Lifestyle

Apa Saja Layanan Jantung dari RS Jantung Binawaluya?

28 Jul 2021|Nurul Rafiqua
RS Binawaluya adalah Rumah Sakit Jantung Swasta Pertama di IndonesiaRS Binawaluya adalah Rumah Sakit Jantung Swasta Pertama di Indonesia

Sejak diresmikan pada 2006, Rumah Sakit Jantung Binawaluya menjadi rumah sakit jantung swasta pertama di Indonesia yang berfokus pada pelayanan pasien khusus penyakit jantung dan bawaan.

Didukung oleh jajaran dokter spesialis dan tenaga ahli yang kompeten serta fasilitas layanan jantung yang lengkap, RS Binawaluya berdedikasi untuk selalu mengutamakan keselamatan pasien dengan standar kualitas tinggi.

Tak heran jika rumah sakit yang terletak di Jl. TB Simatupang No.71, Jakarta Timur ini menjadi rumah sakit utama maupun rujukan bagi berbagai pasien dari 33 provinsi di Indonesia.

Dalam menjalankan misinya bagi masyarkat, RS Binawaluya menyediakan fasilitas perawatan dari instalasi gawat darurat, poliklinik rawat jalan, rawat inap, intensive care unit hingga hospital hotel untuk para keluarga pasien.

Rumah sakit yang telah mendapat akreditasi bintang lima paripurna dari Komite Akreditasi Rumah Sakit ini juga melayani medical checkup jantung, berbagai pemeriksaan penunjang, hingga operasi jantung.

Pusat layanan jantung RS Binawaluya

Pasien jantung dan bawaan di RS Binawaluya dapat memperoleh layanan jantung menyeluruh, melalui:

Medical checkup (MCU) jantung

MCU jantung di RS Binawaluya dilakukan dalam beberapa tahap yakni pemeriksaan oleh dokter jantung untuk riwayat medis dan pemeriksaan fisik.  Sejumlah pemeriksaan fisik jantung tersebut antara lain:

  • Tes treadmill

Exercise Stress Test yang sering disebut tes treadmill ini adalah pemeriksaan fisik jantung yang dapat memberikan informasi tentang seberapa baik jantung pasien bekerja. Semua alat treadmill yang terdapat di RS Binawaluya sudah terstandarisasi untuk stress test.

Pada prosesnya, pasien akan akan diminta berjalan hingga berlari kecil untuk membuat jantung bekerja semakin keras. Pada saat yang bersamaan, dokter akan memantau ritme jantung melalui elektrokardiogram (EKG).

Selanjutnya, dokter akan mengukur tekanan darah dan memantau potensi kelelahan, pusing nyeri dada, atau napas pendek.

Tes treadmill biasanya digunakan untuk mendiagnosis penyakit jantung koroner, gangguan detak jantung (aritmia), atau sebagai evaluasi dari pengobatan jantung yang sedang dijalankan.

  • Pemeriksaan elektrokardiogram (EKG)

Pemeriksaan elektrokardiogram (EKG) adalah pemeriksaan sederhana untuk mengukur irama dan aktivitas listrik jantung. EKG dianggap sebagai standar emas untuk diagnosis aritmia.

Selain itu, pemeriksaan ini juga merupakan perangkat diagnosis untuk sejumlah kondisi jantung lainnya seperti serangan jantung, sumbatan arteri koroner, kerusakan otot jantung, pembesaran jantung, dan peradangan pada lapisan pelindung jantung (perikarditis).

  • Pemeriksaan laboratorium

RS Binawaluya juga dilengkapi oleh sarana laboratorium yang melayani pemeriksaan darah rutin, fungsi hati, fungsi ginjal, analisa lemak, gula darah dan urine lengkap.

Pemeriksaan penunjang jantung

Untuk mendukung pemeriksaan jantung yang komprehensif, Rumah Sakit Jantung Binawaluya juga menyediakan layanan pemeriksaan penunjang berupa:

  • Ekokardiografi

Ekokardiografi adalah pemeriksaan yang dilakukan dengan menggunakan gelombang suara untuk menghasilkan gambar struktur jantung dan aliran darah di dalamnya. Dengan bantuan tes ini, dokter dapat mendiagnosis dan memantau kondisi jantung, menilai seberapa baik aliran darah jantung dan mengetahui kemampuan jantung untuk memompa darah ke seluruh tubuh.

