Swab PCR Test COVID-19 (Hasil 1 Hari) - Laboratorium Klinik Kimia Farma (Area Sumatera & Kepulauan Riau)

55 melihat
Masa berlaku hingga 31 Desember 2021

Rp 900.000
Rp 495.000Hemat 45%

Kamu bisa hubungi kami untuk memesan promo ini
Beli Promo

Promo Berlaku di
Laboratorium Klinik Kimia Farma MedanJalan Palang Merah No. 32, A U R, Kec. Medan Petisah, Kota Medan, Sumatera Utara 20111
Laboratorium Klinik Kimia Farma Medan KartiniJalan R. A. Kartini No. 1, Madras Hulu, Kec. Medan Polonia, Kota Medan, Sumatera Utara 20151

Swab PCR Test COVID-19 (Hasil 1 Hari) di Laboratorium Klinik Kimia Farma (Area Sumatera & Kepulauan Riau)

Laboratorium klinik Kimia Farma menyediakan layanan swab PCR test dengan hasil 1 hari dengan harga Rp. 495.000 berlaku untuk cabang Laboratorium Klinik Kimia Farma Medan dan Laboratorium Klinik Kimia Farma Medan Kartini.

Informasi Pemeriksaan

  • Paket yang telah dibeli tidak dapat dikembalikan (non-refundable)
  • Setelah menyelesaikan pembayaran, Anda akan mendapatkan voucher untuk ditukarkan di hadapan petugas Faskes saat akan melakukan pemeriksaan
  • Voucher berlaku 2 (dua) minggu setelah pembelian
  • Silahkan melakukan booking terlebih dahulu untuk mendapat slot pemeriksaan di faskes terkait
  • Waktu pemeriksaan menyesuaikan dengan ketentuan masing-masing cabang/outlet Lab Klinik Kimia Farma
  • Waktu pemeriksaan setiap hari Senin - Sabtu pukul 08:00 - 16:00 (Hari Minggu dan hari lubur nasional tutup)
  • Hasil pemeriksaan akan keluar H+1 hari kerja setelah pengambilan sampel dan akan dikirimkan melalui email atau dapat diambil di cabang terkait

Mengapa Anda Perlu Melakukan Swab PCR Test COVID-19?

Swab PCR adalah salah satu jenis pemeriksaan COVID-19 yang digunakan di Indonesia. Pemeriksaan ini adalah jenis pemeriksaan yang paling akurat jika dibandingkan dengan jenis pemeriksaan COVID-19 lainnya seperti rapid swab antigen dan rapid test antibody.Pemeriksaan tes PCR bahkan telah ditetapkan oleh Pemerintah RI sebagai persyaratan untuk bepergian baik ke luar kota maupun ke luar negeri. Persyaratan ini ditetapkan guna menekan penyebaran COVID-19. Tidak hanya itu, swab PCR adalah pemeriksaan yang digunakan sebagai dasar penegakkan diagnosis terhadap COVID-19.Oleh karena itu Swab PCR Test COVID-19 (Hasil 1 Hari) di Laboratorium Klinik Kimia Farma (Area Sumatera & Kepulauan Riau) ini bisa menjadi pilihan tepat bagi Anda yang ingin melakukan pemeriksaan COVID-19.

Informasi Penting tentang Swab PCR Test COVID-19

Karena pemeriksaan tes PCR adalah dasar dalam penegakkan diagnosa COVID-19, maka pasien yang mendapatkan hasil reaktif (positif) pada pemeriksaan rapid antigen dan rapid tes antibodi akan direkomendasikan untuk melakukan pemeriksaan swab PCR guna mendapatkan hasil yang lebih akurat. Swab PCR menggunakan lendir yang diambil dari hidung (nasofaring) atau tenggorokan (orofaring) sebagai sampel pemeriksaan. Pemeriksaan ini juga menggunakan teknik swab dalam pengambilan sampel. Hal ini mirip dengan pemeriksaan rapid tes antigen. Hanya saja swab PCR memiliki hasil pemeriksaan yang lebih akurat. Perbedaan swab PCR dengan rapid antigen lainnya adalah durasi pemeriksaan swab PCR yang lebih lama dibandingkan rapid swab antigen yang hanya membutuhkan waktu 30-60 menit. Tidak hanya itu, sebanding dengan hasil yang akurat biaya swab PCR ini cenderung lebih mahal dibandingkan jenis pemeriksaan lainnya.

Yang Harus Diperhatikan Sebelum Melakukan Swab PCR Test COVID-19

Dalam pemeriksaan tes PCR di Laboratorium Klinik Kimia Farma ini tidak memerlukan persiapan khusus. Namun pasien wajib mematuhi protokol kesehatan guna mencegah penularan COVID-19. Adapun protokol kesehatan yang dimaksud sesuai dengan anjuran Kementerian Kesehatan RI, antara lain:
  • Menggunakan masker
  • Mencuci tangan secara rutin
  • Menjaga jarak aman
  • Menjauhi kerumunan
  • Menurunkan mobilitas

Bagaimana Prosedur Swab PCR Test COVID-19 Dilakukan?

Teknik swab dapat dilakukan melalui nasofaring (hidung) dan orofaring (mulut). Tenaga medis akan memasukkan alat swab yang berbentuk seperti cotton bud, namun dengan ukuran yang jauh lebih panjang.
  • Prosedur pengambilan sampel melalui nasofaring dilakukan dengan cara memasukkan dan menyapukan alat swab ke dalam lubang hidung hingga mencapai pangkal hidung selama beberapa detik untuk menyerap cairan atau lendir yang terdapat di area tersebut.
  • Prosedur pengambilan sampel melalui orofaring dilakukan dengan cara memasukkan dan menyapukan alat swab ke dalam mulut tanpa menyentuh lidah hingga ke belakang tenggorokanselama beberapa detik untuk menyerap cairan atau lendir yang terdapat di area tersebut.
Setelah selesai, alat swab akan langsung dimasukkan ke tabung dalam wadah khusus dan ditutup untuk selanjutnya dikirim ke laboratorium untuk diperiksa menggunakan teknik PCR.