Beauty & Skincare

10 Pelembap Wajah Pria Terbaik untuk Kulit Sehatmu

Pelembab wajah pria dipilih berdasarkan tipe kulitPelembap wajah pria sebaiknya yang sesuai dengan tipe kulit

Pelembap wajah pria kini semakin banyak dicari oleh kaum Adam yang ingin memiliki kulit sehat dan cerah tanpa masalah. Namun dari sekian banyak produk di pasaran, jangan sampai salah memilih pelembab muka pria yang cocok untuk skin type kamu.

Tips memilih pelembap wajah pria sesuai dengan tipe kulit

Pelembap wajah pria hadir untuk merawat berbagai jenis kulit, mulai dari kulit kering sampai kulit berminyak dan sensitif.

Inilah beberapa tips untuk memilih moisturizer pria yang cocok dengan kebutuhan kulitmu.

1. Pilih yang ekstra melembapkan untuk si kulit kering

Pemilik kulit yang kering mengalami masalah garis halus, bersisik, dan kulit terasa seperti tertarik.

Untuk mengatasinya, kamu bisa memilih bahan pelembap wajah pria yang bekerja menghidrasi kulit, mengisi celah-celah kekeringan pada sel kulit, dan memberikan lapisan tambahan pada kulit agar kadar air tidak cepat menguap.

Kamu bisa memilih pelembap muka pria yang mengandung hyaluronic acid, glycerin, madu, aloe vera untuk menghidrasi.

Sementara untuk mengisi celah sel kulit, kamu bisa memilih bahan yang mengandung shea butter, ceramide, dan lipid.

Agar kulit terhindar dari kekeringan, pilihlah pelembap muka yang juga mengandung petrolatum, silikon, lanolin, dan avocado oil.

Hindari produk yang mengandung aromatic alcohols, seperti benzyl alcohol, karena dapat membuat kulit semakin kering dan bahkan iritasi.

Karena mengandung pelembap ekstra, pelembap wajah pria untuk kulit kering biasanya bertekstur lebih pekat dan kental.

2. Pilih pelembap gel untuk si kulit berminyak

Jika kamu berjerawat, pilih moisturizer pria yang bertekstur gel dan mengandung bahan aktif untuk mengontrol kadar minyak berlebih, seperti niacinamide.

Namun selain efek oil-control, kamu juga tetap perlu menggunakan pelembap yang dapat menghidrasi kulit agar tidak mengalami dehidrasi.

Nah untuk itu, kamu bisa pilih pelembap yang mengandung hyaluronic acid dan glycerin.

Hindari bahan yang bisa menyumbat pori-pori, seperti petroleum atau pelembap pria berbahan dasar minyak karena kulit berjerawat rentan cenderung rentan berkomedo.

3. Pilih pelembap dengan salicylic acid untuk si kulit berjerawat

Biasanya, jerawat muncul akibat pori-pori yang tersumbat oleh minyak berlebih dan sel kulit mati. Pori-pori yang tersumbat kemudian menjadi “sarang” bagi bakteri penyebab jerawat.

Untuk mengatasi jerawat membandel, kamu bisa pilih pelembap muka pria yang mengandung bahan aktif seperti salicylic acid, sulfur, glycolic acid, dan lactic acid.

Pilihlah moisturizer yang berbahan dasar air agar tidak menyumbat pori dan menyebabkan jerawat.

4. Hindari bahan-bahan yang mengiritasi untuk si kulit sensitif

Jika kulitmu sensitif, hindari bahan yang mengandung pewangi. Pada label komposisi, pewangi biasanya ditulis sebagai "parfum" atau "fragrance".

Perlu diketahui, pewangi di dalam pelembap wajah pria merupakan penyebab nomor satu alergi pada kulit.

Selain itu, hindari pewarna, pengawet dengan bahan dasar paraben, minyak esensial, dan sulfat.

Sebaiknya gunakan moisturizer pria dengan komposisi tidak lebih dari 10 bahan jika kulitmu sensitif.

