Gym & Sport

15 Alat Fitnes Rumahan Sederhana untuk Mendukung Sehat Dari Rumah

26 Jul 2021|Nina Hertiwi Putri
Alat fitness rumahan yang bagus antara lain dumbell, matras yoga, dan tali skippingAlat fitnes rumahan antara lain dumbell, matras yoga, dan tali skipping

Berolahraga di rumah memang tidak selalu harus pakai alat. Kamu bisa menggunakan berat badanmu sendiri untuk latihan beban ataupun mengikuti gerakan-gerakan tertentu untuk latihan kardio. Tapi, menyediakan alat fitnes rumahan juga tidak ada salahnya. Bahkan, kamu jadi bisa melakukan latihan yang lebih beragam.

Contoh alat fitnes atau alat olahraga yang banyak dipakai untuk olahraga di rumah antara lain tali karpet yoga, tali skipping, dumbell, hingga treadmill. Kamu bisa membelinya dengan berbagai harga, tergantung dari spesifikasi dan merek yang dipilih.

Rekomendasi alat fitnes rumahan

Berikut ini beberapa jenis alat fitnes rumahan yang dapat kamu gunakan.

1

Dumbell

Alat fitnes rumahan yang bisa dimiliki salah satunya DumbellDumbell salah satu alat fitnes rumahan yang praktisCek Sekarang

Dumbell adalah alat fitnes rumahan paling sederhana yang bisa dipakai untuk melengkapi berbagai latihan. Selain untuk latihan beban khusus, kamu juga bisa menggenggam dumbell saat latihan aerobik atau kardio dalam melatih otot.

Latihan beban menggunakan dumbell tidak hanya bisa dilakukan oleh orang yang ingin membentuk otot menjadi kekar. Siapapun yang berolahraga, selain melatih jantung dengan olahraga kardio, hendaknya juga melatih otot dengan angkat beban.

2

Tali skipping

Alat fitnes rumahan yang bisa dimiliki salah satunya Tali skippingTali skipping bagus untuk latihan kardio

Lompat tali alias skipping merupakan salah satu jenis olahraga rumahan yang sangat baik untuk kesehatan. Bahkan, melakukan skipping selama 10 menit dinilai setara dengan jogging 30 menit.

Kini sudah tersedia banyak jenis tali skipping yang bisa kamu pakai. Selain yang model sederhana, ada juga tali yang dilengkapi dengan pemberat sehingga latihan yang kamu lakukan bisa lebih menantang.

3

Matras yoga

Alat fitnes rumahan yang bisa dimiliki salah satunya Matras yogaMatras yoga punya banyak kegunaanCek Sekarang

Matras yoga tidak hanya bisa dipakai saat yoga. Alat ini bisa menjadi alas yang baik saat pemanasan ataupun ketika kamu melakukan body weight training seperti push up dan plank.

4

Balance ball

Alat fitnes rumahan yang bisa dimiliki salah satunya Balance ballBalance ball dapat melatih otot punggungCek Sekarang

Balance ball adalah alat fitnes rumahan yang bisa digunakan di banyak kesempatan. Bola ini dipakai untuk mengubah postur tubuh agar lebih baik dan melatih otot bagian perut, punggung, dan badan atau core muscles.

5

Kettlebell

Alat fitnes rumahan yang bisa dimiliki salah satunya KettlebellKettlebell bisa digunakan untuk latihan bebanCek Sekarang

Kettlebell merupakan alat untuk angkat beban dengan bentuk seperti bola dengan pegangan. Alat ini biasanya terbuat dari logam atau besi dan tersedia dalam beberapa berat, mulai dari yang cukup ringan seperti 2 kg hingga yang cukup berat seperti 7 kg.

6

Treadmill

Alat fitnes rumahan yang bisa dimiliki salah satunya TreadmillTreadmill salah satu alat fitnes paling banyak digunakan

Untuk kamu yang punya budget cukup dan hobi lari atau jogging, memilih treadmill sebagai alat fitnes rumahan adalah hal yang tepat. Kamu bisa memasangnya di depan televisi atau jogging sambil mendengarkan musik tanpa perlu ke luar rumah.

Ada sangat banyak varian treadmill yang bisa dibeli, mulai dari yang paling sederhana dengan harga hanya sekitar 1-2 juta sampai dengan yang paling canggih dengan harga di atas 10 juta rupiah.

7

Sepeda statis

Alat fitnes rumahan yang bisa dimiliki salah satunya Sepeda statisSepeda statis baik untuk yang memiliki masalah persendian

Sepeda statis atau stationary bike adalah salah satu alat fitnes rumahan yang cocok untuk kamu yang baru mau memulai olahraga atau memiliki masalah di persendian. Sebab, alat ini bisa digunakan untuk melakukan olahraga intensitas rendah.

Meski instensitasnya rendah, berolahraga menggunakan sepeda statis tetap menyehatkan untuk jantung, bisa membantu menurunkan berat badan, dan efektif untuk menguatkan otot-otot bagian bawah tubuh.

