Penambalan Gigi GIC Kecil - Klinik Kenak Medika

46 melihat
Masa berlaku hingga 31 Desember 2021

Mulai dari
Rp 211.800

Kamu bisa hubungi kami untuk memesan promo ini
Beli Promo

Promo Berlaku di
Klinik Kenak MedikaJalan Raya Mas, Banjar Batanancak, Desa Mas, Ubud, Gianyar, Bali, 80571

Penambalan Gigi GIC Kecil di Klinik Kenak Medika

Dapatkan promo kesehatan Gigi dan Mulut di Klinik Kenak Medika Bali dengan membeli promo Paket Penambalan Gigi GIC Kecil dengan harga Rp. 211.800,-

Informasi Pemeriksaan

  • Paket yang telah dibeli tidak dapat dikembalikan (non-refundable)
  • Setelah menyelesaikan pembayaran, Anda akan mendapatkan voucher untuk ditukarkan di hadapan petugas Faskes saat akan melakukan pemeriksaan
  • Voucher berlaku 1 (satu) bulan setelah pembelian
  • Silahkan melakukan booking terlebih dahulu untuk mendapat slot pemeriksaan di faskes terkait
  • Waktu pemeriksaan setiap hari Senin - Jum'at pukul 09.00-16.00 WITA

Mengapa Anda membutuhkan Penambalan Gigi?

Proses tambal gigi adalah prosedur untuk menutup kembali gigi yang berlubang menggunakan bahan tambal yang sesuai dengan kondisi gigi, mulai dari resin komposit hingga semen ionomer kaca.Dengan penambalan gigi, maka  bentuk gigi Anda akan kembali seperti semula dan membuat fungsi gigi bisa kembali berjalan. Jika lubang pada gigi tidak segera ditambal, maka ukurannya akan semakin membesar dan membuat infeksi meluas hingga ke saraf. Akibatnya, gigi harus dicabut atau mendapatkan perawatan saluran akar.

Apa Informasi Penting Mengenai Penambalan Gigi?

Dokter akan menjelaskan tentang bahan tambal gigi yang dapat digunakan. Sebenarnya ada bermacam-macam jenis bahan tambal yang dapat digunakan. Namun saat ini di Indonesia, ada dua bahan yang paling umum digunakan, yaitu semen ionomer kaca alias GIC dan resin komposit.Tahapan penambalan gigi juga biasanya dilakukan pertama dengan tambal gigi sementara kemudian dilanjutkan dengan tambal gigi permanen.Jangan tunda rencana untuk menambal gigi meski lubang masih terlihat kecil dan belum terlalu mengganggu. Sebab semakin parah kondisi lubang, maka akan semakin rumit juga proses penambalan yang akan dilakukan, dan bisa berujung pada biaya perawatan yang lebih mahal. Jika dilakukan sejak dini, penambalan bisa dilakukan dengan langkah sederhana dan biaya yang lebih terjangkau.

Yang Harus Diperhatikan Setelah Melakukan Penambalan Gigi?

Gigi yang sudah ditambal masih bisa kembali berlubang jika kebersihannya tidak dijaga. Sehingga setelah tambal gigi, Anda juga perlu memperhatikan beberapa hal untuk menjaga tambalan agar tetap awet dan tidak mudah rusak, yaitu dengan:
  • Rutin membersihkan gigi dengan cara seperti biasa, yaitu menyikat gigi minimal dua kali sehari, setelah sarapan dan sebelum tidur
  • Menggunakan juga benang gigi atau dental floss untuk mebersihkan sisa makanan di sela-sela gigi, satu kali sehari
  • Tidak mengonsumsi makanan yang lengket dan keras beberapa hari setelah tambal gigi kerena gigi biasanya masih nyeri. Hal ini juga dilakukan agar tambalan tidak mudah pecah atau rusak.
  • Sebisa mungkin menghindari konsumsi makanan dan minuman yang terlalu dingin atau panas beberapa hari setelah penambalan, agar rasa ngilu tidak bertambah parah
  • Mengurangi konsumsi makanan dan minuman berwarna seperti teh atau kopi (apabila yang ditambal adalah gigi depan), karena dalam jangka panjang akan mengubah warna tambalan menjadi lebih kuning

Bagimana Prosedur Penambalan Gigi Dilakukan?

Adapun prosedur Penambalan Gigi di Klinik Kenak Medika,Bali antara lain yaitu:
  • Pembersihan area gigi berlubang: Pembersihan ini dilakukan menggunakan alat yang disebut dengan bur gigi. Proses pengeburan gigi inilah yang bagi sebagian orang dirasa menakutkan karena rasa ngilu atau suara bising yang dihasilkan.
  • Pengolesan bahan perekat tambalan: Setelah gigi benar-benar bersih, maka tahap tambal gigi selanjutnya adalah pengolesan bahan perekat tambalan yang disebut dengan bonding. Bahan bonding diperlukan agar bahan tambal bisa merekat sempurna ke permukaan gigi.
  • Penempatan bahan tambal: Dokter gigi akan menggunakan bahan tambal yang sewarna dengan gigi asli. Dengan demikian, hasil tambalan nanti bisa terlihat lebih natural dan tidak terlalu berbeda dengan struktur gigi yang sudah lebih dulu ada.
  • Test gigit: Test gigit dilakukan agar Anda bisa merasakan ada atau tidaknya rasa mengganjal pada tambalan. Jika terasa mengganjal, dokter akan menyesuaikan kembali ketinggian tambalan.
  • Finishing: Finishing diperlukan agar permukaan tambal semakin halus dan tidak ada celah yang memungkinkan bakteri kembali masuk.