Rekomendasi pelembap wajah pria

1

NIVEA MEN Creme

Rekomendasi  pelembab wajah pria: NIVEA MEN CremeNIVEA MEN Creme mampu melembapkan kulit wajah sehabis bercukur. (Sumber: Official Website Nivea)Cek Sekarang

NIVEA MEN Creme bisa digunakan untuk wajah dan tubuh. Biasanya, kamu bisa gunakan ini untuk menenangkan kulit wajah sehabis bercukur.

Teksturnya yang pekat mampu menahan kelembapan dan cocok untuk kulit kering.

Pelembab muka pria ini pun diperkaya dengan vitamin E yang baik untuk melembapkan kulit dan bekerja sebagai antioksidan untuk melindungi kulit dari kerusakan akibat paparan sinar matahari.

Namun karena pekat, ada kemungkinan bila ini tidak cocok untuk kulit berminyak. Sebab, ada risiko menimbulkan komedo, bahkan jerawat.

Pelembap NIVEA Mens pun relatif murah, hanya dibanderol mulai dari Rp23.320,00.

2

Cetaphil Moisturizing Cream

Rekomendasi  pelembab wajah pria: Cetaphil Moisturizing CreamCetaphil Moisturizing Cream diformulasikan khusus untuk kulit sangat keringCek Sekarang

Keunggulan utama pada krim ini adalah kemampuannya untuk melembapkan. Tidak hanya satu, ada tujuh kandungan yang bekerja untuk membuat kulit agar tidak kering. 

Beberapa kandungan unggulan yang bekerja secara aktif untuk kulit kering kamu adalah glycerin, propylene glycol, dan minyak almond.

Tidak hanya itu, produk ini juga mengandung antioksidan dari tocopheryl acetate dan alpha tocopherol yang berasal dari turunan vitamin E.

Jadi, untuk kamu yang memiliki kulit sensitif dan sangat kering, ini merupakan cream pelembap wajah pria yang bagus.

Selain itu, Cetaphil Moisturizing Cream juga juga bersifat hypoallergenic sehingga ramah untuk kamu yang rentan mengalami masalah alergi pada kulit.

pelembap wajah pria ini dibanderol dengan harga mulai dari Rp204.852,00.

3

CeraVe Daily Moisturizing Lotion

Rekomendasi  pelembab wajah pria: CeraVe Daily Moisturizing LotionCeraVe Daily Moisturizing Lotion cocok untuk kulit kering dan sensitif. (Sumber: Official Website CeraVe)

CeraVe daily Moisturizing Lotion diperkaya dengan kandungan yang cocok untuk melembapkan kulit, seperti hyaluronic acid dan ceramide. Dengan teknologi MVE, pelembap wajah pria ini bisa menjaga hidrasi kulit hingga 24 jam.

Tekstur produk ini ringan dan tidak mengandung minyak yang mampu menyumbat pori-pori.

Oleh karena itu, pelembap ini cocok untuk tipe kulit yang normal hingga kering.

Pelembap Cerave juga berguna untuk memperbaiki lapisan pelindung kulit sehingga tidak hanya cocok untuk wajah. Pelembap muka pria ini juga cocok untuk kulit tubuhmu. 

Produk ini juga tidak mengandung pewangi yang bisa mengiritasi kulit sensitif kamu.

CeraVe Daily Moisturizing Lotion dibanderol dengan harga mulai dari Rp160.000,00.

4

Kiehl’s Age Defender Gel Moisturizer

Rekomendasi  pelembab wajah pria: Kiehl’s Age Defender Gel MoisturizerKiehl’s Age Defender Gel Moisturizer bekerja untuk menghambat penuaan. (Sumber: Official Website Kiehl's)

Pelembab wajah pria ini mengandung niacinamide untuk menghaluskan kulit dan menyamarkan kerut sehingga mencegah efek penuaan.

Produk ini juga mengandung agen anti-aging yaitu ascorbyl glucoside atau turunan vitamin C yang merangsang produksi kolagen dan menyamarkan hiperpigmentasi.

Kandungan lainnya yang juga bekerja untuk mengurangi penuaan adalah adenosine. Selain bekerja dengan merangsang produksi kolagen, adenosine mampu membuat kulit terasa lebih kencang dan elastis, bahkan juga memperbaiki dan melindungi lapisan kulit.

