Beauty & Skincare

Tetap Awet Muda dengan Cream Anti-Aging, Bebas dari Tanda Penuaan!

14 Apr 2021|Nurul Rafiqua
Krim anti-aging efektif ketika digunakan bersamaan dengan tabir suryaPenting memulai perawatan anti-aging sejak usia 20-an

Seiring bertambahnya usia, kulit secara alami akan mulai kehilangan elastisitasnya. Pembaruan sel kulit cenderung melambat, akibatnya, tanda-tanda penuaan bisa muncul. kulit jadi kurang kencang dan tidak lagi kenyal seperti semula, keriput dan garis harus mulai tampak ke permukaan kulit.

Sayangnya, tidak ada formula ajaib dari krim anti-aging yang dapat menghentikan penuaan atau memutar waktu ke masa muda. Namun jangan khawatir, meski begitu, ada kok beberapa cara dan produk skin care anti-aging yang bisa membantu kamu untuk memperlambat proses penuaan dengan memudarkan bintik-bintik hitam, menghilangkan garis-garis halus, dan memperbaiki tekstur kulit.

Kamu bisa memulai perawatan tersebut dengan lebih dini, bahkan sebelum tanda-tanda penuaan tersebut muncul. Usia tengah 20-an hingga 30an adalah masa penentuan yang akan membentuk kulit kamu ketika tua nanti. Kulit awet muda dapat dicapai dengan menjalani pola hidup yang sehat seperti tidak merokok dan memilih makanan sehat disertai dengan bantuan produk antiaging yang tepat.

Namun, memilih cream anti aging tidak bisa sembarangan, karena jika salah pilih produk, alih-alih tampak lebih muda, kulit bisa jadi teriritasi. Lantas, apa saja yang harus diperhatikan dalam menentukan perawatan anti aging yang baik untuk kulit?

Tips memilih perawatan anti-aging yang bagus bagi kulit

  • Mulai perawatan dengan produk tabir surya dan cream anti-aging

Kombinasi dari pelembab dan tabir surya, baik yang berjenis sunscreen atau sunblock sudah terbukti secara ilmiah merupakan langkah yang efektif dalam memperlambat penuaan kulit. Ketika memilih tabir surya, pastikan produk tersebut memiliki spektrum yang luas, memiliki SPF 30 atau lebih tinggi dan tahan air.

  • Perhatikan bahan-bahan yang terkandung dalam cream anti-aging

Meski tidak terbatas pada jenis bahan berikut, namun bahan-bahan yang paling umum terdapat pada cream antiaging di antaranya adalah: retinoid, vitamin C, AHA, niacinamide dan ekstrak tanaman seperti teh atau biji anggur. Masing-masing memiliki khasiat tersendiri yang dapat berperan dalam melindungi kulit dari efek penuaan. Jadi, cocokkan produk yang seusai dengan kebutuhan kulit ya.

  • Pilih produk yang sesuai dengan jenis kulit

Belilah produk yang diformulasikan untuk jenis kulit agar produk tersebut dapat bekerja optimal. Perhatikan labelnya apakah produk tersebut dibuat khusus untuk kulit berminyak, kering atau untuk kulit sensitif.

  • Realistis dalam berekspektasi

Jangan tergiur klaim produk antiaging yang dapat membuat kulit terlihat 10 tahun lebih muda dalam waktu cepat. Perawatan antiaging adalah perjalanan panjang yang perlu dilakukan secara telaten dan tidak mungkin diraih dalam waktu semalam saja.

Nah, setelah mengetahui tips di atas sudah siap memerangi penuaan kulit? di antara sekian banyak cream antiaging, berikut ini SehatQ rangkum produk rekomendasi cream antiaging yang bagus.

