Rapid Swab Antigen Test COVID-19 (Abbott Panbio) - Insani Medical Center (IMC)

926 melihat
Masa berlaku hingga 31 Januari 2022

Rp 219.000
Rp 145.000Hemat 33%

Kamu bisa hubungi kami untuk memesan promo ini
Beli Promo

Promo Berlaku di
Insani Medical Center (IMC)Jalan Jend. Basuki Rachmat No.18, RT.13/RW.1, Cipinang Besar Selatan, Kec. Jatinegara, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13410

Rapid Swab Antigen Test COVID-19 (Abbott Panbio) di Insani Medical Center (IMC)

Insani Medical Center menyediakan promo Rapid Swab Antigen Test COVID-19 (Abbott Panbio) hanya seharga Rp 145.000,-

Informasi pemeriksaan

  • Paket pemeriksaan yang sudah dibeli tidak dapat dikembalikan (non-refundable)
  • Setelah menyelesaikan pembayaran, Anda akan mendapatkan voucher untuk ditukarkan di hadapan petugas Faskes saat akan melakukan pemeriksaan
  • Voucher berlaku 2 (dua) minggu setelah pembelian
  • Silahkan melakukan booking terlebih dahulu untuk mendapat slot pemeriksaan di faskes terkait
  • Waktu pemeriksaan setiap hari Senin - Jumat Pukul 08:00 - 20:00 WIB, Sabtu & Minggu Pukul 08:00 - 18:00 WIB
  • Hasil pemeriksaan keluar dalam waktu 60 menit setelah pengambilan sampel dilakukan
  • Hasil pemeriksaan akan dikirimkan melalui email atau hard copy yang bisa di ambil di lokasi pemeriksaan

Mengapa Anda membutuhkan Rapid Swab Test Antigen COVID-19?

Tidak hanya sebagai pemeriksaan infeksi COVID-19, rapid antigen kini menjadi salah satu persyaratan masyarakat yang ingin melakukan perjalanan bagi sejumlah moda transportasi umum, bepergian ke luar kota atau ke luar negeri.Swab antigen adalah salah satu pemeriksaan infeksi COVID-19 dengan durasi waktu yang cepat dan menggunakan teknik usap. Pemeriksaan ini mengambil sampel untuk pemeriksaan dari bagian dalam hidung atau tenggorokan.Umumnya masyarakat yang baru pertama kali melakukan pemeriksaan swab antigen akan mengeluh sakit pada saat pengambilan sampel. Hal ini karena pengambilan sampel yang perlu dilakukan hingga mencapai rongga belakang hidung. Berbeda dengan pemeriksaan swab antigen pada umumnya, rapid swab antigen dari pabrikan Abbott yang tersedia pada Insani Medical Center (IMC) ini hanya membutuhkan pengambilan sampel sedalam 2 cm dari lubang hidung. Oleh karena itu Anda tidak akan merasakan sakit saat pengambilan sampel pada tes antigen ini.

Apa informasi penting mengenai Swab Test Antigen COVID-19?

Rapid test antigen merupakan tes yang memeriksaan antibodi yang diproduksi oleh sistem kekebalan tubuh seseorang. Fungsinya untuk mendeteksi keberadaan antigen virus tertentu yang menandakan adanya infeksi virus. Rapid test antigen digunakan untuk mengidentifikasi keberadaan patogen pada infeksi pernapasan, seperti influenza dan Respiratory Syncytial Virus (RSV). Tidak hanya influenza dan RSV, kini rapid antigen dijadikan sebagai pemeriksaan infeksi COVID-19.Terdapat beberapa kelompok orang yang dianjurkan untuk melakukan pemeriksaan rapid antigen ini, yaitu:
  • Pasien yang sedang dalam masa perawatan rawat inap di rumah sakit, terutama orang dengan usia lanjut dan pasien dengan penyakit penyerta (komorbid).
  • Orang yang sedang mengalami gejala seperti flu, seperti demam 38 derajat Celcius ke atas, batuk dan pilek.
  • Orang tanpa gejala (OTG), terutama yang pernah melakukan kontak minimal 7 hari dengan orang yang terinfeksi positif COVID-19 atau memiliki risiko tinggi untuk tertular dari penderita seperti petugas kesehatan.
  • Orang dengan profesi yang mengharuskan kontak dengan banyak orang, seperti polisi, tentara, kurir, sopir kendaraan umum, petugas terminal kendaraan umum dan sebagainya.
  • Orang dengan penyakit penyerta (komorbid) seperti gangguan paru-paru, penyakit jantung, masalah ginjal, gangguan hati, diabetes, kelainan darah dan lain-lain. Hal ini karena kelompok orang dengan komorbid berisiko tinggi untuk mengalami komplikasi bila terkena COVID-19