Kafein pun juga menjadi bahan unggulan pada pelembap wajah pria yang satu ini. Sebab, kafein berguna sebagai antioksidan yang mampu menangkal radikal bebas yang akan merusak kulit.

Meski memiliki segudang keunggulan, sayangnya Kiehl’s Age Defender Gel Moisturizer merogoh kocek kamu cukup dalam, yaitu mulai dari Rp530.000,00 untuk satu kemasan sebesar 50 ml.

5

Garnier Men Acnofight Whitening Serum Cream

Rekomendasi  pelembab wajah pria: Garnier Men Acnofight Whitening Serum CreamGarnier Men Acnofight Whitening Serum Cream cocok untuk kulit berminyak, berkomedo, dan berjerawat

Sesuai dengan namanya, krim ini bekerja dengan cara mengatasi jerawat. Kandungan aktif dalam pelembap Garnier Men ini adalah salicylic acid.

Salicylic acid bekerja dengan cara membersihkan sumbatan pada pori-pori sehingga kamu terhindar dari jerawat.

Karena cara kerja ini, Garnier Men Acnofight Whitening Serum Cream juga cocok untuk mengatasi komedo.

Selain itu, pelembap ini juga diperkaya perlite yang membuat kulit wajah kamu tampak matte sehingga tidak berminyak.

Garnier Men Acnofight bisa kamu dapatkan dengan harga mulai dari Rp26.000,00.

6

The Body Shop Drops of Youth Cream

Rekomendasi  pelembab wajah pria: The Body Shop Drops of Youth CreamThe Body Shop Drops of Youth Cream bekerja untuk kulit berjerawat dan merawat keremajaan kulit. (Sumber: Official Website The Body Shop)

Produk ini cocok untuk kamu yang memiliki masalah jerawat dan menjaga kulit agar tetap terlihat muda.

Beberapa kandungan unggulan yang bisa kamu temukan pada pelembap wajah pria ini adalah salicylic acid, kafein, vitamin E, adenosine, dan ekstrak edelweiss stem cell.

Seperti yang sudah dibahas, salicylic acid bekerja untuk mengurangi pori-pori tersumbat penyebab jerawat.

Sementara, vitamin E mampu bekerja sebagai antioksidan dan memberikan kelembapan pada kulit.

Adenosine dan ekstrak edelweiss stem cell dipercaya mampu bekerja mengurangi kulit kendur pada wajah dan leher.

Kandungan glycerin-nya juga mampu memberikan kelembapan pada kulit.

Di balik keunggulannya, rupanya pelembab wajah pria ini mengandung empat kandungan parfum yang bisa menyebabkan iritasi kulit.

Selain itu, kandungan alkohol denat-nya berada di urutan keempat terbanyak dari seluruh komposisi di dalam moisturizer pria ini. Artinya, kandungan alkohol ini cukup tinggi sehingga berisiko membuat kulit terasa kering hingga merusak lapisan pelindung kulit.

Kamu bisa mendapatkan pelembap wajah pria ini dengan harga mulai dari Rp459.000,00.

7

L’Oréal Paris Men Expert Hydra Energetic Multi Action Moisturizer

Rekomendasi  pelembab wajah pria: L’Oréal Paris Men Expert Hydra Energetic Multi Action MoisturizerL’Oréal Paris Men Expert Hydra Energetic Multi Action Moisturizer membantu kulit agar tidak terlihat lelah

Moisturizer ini cocok bila kamu tergolong punya kulit yang kelelahan akibat aktivitas padat

Beberapa tanda kelelahan yang bisa diatasi oleh moisturizer pria ini adalah lingkaran hitam di bawah mata, kulit terasa kendur, hingga rona kulit yang kusam dan tidak rata.

Kandungan yang mampu bekerja untuk mengatasi keluhan di atas adalah glycerin, kafein, ascorbyl glucoside atau turunan vitamin C, dan dimethicone.

Kamu akan merasa segar seketika setelah menggunakan pelembap wajah untuk pria yang satu ini.

Namun, pelembab muka pria ini tidak cocok untuk kulit yang sensitif karena mengandung parfum dan alkohol cukup tinggi.

