Lifestyle

6 Cara Merawat Buku Agar Tetap Awet dan Tidak Menguning, Coba Yuk!

28 Dec 2022|Mondials Anindhita
cara merawat bukuRawatlah koleksi buku kamu agar tetap awet dan terhindari dari warna kuning.

Buku adalah jendela dunia. Berbagai macam ilmu pengetahuan dan informasi bisa didapatkan dengan membaca buku. Selain itu, kamu juga bisa mendapatkan berbagai macam manfaat baik dengan membaca buku, misalnya menghilangkan stres.

Tak jarang, bagi seseorang yang senang membaca, ia memiliki tumpukan buku dengan ragam pilihan sebagai koleksi. Tentu saja, tumpukan buku tersebut harus dirawat dengan baik.

Jika buku tidak dirawat dengan baik, maka kertas di dalam buku bisa berubah warna menjadi lebih kuning. Hal ini sering terjadi dan bisa membuat kolektor buku menjadi kesal. Pada akhirnya buku hanya akan ditumpuk dan tidak dibaca kembali. D

ilansir dari laman Live Science, penyebab buku menguning karena kertas terbuat dari komponen yang bisa berubah warna menjadi lebih kuning dari waktu ke waktu, setidaknya karena terkena oksigen.

Nah, ada beberapa cara merawat buku agar tidak kuning dan tetap awet yang bisa kamu lakukan. Simak di bawah ini, ya!

1. Atur buku di rak dengan rapi

Cara merawat buku yang pertama adalah dengan menyimpan dan menjaga buku tetap rapi di rak buku. Pastikan buku-buku koleksi kamu berdiri tegak saat berada di rak buku.

Sebaiknya jangan pernah menaruh buku terlalu banyak, padat, dan menempel satu sama lain di dalam satu rak.

Hal ini bisa membuat buku semakin cepat menguning, karena tidak ada sirkulasi udara pada setiap sela-sela buku. Pastikan terdapat sedikit jarak dari buku satu ke buku berikutnya. 

2. Simpan di tempat terbuka

Selanjutnya, agar buku tidak cepat rusak, tahan lama, dan tidak menguning, letakkan rak buku di tempat terbuka setelah membacanya. Hindari menyimpan buku di tempat atau ruangan yang lembap, ya.

Tentu saja hal ini dilakukan agar suhu udara di sekitar buku tersirkulasi dengan baik, normal, dan stabil.

3. Bersihkan dengan rutin

Disimpan di lemari atau di rak, pastikan kamu selalu membersihkan secara rutin. Hal ini bisa menjadi salah satu cara merawat buku agar tidak cepat rusak dan tahan lama.

Cara paling mudah adalah luangkan waktu untuk mengeluarkan buku-buku dari rak, bersihkan debu yang menempel pada buku atau rak.

Gunakan lap bersih untuk membersihkan debu-debu tersebut. Lalu, setelah bersih tata kembali buku di rak. Cara ini dinilai juga bisa mencegah jamur dan buku menjadi kuning, lho.

4. Gunakan sampul buku

Ingin melindungi bagian depan buku agar lebih aman? Gunakan sampul buku adalah cara paling utama.

Menggunakan sampul plastik tidak hanya bisa melindungi buku yang tersimpan dari debu, tetapi juga bisa melindungi buku ketika kamu bawa berpergian.

Sampul plastik bisa melindungi buku dari berbagai macam kotoran, paparan sinar matahari, dan sebagainya.

5. Jauhkan dari sinar matahari

Cara merawat buku selanjutnya adalah disimpan jauh dari sinar matahari. Apabila rak atau lemari buku kamu berada dekat dengan jendela yang terdapat sinar matahari, sebaiknya pindahkan.

Sangat penting untuk menaruh rak atau lemari buku di tempat kering dan sejuk. Ruangan yang lembap bisa memicu tumbuhnya jamur pada buku sehingga bisa merusak lebih cepat. 

6. Baca secara rutin

Cara paling mudah merawat buku agar tahan lama adalah membacanya secara rutin. Perlu diketahui, menyimpan buku terlalu lama bisa membuat kualitas buku semakin menurun, lho.

Oleh karena itu, luangkan waktu kamu untuk membaca kembali buku-buku. Secara tidak langsung, memilih salah satu buku untuk dibaca bisa membuat kamu sekaligus menengok kebersihan rak buku kamu.

Pastikan sebelum membaca buku, bersihkan tangan terlebih dahulu dan hindari membaca sambil makan dan minum.

Itu tadi beberapa cara merawat buku agar tahan lama, tidak cepat rusak, dan menguning. Yuk, coba dilakukan!

Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email