 

1

Garnier Ultra-Lift Anti-Wrinkle Firming Moisturizer

Rekomendasi Cream Anti-Aging: Garnier Ultra-Lift Anti-Wrinkle Firming MoisturizerGarnier Ultra-Lift Anti-Wrinkle Firming Moisturizer (Sumber: garnierusa.com)

Produk dari Garnier ini merupakan pelembab anti-aging yang dapat digunakan setiap hari. diperkaya dengan vitamin E, pro-retinol (jenis vitamin A) dan peptida yang berasal dari beras. Gabungan dari berbagai zat tersebut dapat melawan keriput, mengurangi garis halus dan kerutan serta meningkatkan elastisitas kulit persis seperti kulit kita masih belia.

Tekstur dari cream ini terasa ringan walau agak kental dan sama sekali tidak berminyak. Aromanya segar dan tidak menyengat. Ketika dibaurkan di kulit, cream ini menyerap dengan baik dan tidak meninggalkan kesan lengket.

Hadir dengan kemasan pump yang membuat produk ini terkesan higienis dan modern. Pump-nya juga bekerja dengan baik, mengeluarkan cream dalam ukuran yang cukup untuk sekali pemakaian.

Dilengkapi juga dengan SPF 15 yang dapat melindungi kulit dari sinar matahari yang berbahaya. Cream ini cocok untuk semua jenis kulit, bahkan bagi kulit sensitif. Sayangnya, produk ini masih sulit ditemukan dan hanya bisa didapatkan melalui pembelian online di website tertentu.

Harga produk: Mulai dari Rp300.000

2

YOU Golden Age Revitalizing Night Cream

Rekomendasi Cream Anti-Aging: YOU Golden Age Revitalizing Night CreamYOU Golden Age Revitalizing Night Cream (Sumber: you-makeups.com)

Rekomendasi produk anti aging lokal lainnya datang dari Brand Y.O.U. Golden Age Revitalizing Night Cream diformulasi dengan ekstrak buah delima dan hyaluronic acid yang mampu melembapkan dan membantu peremajaan kulit.

Ketika dipakai di malam hari, keesokan paginya kulit terasa lebih lembap dan kenyal. Tekstur cream yang ringan menjadikan produk ini mudah diratakan di kulit. Efek hidrasinya sangat terasa namun memang agak terasa greasy.

Dibungkus dengan jar kaca berwarna coklat, kemasan dari cream anti-aging ini terlihat sangat simple namun tetap elegan. Hadir dalam dua ukuran, yaitu 18 gr dan 30 gr.

Harga produk: Rp59.000 – Rp125.000

3

Shiseido Wrinkle Smoothing Cream

Rekomendasi Cream Anti-Aging: Shiseido Wrinkle Smoothing CreamShiseido Wrinkle Smoothing Cream (Sumber: shiseido.com)

Shiseido krim anti keriput dari Jepang ini secara nyata dapat memerbaiki kerutan hanya dalam dua minggu.  Diformulasikan khusus dengan kandungan kombu bounce complex. Zat ini berfungsi untuk meningkatkan produksi sel kulit baru agar dapat mencegah dan menghilangkan kerutan dan garis halus pada wajah.

Setelah pemakaian rutin selama dua minggu, kulit terasa mengencang. Krim ini juga dapat membantu memperbaiki tekstur kulit, kulit jadi lebih halus secara alami. Formula krim ini juga sudah mengandung SPF yang dapat menjaga kulit dari bahaya sinar UV A dan UV B, ataupun debu dan polusi.

Teksturnya yang rich membuat krim ini membutuhkan waktu agar dapat menyerap sempurna. Krim ini dilengkapi dengan aroma wewangian green floral yang dapat tercium cukup jelas. Meski mengandung pewangi, krim ini tetap cocok digunakan pemilik kulit kering dan aman bagi kulit sensitif. Satu kali pemakaian di pagi hari dapat memberikan kelembapan penuh selama 24 jam.

Kemasan dari Shiseido cream ini juga sangat elegan. Tersedia dalam dua ukuran, yakni 50 ml dan 75 ml.

