Pencabutan Gigi Anak - Klinik Cava Medika

208 melihat
Masa berlaku hingga 31 Desember 2021

Mulai dari
Rp 200.000

Kamu bisa hubungi kami untuk memesan promo ini
Booking Sekarang

Promo Berlaku di
Klinik Cava MedikaJalan Raya Bekasi KM. 26, RT.6/RW.1, Ujung Menteng, Kec. Cakung, Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13960

Pencabutan Gigi Anak di Klinik Cava Medika

Klinik Cava Medika menyediakan promo Pencabutan Gigi Anak dengan harga Rp. 200.000,-

Informasi Pemeriksaan

  • Waktu pemeriksaan setiap hari Senin - Sabtu pukul 08:00 - 19:00 WIB (Hari Libur Nasional Tutup)
  • Hanya berlaku untuk pembayaran pribadi (Melalui Tunai)
  • Tindakan dilakukan oleh dokter spesialis gigi
  • Tindakan dilakukan untuk anak usia dibawah 18 tahun
Jika Anda berminat dengan promo ini, silahkan melakukan pendaftaran atau booking dengan klik tombol Booking Sekarang diatas atau melalui layanan Customer Care SehatQ (021) 3199 0388 dan WhatsApp +62 812-8858-8167

Mengapa Anda membutuhkan cabut gigi?

Kerusakan gigi yang parah – salah satu tantangan terbesar dalam perawatan mulut adalah karies gigi atau kerusakan gigi. Jika perawatan gigi segera dilakukan, gigi yang sudah rusak dapat diselamatkan denggan mudah menggunakan tambalan gigi. Dalam beberapa kasus yang lebih arah, terapi saluran akar dapat dilakukan. Namun, jika gigi sudah tidak bisa dirawat lagi, dokter gigi tidak akan punya pilihan lain kecuali mencabutnya.Gigi bayi juga dikenal sebagai gigi susu atau gigi yang rontok, gigi susu adalah serangkaian kumpulan gigi yang pertama kali muncul. Kumpulan gigi tersebut mulai berkembang selama masa kehamilan ibu, tetapi baru muncul benar setelah bayi berusia enam bulan. Gigi susu berperan dalam perkembangan lubang pada mulut dan akan digantikan dengan gigi permanen yang biasanya mulai muncul pada usia enam atau tujuh tahun.Biasanya, gigi susu akan menjadi longgar dan mudah untuk dicabut dengan sendirinya. Namun, terkadang jika gigi permanen akan muncul tapi gigi susunya belum juga lepas, maka gigi susu akan perlu dicabut oleh dokter gigi.

Apa informasi penting mengenai cabut gigi?

Gigi memiliki banyak fungsi yang sangat penting untuk tubuh. Gigi berperan dalam tahap awal pencernaan makanan, yaitu pengunyahan. Sehingga, saat gigi rusak, segala cara harus dilakukan untuk mempertahankannya.Namun, ada beberapa kondisi yang membuat gigi tidak bisa dipertahankan. Oleh karena itu, cabut gigi menjadi pilihan. Berikut ini kondisi yang membuat seseorang perlu menjalani tindakan cabut gigi.
  • Gigi berlubang dan sarafnya sudah mati
Gigi berlubang disebabkan oleh infeksi bakteri. Jika tidak segera dirawat, maka infeksi akan terus meluas hingga ke lapisan gigi yang paling dalam, yaitu saraf. Infeksi bakteri di saraf gigi bisa menyebabkan kematian saraf gigi. Jika kerusakan yang terjadi di gigi tersebut sudah sangat parah dan gigi tidak lagi bisa dirawat dengan perawatan saluran akar, maka cabut gigi merupakan pilihan terakhir yang bisa dilakukan.
  • Susunan gigi berantakan
Susunan gigi yang berantakan, salah satunya disebabkan oleh keterbatasan ruang dalam rahang, untuk menampung semua gigi. Sehingga tidak jarang, dokter gigi akan menyarankan pencabutan gigi sebagai pendamping perawatan kawat gigi.

Yang harus diperhatikan sebelum melakukan cabut gigi?

Sebelum melakukan pencabutan gigi sebaikanya pasien memberi tahu dokter pengobatan yang tengah atau akan pasien jalani, termasuk juga alergi obat tertentu. Berikut persiapan yang harus pasien perhatikan sebelum melakukan cabut gigi seperti :
  • Puasa 6-8 jam sebelum cabut gigi
  • Jika Anda sedang flu, dokter mungkin akan melakukan penjadwalan ulang
  • Jika Anda muntah pada malam sebelum operasi, dokter mungkin akan melakukan penjadwalan ulang atau menggunakan anestesi jenis lain

Bagimana cabut gigi dilakukan?

Berikut merupakan prosedur tindakan cabut gigi untuk anak :
  • Tindakan gigi dimulai dengan konsultasi menyeluruh dengan dokter gigi. Karena kebanyakan anak-anak cenderung sungkan untuk bertemu dengan dokter gigi, konsultasi biasanya dilakukan untuk memberikan hubungan yang baik antara dokter gigi dan pasien anak, untuk memperoleh kepercayaannya.
  • Orang tua juga diberikan instruksi untuk menyiapkan anaknya sebelum tindakan dilakukan. Kemudian, pengambilan gambar santir menggunakan sinar-X yang akan memberikan gambaran tidak hanya pada gigi yang rusak, tetapi juga kondisi akarnya dan kondisi gigi di sekitarnya.
  • Selama tindakan dilakukan, anak-anak mungkin akan diberikan zat sedatif, tergantung dari apakah anak tersebut masih takut atau tidak. Penting bagi dokter gigi untuk sabar dan menyesuaikan dirinya dengan kondisi emosional dan mental anak tersebut.
  • Bius lokal juga akan diberikan sebelum pencabutan gigi untuk membuat daerah yang akan dicabut agar menjadi mati arasa dan mengurangi rasa tidak nyaman. Dalam kasus pembedahan, seperti untuk pengangkatan gigi geraham bungsu, bius total mungkin akan diberikan.