Swab PCR Test COVID-19 (Hasil 1 Hari) - Laboratorium Klinik Nasional

35 melihat
Masa berlaku hingga 31 Januari 2022

Mulai dari
Rp 275.000

Kamu bisa hubungi kami untuk memesan promo ini
Booking Sekarang

Promo Berlaku di
Laboratorium Klinik NasionalJalan Gading Serpong Boulevard Ruko Glaze III Blok A No. 37-38, Kelapa Dua, Tangerang, Banten, 15810Ruko Glaze 3

Swab PCR Test COVID-19 (Hasil 1 Hari) di Laboratorium Klinik Nasional

Beli promo layanan pemeriksaan COVID-19 di Laboratorium Klinik Nasional Banten meliputi promo Paket Swab PCR Test COVID-19 (Hasil 1 Hari) dengan harga Rp. 275.000,-

Informasi Pemeriksaan

  • Waktu pemeriksaan setiap hari Senin-Sabtu pukul 08:00-14:00 WIB (Hari Minggu dan hari libur nasional tutup)
  • Hanya untuk pembayaran pribadi (Tunai, Debit, dan Kartu Kredit)
  • Pemeriksaan dilakukan oleh petugas kesehatan profesional
  • Hasil pemeriksaan akan keluar H+1 kerja setelah pengambilan sampel
  • Hasil pemeriksaan akan dikirimkan melalui email atau pasien bisa mengambilnya di fasilitas kesehatan terkait
Jika Anda berminat dengan promo ini, silahkan melakukan pendaftaran atau booking dengan klik tombol Booking Sekarang di bawah ini atau melalui layanan Customer Care SehatQ (021) 2789 9827 dan WhatsApp +62 812-8858-8167

Mengapa Anda membutuhkan Swab PCR Test COVID-19?

Badan Kesehatan Dunia atau WHO mengumumkan pada Maret 2020 menyatakan bahwa virus corona sebagai wabah pandemi seluruh dunia. Virus ini menyerang siapapun tidak memandang usia. Namun kelompok orang yang berisiko tinggi untuk mengalami komplikasi jika terinfeksi COVID-19 adalah orang dengan usia lanjut atau orang yang memiliki penyakit bawaan.Sampai saat ini swab PCR test masih menjadi metode pemeriksaan yang paling akurat dalam mendeteksi virus SARS-COV2 pada tubuh seseorang. Metode pemeriksaan ini masih menjadi standar penegakkan seseorang terdiagnosis terhadap kasus infeksi COVID-19.Swab PCR test bertujuan untuk mengetahui secara pasti apakah seseorang mengalami infeksi COVID-19. Hasil yang lebih akurat dalam tes ini akan mempermudah dokter dalam menentukan penanganan dan perawatan yang diperlukan oleh pasien.

Apa informasi penting mengenai Swab PCR Test COVID-19?

Swab PCR test adalah pemeriksaan yang dilakukan untuk mendeteksi keberadaan virus penyebab infeksi COVID-19 dalam tubuh seseorang. Pemeriksaan dalam tes ini sama dengan pemeriksaan swab test antigen, yaitu dengan menggunakan metode usap (swab) dan mengambil sampel lendir pada saluran napas melalui hidung atau tenggorokan.Meski penggunaan sampelnya sama, terdapat perbedaan antara pemeriksaan swab antigen dengan PCR, yaitu:
  • Tingkat akurasi, pemeriksaan swab PCR memiliki tingkat akurasi yang lebih tinggi dibandingkan dengan swab antigen. PCR memiliki tingkat akurasi mencapai 80-90%.
  • Waktu pemeriksaan, swab antigen memerlukan waktu pemeriksaan yang lebih singkat dibandingkan dengan tes PCR, yaitu 30-60 menit saja hingga hasilnya keluar. 
  • Biaya pemeriksaan, tes PCR memiliki biaya yang lebih tinggi dibandingkan dengan swab antigen.

Yang harus diperhatikan sebelum melakukan Swab PCR Test COVID-19?

Terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum Anda melakukan pemeriksaan Swab PCR Test, antara lain adalah dengan memastikan bahwa Anda dalam keadaan sehat pada saat pemeriksaan dan tetap patuhi protokol kesehatan untuk mencegah penularan COVID-19. Protokol kesehatan yang dimaksud, yaitu:
  • Cuci tangan secara berkala dengan sabun dan air mengalir atau hand sanitizer berbasis alkohol
  • Menggunakan masker
  • Menjaga jarak minimal satu meter dengan orang lain
  • Menghindari kerumunan
  • Mengurangi mobilitas di luar rumah

Bagaimana prosedur Swab PCR Test COVID-19 dilakukan?

Pengambilan sampel lendir dari saluran napas dapat dilakukan melalui hidung (nasofaring) dan mulut (orofaring). Petugas medis biasanya akan memasukkan alat swab yang mirip dengan bentuk cotton bud ke dalam hidung dan mulut.
  • Prosedur pengambilan sampel melalui nasofaring dilakukan dengan memasukkan dan menyapukan alat swab ke dalam lubang hidung hingga mencapai pangkal hidung selama beberapa detik. Hal ini guna membuat alat swab menyerap cairan atau lendir yang terdapat di area tersebut secara maksimal. 
  • Prosedur pengambilan sampel melalui orofaring akan dilakukan dengan memasukkan dan menyapukan alat swab ke dalam mulut tanpa menyentuh lidah. Alat swab dimasukkan hingga ke belakang tenggorokan selama beberapa detik agar lendir dapat menyerap ke alat swab dan sampel yang didapatkan maksimal.
Setelah selesai, alat swab akan dimasukkan ke dalam tabung khusus dan ditutup agar tidak terkontaminasi. Setelah itu tabung tersebut akan dikirim ke laboratorium untuk diperiksa menggunakan teknik PCR.