Beauty & Skincare

3 Rekomendasi Exfoliating toner Terbaik Versi SehatQ

26 Jun 2021|Nurul Rafiqua
Rekomendasi Exfoliating toner Terbaik, Sel Kulit Mati Bye, Hello Kulit SehatExfoliating toner adalah jenis toner yang dipakai untuk mengangkat sel kulit mati atau lapisan kulit paling luar

Setiap harinya, kulit muka mengalami regenerasi sel kulit di mana sel kulit mati akan dihasilkan. Jika terus dibiarkan, sel kulit mati akan menumpuk dan pada akhirnya membuat kulit jadi lebih kasar, kusam dan pori-pori pun dapat tersumbat hingga menimbulkan masalah kulit lainnya.

Untuk mengatasi berbagai permasalahan tersebut, hadirlah suatu produk perawatan kulit yang disebut exfoliating toner.

Apa itu Exfoliating toner?

Exfoliating toner adalah jenis toner yang dipakai untuk mengangkat sel kulit mati atau lapisan kulit paling luar. Selain itu, toner ini juga berfungsi untuk membersihkan pori-pori tersumbat serta mengembalikan kadar pH normal kulit. 

Umumnya, exfoliating toner diformulasikan dengan beberapa bahan utama seperti Alpha dan Beta-hydroxy Acid atau yang sering disingkat dengan AHA dan BHA. Sesuai fungsinya sebagai agen pengelupasan (exfoliator), AHA bekerja dengan mengelupaskan kulit paling luar sehingga sel-sel kulit baru dapat tergantikan dan naik ke permukaan. 

Sedangkan BHA berfungsi untuk masuk lebih dalam ke dalam pori-pori agar dapat menyingkirkan sel kulit mati dan produksi minyak berlebih. Beberapa produk juga mengombinasikan dengan senyawa turunannya seperti Lactic acid, salicylic acid dan lainnya.

Di samping itu, kandungan-kandungan dalam exfoliating toner pada umumnya juga dapat bermanfaat untuk mengatasi pori-pori besar, kerutan wajah, warna kulit yang tidak rata hingga hiperpigmentasi ringan. Bahkan beberapa produk dengan kandungan AHA yang lebih tinggi diklaim bisa memudarkan noda bekas jerawat.

Kriteria Exfoliating toner yang Bagus untuk Kulit

Dari sekian banyak exfoliating toner yang beredar di pasaran, seperti apa sebetulnya kriteria exfoliating toner terbaik? Berikut beberapa faktor yang bisa kamu pertimbangkan sebelum memilih exfoliating toner yang bagus untuk kulit kamu.

  • Exfoliating toner yang bagus biasanya memiliki proporsi kandungan exfoliator yang seimbang atau yang tidak terlalu tinggi. Hal ini penting untuk diperhatikan karena kandungan exfoliator agent yang terlalu banyak dapat mengiritasi dan membuat kulit menjadi sensitif.
  • Pilih jenis exfoliating toner yang sesuai dengan jenis kulit. Perhatikan kandungan bahan-bahannya pada label kemasan. Exfoliating toner yang mengandung alkohol atau witch hazel mungkin tidak cocok untuk kulit berminyak. Sedangkan untuk kulit kering dan sensitif, exfoliating toner dengan kandungan BHA dan lactic acid dapat memberikan hasil maksimal.
  • Perhatikan pula apakah produk tersebut sudah terdaftar di instansi yang berwenang seperti BPOM, FDA dan instansi sejenis.

Nah, Setelah mengetahui fungsi dan kriteria yang harus diperhatikan, sudah siap memilih exfoliating toner yang bagus? Yuk simak 3 rekomendasi exfoliating toner terbaik berikut ini.

1

 

Exfoliating toner Viva

 

Rekomendasi Exfoliating toner: Exfoliating toner VivaExfoliating toner Viva (sumber: vivacosmetic.com)

Merek ini seharusnya tidak begitu asing untuk para pengguna skincare lokal, karena termasuk produk yang sudah lama beredar di pasaran. Ada banyak varian yang bisa Kamu pilih, seperti bengkoang, Lemon, Spirulina, Green Tea, Timun dan Mawar.

Varian yang penulis lebih suka adalah varian Bengkoang. Sangat recommended terutama kalau Kamu juga memang sudah memakai Viva milk cleanser bengkoang sebelumnya. Kamu bisa menggunakan toner ini setelah memakai milk cleanser dengan cara membasahi kapas dengan toner dan usapkan ke seluruh kulit.

