Perawatan Luka Kanker - Klinik RUMAT - Spesialis Luka Diabetes (Jawa Timur)

33 melihat
Masa berlaku hingga 30 November 2022

Mulai dari
Rp 385.000

Kamu bisa hubungi kami untuk memesan promo ini
Beli Promo

Promo Berlaku diLihat semua lokasi
Klinik RUMAT Lawang - Spesialis Luka DiabetesJalan Raya Lawang - Malang, Krajan, Kalirejo, Kec. Lawang, Malang, Jawa Timur 65216RUMAT Lawang
Klinik RUMAT Blimbing - Spesialis Luka DiabetesJalan R. Tumenggung Suryo No.98, Purwantoro, Kec. Blimbing, Kota Malang, Jawa Timur 65126Klinik Sanan Medika
Klinik RUMAT Sawahan Surabaya - Spesialis Luka DiabetesJalan Banyu Urip No. 213, Banyu Urip, Kec. Sawahan, Kota Surabaya, Jawa Timur 60254Apotek Kimia Farma

Perawatan Luka Kanker di Klinik RUMAT - Spesialis Luka Diabetes (Jawa Timur)

Paket perawatan luka kanker adalah pelayanan kesehatan khusus untuk merawat luka kanker di klinik RUMAT - Spesialis Luka Diabetes (Jawa Timur) seharga Rp. 385.000,- 

Informasi Pemeriksaan

  • Layanan perawatan luka kanker yang sudah dibeli tidak dapat dikembalikan (non-refundable)
  • Jika telah melakukan pembayaran, Anda akan mendapatkan voucher untuk ditukarkan kepada petugas fasilitas kesehatan saat akan melakukan pemeriksaan
  • Voucher layanan perawatan luka kanker berlaku selama 1 (satu) bulan setelah pembelian
  • Lakukan pemesanan atau booking terlebih dahulu untuk mendapat slot pemeriksaan di Klinik RUMAT - Spesialis Luka Diabetes (Jawa Timur)
  • Waktu pemeriksaan di Klinik RUMAT - Spesialis Luka Diabetes (Jawa Timur) yaitu setiap hari Senin - Sabtu 08:00 - 16:00 WIB (Hari Minggu dan hari libur nasional tutup)
  • Tindakan pemeriksaan dilakukan oleh tenaga kesehatan profesional

Mengapa Anda membutuhkan Perawatan Luka Kanker?

Pasien penderita luka bakar membutuhkan perawatan luka bakar dengan tujuan untuk meningkatkan kualitas hidup pasien dengan tidak meninggalkan pengobatan utama kanker seperti tindakan radiasi, kemoterapi, atau pembedahan. Luka kanker yang disebut fungating wound atau malignant cutaneous wound, mempunyai karakter yang mudah terjadi perdarahan, menimbulkan bau yang tidak sedap, terasa nyeri, dan munculnya carian yang berlebihan pada luka, serta peradangan yang bila tidak dilakukan perawatan dengan baik atau terlambatnya perawatan, luka kanker tersebut akan memperburuk kondisi pasien kanker.

Apa informasi penting mengenai Perawatan Luka Kanker?

Penyakit kanker disebabkan oleh pertumbuhan sel yang tidak normal atau tidak terkendali dalam tubuh. Pertumbuhan sel yang tidak normal (abnormal) tersebut akan merusak sel normal lainnya. Kanker juga merupakan penyakit yang menjadi penyebab kematian terbanyak di dunia.Pada penderita kanker stadium lanjut, biasanya juga menderita luka kanker yang disebabkan karena sel tumor yang muncul dengan ganas ke permukaan epidermis atau dermis kulit. Luka kanker ditandai dengan bentuk yang menonjol, tidak beraturan, serta menyebabkan bau tidak sedap yang disebabkan oleh bakteri pada luka.Luka kanker juga dapat menimbulkan perdarahan yang disebabkan karena luka kanker merupakan luka yang rapuh, sehingga mudah berdarah saat melakukan penggantian balutan. Perdarahan juga dapat terjadi jika tumor merusak pembuluh darah besar dan terjadi penurunan fungsi keping darah merah (trombosit).

Yang harus diperhatikan setelah melakukan Perawatan Luka Kanker?

Ada hal-hal yang harus diperhatikan setelah melakukan perawatan luka kanker, seperti:
  • Jagalah agar luka kanker tidak terkena air atau terjadi tekanan pada luka
  • Gantilah perban penutup luka atau balutan luka secara berkala untuk mencegah infeksi bakteri, produksi cairan luka yang berlebihan, dan mengontrol perdarahan

Bagaimana prosedur Perawatan Luka Kanker?

  • Pencucian luka
    Pencucian luka kanker dapat menggunakan saline water (NaCl 0,9%) yang merupakan cairan pembersih yang bisa di dapatkan secara bebas dan pastikan saat pemberihan luka harus menggunakan sarung tangan. Pencucian luka kanker bertujuan untuk membuang jaringan yang dapat menjadi media tempat tumbuhnya bakteri (nekrosis), mempercepat penyembuhan luka, dan membuang sisa balutan luka yang digunakan sebelumnya.
  • Membuang jaringan mati
    Proses membuang jaringan mati dapat dilakukan dengan menggunakan alat bedah seperti gunting atau pisau. Pada beberapa kasus infeksi yang berat setelah melakukan pembuangan jaringan mati, dibutuhkan juga pencangkokan kulit untuk mengganti jaringan kulit yang sudah dibuang.
  • Pemberian obat
    Pemberian obat pada kasus infeksi tertentu tergantung pada tingkat keparahan luka dan untuk mencegah infeksi bakteri yang akan semakin parah. Pemberian obat sesuai anjuran atau petunjuk dokter atau perawat, seperti penggunaan antibiotik metronidazole topikal pada luka sangat efektif untuk membunuh bakteri yang menyebabkan bau. Namun, penggunaan antibiotik topikal terkadang tidak dapat digunakan jika pasien sedang menjalani terapi radiasi.
  • Pembalutan luka untuk melindungi luka
    Proses pembalutan luka disesuai dengan kondisi luka pada masing-masing pasien dengan tujuan untuk mengontrol terjadinya infeksi, mempertahankan kelembaban, mengurangi cairan yang berlebihan pada luka, mengontrol perdarahan dan bau, serta mempercepat proses penyembuhan luka.
    Jenis balutan luka yang direkomendasikan untuk luka kanker yang mudah berdarah adalah calcium alginate dengan meletakkan calcium alginate pada bagian bawah kasa, yang selanjutnya ditempelkan pada sumber perdarahan dan diberi tekanan hingga perdarahan terhenti. Lalu beri bantalan kasa yang cukup tebal (gamgee).