyediakan basis data ribuan nama bayi mulai dari yang paling populer hingga yang unik.

Aplikasi kehamilan ini juga memiliki fitur Belly and Baby Photos yang akan secara otomatis menyusun foto-foto yang kamu ambil menjadi album mingguan, sehingga kamu bisa memantau perubahan fisik yang dialami sekaligus menyimpan kenangan ini dengan rapi.

8. Pregnancy Tracker Week by Week, Day by Day

Aplikasi kehamilan ini akan memberikan berbagai informasi yang kamu butuhkan selama hamil. Perkembangan bayi dari hari ke hari dan minggu ke minggu tentunya bisa kamu dapatkan, dilengkapi juga dengan ilustrasi berwarna di berbagai ukuran dan tahap perkembangan janin.

Kamu akan mendapatkan tips nutrisi yang perlu dipenuhi untuk menjaga kesehatan ibu dan janin, daftar kegiatan yang perlu dilakukan setiap harinya untuk mendukung kesehatan kehamilan, hingga fitur untuk mengatur janji dengan dokter kandungan.

9. Buku Bumil – Proses Kehamilan

Mengetahui perkembangan jabang bayi dari waktu ke waktu bisa jadi salah satu cara membangun ikatan yang kuat antara ibu dan bayi.

Kini, sudah banyak aplikasi kehamilan yang akan membantumu mencatat perkembangan janin, termasuk aplikasi yang dikembangkan oleh anak bangsa, Buku Bumil.

Di dalamnya, ada berbagai fitur yang akan mendampingi bumil menjalani kehamilan dengan aman, seperti mengetahui perkembanga janin mingguan, tips kehamilan, kalkulator berat badan, dan kalkulator kehamilan.

Fitur tambahan seperti musik klasik dan ayat-ayat Al-Quran yang bisa dikenalkan pada janin sejak masih dalam kandungan juga akan membuat pengalaman mengandung terasa semakin utuh.

10. Hello Belly: Pregnancy Tracker

Memiliki lebih dari 400 tips untuk menjaga kehamilan yang ditulis oleh ahli, aplikasi kehamilan ini juga menyediakan fitur unik, yaitu kelas meditasi untuk ibu hamil.

Tersedia juga video yoga untuk ibu hamil dan informasi mengenai nutrisi dan daftar barang-barang yang perlu dipersiapkan untuk menyambut kelahiran si kecil.

Perkembangan bayi bisa kamu lihat per hari maupun per minggu dengan ilustrasi 3D dan teknologi visualisasi AR yang nyata.

11. Glow Pregnancy

Glow Preganancy merupakan salah satu aplikasi pregnancy tracker terlengkap yang akan memudahkan ibu mengetahui perkembangan dan pertumbuhan bayi, menghitung waktu kehamilan, dan berbincang dengan komunitas ibu hamil lainnya.

Kamu bisa mencatat hampir semua hal penting di aplikasi ini mulai dari berat dan tinggi janin, frekuensi tendangan janin, waktu kontraksi, sampai perubahan yang terjadi di tubuh ibu dan obat-obatan yang dikonsumsi.

Laporan tersebut akan dikompilasi secara otomatis dan tersaji dalam catatan rapi yang bisa kamu kumpulkan sebagai bahan laporan untuk berdiskusi saat kontrol ke dokter kandungan.

Ada banyak juga konten yang akan memberikan berbagai info bermanfaat yang bisa mendukung kehamilan. Tak hanya untukmu, aplikasi ini juga memiliki fitur mirror, sehingga pasangan bisa mengetahui catatan perjalanan kehamilanmu dengan baik dan dapat memberikan dukungan yang diperlukan.

12. Sprout Pregnancy

Aplikasi Sprout Pregnancy akan membimbingmu hari demi hari selama masa kehamilan agar kamu bisa mencatat perkembangan janin dan perubahan yang rasakan dengan rapi.

Berbagai info yang tersedia di dalamnya juga akan membuatmu tetap up to date terhadap pengetahuan terkini seputar kehamilan.

Tersedia fitur checklist sehingga kamu bisa membuat daftar yang dibutuhkan selama kehamilan dan menjelang persalinan.

Selain bisa mengetahui perkembangan bayi, kamu juga bisa memakai fitur weight tracker, kick counter, dan contraction timer yang ada di dalamnya.

13. Count the Kicks

Bumil pasti sudah tahu kalau pergerakan yang terjadi pada janin bisa jadi indikasi sehat atau tidaknya ia di dalam.
Bayi yang aktif bergerak dan menendang adalah bayi yang sehat. Sebaliknya, kalau janin kurang aktif, kamu perlu memeriksakannya ke dokter untuk mendeteksi apabila ada kelainan.

Dengan aplikasi Count the Kicks, kamu bisa mencatat frekuensi tendangan dan pergerakan bayi dengan lebih mudah. Data akan tersaji dalam bentuk grafik, sehingga lebih mudah untuk diamati dan dianalisis.

Kamu juga bisa mengundung data tersebut untuk didiskusikan dengan dokter kandungan.

14. Pregnancy Week by Week – Amila

Preganancy Week by Week adalah aplikasi kehamilan yang to the point. Tampilannya sederhana dan mudah digunakan.

Aplikasi ini juga cukup lengkap karena mencakup hampir semua hal yang penting untuk dicatat dan diketahui selama masa kehamilan.

Dengan aplikasi ini kamu bisa mencatat perkembangan kehamilan setiap minggu, mendapatkan informasi seputar janin, mengetahui HPL, mencatat perubahan berat badan, gerakan dan tendangan bayi, serta gejala yang dirasakan.

Ini akan disimpan dengan rapi untuk mengetahui kondisi kesehatanmu selama masa kehamilan dan sebagai bahan diskusi saat kontrol ke dokter kandungan.

15. Pregnancy Due Date Calculator, Calendar, & Tracker

Aplikasi ini akan membantumu menghitung HPL dengan tepat. Disertai dengan fitur kalender dan tracker yang rinci, kamu jadi bisa mengetahui perkembangan janin dari minggu ke minggu.

Tak sabar menunggu perkembangan mingguan? Pregnancy Due Date Calculator, Calendar & Tracker bisa memberikan informasi perubahan ukuran panjang dan berat bayi setiap detik.

Perhitungan perkembangan juga bisa diketahui dalam satuan menit, jam, dan hari hingga akhirnya si kecil lahir di dunia.

Tak hanya soal perkembangan janin, perubahan yang terjadi di tubuh ibu juga dapat dicatat. Dengan informasi medis tepercaya yang tersedia di dalamnya, kamu jadi bisa mengetahui perubahan yang terjadi pada janin dan bumil masih masuk kategori normal atau tidak.

Menjaga KehamilanPerkembangan JaninPerlengkapan KehamilanIbu Hamil
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Klik disini untuk konsultasi langsung dengan dokter