Xanthelasma ditandai dengan adanya endapan lemak berwarna kuning di antara kelopak mata dan hidung
Xanthelasma menandakan kadar kolesterol yang tinggi.

Xanthelasma adalah kondisi munculnya bercak endapan lemak berwarna kekuningan di sudut antara kelopak mata dan puncak hidung. Kondisi ini sebenarnya tidak berbahaya, tetapi pada kasus yang jarang terjadi dapat menjadi indikator kemungkinan penyakit jantung.

Gejala yang muncul saat terjadi xanthelasma adalah munculnya bercak berwarna kekuningan di sudut antara kelopak mata dan puncak hidung.

Xanthelasma disebabkan oleh beberapa faktor, antara lain:

  • Tingginya low-density lipoproteins/LDL (kolesterol “jahat”) atau rendahnya high-density lipoproteins/ HDL (kolesterol “baik”)
  • Kolesterol tinggi yang diturunkan dalam keluarga (hiperkolesterolemia familial)
  • Sirosis hati primer (kerusakan hati kronis yang ditandai dengan jaringan parut dalam hati) yang dapat meningkatkan kadar kolesterol

Dokter mata dapat mendiagnosis xanthelasma secara visual dengan memeriksa kulit di sekitar mata Anda. Dokter mata mungkin akan melakukan pemeriksaan tingkat kadar lemaknya dengan melakukan pengambilan darah dan kemudian mengirim darah ke laboratorium untuk diuji.

 

Cara mengatasi xanthelasma antara lain dengan melalui prosedur bedah beku (biasa disebut cryosurgery), laser, operasi, atau prosedur dengan jarum listrik (biasa disebut electrodesiccation). Agar bercak lemaknya tidak semakin meluas, dapat juga dibantu dengan obat-obatan.

Anda sebaiknya segera berkonsultasi dengan dokter mata, jika menyadari ada perkembangan endapan lemak pada kelopak mata Anda dan ingin menghilangkannya. Sebaiknya Anda juga rutin melakukan pengecekan kadar kolesterol, tekanan darah, dan risiko jantung lainnya.

Yang dapat disiapkan oleh Anda adalah merinci gejala-gejala apa saja yang sudah dialami dan sudah berapa lama gejala itu muncul, membuat daftar obat-obatan, vitamin atau suplemen yang dikonsumsi, dan membuat daftar permasalahan pada mata Anda, seperti perubahan penglihatan atau ketidaknyamanan pada mata.

Dokter umumnya akan memeriksa benjolan pada kelopak mata penderita, dari warna dan ukurannya.

Healthline. https://www.healthline.com/health/xanthelasma
Diakses pada 6 November 2018

WebMD. https://www.webmd.com/eye-health/xanthelasma
Diakses pada 6 November 2018

Artikel Terkait