Yang harus diperhatikan sebelum melakukan Rapid Swab Test Antigen COVID-19?

Rapid swab antigen merupakan salah satu pemeriksaan infeksi COVID-19 yang relatif murah dan bisa dilakukan di fasilitas kesehatan dengan mudah. Pemeriksaan rapid antigen ini bisa memberikan hasil diagnosis dalam waktu yang cukup singkat sekitar 15 menit. Namun, rapid swab test antigen kurang akurat jika dibandingkan dengan polymerase chain reaction (PCR) tes yang mendeteksi asam nukleat.Berikut beberapa hal yang harus di perhatikan sebelum melakukan rapid swab antigen test COVID-19, yaitu:
  • Informasikan pada tenaga kesehatan jika Anda baru saja pulang dari bepergian seperti ke luar kota, ke luar negeri ataupun berinteraksi dengan banyak orang.
  • Perhatikan apakah Anda mengalami gejala flu seperti demam >37,5 derajat Celcius, batuk, pilek, sesak napas atau gejala lain yang mengarah pada infeksi influenza ataupun gangguan pernafasan lain.

Bagaimana Rapid Swab Test Antigen COVID-19 dilakukan?

Rapid test antigen digunakan sebagai skrining awal di mana pengujian berulang bisa dilakukan dengan cepat untuk mendeteksi keberadaan infeksi COVID-19 pada tubuh seseorang. Sehingga tindakan pencegahan penularan terhadap infeksi dapat segera dilakukan. Namun, jika hasilnya positif, dokter masih harus melakukan PCR test untuk menegakkan diagnosis secara akurat.Berikut adalah prosedur tahapan pemeriksaan yang perlu dilalui oleh pasien pada saat pemeriksaan rapid swab antigen di Insani Medical Center (IMC) Jakarta, antara lain:
  • Petugas kesehatan akan meminta Anda untuk meniupkan napas melalui hidung guna memastikan tidak terdapat sumbatan
  • Anda akan diminta sedikit mendongak dengan posisi kepala menghadap ke atas
  • Petugas kesehatan akan mengambil sampel lendir dari dalam hidung atau tenggorokan melalui metode swab dengan alat khusus yang berbentuk seperti cotton bud
  • Jika telah selesai, maka sampel yang telah diambil akan dimasukkan ke dalam tabuung khusus dan dibawa ke laboratorium untuk dianalisis lebih lanjut
  • Hasil pemeriksaan akan keluar dalam waktu 45 - 60 menit setelah pengambilan sampel diambil
  • Jika hasil pemeriksaan negatif, maka menunjukkan bahwa pasien tidak sedang mengalami infeksi COVID-19. Namun jika hasil pemeriksaan positif, maka menunjukan bahwa Anda sedang terinfeksi COVID-19. Biasanya jika pasien memiliki hasil pemeriksaan rapid antigen positif, maka dokter akan merujuk pasien untuk langsung melakukan tes PCR guna benar-benar memastikan apakah terdapat infeksi COVID-19 dalam tubuh pasien atau tidak.

Profil Faskes

Visi

Menjadi fasilitas kesehatan yang berkeunggulan , terkemuka , dan berperan besar dalam industri kesehatan.

Misi

  • Menjadi fasilitas kesehatan yang berkeunggulan dan mampu bersaing di era global.
  • Menyediakan pemeriksaan medical check up yang berkualitas dan teruji baik untuk perorangan, karyawan perusahaan yang akan bekerja di dalam maupun di luar negeri.
  • Menjadi medical outsourcing pilihan bagi perusahaan dan institusi lainnya.
  • Mengutamakan mutu dan kecepatan pelayanan.