Makan Sehat

5 Minyak Goreng Sehat untuk Diet yang Dapat Gantikan Minyak Biasa

24 Feb 2021|Nina Hertiwi Putri
Minyak goreng sehat antara lain minyak zaitun, minyak kelapa, dan minyak alpukatMinyak goreng sehat adalah minyak yang tidak mudah rusak pada suhu tinggi

Minyak goreng sehat adalah minyak yang memiliki titik didih tinggi. Sebab saat sudah melewati titik didih, minyak akan mengeluarkan radikal bebas yang dapat merusak sel-sel tubuh dan memicu berbagai penyakit seperti jantung dan kolesterol tinggi.

Mengganti minyak goreng biasa dengan minyak goreng yang lebih sehat bisa membantumu untuk menjaga kebugaran tubuh. Meski begitu, perlu diingat bahwa meski diklaim lebih sehat, bukan berarti kamu bisa mengonsumsinya berlebihan.

Perhatikan juga jenis makanan serta bumbu-bumbu yang digunakan saat memasak untuk memastikan bahwa kalori dari asupan yang masuk tidak berlebihan, dan tidak memicu kerusakan di tubuh.

Tips menggunakan minyak goreng dengan sehat

Untuk setiap jenis minyak goreng yang Anda gunakan, ada beberapa tips yang bisa membuat proses memasak menggunakan bahan tersebut jadi lebih sehat, seperti berikut ini.

  • Pilih minyak dengan titik didih tinggi.
  • Minyak goreng sehat tetap akan menambah jumlah kalori pada makanan dalam jumlah yang cukup banyak. Jadi, kalau kamu sedang membatasi kalori, jangan menggunakannya terlalu banyak.
  • Apabila sedang tidak diet pun penggunaan minyak goreng sehat tetap perlu dibatasi. Gunakan metode menggoreng dengan minyak sedikit (pan fried) dan bukan dengan minyak banyak yang malah akan merendam seluruh makanan (deep fried)
  • Jika saat memasak minyak terlalu panas hingga sudah mengeluarkan asap, itu tandanya bahan tersebut sudah melewati titik didih dan tidak baik untuk digunakan. Oleh karena api, aturlah api dengan baik saat memasak.
  • Jika saat memanaskan minyak Anda tidak sengaja membiarkannya terlalu lama hingga berasap, jangan gunakan lagi minyak tersebut. Buang minyak dan ganti dengan minyak baru.
  • Cium aroma minyak goreng sebelum digunakan. Jika ada bau tidak enak, jangan gunakan karena minyak yang sudah lama, biasanya telah mengalami proses oksidasi yang membuatnya tidak baik untuk dikonsumsi.
  • Jangan gunakan minyak yang sama untuk lebih dari satu kali masak.

Jenis-jenis minyak goreng sehat

Berikut ini beberapa jenis minyak goreng sehat yang bisa dijadikan alternatif dari minyak goreng biasa.

1

Minyak zaitun

Minyak zaitun adalah salah satu jenis minyak goreng sehatMinyak zaitun minyak goreng sehat Gallo 250 ml, Rp 43.000Cek Sekarang

Minyak zaitun adalah salah satu pilihan minyak goreng sehat yang dapat kamu gunakan. Jika dikonsumsi dalam jumlah yang cukup, minyak ini dinilai dapat membantu menurunkan risiko terkena penyakit jantung, stroke, dan kanker.

Kandungan asam oleat dalam minyak zaitun juga dapat memiliki sifat anti-inflamasi, sehingga bisa membantu meredakan peradangan yang terjadi di tubuh, termasuk sendi.

Bahan ini didapuk bisa digunakan sebagai minyak goreng sehat, selain karena manfaatnya untuk kesehatan, juga karena susunan kimia di dalamnya bisa tetap stabil pada suhu tinggi. Oleh karena itu, minyak zaitun tidak mudah rusak saat digunakan.

Jika ingin mencoba mendapatkan manfaat dari minyak ini, kamu bisa memulainya dengan menggunakan Gallo extra virgin olive oil untuk memasak. Minyak ini juga bisa diminum langsung, dijadikan dressing pada salad, ataupun bumbu marinasi.

2

Minyak kelapa

Minyak goreng sehat adalah minyak kelapaExtra virgin coconut oli Siola Rp 72.000Cek Sekarang

Selain minyak zaitun, minyak kelapa juga merupakan salah satu minyak goreng sehat yang paling stabil pada suhu panas. Minyak kelapa mengandung cukup banyak lemak dan sekitar 92% dari total lemak yang terkandung merupakan lemak jenuh.