8

Resistance bands

Alat fitnes rumahan yang bisa dimiliki salah satunya Resistance bandsResistance bands dapat melatih ototCek Sekarang

Resistance bands bisa digunakan untuk berbagai olahraga yang melatih otot. Dengan memasang resistance bands, maka serat-serat otot akan berkontraksi dan ini dapat meningktakan kekuatan otot dan tulang.

Salah satu cara menggunakan resistance bands adalah dengan memasangnya di atas lutut, di paha bagian bawah. Lalu, posisikan badan tiduran sambil lutut ditekuk ke atas.

Setelah itu, secara perlahan, angkat pinggul ke atas sambil tumit kaki tetap menapak ke lantai. Saat sudah sampai di atas, rentangkan kedua lutut agar sedikit terbuka.

Gerakan ini dapat melatih otot bokong dan hamstring atau paha bagian belakang. Selain gerakan di atas, masih banyak pola latihan yang bisa dilakukan menggunakan resistance bands.

9

TRX bands

Alat fitnes rumahan yang bisa dimiliki salah satunya TRX bandsTRX bands bisa jadi alat latihan yang praktis digunakan

TRX bands adalah tali yang dapat dipasang di dinding rumah dan digunakan untuk melakukan latihan TRX. Latihan ini dapat dilakukan dengan menarik tali tersebut dengan intensitas dan posisi tertentu.

Jika kamu teratur berolahraga TRX, maka berbagai manfaat bisa didapatkan. Salah satunya adalah otot yang lebih terbentuk dan lebih kuat. TRX juga sangat efektif untuk menurunkan berat badan.

10

Pull-up bar

Alat fitnes rumahan yang bisa dimiliki salah satunya Pull-up barPull-up bar bisa dipasang di dinding rumah

Dengan pull-up bar, kamu bisa melakukan pull-up di rumah dengan baik. Alat ini cukup dipasang di tembok yang kokoh.

Pull up adalah olahraga yang termasuk dalam kelompok body weight training atau latihan beban menggunakan berat badan sendiri sebagai komponen latihan utama.

11

Yoga strap

Alat fitnes rumahan yang bisa dimiliki salah satunya Yoga strapYoga strap bisa untuk melakukan pereganganCek Sekarang

Kalau kamu sering atau baru berencana untuk rutin yoga, maka selain matras, strap juga bisa menjadi salah satu alat yang dibeli. Strap atau tali ini dapat dipakai setelah latihan untuk melakukan peregangan yang baik.

12

Ankle weights

Alat fitnes rumahan yang bisa dimiliki salah satunya Ankle weightsAnkle weights bagus untuk latihan kaki

Ankle weights atau pemberat ankel dapat menambah intensitas latihan kaki, sehingga otot-otot di area tersebut bisa lebih terlatih.

13

Medicine ball

Alat fitnes rumahan yang bisa dimiliki salah satunya Medicine ballMedicine ball bisa untuk latihan lengan, kaki dan perut

Medicine ball merupakan salah satu alat fitnes rumahan yang paling disarankan untuk dimiliki. Bola ini dapat dipakai untuk latihan lengan, kaki, dan otot perut.

14

Sliders

Alat fitnes rumahan yang bisa dimiliki salah satunya SlidersSliders dapat dipakai untuk pereganganCek Sekarang

Slider adalah alat yang dipakai untuk memudahkan pergerakan, terutama pada latihan-latihan body weight training seperti lunges hingga plank.

15

Slide wheel

Alat fitnes rumahan yang bisa dimiliki salah satunya Slide wheelSlide wheel efektif untuk melatih otot perutCek Sekarang

Slide wheel adalah alat fitnes rumahan yang efektif untuk melatih otot perut. Untuk menggunakannya, caranya sebenarnya terlihat cukup sederhana.

Kamu cukup berada di posisi merangkak dengan kedua tangan memegang tangkai di samping slide wheel. Lalu, gerakkan badan ke depan dengan bantuan roda dari alat hingga badan lurus dengan lutut masih tetap menyangga badan.

Tantangannya adalah meski terlihat sederhana, ada hal khusus yang perlu diperhatikan saat memakai slide wheel, yaitu tekanan pada perut. Ketika bergerak ke depan, pastikan otot perut tetap kencang.

Sedangkan saat kembali mundur, gunakan perut untuk menarik tubuh ke belakang, dan bukan dengan kekuatan dari lengan ataupun lutut.

Tips OlahragaYogaFitnessLari

Health. https://www.health.com/fitness/best-home-workout-equipment
Diakses pada 12 Juli 2021

Self. https://www.self.com/gallery/best-at-home-workout-equipment
Diakses pada 12 Juli 2021

Healthline. https://www.healthline.com/health/fitness-exercise/stationary-bike-workout
Diakses pada 12 Juli 2021

Huffington Post. https://www.huffingtonpost.co.uk/entry/what-are-resistance-bands-workouts_uk_5a4d01a9e4b025f99e1f4003
Diakses pada 12 Juli 2021

Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email