Xeroftalmia dapat berkembang menjadi rabun senja
Pemberian suplemen vitamin A dengan cara diminum atau disuntikkan adalah pengobatan yang dibutuhkan penderita xeroftalmia.

Xeroftalmia adalah penyakit mata progresif yang disebabkan oleh kekurangan vitamin A. Penyakit ini dapat membuat air mata dan mata Anda menjadi kering. Xeroftalmia dapat berkembang menjadi rabun senja atau menimbulkan kerusakan yang lebih serius pada kornea mata Anda. 

Gejala-gejala yang dialami penderita xeroftalmia adalah konjungtiva (lapisan tipis paling luar bola mata Anda) menjadi kering, menebal, dan mulai berkerut. Ini dapat menyebabkan rabun senja sebagai gejala awal, di mana penderitanya memiliki kesulitan untuk melihat pada cahaya redup. Jika penyakit xeroftalmia yang Anda derita bertambah parah, luka akan terbentuk pada kornea mata Anda. Pada tahap terakhir dari gejala penyakit tersebut, sebagian atau seluruh kornea mata akan mencair. Hal ini yang pada akhirnya dapat menimbulkan kebutaan.

Penyebab xeroftalmia adalah kekurangan vitamin A. Vitamin A penting untuk kesehatan mata karena itu adalah unsur protein yang menyerap cahaya di reseptor pada retina mata Anda.

Dokter mata Anda akan melakukan pemeriksaan fisik dan bertanya kepada Anda seputar gejala-gejala yang sudah Anda alami.  

Pemberian suplemen vitamin A adalah pengobatan yang dibutuhkan penderita xeroftalmia. Pemberian vitamin A dapat dengan cara diminum atau disuntikkan. Dosis yang diberikan berbeda-beda pada tiap orang, tergantung pada usia dan kondisi kesehatannya. Pada beberapa kasus yang lebih serius di mana kornea mata rusak, penderita akan diberikan obat antibiotik untuk mencegah terjadinya infeksi. Penderita mungkin juga perlu memakai pelindung mata selama beberapa waktu sampai lukanya sembuh.

Xeroftalmia dapat dicegah dengan pemberian vitamin A. Ini adalah cara pencegahan yang murah untuk mencegah terjadinya kematian. Sebuah studi pada tahun 2007 memperkirakan bahwa 500 juta kapsul vitamin A didistribusikan setiap tahun dengan biaya yang relatif rendah. Pendidikan nutrisi dapat menjadi penting dalam membantu orang memanfaatkan sumber makanan mereka dengan sebaik-baiknya.

Dokter mata Anda akan melakukan pemeriksaan mata dan bertanya mengenai gejala-gejala yang sudah Anda alami. Jika Anda menderita rabun senja, dokter mata Anda akan memberikan terapi vitamin A, bahkan sebelum melakukan tes darah. Terkadang bisul kornea pada xeroftalmia disalahartikan sebagai infeksi bakteri, jadi dokter mata Anda mungkin akan meresepkan antibiotik. Pemeriksaan lebih lanjut untuk mengetahui kekurangan vitamin A mungkin diperlukan.

HealthLine. https://www.healthline.com/health/eye-health/xerophthalmia
diakses pada 2 november 2018.

Artikel Terkait