Gym & Sport

10 Ankle Support Terbaik untuk Melindungi Kaki dari Cedera

14 Jun 2021|Nina Hertiwi Putri
Ankle support terbaik bisa mendukung penyembuhan cederaAnkle support terbaik adalah yang nyaman digunakan

Risiko cedera ankle pasti akan selalu ada, baik itu saat berolahraga maupun berkegiatan sehari-hari. Namun, kamu bisa mengurangi risikonya dengan menggunakan ankle support, terutama saat sedang melakukan aktivitas fisik yang cukup berat.

Alat yang sering disebut sebagai deker engkel kaki ini juga bisa membantu pemulihan cedera ankle. Sebab, saat menggunakan ankle support, alat tersebut bisa berperan sebagai penyangga yang akan mengurangi tekanan berlebih pada ankle yang sedang cedera.

Saat ini, ada banyak jenis ankle support yang tersedia. Berbagai model, ukuran, hingga fitur dan warna bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan keinginanmu.

Keuntungan pakai ankle support

Dulu, penggunaan ankle support hanya identik untuk orang yang sedang mengalami cedera ankle. Namun kini, hal tersebut mulai bergeser karena ternyata alat ini juga sangat bermanfaat untuk mencegah terjadinya cedera.

Tak heran, banyak orang, terutama atlet, yang menggunakannya meski pergelangan kakinya tidak sedang dirundung cedera.

Penggunaan ankle support saat olahraga dipercaya akan membantu mengurangi frekuensi terjadinya cedera pergelangan kaki, namun tidak menurunkan risiko keparahannya apabila cedera tetap terjadi.

Dengan menggunakan ankle support, pergelangan kaki tidak akan dengan mudah berputar atau terkilir, sehingga kejadian cedera bisa berkurang.

Kalau kamu ingin menggunakan ankle support selama olahraga, jangan lupa untuk mencari model dan ukuran yang bisa pas dengan sepatu olahraga yang kamu gunakan, ya.

Jenis-jenis ankle support terbaik dan harganya

Agar kamu tidak bingung memilih, SehatQ sudah bantu rangkumkan beberapa jenis ankle support terbaik yang bisa lindungi pergelangan kaki dari cedera.

1

FamilyDr Ankle Support Basic

Rekomendasi ankle support terbaik salah satunya FamilyDr Ankle Support BasicFamilyDr Ankle Support BasicCek Sekarang

FamilyDr Ankle Support Basic dapat membantu mengurangi risiko cedera saat olahraga. Kamu bisa menggunakannya untuk berbagai jenis latihan karena deker engkel ini nyaman, empuk, dan elastis. Sehingga tidak akan mengganggu pergerakan.

Terbuat dari bahan katun dan polyester, ankle support ini juga nyaman di kulit dan tidak memicu alergi di kulit. Karena sifatnya yang elastis, aliran darah dia area pergelangan kaki pun tidak akan terganggu.

2

Variteks – Knitted Malleol Ankel Support

Rekomendasi ankle support terbaik salah satunya Variteks – Knitted Malleol Ankel SupportVariteks – Knitted Malleol Ankel SupportCek Sekarang

Untuk kamu yang sedang mengalami bengkak di area mata kaki, ankle support Variteks jenis ini bisa dipilih untuk mendukung penyembuhan. Alat ini juga dapat dipakai untuk meredakan cedera di pergelangan kaki.

Saat menggunakannya juga kamu akan merasa nyaman karena permukaannya terbuat dari bahan knit seamless alias rajutan yang tidak dijahit dan mengandung microcapsule aloevera, sekaligus silicone pelindung di bagian dalam.

3

Variteks – Ankle Brace With Bandage

Rekomendasi ankle support terbaik salah satunya Variteks – Ankle Brace With BandageVariteks – Ankle Brace With BandageCek Sekarang

Variteks Ankle Brace terbuat dari bahan neoprene yang dapat menyerap keringat dengan baik sehingga nyaman dipakai sehari-hari. Kamu bisa memilih deker ini saat mengalami keseleo atau cedera akibat ligamen yang sobek.

Model strapnya membuat Variteks Ankle Brace mudah digunakan dan stabil.

4

Neomed – Ankle Smart Body Support JC-051

Rekomendasi ankle support terbaik salah satunya Neomed – Ankle Smart Body Support JC-051Neomed – Ankle Smart Body Support JC-051Cek Sekarang

Neomed Smart Body Support JC 051 adalah ankle support yang dapat melindungi otot pergelangan kaki dari cedera sekaligus mengurangi nyeri di otot area tersebut. Terbuat dari bahan yang lembut, alat ini didesian agar tidak mengganggu sirkulasi darah sekaligus mencegah bau tidak sedap akibat keringat dan bakteri.

Beberapa orang merasa tidak nyaman memakai ankle support karena keringat yang menumpuk di kaki. Pada deker pergelangan kaki ini, hal tersebut bisa dicegah karena memiliki sistem sirkulasi udara khusus.

Far Infra Red-nya juga akan memberikan efek hangat pada ankle sehingga membantu mengurangi nyeri serta memperlancar peredaran darah di area tersebut.

