Lifestyle

Hilangkan Jenuh dengan 5 Aplikasi Karaoke Gratis di Smartphone

02 Jun 2022|Ade Irawan
aplikasi karaokeNyanyi di mana pun pasti bikin happy

Karaoke adalah kegiatan menyenangkan untuk mengusir kebosanan. Bernyanyi lagu favorit di sela aktivitas yang padat bisa menjadi solusi agar pikiran dan tubuh rileks sejenak. Apalagi jika dilakukan bersama teman-teman yang juga hobi menyanyi, karaokean jadi makin seru.

Namun, tak perlu jauh-jauh ke tempat karaoke. Dengan teknologi canggih saat ini, kamu bisa berkaraoke lewat smartphone. Ada cukup banyak aplikasi karaoke yang membuat kamu bisa bernyanyi sepuasnya.  Bahkan, kamu bisa berduet dengan penyanyi favorit. 

Tips memilih aplikasi karaoke

Sebelum membahas aplikasi karaoke terbaik dan terpopuler di Google Play dan App Store, ketahui dulu tips memilih aplikasi karaoke yang cocok buatmu. Begini penjelasannya.

1. Cek fiturnya

Umumnya, aplikasi karaoke menyediakan fitur untuk menyanyi solo dan duet. Fitur duet bisa kamu manfaatkan untuk menyanyi bersama teman-teman atau penyanyi idola kamu. 

Selain itu, aplikasi ini juga biasanya disertai fitur lirik. Jadi, kamu bisa bernyanyi lebih leluasa,, tanpa terkendala lupa atau salah lirik.

Sejumlah aplikasi karaoke juga menyediakan pilihan merekam suara atau video saat kamu bernyanyi. Audio atau video karaoke yang kamu rekam pun bisa kamu edit sesuka hati karena adanya fitur efek suara dan filter video. 

Efek suara dapat menjadikan suara kamu lebih enak didengar. Sementara, filter video akan membuat video kamu lebih menarik secara visual. Kemudian, udio dan video tersebut bisa kamu simpan dan bagikan ke media sosial. 

Selain itu, jika kamu suka, kamu bisa memilih aplikasi karaoke yang menyediakan kontes menyanyi sehingga kamu bisa adu suara dengan pengguna lain.

2. Pertimbangkan biaya langganan

Aplikasi karaoke dapat diunduh secara gratis. Namun, tidak semua fiturnya gratis. Ada aplikasi karaoke yang fiturnya hanya bisa kamu akses dengan membayar, berlangganan, atau menjadi member VIP. 

Jika kamu tidak bersedia mengeluarkan uang, ada juga aplikasi karaoke yang bisa kamu pakai secara gratis. Kamu hanya perlu membayar untuk fitur premiumnya saja.

Baca juga: Manfaat Bernyanyi Bisa Cegah Depresi dan Perbaiki Mood

Rekomendasi aplikasi karaoke

Berikut ini adalah aplikasi karaoke yang banyak diunduh. Aplikasi ini gratis meskipun memiliki fitur premium yang hanya bisa diakses dengan membayar.

1

StarMaker

aplikasi karaoke starmaker

StarMaker merupakan aplikasi karaoke yang cukup populer dan sudah diunduh oleh lebih dari100 juta pengguna di Play Store. 

Aplikasi ini menawarkan fitur yang cukup lengkap, seperti menyanyi solo, duet, hingga siaran langsung. Pilihan lagunya pun lengkap, baik dari penyanyi lokal maupun internasional. Menariknya, rekaman karaoke yang telah dibuat dapat diedit dan ditambahkan berbagai macam efek suara dan filter video. 

Jangan khawatir kalau nada suaramu kurang tepat. Ada fitur Pitch yang bisa membuat suara kamu terdengar layaknya penyanyi profesional. 

Selain itu, video rekaman yang telah kamu buat bisa kamu share ke berbagai media sosial, seperti Whatsapp, Facebook, Instagram, Snapchat, dan sebagainya.

2

WeSing

aplikasi karaoke wesing

Berikutnya ada aplikasi karaoke WeSing yang masuk daftar Editor’s Choice di Play Store. Fitur-fitur yang ditawarkan sama seperti aplikasi karaoke lainnya. 

Kamu bisa merekam video karaoke secara solo atau berduet dengan para penyanyi top. Video yang direkam juga bisa diedit, ditambahkan filter sesuka hati, dan dibagikan ke media sosial. Bedanya, kalau sedang tak ada kuota internet, kamu masih bisa karaoke secara offline.

Yang seru dari WeSing, ada skor yang diberikan jika kamu bisa bernyanyi dengan nada dan lirik yang tepat. Ini tentu bisa memacu kamu untuk bernyanyi lebih baik hingga mendapat peringkat sempurna atau SSS. 

Tak hanya itu, kamu juga ikut kompetisi menyanyi online dan bersaing dengan pengguna lain.

3

Joox Music

aplikasi karaoke joox

Aplikasi karaoke lainnya yang bisa kamu pilih adalah Joox Music. Joox telah lebih dulu populer sebagai layanan streaming musik dengan koleksi jutaan lagu yang bisa didengarkan secara gratis. Aplikasi ini juga  masuk daftar ke dalam Editor’s Choice di Play Store.

Kini, Joox tak hanya sebagai pemutar lagu saja, tetapi juga menyediakan fitur karaoke. Kamu tinggal pilih fitur Sing untuk merekam video, bernyanyi, menari, dan menambahkan macam-macam filter dan efek. 

Ada juga fitur Quick Sing untuk membuat video karaoke berdurasi pendek. Aplikasi ini cocok untuk kamu yang gemar mendengarkan musik dan karaoke sekaligus.

4

Smule

aplikasi karaoke smule

Smule adalah salah satu aplikasi karaoke yang juga populer dan memiliki koleksi lagu yang cukup lengkap. Kualitas audio dan rekamannya pun baik. Apalagi, aplikasi ini juga menghadirkan beragam efek sehingga nyanyian kamu terdengar makin keren. 

Selain merekam video sambil bernyanyi, Smule juga menyediakan fitur untuk kamu yang ingin belajar bernyanyi. Ada fitur tutorial dan pitch guide yang bisa kamu manfaatkan. 

Namun, tidak seperti aplikasi lain yang bisa dinikmatinya banyak fiturnya tanpa harus berlangganan. Untuk menikmati semua fitur Smule, kamu perlu menjadi member VIP dengan membayar biaya keanggotaan.

5

KaraFun

aplikasi karaoke karafun

Terakhir, ada aplikasi karaoke KaraFun yang layak kamu coba. Aplikasi ini juga menghadirkan fitur-fitur layaknya aplikasi karaoke lain. 

Serunya, aplikasi ini menyedikan pula fitur Key/Tempo untuk mengatur tinggi rendahnya nada serta kecepatan tempo. Jadi, kamu bisa mengatur sendiri lagu yang ingin kamu nyanyikan sesuai range vokal kamu.

Fitur keren lainnya di aplikasi ini yaitu Chromecast. Fitur ini memungkinkan kamu menikmati karaoke di Smart TV. Karaoke tentu akan semakin seru dengan layar yang lebih besar. Namun, untuk mengakses fitur-fiturnya, kamu perlu berlangganan.

Musik
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email