Ekokardiogram dapat membantu dalam mendeteksi beberapa kondisi medis seperti Gagal jantung, penyakit jantung bawaan, kelainan pada katup jantung, kardiomiopati serta endokarditis.

  • Doppler vaskular

Doppler vaskular merupakan alat yang dapat membantu melihat aliran pembuluh darah secara langsung. Alat ini dapat mendeteksi adanya penyempitan, penyumbatan, bahkan gumpalan darah pada pembuluh darah,

  • Holter monitoring

Holter monitoring adalah suatu prosedur untuk merekam aktivitas listrik jantung dan detak jantung secara terus-menerus selama 24-48 jam pada aktivitas sehari-hari, dengan alat yang disebut sebagai holter monitor.

  • MSCT-Scan 128 Slices

Sebagai upaya memenuhi permintaan masyarakat akan layanan kesehatan bermutu yang ditunjang dengan fasilitas dan teknologi kesehatan terkini, RS Binawaluya juga telah melengkapi unit radiologi dengan Multi Slices Computer Tomography Scan 128 Slices (MSCT-Scan 128 Slices).

Teknologi modern dari peralatan ini memungkinkan pemeriksaan bagian organ tubuh dalam bentuk potongan-potongan gambar yang membantu dokter untuk melakukan diagnosis penyakit secara lebih akurat.

Tindakan medis

Dalam perjalanannya sebagai rumah sakit jantung yang berkualitas, banyak kasus terkait penyakit jantung yang telah sukses ditangani oleh dokter-dokter spesialis terpercaya dari RS Binawaluya.

Setelah melalui diagnosis yang mumpuni, bagi pasien yang membutuhkan tindakan medis, Rumah Sakit Jantung Binawaluya juga turut mengakomodasi beragam prosedur, seperti:

  • Kateterisasi/Angiografi Koroner

Katerisasi adalah tindakan medis yang dilakukan dengan memasukkan kateter (selang kecil panjang yang elastis) melalui pembuluh darah ke dalam jantung. Saat ini RS Binawaluya memiliki 1 unit alat katerisasi yang dapat menunjang pengukuran tekanan di dalam jantung dan pembuluh darah, mengukur kadar oksigen di dalam jantung dan pembuluh darah serta melihat struktur anatomis jantung.

  • Percutaneous Transluminal Coronary Angioplasty (PTCA)

Tindakan medis ini diperuntukkan bagi pasien yang mengalami penyumbatan atau penyempitan pembuluh darah.

Dilakukan oleh dokter jantung di bidang intervensi (interventional cardiologist) dari RS Binawaluya, PTCA dikerjakan dengan melakukan pelebaran pembuluh darah koroner yang menyempit menggunakan suatu alat balon, kemudian dilanjutkan dengan pemasangan stent.

  • Elektrofisiologi

Elektrofisiologi adalah suatu tindakan untuk memetakan sistem konduksi listrik di jantung, baik aktivitas listrik maupun jalur konduksinya. Prosedur ini ditujukan untuk mencari penyebab dan lokasi fokus aritmia sehingga dokter dapat memberikan terapi yang tepat untuk jenis aritmia tersebut.

Elektrofisiologi biasanya dilakukan di ruang cathlab yang tersedia di RS Binawaluya.

  • Ablasi jantung

Ablasi jantung adalah suatu prosedur yang bertujuan untuk memperbaiki gangguan irama jantung. Terdapat dua jenis ablasi yang disediakan oleh RS Binawaluya, yakni ablasi jantung konvensional dan ablasi jantung 3 Dimensi

  • Ballon Mitral Valvuloplasty (BMV)

BMV adalah suatu tindakan yang dilakukan untuk memperlebar penyempitan katup mitral yang menjadi batas antara atrium kiri dan ventrikel kiri jantung.

  • Ballon Pulmonal Valvuloplasty (BPV)

BPV dijalankan dengan membuka penyempitan katup pulmonal yang ada di jantung dengan cara melebarkannya menggunakan balon khusus.

  • Tindakan bedah

Rumah Sakit Jantung Binawaluya juga didukung oleh sejumlah dokter bedah yang andal dalam menangani beragam operasi yang berkaitan dengan bedah Jantung, by pass, penyakit jantung katup dan penyakit jantung bawaan

Rumah Sakit

Rumah Sakit Binawaluya. https://www.binawaluya.com/
Diakses pada 27 Juli 2021

Komite Akreditasi Rumah Sakit. http://akreditasi.kars.or.id/accreditation/report/report_accredited.php
Diakses pada 27 Juli 2021

Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email