Lifestyle

8 Aplikasi Diet yang Dapat Diunduh Gratis di Smartphone

06 Jul 2021|Fadli Adzani
Aplikasi diet yang bagusAplikasi diet yang bagus dapat membantumu melacak kalori yang masuk ke dalam tubuh.

Menurunkan berat badan bukanlah hal yang mudah. Dibutuhkan komitmen dan kerja keras untuk bisa mencapai berat badan ideal. Terlebih lagi, kamu juga harus melacak jumlah kalori yang masuk ke dalam tubuhmu setiap harinya agar berat badan tetap terjaga.

Untuk memudahkan perjuanganmu dalam menurunkan berat badan, kamu boleh mencoba berbagai macam aplikasi diet yang bagus di Google Play maupun App Store.

Dilansir dari jurnal JMIR Publications, menggunakan aplikasi diet ternyata dapat membantu memperbaiki pola makan. Partisipan yang menggunakan aplikasi diet juga terbukti mampu mengonsumsi kalori lebih sedikit, dibandingkan mereka yang masih menggunakan jurnal atau situs pelacak kalori.

Maka dari itu, tidak ada salahnya kamu mencoba berbagai aplikasi diet yang bagus di bawah ini.

8 aplikasi diet yang bagus dan bisa diunduh gratisan

1

MyFitnessPal

aplikasi diet yang bagusMyFitnessPal (Sumber: Apple)

MyFitnessPal adalah aplikasi diet yang memiliki segudang data tentang kandungan nutrisi dan jumlah kalori makanan. Melacak jumlah kalori dari makanan yang kamu konsumsi dengan MyFitnessPal juga mudah dan tidak membutuhkan waktu yang lama.

Aplikasi diet yang bagus ini dapat melacak nutrisi dan menghitung kalori, serta menawarkan berbagai macam tips agar kamu dapat memilih makanan yang lebih sehat.

Tidak hanya itu, kamu pun bisa menyimpan kemajuan olahragamu dan mendapatkan motivasi dari pengguna MyFitnessPal lainnya.

2

Lose It!

aplikasi diet yang bagusLose It! (Sumber: Lose It!)

Lose It! adalah aplikasi diet kalori yang dapat membantumu mencapai berat badan ideal. Saat pertama kali mengunduhnya, kamu akan diminta untuk memasukkan usia, berat dan tinggi badan agar aplikasi ini dapat membantu program dietmu.

Setelah itu, Lose It! akan menghitung jumlah kalori yang kamu butuhkan dalam waktu sehari. Selanjutnya, kamu dapat melacak makanan yang kamu konsumsi, berat badan, serta aktivitas sehari-harimu.

3

Noom

aplikasi diet yang bagusNoom (Sumber: Google Play)

Alih-alih memintamu untuk makan lebih sedikit dan bergerak lebih banyak, Noom justru menggunakan pendekatan berbasis psikologi untuk mengidentifikasi pemikiran sekaligus keyakinanmu terhadap nutrisi dan olahraga.

Aplikasi penurun berat badan ini kemudian akan membangun pendekatan khusus untuk membantumu mulai menjalani gaya hidup sehat.

Selanjutnya, Noom dapat membantumu melacak berat badan, makanan yang kamu konsumsi, sesi olahraga, tekanan darah, dan kadar gula darah.

4

Fooducate

aplikasi diet yang bagusFooducate (Sumber: Google Play)

Fooducate adalah aplikasi untuk diet yang cocok untuk individu atau keluarga yang ingin hidup sehat dan meraih berat badan ideal bersama.

Tidak hanya menghitung jumlah kalori makanan saja, Fooducate juga dapat mengedukasi danmenyemangatimu untuk menjalani pola makan yang sehat.

Kamu bahkan juga bisa mengetahui kualitas dari kalori yang dikonsumsi. Fitur ini dianggap cukup penting bagi kamu yang ingin menurunkan berat badan dan menjalani gaya hidup sehat.

Selain itu, sesama pengguna Fooducate juga bisa memberikan dukungan dan motivasi agar perjuangan dietmu menjadi lebih maksimal.

5

Lose Weight in 30 Days

aplikasi diet yang bagusLose Weight in 30 Days (Sumber: Google Play)

Dari nama aplikasinya saja, Lose Weight in 30 Days berarti menurunkan berat badan hanya dalam waktu 30 hari.

Aplikasi diet yang bagus ini bisa membantumu membuat rencana diet dan merekomendasikan berbagai aktivitas fisik yang harus kamu jalani agar bisa menurunkan berat badan dalam waktu cepat.

Tidak hanya bagian perut, aplikasi untuk diet ini mendukungmu untuk melakukan olahraga terkait bagian tubuh tertentu sambil memberi tahu jumlah kalori yang terbakar.

Lose Weight in 30 Days juga mampu memberi tahu jumlah kalori yang telah kamu makan.

6

Weight Watchers (WW)

aplikasi diet yang bagusWeight Watchers (WW) (Sumber: Weight Watchers)

Weight Watchers (MM) menjadi salah satu aplikasi diet yang mendapatkan nilai ulasan tertinggi di Google Play dan App Store.

Tak heran, aplikasi diet kalori ini memang memberikan akses kepada data makanan beserta jumlah kalorinya. Tidak hanya itu, Weight Watchers juga menyediakan ribuan resep sehat yang bisa kamu makan untuk menurunkan berat badan.

Di dalamnya terdapat komunitas yang bisa memberikan motivasi dan semangat kepadamu jika di tengah jalan merasa bosan atau putus asa.

Hebatnya lagi, aplikasi ini sudah dilengkapi dengan sistem berbasis sains dan bisa memandumu untuk bisa menjalani pola makan sehat.

7

YAZIO Food & Fasting Tracker

aplikasi diet yang bagusYAZIO Food & Fasting Tracker (Sumber: App Store)

YAZIO Food & Fasting Tracker merupakan aplikasi penurun berat badan yang tidak hanya membantu program dietmu, tapi juga membentuk tubuh agar lebih proporsional dan bahkan berotot jika kamu mau.

Saat kamu mengunduhnya, kamu akan dihadapkan dengan beberapa pilihan, di antaranya menurunkan berat badan atau membesarkan otot di tubuh.

Dengan pilihan itu, aplikasi diet YAZIO dapat memberikan rencana pola makan, pelacak nutrisi, pelacak berat badan, serta dukungan agar kamu dapat mencapai body goals!

8

Calorie Counter by FatSecret

aplikasi diet yang bagusCalorie Counter by FatSecret (Sumber: Google Play)

Calorie Counter by FatSecret adalah aplikasi diet yang menawarkan banyak fitur untuk membantumu menjalani pola hidup sehat, melacak kalori setelah berolahraga, dan menyimpan data mengenai sesi olahraga harianmu.

Aplikasi penurun berat badan ini dapat mempermudah kamu dalam melacak makanan apa saja yang dikonsumsi setiap harinya. Sehingga, kamu bisa memahami nutrisi apa saja yang kamu dapatkan setiap harinya.

Tips DietMenurunkan Berat Badan

NCBI. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC5525004/
Diakses pada 6 Juli 2021

Healthline. https://www.healthline.com/health/diet-and-weight-loss/top-iphone-android-apps#my-fitness-pal
Diakses pada 6 Juli 2021

Very Well Fit. https://www.verywellfit.com/best-diet-apps-4774469
Diakses pada 6 Juli 2021

 

Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Klik disini untuk konsultasi langsung dengan dokter