5

Neomed – Ankle Compression Sleeve JC-301

Rekomendasi ankle support terbaik salah satunya Neomed – Ankle Compression Sleeve JC-301Neomed – Ankle Compression Sleeve JC-301Cek Sekarang

Neomed Ankle Compression Sleeve JC-301 cocok digunakan untuk orang yang mengalami atau ingin mencegah cedera karena olahraga. Ankle support ini bisa melindungi otot dengan baik, sehingga risiko nyeri bisa berkurang.

Bahannya yang lembut, ringan, nyaman, dan elastis membuat alat ini juga cocok dipakai oleh ibu hamil, anak-anak, hingga lansia. Teknologi wholegarment dalam pembuatannya membantu meningkatkan sirkulasi darah yang sehat di area kaki.

6

Neomed – Ankle Strong Body Support JC-7530

Rekomendasi ankle support terbaik salah satunya Neomed – Ankle Strong Body Support JC-7530Neomed – Ankle Strong Body Support JC-7530Cek Sekarang

Neomed Ankle Support memiliki berbagai fitur yang mendukung untuk masa penyembuhan cedera. Beberapa di antaranya adalah infra red untuk meredakan nyeri, bahan Hi Prene untuk mencegah bakteri tumbuh di kulit selama pemakaian, hingga bahan elastis yang membuat pergerakan kaki tetap nyaman selama penggunaan.

7

Vantelin Support Ankle

Rekomendasi ankle support terbaik salah satunya Vantelin Support AnkleVantelin Support AnkleCek Sekarang

Vantelin Ankle support yang didesain oleh Vantelin nyaman dipakai karena memilik bantalan di bagian dasarnya. Di saat yang bersamaan, alat ini akan tetap memberikan dukungan yang kuat sehingga bisa mempercepat penyembuhan cedera.

Struktur Arch Support yang dimilikinya dapat menyokong pergelangan kaki agar kamu tidak sulit berjalan saat memakainya. Sementara itu, struktur anchornya berfungsi untuk menstabilkan perekat dan menahannya agar tidak naik turun.

8

Elife Cool Fit Ankle Support

Rekomendasi ankle support terbaik salah satunya Elife Cool Fit Ankle SupportElife Cool Fit Ankle Support (sumber foto: e-lifebracing.com)

Elife Cool Fit Ankle Support adalah jenis deker engkel yang ideal untuk cedera pergelangan kaki. Sebab alat ini bisa berperan sebagai penyangga yang memberikan stabilitas pada pergelangan kaki, sehingga tidak terlalu banyak bergerak atau bergeser, membuat penyembuhan cedera berlangsung lebih baik.

Ankle support ini dirancang dengan perlekatan ekstra di bagian depan, sehingga bisa memberikan dukungan lebih ke area tersebut. Perlekatan yang ada juga membuat ankle support ini bisa digunakan oleh berbagai ukuran kaki, karena tinggal disesuaikan saja posisinya.

9

Oppo Ankle Support 1001

Rekomendasi ankle support terbaik salah satunya Oppo Ankle Support 1001Oppo Ankle Support 1001 (sumber foto: oppomedical.com)

Oppo Ankle Support 1001 adalah salah satu jenis deker engkel yang simple dan paling nyaman dipakai. Desainnya yang terbuka di bagian depan dan tumit memungkinkanmu tetap bisa bergerak bebas.

Di saat yang bersamaan, sanggaan yang akan diterima pergelangan kaki, akan membantu mengurangi rasa nyeri akibat otot yang kaku atau terkilir. Ini akan membantu mempercepat penyembuhan ankle yang sedang cedera.

Bentuknya yang hampir sama seperti kaus kaki dengan warna yang mirip dengan warna alami kulit juga membuat ankel support ini tidak mencolok saat digunakan, sehingga memberikan estetika yang baik.

10

LP Support Extreme Ankle Support 728CA

Rekomendasi ankle support terbaik salah satunya LP Support Extreme Ankle Support 728CALP Support Extreme Ankle Support 728CA (sumber foto:lp-support.com)

LP Support Extreme Ankle bisa digunakan untuk mencegah cedera sekaligus peyangga pergelangan kaki yang sedang cedera. Deker engkel ini tersedia dalam berbagai ukuran dari S hingga XL, sehingga kamu bisa pilih yang paling sesuai dengan kakimu.

Modelnya yang terbuka di bagian depan dan tumit membuat ankle support ini mudah dipakai dan dilepas. Kamu juga bisa memakai sepatu dengan mudah.

Saat memakai alat penyangga tubuh, faktor terpenting selain fungsi adalah soal kenyamanannya. Kamu bisa mendapatkan ini di LP Support 728CA dari empat lapisan yang akan membuatnya terasa empuk saat digunakan.

Cedera AnklePenyakit KakiKaki Keram

Mayo Clinic. https://www.mayoclinichealthsystem.org/hometown-health/speaking-of-health/brace-for-it-when-to-use-an-ankle-brace
Diakses pada 14 Juni 2021

E-Life. https://www.e-lifebracing.com/product-info.php?c_cat=1&c_id=6&p_id=26
Diakses pada 14 Juni 2021

Oppo Medica. http://www.oppomedical.com/product/detail.asp?Serno=2
Diakses pada 14 Juni 2021

LP Support. http://www.lp-support.com/product/detail.php?PID=728CA&PPID=180
Diakses pada 14 Juni 2021

Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Klik disini untuk konsultasi langsung dengan dokter