Harga produk: Mulai dari Rp1.100.000

4

Wardah Renew You Anti aging Day Cream

Rekomendasi Cream Anti-Aging: Wardah Renew You Anti aging Day CreamWardah Renew You Anti aging Day Cream (Sumber: wardahbeauty.com)

Wardah Renew You Anti aging Day Cream merupakan salah satu produk anti aging lokal. Krim pelembab ini dilengkapi dengan SPF 30 yang dapat melindungi kulit dari UV A & UV B. Diformulasikan dengan Advanced RecoverAge System untuk melawan tanda-tanda penuaan.

Dalam kandungannya, suatu zat yang disebut advanced moisturizing complex berguna untuk melembapkan kulit, lalu peptide berfungsi untuk merangsang pembentukan kolagen, serta Vitamin E dan Resveratol sebagai antioksidan alami.

Tekstur pelembab ini lebih terasa seperti losion dibanding cream, sangat mudah menyerap, hanya saja setelah beberapa saat pemakaian terasa agak berminyak. Namun karena ini cream siang, kamu dapat menyiasatinya dengan diikuti pemakaian bedak tabur.

Aroma yang dihasilkan sangat lembut dan tidak mengganggu. Dari segi kemasan, cream antiaging ini hadir di jar plastik berwarna ungu yang cantik.

Harga produk: Mulai dari Rp97.000

5

SK-II R.N.A Power Radical New Age Essence

Rekomendasi Cream Anti-Aging: SK-II R.N.A Power Radical New Age EssenceSK-II R.N.A Power Radical New Age Essence (Sumber: sk-ii.co.id)

Pelembab antiaging dari SK-II ini mengandung konsentrat pitera dengan ekstrak kedelai dan ragi untuk membantu membuat kulit terasa kencang. Penggunaan rutin dari produk ini dapat merawat kulit kita agar lebih muda, terasa kenyal dan tetap sehat.

Dari segi tekstur, cream ini sangat lembut dan terasa pas, tidak terlalu encer ataupun kental. Saat dioleskan ke kulit, produk ini gampang meresap, hanya di bawah satu menit, rasanya sudah masuk semua ke permukaan kulit. Selain itu, teksturnya yang halus tidak membuat muka jadi berminyak. Cocok untuk digunakan baik di malam atau pun pagi hari. Aroma yang dihasilkan dari esens ini pun sangat elegan dan memberikan kesan menenangkan.

Kemasan produk ini berupa jar merah yang cantik dan tersedia dalam ukuran yang bervariasi. Dari mulai ukuran paling kecil di 50 gr, 80 gr hingga yang paling besar di 100 gr. Satu kekurangannya, mungkin produk ini lumayan pricey. Tapi hitung-hitung investasi untuk kulit sehat dan awet muda di masa depan, produk ini tetap worth it untuk dicoba.

Artikel review merupakan opini penulis, dan tidak bisa digunakan sebagai pengganti saran medis. Sebelum mencoba rekomendasi tersebut, pembaca dihimbau untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu.
Kulit SehatPerawatan KulitKulit Dan KecantikanAntioksidanPenuaan

Mayo Clinic. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/wrinkles/in-depth/wrinkle-creams/art-20047463
Diakses pada 13 April 2021

NCBI. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC6773941/
Diakses pada 13 April 2021

Garnier. https://www.garnierusa.com/about-our-brands/skin-care/ultra-lift/ultra-lift-anti-wrinkle-firming-moisturizer
Diakses pada 13 April 2021

You Makeup. https://you-makeups.com/product/golden-age-revitalizing-night-cream/
Diakses pada 13 April 2021

Shiseido. https://www.shiseido.com/us/en/benefiance-wrinkle-smoothing-cream-9990000000204.html
Diakses pada 13 April 2021

Wardah Beuaty. https://www.wardahbeauty.com/en/product/skincare/wardah-renew-you-anti-aging-day-cream
Diakses pada 13 April 2021

SK-II. https://sk-ii.co.id/product/rna-power-radical-new-age
Diakses pada 13 April 2021

Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Klik disini untuk konsultasi langsung dengan dokter