Lemak jenuh alami yang ada di dalam minyak ini dinilai dapat membantu meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) di dalam darah sekaligus mengubah kolesterol jahat (LDL) menjadi bentuk yang tidak berbahaya.

Minyak ini mungkin kurang cocok untuk kamu yang sedang menjalani diet rendah lemak. Namun jika diet yang sedang kamu jalani adalah diet keto, maka minyak kelapa bisa menjadi salah satu pilihan untuk menggoreng bahan makanan.

Salah satu jenis minyak kelapa yang baik untuk tubuh adalah virgin coconut oil atau extra virgin coconut oil dari Siola. Selain dapat digunakan untuk makanan, minyak ini juga bisa dipakai untuk menyehatkan rambut dan kulit.

Berbeda dari minyak kelapa lain yang seringkali mengeluarkan aroma kurang sedap, aroma Siola terasa seperti kelapa alami dan tidak apek, sehingga saat menggunakannya, kamu akan merasa lebih nyaman.

3

Minyak alpukat

Minyak goreng sehat salah satunya minyak alpukatMinyak alpukat adalah salah satu minyak goreng sehat

Minyak alpukat adalah minyak goreng sehat yang terbuat dari biji alpukat yang diolah dan diambil sarinya. Penggunaan minyak ini mungkin belum begitu populer di Indonesia. Namun mulai sekarang, kamu bisa menjadikannya sebagai alternatif yang lebih sehat saat memasak.

Jika digunakan dalam jumlah yang cukup, minyak alpukat dinilai bisa membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah, sehingga kesehatan jantung pun dapat lebih terjaga.

Minyak ini juga dinilai dapat membantu meredakan peradangan di tubuh, termasuk mencegah terjadinya radang di gusi dan kaya akan kandungan lutein yang baik untuk mata.

4

Minyak kacang

Minyak goreng sehat salah satunya minyak kacangMinyak kacang dapat dijadikan minyak goreng yang sehat

Minyak kacang dianggap sebagai salah satu minyak goreng sehat karena bahan ini kaya akan kandungan vitamin E yang dapat membantu melindungi tubuh dari berbagai penyakit kronis seperti penyakit jantung, diabetes, kolesterol tinggi, dan diabetes.

Meski begitu, jika dikonsumsi dalam jumlah yang terlalu banyak, minyak kacang juga bisa meningkatkan risiko terkena penyakit jantung. Pasalnya, kandungan asam lemak omega-6 yang ada di dalamnya yang pada jumlah cukup bisa menyehatkan, akan berubah menjadi berbahaya begitu dikonsumsi berlebihan.

5

Minyak canola

Minyak canola minyak goreng sehatMinyak canola baik untuk dijadikan minyak goreng sehat saat menumis

Minyak goreng sehat selanjutnya adalah minyak canola. Minyak ini dianggap dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat di dalam darah, sehingga bisa dijadikan alternatif untuk kamu yang sedang berusaha menurunkan kolesterol.

Namun jika memutuskan untuk menggunakan minyak canola, perlu diingat untuk tidak memasaknya terlalu lama. Sebab, kandungan yang ada di dalam minyak ini bisa berubah menjadi komponen yang berbahaya bagi tubuh.

Itulah alasannya minyak ini lebih sering disarankan untuk menggoreng makanan yang cepat matang atau sebagai bahan tumisan.

Artikel review merupakan opini penulis, dan tidak bisa digunakan sebagai pengganti saran medis. Sebelum mencoba rekomendasi tersebut, pembaca dihimbau untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu.
Makanan SehatMakanan Tidak SehatMakanan Mengandung Omega 3

American Heart Association. https://www.heart.org/en/healthy-living/healthy-eating/eat-smart/fats/healthy-cooking-oils
Diakses pada 23 Februari 2021

Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/9-avocado-oil-benefits
Diakses pada 23 Februari 2021

Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/healthiest-oil-for-deep-frying
Diakses pada 23 Februari 2021

Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/top-10-evidence-based-health-benefits-of-coconut-oil
Diakses pada 23 Februari 2021

Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/325266
Diakses pada 23 Februari 2021

WebMD. https://www.webmd.com/diet/ss/slideshow-health-benefits-of-olive-oil
Diakses pada 23 Februari 2021

Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/324844
Diakses pada 23 Februari 2021

WebMD. https://www.webmd.com/diet/peanut-oil-health-benefits#1
Diakses pada 23 Februari 2021

Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Klik disini untuk konsultasi langsung dengan dokter