Saat toner ini menyentuh kulit, sensasi segar dan lembap langsung terasa. Bahkan ketika wajah tidak memakai make up pun kotoran dan sel kulit mati akan terlihat jelas di kapas, warna kapas biasanya berubah menjadi kecoklatan. Bukti bahwa produk ini efektif mengangkat sel kulit mati dan kotoran dari permukaan kulit.

Exfoliating toner ini disarankan dipakai pada malam hari sebelum tidur atau setelah beraktivitas sekaligus untuk menghapus sisa make up. Selain mengangkat kotoran, kandungan ekstrak bengkoangnya juga dapat membuat kulit kelihatan lebih bersih dan cerah setelah pemakaian rutin. Dalam pemakaian jangka panjang, jerawat juga lebih jarang muncul, mungkin karena tidak ada pori-pori yang terhambat berkat toner ini.  

Hanya saja perlu diingat, jangan sampai toner terkena ke jerawat yang masih meradang. Sebab akan menimbulkan sensasi perih pada kulit. Bagi pemilik kulit sensitif juga sebaiknya berhati-hati jika ingin menggunakan toner ini. Dikarenakan produk ini mengandung kandungan alkohol yang lumayan tinggi.

2

Cosrx AHA BHA

 

Rekomendasi Exfoliating toner: Cosrx AHA BHACosrx AHA BHA (sumber:cosrx.com)

Berdasarkan pengalaman pribadi penulis, jika dibandingkan dengan toner Viva, daya pengelupasan Cosrx AHA BHA Ini lebih mantap . Hal ini terlihat dari bekas kotoran dan sel kulit mati yang terangkat lewat kapas. Bukan cuma itu, kulit juga terasa lebih halus dan pori-pori terlihat lebih rapat untuk pemakaian rutin. Bahkan kalau diamati lebih teliti, whitehead atau komedo juga terkadang ikut terangkat. Meskipun untuk mengangkat blackhead, toner ini tidak begitu efektif.

Kemampuannya dalam mengangkat sel kulit mati didukung oleh kandungan Salix Alba (Willow) Bark Water dan Salicylic acid, natural BHA yang efektif mengatasi jerawat dan pori-pori kulit tersumbat.  Selain itu, kandungan Pyrus Malus Fruit Water yang kaya antioksidan dan vitamin dapat memberikan manfaat ekfoliasi kulit secara halus.

Sepertinya itu kenapa sensasi yang dirasakan setelah memakai exfoliating toner satu ini terasa segar di kulit. Toner ini juga tidak memiliki aroma yang tajam karena kandungan zat pewanginya yang ringan. Jadi toner ini cocok untuk digunakan pemilik kulit sensitif.

Harga produk: mulai dari Rp140.000

3

Avoskin Miraculous Refining Toner 

Rekomendasi Exfoliating toner: Avoskin Exfoliating tonerAvoskin Exfoliating toner (sumber:avoskinbeauty.com)

Avoskin Miraculous Refining Toner adalah exfoliating toner yang diperkaya dengan kandungan AHA, PHA, BHA dan kandungan lain seperti tea tree, aloe vera dan witch hazel, menjadikan toner ini dapat dengan maksimal mengangkat kulit mati.

Setelah pemakaian, akan muncul sensasi menyengat pada kulit. Beberapa orang sempat menyatakan toner ini bisa memberikan efek agak panas di kulit, meski begitu sensasi panas atau menyengat tersebut hanya sebentar saja munculnya.

Aroma yang dihasilkan dari toner merek lokal ini juga tidak terlalu tajam. Jadi untuk indera penciuman, Avoskin toner terasa lebih nyaman digunakan.

Hasilnya dalam mengangkat kotoran atau sel kulit mati instan terlihat setelah pemakaian pertama. Tetapi untuk mengangkat komedo dibutuhkan pemakaian rutin. Setelah beberapa lama, kulit akan terlihat lebih bersih. Apalagi produk ini juga dilengkapi dengan kandungan niacinamide yang dikenal efektif mengatasi jerawat.

Sayangnya, kebanyakan orang dengan kulit normal dan kering merasa setelah memakai exfoliating toner ini, kulit cenderung terasa lebih kering. Oleh Karena itu, bagi kamu yang kulitnya normal atau kering, mungkin lebih baik memakai pelembap atau produk berbahan Hyaluronic Acid setelah memakai toner ini supaya kulit tetap terjaga kelembapannya.

Harga produk: mulai dari Rp60.000

Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email