Dapatkan produk ini dengan harga mulai dari Rp265.000,00.

8

COSRX Centella Blemish Cream

Rekomendasi  pelembab wajah pria: COSRX Centella Blemish CreamCOSRX Centella Blemish Cream berguna untuk menghilangkan noda bekas jerawat dan menenangkan jerawat. (Sumber: Official Website COSRX)

Untuk kamu yang memiliki masalah jerawat dan bekasnya, pelembap wajah pria ini bisa menjadi solusi.

Dengan kandungan Centella asiatica, kulit yang iritasi dan meradang kemerahan pun bisa menjadi lebih tenang.

Tidak hanya itu, bila kamu menggunakannya di titik-titik bekas jerawat dengan tebal, ini bisa menyamarkan noda hiperpigmentasi akibat jerawat.

Bahkan, produk ini juga mampu mencegah timbulnya jerawat karena mengandung zinc PCA dan ekstrak tea tree oil. Sayangnya, tidak semua orang cocok menggunakan tea tree oil karena cukup mengiritasi.

Tidak perlu khawatir, produk ini tidak menggunakan paraben, parfum, atau pewarna yang meningkatkan risiko kulit iritasi.

Produk ini bisa kamu dapatkan dengan harga mulai dari Rp171.000,00.

9

The Ordinary Natural Moisturizing Factors+HA

Rekomendasi  pelembab wajah pria: The Ordinary Natural Moisturizing Factors+HAThe Ordinary Natural Moisturizing Factors+HA mengandung agen pelembap yang menyerupai lapisan pelindung kulit. (Sumber: Official Website Deciem)

Moisturizer pria yang satu ini cocok untuk kulit kering. Sebab, The Ordinary Natural Moisturizing Factors+HA mengandung agen pelembap yang menyerupai lapisan pelindung kulit, seperti asam amino, asam lemak, ceramide, dan hyaluronic acid.

Karena mengandung beragam bahan untuk melembapkan kulit, wajah pun bisa terhidrasi dengan segera dan efeknya tahan lama.

Produk ini pun juga cocok untuk kulit yang sensitif dan tidak menyebabkan komedo karena bebas alkohol, bebas minyak, dan bebas silikon.

pelembab muka pria ini bisa kamu dapatkan dengan merogoh kocek sebesar Rp250.000,00.

10

Pond's Men Energy Charge Brightening Gel Moisturizer

Rekomendasi  pelembab wajah pria: Pond's Men Energy Charge Brightening Gel MoisturizerPond's Men Energy Charge Brightening Gel Moisturizer menjaga agar wajah terlihat segar dan cerah

Produk ini memiliki ekstrak biji kopi yang mengandung antioksidan agar kulit wajah tetap terlihat segar.

Selain itu, produk ini juga mengandung dimethicone yang membuat kulit terlihat rata. Kandungan niacinamide-nya juga membuat kulit terlihat cerah.

Sayangnya, moisturizer pria ini mengandung pewarna dan pewangi yang mampu mengiritasi kulit sensitif. Produk ini bisa kamu dapatkan dengan harga mulai dari Rp29.000.

Artikel review merupakan opini penulis, dan tidak bisa digunakan sebagai pengganti saran medis. Sebelum mencoba rekomendasi tersebut, pembaca dihimbau untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu.
Kulit BerminyakKulit SehatPerawatan KulitJerawatKesehatan KulitKulit Dan KecantikanKulit SensitifKulit KeringPencerah KulitMasalah KulitKulit KeriputKomedoKomedo Putih

Well and Good. https://www.wellandgood.com/exfoliating-solution-chantecaille/ Diakses pada 9 Mei 2021

The Derm Review. https://thedermreview.com/difference-between-humectant-emollient-occlusive/ Diakses pada 9 Mei 2021

Skinbetter Science. https://skinbetter.com/alcohol-skincare/ Diakses pada 9 Mei 2021

The Journal of Clinical and Aesthetic Dermatology. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC5605215/ Diakses pada 9 Mei 2021

Healthline. https://www.healthline.com/health/vaseline-on-face Diakses pada 9 Mei 2021

