Rapid Serologi Kuantitatif Test COVID-19 - Kalgen Innolab

218 melihat
Masa berlaku hingga 31 Desember 2021

Mulai dari
Rp 250.000

Kamu bisa hubungi kami untuk memesan promo ini
Beli Promo

Promo Berlaku diLihat semua lokasi
Kalgen InnolabJalan Yos Sudarso Kav 85, RT.10/RW.11, Altira Business Park Blok G7-G8, Sunter Jaya, Tanjung Priok, Kota Jakarta Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 14360
Kalgen Innolab Pantai Indah Kapuk Drive ThruRuko Galeri Niaga Mediterania 1 RT1/RW16, Kapuk Mutiara, Kec. Penjaringan, Kota Jakarta Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 14460
Kalgen Innolab Taman Surya Drive ThruTaman Surya 5 Blok PP 3, RT.1/RW.19, Pegadungan Kec. Kalideres, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 11520

Rapid Serologi Kuantitatif Test COVID-19 di Kalgen Innolab

Pemeriksaan test COVID-19 dengan membeli promo rapid serologi kuantitatif di Kalgen Innolab, Jakarta Utara dengan seharga Rp 250.000,-

Informasi Pemeriksaan

  • Paket yang telah dibeli tidak dapat dikembalikan (non-refundable)
  • Setelah menyelesaikan pembayaran, Anda akan mendapatkan voucher untuk ditukarkan di hadapan petugas Faskes saat akan melakukan pemeriksaan
  • Voucher berlaku 2 (dua) minggu setelah pembelian
  • Silahkan melakukan booking terlebih dahulu untuk mendapat slot pemeriksaan di faskes terkait
  • Waktu pemeriksaan pada hari Senin-Minggu pukul 07.30-17.00 WIB
  • Hasil pemeriksan akan dikirimkan melalui melalui email
  • Pemeriksaan dilakukan oleh petugas kesehatan profesional
  • Pemeriksaan dilakukan secara drive-thru

Mengapa Anda membutuhkan Rapid Serologi Kuantitatif Test COVID-19?

Rapid serologi adalah kuantif test untuk mengukur respon sistem imun terhadap virus COVID-19. Dengan Anda melakukan pemeriksaan ini dokter bisa mengetahui perkembangan respon imun tubuh  terhadap virus corona dalam bentuk angka.Jika seseorang terinfeksi virus corona konsentrasi dan kekutan antibodinya berubah dari waktu ke waktu mengikuti perkembangan perkembangan virus. Antibodi memiliki peran penting untuk tubuh karena berfungsi sebagai benteng pertahanan antigen virus ataupun bakteri. Saat seseoranf terinfeksi COVID-19, jumlah antibodi spesifik yang dapat melawan virus SARS-CoV-2 (virus penyebab COVID-19) terus mengalami perubahan. Dengan melakukan rapid test serologi kuantitatif di Jakarta ini, Anda bisa mengukur antibodi dengan angka dan mengetahui apakah infeksi COVID-19 yang Anda miliki masih aktif atau sudah selesai.

Apa Informasi Penting Mengenai Rapid Serologi Kuantitatif Test COVID-19?

Berbeda dengan rapid serologi kualitatif yang mengeluarkan hasil ada atau tidaknya antibodi, rapid test serologi kuantitatif ini dapat mengukur konsentrasi serta perkembangan dari antibodi yang diproduksi oleh sistem kekebalan tubuh.Terdapat area pada spike virus SARS-CoV yang disebut dengan Receptor Binding Domain (RBD). Bagian inilah yang berikatan dengan reseptor sel tubuh sehingga memungkinkan virus penyebab infeksi COVID-19 ini bereplikasi di dalam tubuh manusia. Oleh karena itu pemeriksaan ini juga dikenal dengan pemeriksaan Spike-RBD (S-RBD).Respon imun tubuh pada setiap orang berbeda-beda. Hal tersebut di pengaruhi oleh beberapa faktor seperti umur, nutrisi, tingkat keparahan penyakit, dan adanya penyakit penyerta. Pemeriksaan rapid test di Jakarta Utara diperlukan untuk :
  • Penyintas COVID-19
  • Penyintas COVID-19 yang akan melakukan donor plasma
  • Mengetahui dan memantau perkembangan respon sistem imun terhadap vaksin
Pada rapid serologi ini, pemeriksaan ini akan memberikan dua hasil, yaitu positif dan negatif. Jika sampel darah yang dimiliki pasien mengandung antibodi yang melawan RBD virus, maka antibodi ini akan terdeteksi dan memberikan hasil yang positif (terdapat antibodi COVID-19). Sedangkan jika pasien tidak terdeteksi memiliki antibodi terhadap virus COVID-19, maka hasil pemeriksaan mungkin berupa negatif.

Yang harus di perhatikan sebelum melakukan Rapid Serologi Kuantitatif Test COVID-19?

Beberapa hal yang harus di perhatikan oleh pasien sebelum melakukan tes antibodi kuantitaitf ini :
  • Menggunakan masker dengan baik dan benar pada saat pemeriksaan agar terhindar dari penularan virus corona
  • Mematuhi protokol kesehatan
Pemeriksaan ini umumnya diperuntukkan untuk pasien yang pernah mengalami COVID-19 yang ingin memantau kondisi kesehatannya atau akan melakukan donor plasma untuk pasien lain. Selain itu, pemeriksaan ini juga digunakan untuk mengetahui respon kekebalan tubuh terhadap vaksinasi. Namun pemeriksaan ini sebaiknya dilakukan 1-2 bulan pasca vaksinasi COVID-19 kedua untuk mengetahui apa kekebalan tubuh telah terbentuk atau belum.

Bagaimana Rapid Serologi Kuantitatif Test COVID-19 dilakukan?

Sampel yang di gunakan pada pemeriksaan ini menggunakan sampel darah, berikut merupakan prosedur pengambilan sampelnya :
  • Tenaga kesehatan akan melakukan pengambilan darah. Sampel darah biasanya diambil dari vena di siku bagian dalam.
  • Petugas kemudian akan memulai tindakan dengan mengoleskan antiseptik untuk membersihkan kulit. Hal tersebut untuk membantu mencegah infeksi.
  • Kemudian lengan pasien akan dikencangkan dengan suatu alat yang dinamakan tourniquet agar pembuluh darah terisi penuh.
  • Kemudian, tenaga kesehatan memasukkan jarum ke pembuluh darah Anda, dan darah kemudian akan mengalir melalui jarum masuk ke dalam tabung yang sudah disiapkan. Selanjutnya, torniquet dilepas.
  • Setelah mengambil darah, tenaga kesehatan akan menekan area pengambilan darah untuk menghentikan perdarahan.
  • Tenaga kesehatan akan membalutkan perban atau plester ke area tusukan dan Anda diperbolehkan pulang.
  • Selanjutnya tenaga kesehatan akan mengirim sampel darah Anda ke laboratorium untuk pengujian. Seorang spesialis laboratorium akan menganalisis sampel tersebut.