Mom & Baby

Rencanakan Kehamilan dengan Rekomendasi Alat Tes Kesuburan Wanita Ini

15 Jun 2021|Bayu Galih Permana
Alat tes kesuburan wanita bantu ketahui masa suburAlat tes kesuburan wanita bantu rencanakan kehamilan

Berhubungan seks pada masa subur dapat meningkatkan potensi kehamilan. Oleh sebab itu, kebanyakan pasangan yang tengah berencana mempunyai momongan seringkali melakukan hubungan intim pada masa subur.

Untuk menghitung masa subur, wanita biasanya akan memerhatikan siklus menstruasi mereka. Umumnya, masa paling subur bagi wanita adalah 12 hingga 16 hari sebelum masa menstruasi selanjutnya, atau di antara hari ke-10 dan 17 setelah haid berakhir.

Selain menghitung siklus menstruasi, kamu bisa menggunakan ovutest untuk memastikannya. Ovutest adalah alat tes untuk menguji apakah seorang wanita sedang dalam masa subur atau tidak. Tingkat akurasi alat ini untuk mengetahui masa subur wanita diketahui mencapai 99%.

Ragam jenis alat tes kesuburan wanita

Ada 3 jenis alat tes kesuburan wanita yang bisa dipilih untuk mengetahui apakah kamu sedang berada dalam masa subur. Ketiga jenis alat tes masa subur ini sama-sama menggunakan urine sebagai sampel untuk diidentifikasi.

Berikut ini jenis-jenis alat tes ovulasi yang bisa kamu jadikan pilihan:

 

  • Alat tes ovulasi LH

 

Alat tes kesuburan wanita LH paling mudah ditemukan di pasaran. Untuk mengetahui masa subur, alat ini mendeteksi kehadiran hormon yang diproduksi kelenjar pituitari, luteinizing hormone (LH) dalam urine.

  • Alat tes ovulasi LH dan estrogen

Beberapa alat tes tes masa subur tak hanya mendeteksi kehadiran LH dalam urine, tapi juga hormon estrogen. Saat hormon estrogen terdeteksi dalam urine, hal tersebut berarti kamu akan segera memasuki masa subur.

  • Alat tes ovulasi progesterone

Alat tes ovulasi progesterone biasanya digunakan setelah penggunanya mengira bahwa mereka sudah berada dalam masa subur. Hormon progesterone diproduksi oleh ovarium pasca ovulasi, maka dari itu alat ini bermanfaat untuk mengonfirmasikannya.

Waktu terbaik untuk menggunakan alat tes masa subur yaitu 10 hari setelah menstruasi. Jika hasilnya negatif, kamu bisa mengulang tes pada hari-hari selanjutnya hingga hasilnya positif. Untuk mendapatkan produk terbaik, kamu dapat berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter sebelum membelinya.

Rekomendasi alat tes kesuburan wanita yang akurat

1

Sensitif Ovutest Test Pack Digital

Alat tes kesuburan wanita yang akurat dan mudah digunakanSensitif Ovutest Test Pack DigitalCek Sekarang

Sensitif Ovutest Test Pack Digital dapat digunakan selama 7 hari, terutama di rentang perkiraan masa subur. Alat ini mencari tahu apakah kamu sedang berada dalam masa subur dengan cara mendeteksi LH yang terkandung dalam urine.

Cara pemakaian alat ini sangat mudah, kamu cukup mencelupkannya ke wadah yang berisi urine wanita, kemudian tunggu selama tiga menit untuk mengetahui hasilnya. Harga ovutest digital Sensitif dijual mulai Rp249.000.

2

Sensitif Ovutest Test Pack Strip

Alat tes kesuburan wanita yang akurat dan mudah digunakanSensitif Ovutest Test Pack StripCek Sekarang

Selain digital, alat tes kesuburan wanita dari Ovutest juga tersedia dalam bentuk strip. Sama seperti versi digital, Sensitif Ovutest Test Pack Strip menguji masa subur dengan mendeteksi adanya LH dalam urine.

Apabila test pack berubah warna atau memberi tanda tertentu, hal tersebut menandakan kamu sedang berada dalam masa subur. Sensitif Ovutest Test Pack Strip dijual dengan harga yang jauh lebih murah dari versi digital, yaitu mulai Rp22.000.

3

Sensitif Ovutest Scope

Alat tes kesuburan wanita yang akurat dan mudah digunakanSensitif Ovutest ScopeCek Sekarang

Sensitif Ovutest Scope merupakan alat tes masa subur yang praktis dan ekonomis karena bisa dipakai berulang kali. Bukan menggunakan urine, alat satu ini bekerja dengan cara mendeteksi hormon estrogen dalam air liur.

Tingkat akurasi yang ditawarkan Sensitif Ovutest Scope untuk menguji masa subur mencapai 98%. Kamu bisa membeli produk ini dengan harga mulai Rp194.000.

4

Andalan Ovulation Test Kit

Alat tes kesuburan wanita yang akurat dan mudah digunakanAndalan Ovulation Test Kit (Sumber foto: DKT Indonesia)

Andalan Ovulation Test Kit adalah salah satu alat tes kesuburan wanita yang akurat, gampang digunakan, dan mudah dibaca hasilnya. Alat ini diklaim 99,9% akurat untuk mengetahui masa subur wanita hanya dalam waktu 1 menit.

Jika hasilnya tes negatif, kamu dapat mengulang lagi dalam beberapa hari ke depan hingga mendapat hasil positif. Harga ovutest dari Andalan ini dijual mulai Rp20.000 untuk kemasan sekali pakai.

5

Clearblue Advanced Digital Ovulation Test

Alat tes kesuburan wanita yang akurat dan mudah digunakanClearblue Advanced Digital Ovulation Test (Sumber foto: Clearblue)

Alat tes ovulasi ini membantu memberi informasi yang akurat mengenai masa subur wanita. Cara kerja dari alat ini adalah dengan mendeteksi hormon estrogen dan LH yang terkandung dalam urine.

Clearblue Advanced Digital Ovulation Test merupakan alat tes masa subur yang bisa dipakai hingga 10 kali pemakaian. Produk ini dapat kamu beli dengan harga mulai Rp475.000.

6

Baby Test OneMed

Alat tes kesuburan wanita yang akurat dan mudah digunakanBaby Test OneMed (Sumber foto: OneMed)

Baby Test OneMed memberikan informasi terkait masa subur dengan cara mendeteksi LH dalam urine wanita. Untuk menggunakannya, kamu cukup mencelupkannya ke dalam urine selama 35 hingga 45 detik sebelum kemudian menunggu hasilnya dalam waktu 3 sampai 5 menit.

Produk ini tersedia dalam bentuk strip sekali pakai. Harga Baby Test OneMed dibanderol mulai Rp32.000 untuk kemasan box berisikan 5 strip ovutest.

Tes Kesuburan

Healthline. https://www.healthline.com/health/womens-health/ovulation-test
Diakses pada 15 Juni 2021

Toko SehatQ. https://toko.sehatq.com/
Diakses pada 15 Juni 2021

OneMed. https://onemed.co.id/index.php?route=product/product&product_id=67
Diakses pada 15 Juni 2021

DKT Indonesia. https://dktindonesia.org/articles/cara-menghitung-masa-subur-tanpa-repot-dengan-andalan-ovulation-test/
Diakses pada 15 Juni 2021

ClearBlue. https://www.clearblue.com/ovulation-tests/advanced-digital
Diakses pada 15 Juni 2021

Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Klik disini untuk konsultasi langsung dengan dokter