NHS. https://www.nhs.uk/conditions/acne/causes/ Diakses pada 9 Mei 2021

Healthline. https://www.healthline.com/health/beauty-skin-care/acne-prone-skin Diakses pada 9 Mei 2021

Mayo Clinic. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/acne/in-depth/acne-products/art-20045814 Diakses pada 9 Mei 2021

INCI Decoder. https://incidecoder.com/ingredients/parfum Diakses pada 9 Mei 2021

Self. https://www.self.com/story/sensitive-skin-tips Diakses pada 9 Mei 2021

Web MD. https://www.webmd.com/beauty/features/moisturizers Diakses pada 9 Mei 2021

Healthline. https://www.healthline.com/health/vitamin-e-for-skin Diakses pada 9 Mei 2021

Official Website Nivea. https://www.nivea.co.id/produk/nivea-men-creme-89997770123730048.html?gclid=CjwKCAjwkN6EBhBNEiwADVfya9JPshO558Huh3j0gQJZ0MV4IPkZPFlX5nhmUK2pt_xgp6iOlZT44RoCgr8QAvD_BwE Diakses pada 9 Mei 2021

Healthline. https://www.healthline.com/health/skin/salicylic-acid-for-acne Diakses pada 9 Mei 2021

INCI Decoder. https://incidecoder.com/ingredients/perlite Diakses pada 9 Mei 2021

Official Website Garnier. https://www.garnier.co.id/tentang-brands/garnier-men/acno-fight/acne-fighting-whitening-serum-cream-20ml Diakses pada 9 Mei 2021

Official Website CeraVe. https://www.cerave.com/skincare/moisturizers/daily-moisturizing-lotion Diakses pada 9 Mei 2021

Official Website Kiehl's. https://www.kiehls.co.id/en/mens/category/moisturizers-for-men/age-defender-gel-moisturizer/WW0086KIE.html Diakses pada 9 Mei 2021

INCI Decoder. https://incidecoder.com/products/kiehls-age-defender-gel-moisturizer Diakses pada 9 Mei 2021

INCI Decoder. https://incidecoder.com/products/cetaphil-moisturizing-cream-4 Diakses pada 9 Mei 2021

Cetaphil. https://www.cetaphil.co.id/product/cetaphil-moisturizing-cream Diakses pada 9 Mei 2021

Official Website Cetaphil. https://www.cetaphil.co.id/article/apa-sebenarnya-non-comedogenic-hypoallergenic-dan-non-added-fragrance Diakses pada 9 Mei 2021

Official Website The Body Shop. https://www.thebodyshop.co.id/products/skincare/face-moisturizer.html Diakses pada 9 Mei 2021

INCI Decoder. https://incidecoder.com/products/the-body-shop-drops-of-youth-tm-youth-cream Diakses pada 9 Mei 2021

INCI Decoder. https://incidecoder.com/ingredients/leontopodium-alpinum-callus-culture-extract Diakses pada 9 Mei 2021

INCI Decoder. https://incidecoder.com/ingredients/alcohol-denat Diakses pada 9 Mei 2021

INCI Decoder. https://incidecoder.com/products/loreal-paris-men-expert-hydra-energetic-moisturiser Diakses pada 9 Mei 2021

INCI Decoder. https://incidecoder.com/ingredients/dimethicone Diakses pada 9 Mei 2021

Official Website COSRX. https://www.cosrx.com/collections/lotion-cream/products/centella-blemish-cream Diakses pada 9 Mei 2021

Skincarisma. https://www.skincarisma.com/products/cosrx/centella-blemish-cream/ingredient_list#info-section Diakses pada 9 Mei 2021

INCI Decoder. https://incidecoder.com/products/cosrx-centella-blemish-cream Diakses pada 9 Mei 2021

Official Website Deciem. https://theordinary.deciem.com/id/rdn-natural-moisturizing-factors-ha-30ml.html

CosDNA. http://www.cosdna.com/eng/review_50c6256982.html Diakses pada 9 Mei 2021

Official Website Pond's. https://www.ponds.com/id/pria/produk/rangkaian/energy-charge/face-moisturizer.html Diakses pada 9 Mei 2021

Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Klik disini untuk konsultasi langsung dengan dokter